5 Tips Liburan Musim Dingin Di Korea Selatan Yang Paling Berguna

Korea Selatan termasuk negara yang memiliki 4 musim. Hal ini yang menjadi salah satu alasan, banyak orang Indonesia yang ingin berlibur ke sana. Selain karena energi positif dan romantis yang ditawarkan Korea lewat drama dan filmnya, di Korea Selatan kamu bisa merasakan sensasi liburan yang berbeda, terutama saat musim dingin. Coba deh ikuti 5 tips liburan musim dingin di Korea ini agar liburanmu tidak mudah dilupakan.

  1. Siapkan Perlengkapan Penghangat Tubuh

jaket-koreaKalau di Indonesia sedang musim hujan, rasanya dingin gak? Beberapa dari kamu pasti kadang merasa kedinginan. Bahkan sampai jatuh sakit karena daya tahan tubuh sedang lemah. Nah musim dingin akan lebih luar biasa rasanya.

Jangan sampai liburan musim dingin di Korea menjadi berantakan karena kamu tidak melindungi tubuh dengan baik. Penting sekali loh untuk kamu menjaga tubuh tetap hangat selama berlibur untuk mengunjungi tempat wisata musim dingin di Korea.

Hal yang perlu kamu lakukan adalah memakai perlengkapan yang dapat menghangatkan tubuh. Pertama pakai baju dalam manset atau long john. Baju ini akan melekat pada tubuh kita sehingga melindungi kulit dengan baik. Lapisi lagi tubuhmu dengan sweater atau baju tebal. Musim dingin membutuhkan baju yang berlayer. Layer terakhir bisa kamu lengkapi dengan winter coat. Selain membuat tubuh hangat, menggunakan winter coat bisa membuatmu terlihat lebih stylish. Jangan lupa juga memakai celana panjang juga ya.

Tidak hanya itu, permukaan tangan juga perlu dihangatkan dengan menggunakan sarung tangan. Sudah banyak sarung tangan yang dapat menyentuh layar smartphone secara langsung tanpa harus melepasnya. Selain tangan, leher juga harus dihangatkan dengan syal. Ditambah earmuff agar rasa dingin tidak masuk lewat telinga. Kalau kamu memakai kerudung, kepala bisa dilindungi dengan kerudung itu sendiri. Tapi kalau kamu tidak menggunakan kerudung, lebih baik kamu membawa topi atau kupluk untuk digunakan di sana.

Selanjutnya pada bagian kaki. Gunakan kaos kaki tebal dan sepatu yang menutup. Kalau bisa gunakan sepatu boots yang waterproof agar air dingin dari salju juga tidak menembus ke dalam kaki. Berlebihan? Gak juga kok, tubuh kita memang belum terbiasa dengan musim dingin. Jadi daripada udara dingin itu menusuk dan menyiksa, lebih baik lindungi saja tubuh ini. Masih kurang hangat? Datangi minimarket di Korea, beli lah hot pack, gunakan dengan menggenggamnya di dalam kantung jaket.

  1. Nikmati Jajanan atau Streetfood Musim Dingin

Nikmati Jajanan atau Streetfood Musim DinginKorea Selatan kaya akan jajanannya. Kalau kamu sering menonton drama Korea, kamu pasti sering melihat para aktor dan aktrisnya menikmati berbagai jenis jajanan atau streetfood dan makanan khas Korea Selatan. Rasanya beragam, ada yang manis, asin, hingga pedas. Menarik kan? Saking menariknya, beberapa streetfood ala Korea sudah mulai diperdagangkan di Indonesia.

Merasakan ‘Korea’ saat ini bukanlah hal yang sulit. Tapi ada satu yang tidak bisa kamu temukan di Indonesia. Karena tidak ada musim dingin, kamu juga tidak bisa menemukan dan merasakan sensasi streetfood musim dingin. Di Korea Selatan, ada chesnut dan ubi panggang. Ya mungkin di Indonesia juga ada yang menjual dua makanan ini. Tapi rasanya akan berbeda ketika kamu memakannya langsung saat liburan musim dingin di Korea Selatan. Apalagi kalau kamu nikmati bersama minuman khas Korea yang bisa menghangatkan tubuh.


  1. Ikuti Festival Memancing

Ikuti Festival MemancingMusim dingin begini, berdiam di pinggir sungai sambil memancing? Mungkin sebagian orang tidak tertarik untuk ini. Tapi coba deh kamu pikirkan, kapan lagi kamu bisa menikmati musim dingin di negeri orang? Dibanding hanya berjalan-jalan dan membeli oleh-oleh khas Korea Selatan, memancing di sungai yang mulai membeku adalah salah satu kegiatan unik yang ditawarkan di Korea Selatan. Mereka bahkan mengadakan festival memancing di musim dingin.

