7 Oleh – Oleh Khas Shanghai Yang Wajib Dibawa Pulang Wisatawan

Shanghai adalah salah satu kota yang memiliki banyak tempat wisata di China dan sangat menarik untuk dikunjungi. Kota ini menjadi salah satu kota yang cukup diminati wisatawan lokal maupun internasional karena pesona modernitas dan kotanya yang terorganisir tanpa melupakan sisi tradisional China yang membuatnya menarik perhatian tersendiri untuk dikunjungi. Shanghai juga merupakan salah satu kota industri dan pusat perekonomian di China, sehingga sangat sayang untuk dilewatkan.

Sebelumnya sudah dibahas mengenai oleh – oleh khas Beijing yang tentunya bisa didapatkan dari ibu kota China tersebut. Pecinta belanja atau bukan, semua wisatawan yang pergi ke suatu negara tentunya tak ingin melewatkan membeli oleh – oleh untuk kerabat dan keluarga tercinta di rumah maupun untuk mendapat kenang – kenangan dari perjalanan untuk diri sendiri. Di bawah ini kami rekomendasikan oleh – oleh khas Shanghai yang wajib dibawa pulang wisatawan serta lokasi membelinya untuk dijadikan acuan.

  1. Kain Sutra Shanghai

sanghai-sutraSebagai kota besar di China, Shanghai bukan hanya menjadi kota modern pusat kegiatan ekonomi, namun juga gerbang kepada budaya China baik yang modern maupun yang tradisional salah satunya kain sutra. Shanghai adalah surganya kain sutra dengan ketersediaan sutra dari beragam jenis, gaya, dan warna.

Produk – produk sutra ini juga dibuat dalam berbagai macam produk seperti seprai, gorden, hingga busana yang sudah jadi dan siap beli, atau kamu juga bisa membeli bahan kain dengan ukuran per meter untuk dibawa pulang atau minta dijahitkan.

Ada banyak tempat dan cara untuk memperoleh kain sutra di Shanghai sesuai dengan keinginanmu. Bila ingin memperoleh kain sutra dengan harga termurah, kamu bisa pergi ke pasar dan toko – toko yang bertebaran di pinggir jalan untuk menawar harga hingga sesuai dengan alokasi dana yang kamu miliki. Atau bila kamu ingin memperoleh kain sutra dengan kualitas terbaik, ada toko yang juga menspesialisasikan diri menjual sutra kualitas tinggi yang tentunya juga berharga lebih mahal. Harga kain sutra sendiri dimulai dari sekitar 8 US Dolar per meternya.

Beberapa tempat rekomendasi untuk membeli kain sutra:

  • Pasar Kain Shi Liu Pu
  • Silk King Tianping Road
  • Pusat Perbelanjaan Sutra Jiannan
  1. Barang Tradisional China

sanghai-tradisionalChina adalah negara yang memiliki sejarah panjang yang telah terekam. Mulai dari souvenir yang sifatnya antik dan benar – benar telah berusia ratusan tahun atau karya baru yang bersifat tradisional bisa kamu temukan. Barangnya sendiri meliputi sumpit tradisional, kaligrafi, pakaian tradisional, juga beragam memorabilia dari berbagai era salah satunya masa komunisme Mao Ce Tung.

Cukup merogoh kocek mulai dari 2 US Dolar hingga harga yang super fantastis, kamu bisa membeli beragam barang bernuansa tradisional China untuk diri sendiri atau diberikan kepada kerabat tersayang.


Beberapa souvenir tradisional China mungkin akan sulit untuk dibawa pulang misalnya lukisan kaligrafi ukuran besar karena akan menambah biaya bagasi, namun banyak juga yang cukup mudah dibawa pulang.

Rekomendasi lokasi:

  • Toko Madame Mao di Jalan Fumin
  • Toko Seni Duoyun Xuan di Jalan Nanjing Timur
  • Jalan Nanjing, di sini adalah pusat pertokoan sekaligus alun – alun belanja paling sibuk di Shanghai
  1. Souvenir dari Batu Giok

sanghai-giokSalah satu nuansa yang terpancar dari China mungkin adalah gambaran seperti suasana Summer Palace. Suasana Shanghai yang lebih modern bisa jadi membuatmu merasa kecewa, namun patut diketahui bahwa batu giok yang merupakan ciri khas China juga merupakan salah satu oleh – oleh khas Shanghai yang wajib dibawa pulang wisatawan. Batu ini tersedia dalam berbagai bentuk dan juga kualitas di berbagai penjuru kota Shanghai dengan harga mulai dari 10 US Dolar.

