8 Souvenir Khas Mekkah Yang Paling Cocok Di Jadikan Oleh Oleh

Banyak tempat yang menjadi lokasi wisata religi di seluruh dunia salah satunya Mekkah, kota yang berada di Arab Saudi ini merupakan kota yang menjadi tujuan ibadah umrah dan haji umat Islam. Namun seperti halnya tempat wisata dengan fokus lain, Mekkah juga tetap memiliki banyak souvenir khas yang dijadikan buah tangan bagi mereka yang pergi beribadah untuk diberikan kepada sanak saudara dan kerabat di tanah air.

Sebelum – sebelumnya telah dibahas tempat wisata lain yang juga cenderung memiliki nilai religi seperti Fushimi Inari Taisha yang ada di Jepang, kuil yang menjadi lokasi kunjungan bagi mereka yang mau beribadah juga mereka yang hendak berwisata. Namun tak juga lepas dari unsur oleh – oleh di balik kesakralan lokasinya. Begitu pula dengan Mekkah yang tetap memiliki pesona untuk berbelanja bagi orang – orang yang tengah berkunjung ke sana untuk bisa membawa pulang souvenir khas Mekkah yang cocok untuk buah tangan sepulang wisata.

Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi kami agar kamu tak salah membeli sebelum menghabiskan uang untuk membeli oleh – oleh yang ternyata bukanlah benda khas dari Mekkah dan membuat kerabat yang memperoleh hadiah kamu merasa kurang terkesan. Banyak oleh – oleh mulai dari makanan hingga berbagai aksesoris ala Mekkah dan Arab serta yang berbau religius yang bisa kamu bawa pulang baik untuk diri sendiri maupun kerabat dan orang – orang tersayang lainnya.

  • Emas

mekkah goldSeperti Sensoji yang begitu luas, eksplorasi dunia perhiasan terutama emas di Arab Saudi juga tidaklah akan cepat berakhir karena saking banyaknya terdapat toko emas dan murahnya harga emas di negara ini. Emas Mekkah kerap dibeli oleh – oleh orang – orang baik untuk investasi maupun diperdagangkan kembali. Ada kepercayaan bahwa membeli emas di sana akan memberi keberkahan baik secara langsung maupun tidak.

Orang – orang membeli emas dari Mekkah karena adanya keyakinan bahwa membeli emas dari sini akan membeli keuntungan besar. Emas yang tersedia mulai dari dalam bentuk perhiasan hingga emas batangan. Emas sendiri sebagai dekorasi bisa kamu saksikan salah satunya di Qutub Minar. Bila kamu tak sempat membeli emas dari Mekkah, kamu bisa membelinya dari Madinah yang disebut – sebut memiliki harga lebih kompetitif dan dinilai memiliki keberkahan yang lebih besar dibanding dari Mekkah.

  • Kurma Ajwa

kurmaKurma ajwa berwarna kehitaman atau mungkin ungu gelap lebih mirip dengan black currant atau kismis dari anggur hitam. Berbeda dari kurma pada umumnya yang memiliki warna lebih mirip tanah atau kecoklatan terang. Kurma ajwa ini disebut – sebut sebagai kurma yang paling disukai oleh Nabi Muhammad SAW dan banyak tersedia dalam kualitas yang baik terutama saat musim haji.


Orang – orang Arab Saudi juga percaya bahwa kurma ini memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan seperti mengurangi efek keracunan juga penyakit yang berkaitan dengan ilmu hitam. Teksturnya sangat lembut dan bagian luarnya biasanya kering. Nama kurma ajwa juga disebut dalam salah satu hadis agama Islam yakni di beberapa hadis oleh Sahi Bukhari dan Tirmizi.

Harga kurma ajwa berkisar dari 40 sampai 120 Riyal per kilo gramnya tergantung dari ukuran dan juga tentunya kualitas. Namun karena pasar yang dipenuhi dengan kurma ajwa, kamu juga perlu berhati – hati. Beberapa penjual kadang nakal menyelipkan kurma ajwa yang kualitasnya jelek di antara kurma ajwa yang kualitasnya bagus untuk memperoleh keuntungan lebih besar. Kualitas kurma ajwa yang paling baik ditunjukkan dari garis putih yang ada pada bagian luar buah ini. 

