7 Oleh – Oleh Khas Umroh Yang Wajib Di Jadikan Buah Tangan

Umroh merupakan suatu ibadah yang dilakukan oleh umat islam yang mana mereka pergi ke Mekkah, Arab Saudi untuk melaksanakan ibadahnay tersebut. Umroh juga disebut juga dengna haji kecil karena memang ibadah tersebut hampir mirip dengan haji karena terdapat beberapa rukun ibadah yang juga dilakukan ketika seseorang melaksanakan ibadah haji.

Biasanya seseorang yang baru pulang umroh akan membawa berbagai macam buah tangan khas umroh yang akan dibawa pulang untuk diberikan kepada sanak keluarga, tetangga, atau bahkan dikoleksi sendiri sebagai kenang – kenangan bahwa dahulunya orang tersebut pernah pergi untuk melaksanakan ibadah umroh di Mekkah.

Akan tetapi, tidak sedikit orang yang masih bingung untuk menentukan oleh – oleh khas umroh apa saja yang pas untuk nantinya dibagikan kepada sanak keluarga maupun tetangga mana biasanya di Jawa, khsusunya di Jawa Timur jika ada orang pulang haji atau umroh maka tetangga akan bergantian mengunjungi orang tersebut untuk sekedar meminta didoakan atau hanya sekedar menyambung silaturahmi.

Dan karena inilah, tuan rumah biasanya akan memberikan oleh – oleh khas umroh kepada tetangga atau keluarga yang mengunjunginya. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan kami berikan beberapa informasi penting mengenai oleh – oleh khas umroh yang tentunya bisa anda bawa pulang untuk anda berikan kepada saudara anda atau bisa anda jadikan sebagai kenang – kenangan bahwa anda pernah menunaikan ibadah di Mekkah. Kami menyarankan anda untuk membaca tentang tempar romantis di Bangkok dan juga tentang souvenir khas Vietnam.

  1. Mukena

Mukena

Oleh – oleh khas umroh yang pertama yang bisa anda bawa pulang untuk anda jadikan sebagai buah tangan adalah mukena. Mungkin anda sudah tahu semua bahwa mukenah merupakan sebuah pakaian yang digunakan oleh wanita muslim ketika ia ingin melakukan shalat.

Mukena memang merupakan buah tangan yang sangat populer yang dibawa oleh orang – orang yang pulang dari menjalankan ibadah haji maupun umroh di Mekkah. Di Mekkah memang menyediakan banyak sekali model mukena yang dibuat dengan berbagai macam bahan serta memiliki motif yang berbeda – beda yang tentunya bisa anda bawa pulang untuk anda pakai sendiri atau anda berikan kepada orang – orang terdekat anda.

Di sana memang banyak model mukena yang menjadi favorit bagi para wanita muslim, misalnya saja mukenah yang dibuat dari bahan katun paris bermotif, mukena yang dibuat dari bahan polyester, serta mukena yang disebut dengan Dubai spandex.

Maka dari itu, mukena bisa menjadi buah tangan yang bisa anda pilih ketika anda pulang dari melaksanakan ibadah umroh. Dijamin orang yang akan anda kasih mukena ini, mereka akan sangat menyukainya karena selain mukena tersebut memiliki motif yang unik, mukena tersebut berasal dari Mekkah yang akan memberikan nilai kebanggaan tersendiri.


2. Sajadah

Sajadah

Oleh – oleh khas umroh yang kedua yang bisa anda berikan kepada orang – orang terdekat anda adalah dengan memberinya sajadah. Selain mukenah, sajadah yang ada di Mekkah maupun Madinah dibuat dengan berbagai macam bentuk dan motif yang tentunya akan membuat anda ingin sekali membelinya dan memberikannya atau menggunakannya sendiri.

Sajadah memang bisa menjadi opsi lain yang bisa anda berikan ketika anda baru pulang dari umroh. 

Dengan memberikan sajadah sebagai oleh – oleh ketika anda pulang dari melaksanakan ibdah umroh, maka akan membuat keluarga maupun tetangga anda akan sangat menyukainya.

Dan juga seperti halnya ketika anda memberikan mukena, memberikan sajadah kepada orang tersebut akan memberikan kesan kebanggaan sendiri bagi siapapaun yang memakainya karena tentunya memakai sajadah yang berasal dari Indonesia dengan dari Arab atau dalam dalam hal ini Mekkah maupun madinah, tentunya akan berbeda.

