11 Tempat Wisata Di Kota Legazpi Yang Wajib Dikunjungi

Legazpi merupakan ibukota dari provinsi Albay di Filipina, dan memiliki julukan City of Fun and Adventure. Kota ini merupakan pusat administratif, kota terbesar di Bicol Region dan juga sebagai pusat regional. Terletak di tepi Teluk Albay dan menyajikan panorama laut yang mengingatkanmu pada Tempat Wisata Di Pulau Palawan yang memukau, juga memiliki beragam destinasi wisata menarik lainnya. Seperti, wisata kuliner yang khas, dan wisata sejarah yang selalu menarik perhatian wisatawan yang datang berkunjung. Yuk simak Tempat Wisata Di Kota Legazpi berikut ini!

1. Gunung Berapi Mayon, Legazpi

Gunung Berapi Mayon, Legazpi

Salah satu negara di Asia Tenggara ini memiliki gunung api berbentuk kerucut sempurna loh, yaitu Gunung Mayon yang merupakan gunung api bertipe stratovolcano dan berada di Legazpi, Provinsi Albay, Filipina. Gunung yang memiliki tinggi 2.462 meter ini menjadi salah satu gunung api paling terkenal karena bentuknya yang menyerupai kerucut dan hampir simetris. Jika melihatnya sekilas pasti anda akan teringat dengan salah satu tempat wisata alam di Jepang, yaitu Gunung Fuji.

Yup! Gunung ini memang memiliki julukan “Gunung Fujinya” Filipina. Gunung ini terletak di antara lempeng Eurasia dan Lempeng Filipina dan memiliki lereng yang sangat curam, dengan rata-rata kemiringan 35 hingga 40 derajat. Sejak 20 Juli 1938 Gunung Mayon telah resmi terdaftar sebagai kawasan lindung dan Taman Nasional pertama di Filipina. Dalam sejarahnya selama 400 tahun terakhir gunung ini tercatat telah 50 kali meletus.

Hal ini membuatnya memiliki predikat sebagai gunung berapi teraktif di Filipina. Letusan pertamanya tercatat pada tahun 1616 dan letusan terbaru terjadi pad tahun 2006. Letusan terburuk pernah terjadi pada tahun 1814 lebih tepatnya pada tanggal 1 Februari. letusan tersebut mengeluarkan banyak lava dan menghancurkan kota serta ada 1.200 orang yang tewas. Meskipun begitu, Mayon tetap menjadi daya tarik negara Filipina dan juga menjadi salah satu tempat wisata di Kota Legazpi

2. Cathedral of St. Gregory the Great

Cathedral of St. Gregory the Great

Bukan hanya Tempat Wisata di Rennes Perancis yang memiliki katedral dengan dekorasi dan arsitektur menarik. Legazpi memiliki Cathedral of St. Gregory the Great sebagai salah satu landmark kota yang dapat anda nikmati. Cathedral of St.

Gregory the Great disebut pula sebagai Katedral Albay, dan dibangun apada awal tahun 1580 an oleh misionaris Spanyol. Awalnya katedral ini merupakan bangunan sederhana dengan arsitektur dari kau, namun pada tahun 1800 an di bawah pimpinan Gubernur Albay Jose M. de Peñaranda.

Katedral ini diperbarui hingga memiliki struktur batu yang luar biasa seperti yang terlihat saat ini. Memiliki arsitektur seperti bangsa Yunani-Romawi, dengan lonceng yang terletak di tengah bangunan. Membuatnya mirip dengan beberapa gereja seperti Gereja Paroki St. Joseph di Barcelona.
Cathedral of St. Gregory the Great merupakan salah satu gereja Katolik Roma tertua di Filipina dan merupakan daya tarik wisata utama di Legazpi.

Jika hari sedang cerah pemandangan gunung berapi Mayon dapat terlihat dari gereja ini. Lokasinya pun sangat strategis karena terletak tidak jauh dari taman kota dan berada di pinggir jalan utama. Penduduk lokal mengenalnya dengan nama Katedral San Gregorio Magno atau Katedral Albay. Meskipun sempat mengalami beberapa kali renovasi,
Cathedral of St. Gregory the Great kini tetap masih berdiri megah.

3. Penaranda Park

Penaranda Park

Penaranda Park atau Taman Peranda adalah salah satu destinasi tempat wisata di Kota Legazpi terbesar yang akan anda temui di Provinsi Albay. Taman ini dikenal juga sebagai Freedom Park, pembangunannya didedikasikan untuk Gubernur pertama di Albay bernama Jose Ma. Penaranda yang menjabat mulai tahun 1834 sampai 1840. Beberapa bangunan penting dapat anda temui di sekitar taman ini, seperti Balai Kota Legazpi dan beberapa kantor lembaga administratif.

Di sebelah Baratnya ada Devide World College of Legazpi sedangkan di sebelah Timur terdapat Cathedral of St. Gregory the Great. Beberapa fasilitas, seperti pusat informasi dan restoran yang menawarkan berbagai menu lezat. Di salah satu sisi taman anda akan menjumpai sebuah panggung besar yang biasanya digunakan sebagai lokasi konser dan festival. Patung Gubernur Jose Ma. Penaranda dapat anda temui di dekat bangunan Gedung Provinsi Albay.