  • Rogne Ballassam

Rogne Ballassam adalah ekstrak dari minyak alami Ballassam, yaitu sebuah pohon di Wadi al Badar yang disebut – sebut sangat langka sehingga harganya sangat mahal. Jadi belilah benda ini hanya jika kamu memiliki uang cukup karena harganya yang sekitar 70 sampai 100 Riyal. Rogne Ballassam dikatakan memiliki khasiat yang ampuh untuk membantu mengurangi sakit akibat diabetes, infeksi hati dan penyakit lain yang berhubungan, lemah syahwat, luka, kelumpuhan dan banyak penyakit lainnya.

Banyak ukuran atau dosis yang mesti digunakan sesuai masing – masing penyakitnya. Misalnya untuk penyakit seperti kelumpuhan atau penyakit terkait hati, kamu diminta menggunakan 30 gram minyak zaitun dan 6 tetes Rogne Ballassam, lalu memijatkannya ke bagian tubuh yang sakit. Sementara untuk penyakit seperti asma, lemah syahwat atau diabetes, gunakan 25 gram susu dan 2 tetes Rogne Ballassam, kemudian minum ramuan setelah shalat Isya. Namun pastikan kamu telah makan sebelumnya dan tidak memasukkan gula ke dalam susu.

  • Nabi Booti

Sebenarnya nabi booti adalah sejenis tanaman yang ditemukan di Madinah namun kerap juga dijual di Mekkah. Tanaman ini dinilai memiliki khasiat ampuh untuk membantu pasangan yang kesulitan mendapatkan anak.

Berawal dari kisah Nabi Muhammad yang dimintai tolong oleh seseorang yang ingin sekali memiliki anak dan kemudian diperintah oleh seorang Wahi untuk mencabut sebuah tanaman dan orang itu langsung segera memiliki anak.

Harga tanaman ini adalah sekitar 5 riyal.

  • Maryam Booti

Selain nabi booti, ada juga Maryam booti yang berasal dari tanaman yang sama yang dipercaya berkhasiat untuk membantu para ibu hamil yang akan segera melahirkan. Khasiatnya adalah untuk mempercepat hilangnya rasa sakit setelah proses melahirkan. Jadi mungkin bisa dibeli untuk mencoba khasiatnya. Namun bila tidak sempat membelinya langsung di Mekkah, Maryam booti juga tersedia di Pakistan dan Iran.

  • Tasbih, Sajadah dan Al Quran

tasbihPergi ke Mekkah, tidak seperti ke tempat wisata di Mesir yang kerap menarik banyak tujuan beragam. Di Mekkah biasanya orang datang untuk beribadah baik umrah maupun haji sehingga sebagian besar wisatawannya adalah orang Islam yang juga akan memberikan hadiah untuk teman – teman muslim atau hadiah yang punya tujuan religius. Untuk hadiah semacam ini, Mekkah adalah tempatnya.

Ada tasbih, sajadah, dan Al Quran serta beberapa peralatan religius lain yang kerap dibeli oleh wisatawan yang datang sebagai peserta umrah dan haji seperti mukena, jilbab, dan lain – lain. Mekkah adalah tempat di mana benda – benda ini banyak diproduksi dengan kualitas sangat baik dan harganya juga tidak terlalu mahal dibanding dengan kualitasnya.

  • Siwak dan Aksesoris Lain

siwakBenda lain yang kerap menjadi favorit untuk dijadikan souvenir khas Mekkah yang cocok dijadikan buah tangan sepulang wisata adalah siwak atau dalam bahasa Inggris dikenal juga dengan nama miswak. Benda ini dikenal sebagai sikat gigi tradisional yang digunakan di zaman nabi Muhammad dan disebut – sebut mampu membersihkan gigi lebih baik dari sikat gigi bahkan tanpa menggunakan pasta gigi.


Selain oleh – oleh ini, orang – orang juga biasanya mencari batu akik, kacang – kacang asal Arab, cendana, juga air zam zam yang akan mereka borong ke rumah untuk dibagikan kepada sanak saudara. Toko – toko sendiri menyediakan banyak paket untuk benda – benda ini yang dikemas dalam jumlah kecil sehingga kamu bisa membeli dalam kemasan kecil untuk dibagikan kepada banyak teman dan kerabat.

  • Ithar

Souvenir khas Mekkah yang cocok untuk buah tangan sepulang wisata lainnya adalah ithar atau disebut juga itar. Yakni sejenis parfum tanpa alkohol yang biasa digunakan banyak orang di Arab Saudi. Bila kamu penyuka parfum namun tak suka alkohol, benda ini adalah pilihan yang baik. Baunya juga tahan lama dan harganya tak terlalu mahal.

, , ,
Post Date: Tuesday 17th, April 2018 / 03:55 Oleh :
Kategori : Arab Saudi