10 Tempat Wisata di Dongguan Yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di Dongguan – Dongguan dikenal sebagai salah satu kota dengan ekonomi yang makmur di China. Kota ini terletak di Delta sungai “segitaga emas”nya China, dan masih masuk dalam provinsi Guandong. Banyak warga China yang berbondong-bondong ke Dongguan untuk mengadu nasib di sini.

Meskipun kota ini cukup ramai, namun kota ini telah dianugerahi “The National Excellence in Tourism” dari pemerintahan China, sebagai hasil dari peninggalan sejarahnya yang indah dan wisata alamnya yang menawan. Oleh sebab itu, kota ini bisa anda jadikan alternatif ketika anda mengunjungi tempat wisata di China.

Dongguan memiliki sejarah panjang yang dapat ditelusuri kembali hingga ke Zaman Neolitikum 5.000 tahun yang lalu. Hingga tahun 331 pada masa Dinasti Jin Timur, Dongguan merupakan sebuah kabupaten bernama Baoan. Kemudian berganti nama menjadi Dongguan pada masa Dinasti Tang.

Untuk itu langsung saja yuk, kita telusuri tempat wisata di Dongguan berikut ini.

1. Opium War Museum

Opium-War

Dibangun pada tahun 1957 dan berdiri diatas tanah seluas 800.000 meter persegi, Opium War Museum pada awalnya dikenal sebagai monumen “Lin Zuxu Memorial”, kemudian diganti namanya menjadi ” Anti-British Memorial for Humen People in the Opium War”.

Pada tahun 1972 dan kemudian disebut sebagai “Peringatan Lin Zexu di Humen” pada tahun 1985. Dan Pada Akhirnya pada tahun 1988 ditetapkan sebagai ” Opium War Museum” untuk meneliti reruntuhan sisa perang Opium di Humen.

Disini Pengunjung dapat mempelajari  sejarah mengenai Larangan pemakaian Opium serta Sejarah Perang Opium  dan berbagai pameran benda-benda sisa perang  serta Lukisan-lukisa yang menggambarkan Pertempuran Laut di Humen. Di Museum ini juga diajarkan mengenai pentingnya patriotisme untuk negara.

Alamat : Humen Town, Guancheng District, Dongguan 523932, China


2. Keyuan Garden

Kaeyuan-garden

Keyuan Garden adalah salah satu dari empat taman terkenal dari Dinasti Qing yang berada di Provinsi Guangdong. Taman ini memiliki luas sekitar 2.200 meter persegi, dengan puluhan bangunan tradisional di dalamnya, beserta paviliun, kolam, dan jembatan.

Bangunan-bangunan tersebut dibagi menjadi empat bagian, dimana terbagi menjadi tiga kelompok bangunan dan satu halaman. Tiga kelompok bangunan masing-masing terletak di tenggara, barat, dan utara taman. Sedangkan, halamannya terdapat  di tengah-tengah taman.

Anda juga bisa berjalan- jalan di sepanjang koridor taman, di mana anda akan merasakan suasana taman kerajaan china kuno yang indah dan sejuk.

Alamat : No. 32, Keyuan Road, Guancheng District, Dongguan City, China

3. Houjie City

Houjie

Dongguan disebut sebagai surga kehidupan malam di China. Hampir setiap kota di sekitarnya memiliki pusat hiburan malam yang semarak. Salah satunya adalah Kota Houjie, tempat di Dongguan yang selalu ramai dan gemerlap ketika malam hari menjelang.

Jika clubbing dan bar-hopping tidak cocok untuk Anda, bergabunglah dengan penduduk setempat di salah satu dari banyak outlet untuk beberapa makanan khas China seperti dimsum, Xia Long Bao dan lainya. Restoran – restoran di Houjie buka hingga larut malam setiap harinya. Dan masakan disini juga sangat banyak, jadi anda bisa mengeksplorasi semua kuliner China di kota ini.

Alamat : Houjiezhen, Dongguan, Guangdong, Cina

4. Qifeng Park

Qifeng-Park

Taman Qifeng memiliki luas sekitar 243 hektar.  Qifeng Park atau taman Qifeng merupakan paru-paru kota dongguan, dan disana terdapat Kuil kuno dengan arsitektur yang indah, yaitu Kuil Huangqi. Selain kuil Huangqi, di taman Qifeng juga terdapat spot-spot populer seperti Gate Tower, Danau Qifeng dan Qifeng Park Square.

Salah satu yang paling populer di tamanQifeng  adalah Gunung Huangqi yang memiliki tinggi 180 meter. Disana terdapat sumur kuno yang diyakini memiliki kekuatan magis, dimana orang yang minum air dari sumur itu diyakini bisa menjadikan orang yang jujur ​​dan bersih.

Alamat : Huangqi Forest Management Area, Qifeng Road, Dongguan City, China

5. Shongsan Lake Park

Shongshan-lake

Taman Danau Songshan terletak di pusat geometris Dongguan, terletak di dalam koridor emas “Guangzhou-Shenzhen-Hong Kong”, tepatnya di selatan Hong Kong & Shenzhen dan utara Guangzhou. Taman ini memiliki total area seluas 103 kilometer persegi.