Musim dingin kerap memberikan perubahan, salah satunya pada sungai. Sungai yang biasanya mengalir dengan deras bisa berubah drastis saat musim dingin. Ketika perubahan mulai terjadi ini lah, festival di adakan. Permukaan sungainya mulai membeku dengan ketebalan yang biasanya mencapai 40 cm. Bagi yang tertarik, bisa memancing di pinggir sungai atau di atas permukaan yang cukup kuat menahan bobot tubuhmu.

Ada satu festival memancing yang terkenal bernama PyeongChang Cherry Salmon Festival saat liburan musim dingin di Korea tiba. Kamu bisa ikut serta dengan mendatangi sungai Odae di PyeongChang, Gangwon, sekitar bulan Desember hingga Februari. Serunya, kamu bisa langsung memasak ikan yang berhasil ditangkap dengan membayar biaya jasa memasak di restoran terdekat sebesar 3.000 Won. Liburan semacam ini akan terasa sangat berbeda dibandingkan dengan liburan musim dingin pada umumnya.

Selain PyeongChang Cherry Salmon Festival, ada pula Hwacheon Sancheoneo Ice Festival. Sama seperti festival di PyeongChang, ikan yang berhasil kamu tangkap juga dapat langsung dinikmati. Yang menarik di sini, kamu bisa memancing sambil menantang adrenalin. Kalau berani, kamu bisa mencoba memancing dengan tangan kosong, seperti yang biasa dilakukan oleh beruang. Kamu bisa langsung ke sungai Hwacheon di Gangwon. Festival ini diadakan di bulan Januari.

  1. Kunjungi Gemerlap Lighting di Musim Dingin

Kunjungi Gemerlap Lighting di Musim DinginMungkin karena musim dingin itu lekat dengan perayaan hari raya Natal, kamu akan terbiasa melihat hiasan lampu di mana-mana. Pada malam hari yang dingin, lighting di sepanjang jalan akan terasa menghangatkan dan terkesan romantis.

Selain dapat menikmati Namsan Seoul Tower, kamu bisa menikmati hiasan lighting yang indah. Ini disadari oleh Korea Selatan sebagai peluang wisata di musim dingin. Ada beberapa festival lighting yang diadakan di sana. Dua di antaranya di adakan di Aiins World dan Garden of Morning Calm.

Aiins World merupakan destinasi wisata di Korea Selatan yang menyuguhkan miniatur destinasi wisata lain dari seluruh dunia. Contohnya Saint Basil’s Cathedral dan Menara Pisa. Kamu bisa mendatangi tempat di Bucheon ini, lalu menikmati hiasan lighting di setiap miniaturnya. Hiasan lighting seperti ini jarang ditemukan di Indonesia. Jadi kamu tidak boleh melewatkannya saat liburan musim dingin di Korea Selatan.

Kalau di Garden of Moring Calm, kamu akan melihat pemandangan yang berbeda. Lighting dihiasi hingga berbentuk figure hewan, selimut pada pepohonan, malaikat, bunga, dan semacamnya. Lebih baik kamu datang dari jam enam sore sebelum lampu dinyalakan. Para pengunjung datang lebih awal untuk mencari spot foto terbaik yang bisa didapatkan.


  1. Must to do, Ski dan Ice Skating!

Must to do, Ski dan Ice skating!Yang terakhir tentu olahraga musim dingin yaitu Ski dan Ice skating. Dua kegiatan ini harus kamu lakukan untuk lebih merasakan liburan musim dingin di Korea. Korea Selatan menyediakan berbagai tempat agar kamu dapat menikmati olahragai ini sebelum kembali ke negara masing-masing.

Kalau kamu ingin bermain ski yang tidak jauh dari Seoul, coba datang ke Bearstown Resort di Gyeonggi-do. Resort ini hampir terbuka untuk umum selama 24 jam, tapi dibagi dalam 2 jam kerja. Pertama dari jam 09.00 AM hingg 04.30 PM, sedangkan yang kedua dari jam 06.30 PM sampai 04.00 AM.

Untuk Ice skating, kamu bisa mendatangi Seoul Plaza Ice Skate Rink, Grand Hyatt Seoul Ice Rink, atau Sheraton Walker Hill. Semuanya ada di pusat perkotaan Korea Selatan. Kamu bisa berolahraga sambil menikmati gedung-gedung megah di Seoul. Tapi kalau kamu bosan dengan pemandangan perkotaan, kamu bisa pergi ke daerah lain. Korea Selatan menawarkan berbagai fasilitas ski dan ice skating dengan suasana yang berbeda. Kalau ada waktu, kamu juga harus berkunjung ke tempat wisata di Korea Selatan saat musim dingin lainnya.

, , , ,
Post Date: Tuesday 24th, July 2018 / 07:42 Oleh :
Kategori : Korea Selatan