5 Tips Backpacker Ke Bangkok Paling Murah, Mudah, Dan Memuaskan

BangkokSaat ini melakukan perjalanan dan berwisata ala backpacker sudah sangat umum bagi para wisatawan. Konsep berwisata ala backpacker ini dianggap jauh lebih menguntungkan, karena selain dapat menghemat biaya, traveler juga tetap mendapatkan pengalaman jalan-jalan yang  memuaskan. Prinsip penting dari melakukan wisata ala backpacker ialah merencanakan perjalanan dengan sematang-matangnya.

Salah satu tempat yang menjadi destinasi favorit para backpacker adalah Bangkok. Bangkok merupakan ibu kota sekaligus kota terbesar dari Negeri Gajah Putih atau Thailand. Kota ini terletak di tepi barat Sungai Chao Phraya dekat Teluk Thailand. Saat ini Bangkok termasuk ke dalam daftar kota dengan perkembangan terpesat di dunia.

Ekonominya dinamis dan kemasyarakatannya nampak sangat progresif, khususnya di kawasan Asia Tenggara. Kota ini juga merupakan kota yang sangat hidup. Dari pagi hingga malam selalu terasa ramai. Jalan-jalannya penuh, lalu lintas sangat padat, dan kehidupan malamnya luar biasa. Namun lebih dari itu, hal tersebutlah yang menjadi daya tarik tersendiri dari kota yang menawan ini.

Selain karena banyaknya pilihan tempat wisata di Bangkok, kota ini menawarkan keindahan situs-situs budaya yang masih dijaga kelestariannya. Biaya hidup yang murah, pengalaman wisata kuliner dan wisata alam yang menyenangkan, keseruan belanja, dan tur fotografi semua lengkap ada di kota ini. Dengan alasan-alasan itulah Bangkok menjadi destinasi backpacking para wisatawan mancanegara.

Berikut adalah tips backpacker ke Bangkok:

  1. Membuat rencana kunjungan sematang-matangnya

Persiapan yang matang sangat diperlukan apabila Anda ingin berpergian jauh, termasuk berpergian ala backpacker. Persiapan atau rencana tersebut meliputi:

  • Menentukan hal yang akan dilakukan selama di Bangkok

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan di Bangkok. Anda dapat melakukan wisata religi ke candi-candi seperti Wat Phra Kaew, menjelajahi museum seni dan budaya, sekedar berjalan-jalan di taman kota, mengelilingi pasar tradisional, wisata sejarah ke berbagai museum, dan menikmati beberapa wisata alam yang memuaskan. Semua ini dapat Anda putuskan sebelum pergi ke Bangkok, sehingga selain menghindari pergi tanpa tujuan, Anda juga dapat memperkirakan biaya yang Anda butuhkan.

  • Menentukan waktu keberangkatan

Pergi ala backpacker harus direncanakan dengan sebaik-baiknya, termasuk menentukan waktu keberangkatan dan kepulangan. Hal ini wajib Anda lakukan sejak jauh-jauh hari sehingga dapat menyesuaikan dengan jadwal kesibukan Anda. Dengan menentukan waktu keberangkatan dan kepulangan Anda juga dapat segera memesan tiket dan menuliskan perkiraan budget yang dibutuhkan. Waktu 3-4 hari merupakan waktu yang cukup untuk merasakan sensasi keunikan Bangkok. Namun tidak sedikit backpacker yang memutuskan untuk berkunjung hingga 1 minggu lamanya.

  • Menentukan cara pergi

Hal ini meliputi rute perjalanan atau penerbangan Anda. Rute klasik menuju Bangkok umumnya ialah menggunakan pesawat dari Jakarta langsung ke Bandara Don Muang Bangkok. Secara normal biaya pulang pergi menggunakan pesawat dengan rute ini berkisar 2 jutaan, namun Anda masih mungkin mendapatkan harga yang lebih murah jika mengikuti promo. Selain rute klasik, para backpacker yang tidak hanya ingin mengunjungi Bangkok, biasanya pergi ke Laos atau Kamboja terlebih dahulu, kemudian menggunakan jalur darat menuju Thailand.


  1. Mencari informasi promo tiket pesawat

Setelah merencanakan dengan matang mengenai kegiatan kunjungan Anda ke Bangkok, Anda dapat mulai mencari info promo untuk tiket pesawat. Dengan promo Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan harga normal. Apalagi saat ini sudah banyak maskapai penerbangan yang menyediakan promo menarik. Inilah pentingnya merencanakan waktu keberangkatan Anda, sebab promo tidak bisa didapatkan secara tiba-tiba. Sebagai saran Anda juga dapat berlangganan email newsletter dari maskapai terkait, sehingga informasi tiket promo akan langsung masuk ke email Anda.

  1. Mempersiapkan perlengkapan yang akan dibawa

Bagi Anda yang hendak melakukan backpacker ke Bangkok ataupun tempat-tempat lainnya, Anda wajib mempersiapkan barang bawaan Anda. Selain pakaian secukupnya, sebaiknya Anda mempertimbangkan barang lain seperti ransel yang simpel, tas kecil yang dapat dipasang dipinggang untuk barang berharga sehingga mudah diawasi, dan makanan cepat saji atau cemilan untuk berhemat. Meskipun tentu saja ada banyak tempat makan enak dan murah di Bangkok. Disarankan untuk tidak membawa barang berlebihan saat Anda melakukan backpacking, karena hal tersebut akan mempermudah mobilitas Anda.