Untuk yang menginginkan oleh – oleh batu giok yang tidak merepotkan dibawa pulang bisa memilih kerajinan giok dalam bentuk kecil misalnya anting, kalung, atau dekorasi meja kecil.

Batu giok mewakili kecantikan, keanggunan, dan kemurnian dalam budaya China. Ia juga dikenal memiliki manfaat bagi kesehatan dan mengandung keseimbangan yin dan yang. Batu giok juga merupakan salah satu souvenir otentik karena dipercaya masyarakat China dalam menjauhkan roh jahat dan membawa keberuntungan.

Rekomendasi tempat membeli:

  • Hongqiao International Pearl City
  • Shanghai Xiuyutang di Jade Sculpture Art Studio
  1. Buah Kering

sanghai-buahMeski Indonesia juga memiliki beberapa makanan ringan dalam bentuk buah kering, kondisi alam Shanghai yang memiliki iklim subtropis tentunya memiliki pilihan buah kering berbeda dengan Indonesia. Buah kering di Shanghai banyak dijual dalam berbagai ukuran paket, mulai dari yang besar hingga kecil.

Ini membuat buah kering menjadi salah satu pilihan souvenir yang cocok untuk dibagikan kepada banyak teman dan kerabat. Harganya yang berkisar sekitar 2 US Dolar per paket juga membuatnya menjadi pilihan yang cukup terjangkau dan mudah dibawa pulang.

Rekomendasi tempat membeli:

  • Nanjing Road
  • Family Mart
  • Bhoomi Stores
  1. Kipas dari Kertas

sanghai-kipasLapangan Tiananmen adalah salah satu lokasi paling ikonik di China, kamu bisa membawanya pulang salah satunya dalam bentuk kipas kertas khas China yang beberapa ragamnya benar – benar dilukis dengan tangan per itemnya. Kipas kertas telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Shanghai selama berabad – abad sebagai penghalau panas sebelum kipas listrik hadir.

Souvenir ini cocok dijadikan pilihan oleh – oleh khas Shanghai yang wajib dibawa pulang wisatawan karena harganya yang cukup terjangkau hanya sekitar 3 US Dolar per buahnya. Tentunya bila ingin membeli yang lukisan tangan asli, harganya lebih mahal. Bila kamu membeli dalam jumlah banyak untuk produk kipas buatan pabrik mungkin juga kamu akan mendapatkannya dengan harga lebih murah.

Kipas kertas bisa dibeli di:

  • Nanjing Road
  • Jiu Jiao Chang Lu
  • Duolun Road
  1. Teh China

sanghai-tehTeh tidak hanya minuman, ia juga kultur dan sejarah yang berasal dari China. Budaya minum teh, pengenalan teh bagi dunia, semuanya berasal dari China sejak ribuan tahun lalu. Bagi pecinta teh, Shanghai adalah lokasi yang tepat untuk memperoleh beragam teh baik yang berasal dari China maupun negara lain.

Beberapa jenis teh yang kami rekomendasikan untuk kamu beli adalah teh Longjing alias teh sumur naga, teh Tie Guan Yin (versi premium teh Oolong), teh merah China, dan teh bunga.

Kamu bisa membeli teh di:

  • Pasar Teh Tian Lin
  • Pasar Teh Shanghai Mantangchun
  • Pusat The Fengzhuang

  1. Mutiara

mutiaraMutiara kerap dianggap sebagai benda dengan harga yang sangat mahal. Ini memang kenyataan, namun di Shanghai kamu bisa memperoleh mutiara dalam berbagai bentuk dengan harga yang jauh lebih murah dibanding tempat manapun di dunia. Baik pecinta barang seni rupa atau kamu yang ingin memiliki aksesoris seperti kalung atau anting yang terbuat dari mutiara, Shanghai adalah tempatnya.

Souvenir dengan bahan dasar mutiara ini juga cocok diberikan untuk keluarga wanita seperti ibu, istri, pacar, atau anak. Namun tak menutup kemungkinan kerabat berjenis kelamin lain juga akan menyukai karya yang dibuat dari mutiara. Produk dari mutiara juga mudah dibawa ke dalam pesawat karena rata – rata ukurannya kecil. Produk mutiara dalam bentuk aksesoris juga terjangkau dan bisa ditemukan dengan harga mulai dari 10 US Dolar saja, tentunya semakin mahal kualitasnya juga semakin baik.

Rekomendasi tempat membeli:

  • Pasar APAC Yinyang
  • Hongqiao International Pearl City
  • Toko Mutiara Amylin di Nanjing XI Lu

, , , ,
Post Date: Wednesday 02nd, May 2018 / 08:56 Oleh :
Kategori : Tiongkok