Untuk harganya sendiri biasanya sajadah di sana dijual mulai harga Rp. 250.000 sampai dengan Rp. 3.500.000, tentunya yang harga termahal harus anda pakai sendiri karena mungkin jika misalnya anda berikan kepada orang lain, anda akan merasa “gelo” atau sedikit kecewa nanatinya.

3. Kopiah

Kopiah

Kopiah juga bisa menjadi salah satu oleh – oleh khas umroh yang bisa anda bawa pulang untuk anda jadikan sebagai buah tangan bagi keluarga anda. Berbeda dengan kopiah yang ada di Indonesia, kopiah yang ada di Mekkah dan Madinah kebanyakan dibuat dari bahan katun dengan kualitas terbaik sehingga akan membuat siapapun yang memakainya akan merasa nyaman.

Namun, jika misalnya anda ingin membawa kopiah dari Mekkah atau Madinah sebagai buah tangan, maka kami sarankan agar supaya anda membeli kopiah yang terbuat dari bahan kain. Mengapa demikian? Karena jika anda membeli kopiah yang terbuat dari bahan lainnya, maka anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Kecuali memang jika misalnya anda membeli kopiah untuk anda pakai sendiri atau mungkin anda khusus berikan kepada seseorang, maka mungkin masih wajar – wajar saja jika misalnya anda membeli dan memberikan kopiah dengan harga yang sedikit lebih mahal. Kami menyarankan anda untuk membaca makanan khas Kuala Lumpur.

4. Baju Khas Timur Tengah

Baju Khas Timur Tengah

Oleh – oleh khas umroh selanjutnya yang bisa anda bawa pulang untuk anda jadikan sebagai buah mata adalah dengan membeli baju khas Timur Tengah. Dulu, baju khas yang berasal dari Timur Tengah memang merupakan baju khas yang jarang anda temukan dimanapun.

Akan tetapi dewasa ini, baju tersebut mudah anda dapatkan dan anda tidak harus pergi ke Arab lagi ketika misalnya anda lupa untuk membeli baju tersebut karena di Indonesia sudah banyak sekali toko yang menjual berbagai model baju khas Timur Tengah.

Namun anda harus ingat, bahwa hadiah atau buah tangan yang anda beli di Indonesia dengan membelinya di Mekkah atau Madinah tentunya akan memiliki kualitas yang berbeda dan juga kesannya pun juga akan berbeda meskipun memang kedua baju tersebut terlihat mirip, akan tetapi masih terlihat kurang khas karena tidak benar – benar anda dapatkan di Mekkah dan Madinah.

5. Kacang Arab

Kacang Arab

Untuk oleh – oleh khas umroh kali ini lebih kepada seseorang yang memiliki selera kuliner. Namun jika anda ingin membeli kacang arab maka tentunya anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Mengapa? Karena harga kacang arab yang harus anda keluarkan ketika ingin membeli kacang arab jenis futsuk adalah sebanyak Rp. 150.000 per kg. 


Kacang arab memang memiliki rasa yang gurih dan sangat bermanfaat untuk kesehatan anda, terutama baik dikonsusmi bagi ibu hamil. Selain itu, kacang arab juga bisa anda hidangkan sebagai hidangan tamu ketika tetangga atau keluarga anda bersilaturahmi ketika anda pulang dari ibadah haji atau umroh.

6. Kurma

Kurma

Kurma memang menjadi salah satu oleh – oleh khas ketika seseorang pulang dari haju atau umroh. Kurma juga menjadi buah tangan yang paling banyak dibawa pulang untuk dikonsumsi sendiri atau dibagikan dengan orang – orang terdekat kita.

Namun, jika misalnya anda membeli kurma yang ada di Indonesia kualitasnya akan berbeda dengan kurma yang anda beli langsung dari Mekkah atau Madinah. Untuk harga yang harus anda bayar ketika anda membeli kurma yang ada di Mekkah maupun Madinah bervariasi, namun umumnya dijual dengan harga Rp. 200.000 untuk setiap kilogramnya.

Demikain informasi yang dapat kami sampaikan tentang oleh – oleh khas umroh. Semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih. Kami menyarankan anda untuk juga membaca tips belanja di Bangkok dan juga tempat wisata gratis di Pattaya.

, , ,
Post Date: Tuesday 17th, April 2018 / 03:31 Oleh :
Kategori : Arab Saudi