  1. Membuat rincian budget

Selanjutnya tips yang tidak boleh dilewatkan adalah membuat budget pengeluaran selama Anda berwisata. Tips ini merupakan rahasia sukses bagi para backpacker. Budget atau anggaran yang dimaksud mencakup biaya tiket pesawat, memasuki tempat wisata, transportasi, tempat tinggal, makan, dan oleh-oleh. Untuk ke Bangkok sendiri paling tidak Anda hanya harus menyiapkan sekitar 3 juta rupiah untuk 3 hari. Apabila tempat wisata utama yang ingin Anda kunjungi adalah Grand Palace dan Wat Phra Kaew, berikut adalah contoh rincian untuk biaya 3 juta rupiah yang dimaksud:

  • Tiket pesawat pulang pergi 1.8 juta
  • Memasuki tempat wisata 220 ribu
  • Transportasi 100 ribu
  • Tempat menginap untuk 2 malam 160 ribu
  • Keperluan makan 200 ribu
  • Oleh-oleh dan lain-lain 520 ribu

Rincian tersebut hanya gambaran dan tentunya masih dapat Anda ubah sesuai kebutuhan serta keinginan Anda. Akan lebih baik lagi jika Anda memecah rincian di atas menjadi biaya harian yang lebih detail.

  1. Mencari referensi sebanyak-banyaknya

Berdasarkan rincian budget yang sudah Anda buat, tips backpacker ke Bangkok selanjutnya adalah mencari referensi. Referensi ini diperlukan sebagai sumber informasi untuk melengkapi rencana budget Anda. Secara lebih jelas akan diulas sebagai berikut:

  • Tempat kunjungan

Bangkok sebagai salah satu kota yang memiliki banyak tempat wisata di Thailand, mempunyai berbagai destinasi yang patut dicoba. Beberapa tempat wisata populer di Bangkok adalah Grand Palace, Wat Phra Kaew, Wat Pho, Lumpini Park, Khao San Road, dan The Royal Elephant Museum. Kebanyakan dari destinasi wisata di Bangkok berupa situs-situs religi dan bersejarah. Namun jika Anda hanya ingin menikmati keramaian kota seperti berkeliling dari satu jalan ke jalan lain dan menikmati budaya hidup masyarakat setempat, bukan menjadi pilihan yang buruk.

  • Tempat menginap

Sebaiknya Anda mengusahakan untuk mencari tempat menginap strategis yang dekat dengan tujuan utama wisata Anda atau pasar. Sebagai contoh, Anda dapat menginap di hostel di Khao San Road. Di sana terdapat banyak hostel dengan harga murah yaitu berkisar sekitar 140 ribu rupiah. Jika Anda berjalan sedikit ke arah Chana Songkram Road, anda akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah yaitu 50-70 ribu rupiah. Jarak antara Khao San Road dengan Chana Songkram Road adalah sekitar 5 menit.

  • Transportasi

Ada berbagai macam transportasi yang umum digunakan di Bangkok. Para pengunjung dapat menggunakan bus yang harganya 4-9 ribu untuk sekali perjalanan sesuai panjang rute yang dilalui. Selain itu ada juga SkyTrain dengan tarif 5-15 ribu dan taksi dengan tarif awal 15 ribu diikuti penambahan seribu rupiah untuk kilometer selanjutnya. Saat naik taksi selalu pastikan bahwa agrometer sudah menyala. Transportasi lainnya yang dapat digunakan adalah tuk-tuk (bajaj).


  • Tempat makan

Biaya makan di Bangkok tergolong murah. Jika Anda memilih untuk mencoba makanan pinggir jalan, Anda hanya membutuhkan kurang dari 14 ribu rupiah. Dengan biaya tersebut Anda sudah bisa menikmati makanan dan jajanan khas Thailand yang lezat dan berkualitas baik. Kisaran harga makanan pinggir jalan di Bangkok adalah sekitar 10-30 ribu rupiah. Selain itu Anda juga dapat mencoba makanan kafe dan restoran Bangkok yang harganya berkisar antara 50-140 ribu per orang.

  • Pasar

Beruntung sekali para wisatawan yang melakukan backpacker ke Bangkok. Alasannya wisatawan tidak perlu kesulitan mencari tempat belanja yang hemat. Ya, ada banyak tempat belanja murah di Thailand, yang beberapa diantaranya berlokasi di Bangkok seperti Pratanum Market, Boebae Market, dan Chatuchak Market. Pasar-pasar tersebut memiliki berbagai jenis barang dan menjual banyak oleh-oleh khas Thailand. Bahkan beberapa diantaranya menyajikan makanan halal yang lezat. Anda juga sangat diperbolehkan untuk melakukan tawar-menawar harga.

Jadi tunggu apa lagi? Selamat melakukan backpacker ke Bangkok!

, , , ,
Post Date: Thursday 21st, June 2018 / 08:57 Oleh :
Kategori : Thailand