7 Souvernir Khas Vietnam Yang Wajib Dijadikan Oleh Oleh

Vietnam merupakan salah satu destinasi wisata populer di Asia. Banyak turis mancanegara berkunjungi ke Vietnam yang terkenal dengan keindahaan alamnya yang terlihat dari Danau Hoan Kiem di Hanoi. Maupun wisata budaya dan sejarah yang bisa dinikmati di tempat wisata di Ho Chi Minh.

Kuliner khas Vietnam juga tak kalah menjadi salah satu daya tarik turis. Selain menyediaakan berbagai makanan halal di Ho Chi Minh yang bisa dinikamti saat berkunjung, turis juga bisa membawa buah tangan seperti cemilan atau minuman kemesan yang dijual di pasar-pasar souvernir di Vietnam.

Berikut beberapa souvernir khas Vietnam yang bisa anda beli sebagai buah tangan untuk keluarga dan teman-teman.

1. Kopi Trung Nguyen

vietnam.1Vietnam memang terkenal dengan kopinya yang khas. Bagi kalian pecinta kopi, wajib sekali untuk mencoba brand kopi paling terkenal di Vietnam satu ini, yaitu Kopi Trung Nguyen.

Kopi Trung Nguyen merupakan kopi dengan berbagai pilihan jenis dan cita rasa yang kuat dan sedap. Kopi ini sudah terkenal di 60 negara dan sangat populer sebagai cinderamata para pejabat negara Vietnam untuk tamu-tamu kehormatan mancanegara.

Salah satu jenis kopi andalan Trung Nguyen adalah kopi luwaknya. Kopi Luwak Trung Nguyen memiliki aroma yang sedap, dan kelembutan cita rasa yang bertahan lama dimulut ada saat menyeruput kopi ini. Dijamin 100% murni dan autentik.

Anda bisa menemukan Kopi Trung Nguyen di Trung Nguyen Legend Coffee yang berlokasi di area pasar Benh Tanh, Ho Chi Minh. Lokasi ini merupakan sebuah cafe kopi dimana anda juga bisa beristirahat dan bersantai sambil minum kopi populer Trung Nguyen. Setelah mengicipi kenikmatan kopi, turis juga bisa berbelanja kopi sebagai oleh-oleh.

Harganya :

  • Kopi Trung Nguyen kemasan memiliki khisaran harga sekitar 45.000 Dong (sekitar Rp 27.000) sampai 55.000 Dong (sekitar 30.000).

2. Teh Lotus Vietnam

vietnam.2Tak kalah denga teh hijau yang bisa ditemukan di tempat wisata di Jepang, Vietnam juga memproduksi teh khas yang patut anda coba. Teh Lotus (teh teratai) merupakan teh yang bisa anda beli sebagai souvernir khas Vietnam.

Teh Lotus produksi Vietnam pada dasarnya adalah teh hijau yang dalam proses pengolahannya ditambahkan aroma Nelumbo Nucifera, yaitu sejenis bunga teratai biru. Oleh karena itu teh lotus satu ini memiliki aroma yang sedap yang menenangkan.


Teh Lotus juga memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan tubuh anda. Teh ini dapat menurunan tekanan darah tinggi, mengurangi rasa sakit saat datang bulan, dan mengobati diare.

Harganya :

  • Anda dapat membeli teh lotus ini mulai dari harga 21.000 Dong (sekitar Rp 12.000) perkemasannya.

3. Bahn Pia

vietnam.3Bahn Pia merupakan Bakpia khas Vietnam. Pastinya anda familiar dengan cemilan dengan kulit renyah dan tebal dengan isiaan yang nikmat satu ini. Bakpia sendiri sebetulnya merupakan cemilan yang hampir ada di beberapa negara Asia. Di Indonesia pun bakpia sudah populer sebagai oleh-oleh. Begitu pula jika anda berkunjung ke tempat wisata di Singapura maupun Cina. 

Bahn Pia yang sangat populer di kalangan turis Indonesia adalah Bahn Pia durian. Bahn Pia satu ini memiliki isian durian yang merupakan buah terfavorit masyarakat Indonesia. Tidak hanya isiannya yang nikmat, kulit Bahn Pia khas Vietnam memiliki tekstur yang lembut namun padat dan tidak meninggalkan banyak remah. Sangat cocok untukk anda jadikan cemilan atau oleh-oleh untuk teman-teman anda.

Harganya :

  • Satu kemasan Bahn Pia durian ini memiliki khisaran harga 45.000 Dong (sekitar Rp 27.000).

4. Kaos Oblong Vietnam

vietnam.4Telah berkunjung ke berbagai tempat wisata di Vietnam pastinya merupakan kebanggaan tersendiri bagi anda. Mengenakan kaos oblong Vietnam bisa djadikan wujud dari kebahagiaan anda setelah berlibur di negara satu ini.