Di Shongsan Lake Park merupakan salah satu pusat teknologi dan pusat inovasi Dongguan.Dimana bertugas untuk mengembangkan ekonomi melingkar dan membangun peradaban ekologis. Taman ini dibuka sejak tahun 2001, dengan dibangunya Taman Industri Sains dan Teknologi Danau Songshan.

Pada tahun 2006, taman eko-industri Dongguan didirikan. Kemudian Pada bulan September 2010, Danau Songshan ditingkatkan ke zona pengembangan industri teknologi tinggi nasional. Hingga tahun 2015, taman ini menjadi  area konservasi dan inovasi nasional.

Alamat : Huanhu Road, Dalingshan Town, Dongguan 523809, China

6. Gunung Guanyin

Guanyin-mount

Gunung Guanyin atau biasa dikenal dengan Taman Nasional Hutan Gunung Guanyin. Memiliki tinggi sekitar 488 meter dimana terletak di perbatasan antara Dongguan dan Shenzeng. Tempat wisata ini berdiri pada tahun 2000 dan pada tahun 2009 dikategorikan kedalam tingkat 4A oleh Dinas Pariwisata di China, dimana memilliki pemandangan yang indah dan memukau. Taman Nasional Hutan Gunung Guanyin memadukan wisata ekologi, hiburan, orahraga, religi dan budaya.

Salah satu landamark populer dari taman ini adalah patung Santo Gunayin yang dibangun pada tahun 2001. Patung ini memiliki tinggi 33 meter dengan berat 3.300 ton. Patung ini duduk dalam posisi lotus diatas bungai teratai dan dibawahnya diisi dengan air.

Disini juga terdapat sebuah museum Pohon kuno yang didirikan oleh Institut Geografi guangzhou pada tahun 2002. Dimana merupakan museum pohon tua pertama di China.

Alamat : Huanhu Road, Dalingshan Town, Dongguan 523809, China

7. Humen Bridge

Humen-Bridge

Jembatan Humen selesai dibangun  pada tahun 1997 dan berfungsi sebagai penghubung antara Zhuhai dan hongkong. Humen Bridge merupakan Jembatan  gantung besar pertama yang dibangun secara mandiri di China.

Jembatan ini berdiri secara gagah diatas muara Sungai Pearl, dan telah membantu mengurangi  jarak perjalanan antara Zhuhai dan Hong Kong sejauh 120 kilometer. Datanglah ke Jembatan Humen di malam hari dan saksikan pantulan cahaya lampu jalan yang memantul di air yang mengkilap dan gemerlapan.

Urban area, Humen Town, Dongguan 511700, China

8. New South China Mall

New-South-china-mall

Merupakan pusat perbelanjaa di China terbesar di dunia, jika diukur dari keseluruhan area. Dimana Mall ini memiliki luas yang lebih besar daripada The Dubai Mall, salah satu tempat wisata di Dubai. Luasnya mencapai 892 meter persegi dengan hampir 65.000 meter sudah dipenuhi pedagang.  

Dibuka pada tahun 2005, Mall ini memiliki 7 Zona yang dimodelkan seperti kota-kota terkenal dunia. Seperti Amsterdam, Paris, Roma, Mesir, Venesia, California, dan Karibia. Juga didalam kompleks mall terdapat Arc de Triomphe setinggi 25 meter, menara lonceng st Mark Venesia, kanal sepanjang 2,1 meter yang dilengkapi dengan gondola dan 553 roller coaster indoor dan outdoor.

Tempat ini merupakan surga bagi anda yang hobi berbelanja ataupun bisa anda jadikan sebagai tempat untuk membeli oleh-oleh khas China yang bisa anda bawa kerumah.

9. Weiyuan Fort

Weiyuan-fort

Merupakan benteng pertahanan yang berada di pesisir laut di Humen. Benteng ini dibangun pada tahun 1835 dan digunakan ketika Perang Opium.

Benteng ini terletak tepat dibawah Humen Bridge. Terdapat 44 meriam, 40 artileri, dan 4 benteng terbuka  untuk bertahan melawan inggris. Benteng ini memiliki panjang sekitar 360 meter.

Huandao Rd, Dongguan Shi, Guangdong Sheng, Cina


10. Dongguan Center Square

Dongguan-center-square

Dongguan Center Square terletak di area pusat administrasi dan budaya Dongguan, merupakan kompleks perkantoran, budaya, dan rekreasi.  Alun-alun dongguan meliputi area seluas sekitar 330.000 meter persegi.

Di tengah jalan utama Dongguan, Hongfu Road dibagi menjadi plasa administratif dan alun-alun budaya. Central Square tidak hanya pusat politik dan budaya Dongguan, tetapi juga dengan area yang cukup luas, tata lingkungan yang unik, Dongguan adalah kota yang memadukan manufaktur modern, alam dan budaya yang solid dan indah. Apalagi ketika malam hari dengan lampu berwarna warni yang indah yang membias diatas sungai pearl yang jernih.

Diatas adalah tempat wisata di Dongguan yag bisa anda kunjungi. Happy Travelling.

, , ,
Post Date: Saturday 02nd, March 2019 / 11:40 Oleh :
Kategori : Tiongkok