Kaos oblong Vietnam memiliki keragaman gambar yang lebih dari sekedar “I Love Vietnam” ala kaos yang biasanya ditemukan di tempat wisata di Amerika Serikat. Dengan berbagai kebudayaannya yang autentik dan etnik, kaos Vietnam memiliki gambar-gambar kebudayaan Vietnam seperti wanita canti Vietnam dalam pakaian adat, becak Vietnam, dan berbagai gambar kegiatan masyarakat tradisional Vietnam.

Kaos-kaos oblong Vietnam bisa ditemukan di pasar Ben Tanh di Ho Chi Minh maupun pusat perbelanjaan lainnya di Hanoi.

Harganya :

  • Anda bisa mendapatkan kaos oblong sebagai souvenir khas Vietnam satu ini dengan harga mulai dari 41.000 Dong (sekitar Rp 25.000).

5. Boneka Wanita Cantik Vietnam

vietnam.5Tempat wisata di Rusia menyuguhkan boneka Matryoska yang mungil nan cantik, Vietnam juga punya boneka cantik yang bisa anda jadikan oleh-oleh. Berkunjung ke Ho Chi Minh, sempatkan diri untuk membeli boneka satu ini Ben Tanh.

Boneka Vietnam ini memiliki bentuk yang mirip dengan boneka Barbie. Alih-alih menggunakan pakaian modern, boneka Barbie satu ini mengenakan pakaian wanita tradisional Vietnam yaitu Ao Dai. Oleh-oleh boneka cantik ini sangat cocok untuk anak perempuan maupun teman-teman anda sebagai pajangan di rumah.

Harganya :

  • Satu boneka wanita cantik Vietnam ini bisa anda beli dengan harga 75.000 Dong (sekitar Rp 45.000).

6. Kain Sutera Vietnam

vietnam.6Keindahan pakaian wanita tradisional Vietnam, Ao Dai, tidak lepas dari peranan bahan kain suteranya yang halus dan indah. Anda juga bisa memiliki keindahan kain sutera Vietnam untuk dijadikan pakaian sesuai selera anda.

Kain sutera Vietnam juga bisa dijadikan souvenir berkelas untuk orang tua maupun atasan anda di tempat kerja.

Jangan lupa kunjungi Silk Village di daerah Ha Dong. Silk Village merupakan sebuah kawasan perbelanjalanjaan di Vietnam yang terkenal dengan berbagai souvenir ynag terbuat dari sutera Vietnam. Masih dalam kompleks perbelanjaan, anda juga bisa mengujungi House of Silk jika sedang ke Vietnam dengan rombongan tur untuk melihat proses pembuatan kain sutera.

Kain Sutera Vietnam sangat lembut dan halus serta memiliki berbagai warna-warni dengan corak yang sederhana. Bisa anda jadikan bahan kain pakaian yang modis dan elegan.

Harganya :

  • Untuk bisa membawa sutera Vietnam kualitas terbaik, anda perlu menyiapkan kocek sebersar 110.000 Dong (sekitar Rp 66.000) untuk per meter kain.

7. Gantung Kunci dan Magnet Kulkas.

vietnam.7Butuh oleh-oleh dalam jumlah banyak namun budget liburan anda menipis? Anda masih bisa berbelanja oleh-oleh Vietnam yang juga serupa dengan yang bisa kita peroleh dari tempat wisata di Malaysia maupun Singapura. Gantung kunci dan magnet kulkas merupakan souvernir murah meriah yang bisa anda beli dalam jumlah banyak sebagai oleh-oleh untuk kerabat dan teman-teman anda.

Gantungan kunci dan magnet kulkas dengan corak khas Vietnam bisa anda temukan di pasar-pasar tradisional seperti Ben Tanh di Ho Chi Minh maupun di sekitar lokasi objek wisata Vietnam. 


Berbagai bentuk unik ala etnik tersirat pada setiap pernak-pernik ini. Gantungan kunci dan magnet kulkas dari Vietnam memiliki bentuk yang lucu dan tersedia dalam berbagai pilihan warna yang mencolok. Anda bisa membeli dari yang berbentuk sepasang boneka kecil imut dengan pakaian tradisonal Vietnam, becak Vietnam, camping, bambu, dan masih banyak lagi pilihan sesuai selera anda.

Harganya :

  • Harga dari souvenir mungil ini berkhisar 5.000 Dong (sekitar Rp 3.000) hingga 20.000 Dong (sekitar Rp 12.000). Anda juga bisa membeli langsung satu pak dengan harga 100.000 Dong (sekitar Rp 60.000)

, , , ,
Post Date: Wednesday 11th, April 2018 / 06:52 Oleh :
Kategori : Vietnam