Tidak jauh dari patung terdapat sebuah meriam kecil, lalu ada pula lonceng kecil pemberian Amerika Seikat. Lonceng tersebut untuk memperingati pembebasan kota ini dari Jepang saat perang dunia ke II. Sebagai informasi tambahan, Penaranda Park memiliki luas 5.000 meter persegi yang juga berfungsi sebagai taman bermain, tempat piknik, dan tempat berlibur bagi penduduk dan wisatawan. Waktu terbaik untuk mengunjungi taman ini adalah ketika pagi atau sore hari, karena matahari tidak akan terasa sangat terik.

4. Albay Park and Wildlife

Albay Park and Wildlife

Albay Park and Wildlife merupakan hutan dan taman yang digabung menjadi satu, inilah tempat paling tepat untuk mendekatkan diri dengan alam di Kota Legazpi. Letaknya yang berada di jantung Kota Lagazpi, pasti memudahkan anda untuk mengunjunginya. Memiliki koleksi sekitar 347 hewan dengan 75 spesies berbeda, selain itu terdapat pula berbagai macam tumbuhan dan pohon yang menarik untuk dipelajari. Tidak kalah unik dari Taman Nasional Kruger di Afrika bukan?

Albay Park and Wildlife buka setiap hari Selasa hingga Minggu mulai jam 8 pagi sampai 6 sore. Elang Filipina, iguana, ular sanca batik, rusa, dan harimau adalah beberapa hewan yang bisa anda jumpai di lokasi ini. Di kawasan ini terdapat laguna besar dan pondok-pondo kecil yang disewakan untuk tempat beristirahat. Selain itu terdapat patung-patung hewan dan dinosaurus yang menarik untuk dilihat bersama anak-anak.

Meskipun terdapat hewan buas, taman ini aman untuk anak karena hewan-hewan tersebut dilindungi oleh kawat dan pagar pelindung. Beberapa fasilitas yang terdapat di Albay Park adalah playground anak, toilet dan area panjat tebing. Salah satu tempat wisata di Kota Legazpi ini merupakan salah satu lokasi untuk penelitian flora dan fauna. Letaknya yang berada di kaki Bukit Lingon, Kota Legazpi dengan luas sekitar lima hektar membutanya menjadi wisata alam menarik di kota ini.

5. The Cagsawa Ruins

The Cagsawa Ruins

Bukan hanya Tempat Wisata Di Kusadasi saja yang terkenal dengan Reruntuhan Kota Helenistik Priene. Di Filipina juga ada The Cagsawa Ruins, atau reruntuhan Cagsawa yang meruakan sisa gereja era abad ke-17. Gereja tersebut didirikan ada tahun 1587, namun sayangnya pada tahun 1646 diruntuhkan oleh perampok asal Belanda. Fr. Francisco Blanco kemudian membangun ulang gereja tersebut pada tahun 1724, namun sayang pada 1 Februari 1814 gereja ini harus kembali runtuh.

Kali ini penyebabnya adalah letusan gunung berapi Mayon, bukan hanya gereja tapi sebagian besar penduduk juga ikut menjadi korban keganasan gunung berapi ini. Setelah lebih dari 2 abad berlalu, reruntuhan geraja ini tetap bertahan dan menjadi salah satu landmark dair Provinsi Albay. Saat ini, situs reruntuhan Cagsawa menjadi tempat wisata yang dikelola oleh pemerintah. Yang terbaru pada 2012 lalu pemerintah kota menetapkan program fetival yang diadakan di Cagsawa.

Festival ini menampilkan berbagai atraksi budaya, kuliner, dan olahraga. 1 Februari 2014 lalu Provinsi Albay memperingati letusan Gunung Mayon ke 200 pada tahun 1814. Festival ini bertujuan untuk memberikan penghormatan kepada masyrakat yang terdampak maupun menjadi korban dari ganasnya letusan Gunung Mayon kala itu. Dan pada 2015 lalu situs ini ditetapkan menjadi situs budaya nasional yang sangat dilindungi oleh pemerintah.

6. Vera Falls

Vera Falls

Vera Falls ata air terjun Vera adalah salah satu air tejun menakjubkan yang terletak di kaki Gunung Milinao, Provinsi Albay. Airnya mengalir turun dari puncak gunung sehingga membuatnya terasa dingin dan segar.

Kemudian airnya mengalir ke sawah-sawah di datran dekat Kota Pastoral Malinao yang menkajubkan. Vera Falls terletak sekitar 8 kilometer dari Kota Tabaco, atau satu setengah jam perjalanan dari Kota Legazpi. Air terjun Vera memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan memiliki air terjun mini yang berada di tengah bebatuan dan diantara tebing.

Airnya yang sangat jernih dan bersih membuat siapapun tidak sabar untuk segera memegangnya. Sebelum sampai di air terjun wisatwan harus melewati sawah yang berliku, perkebunan kelapa, dan hutan dengan pemandangan gunung berapi Mayon yang terlihat dari kejauhan.

Salah satu tempat wisata di Kota Legazpi yang berupa destinasi alam ini merupakan lokasi yang terbaik untuk meninggalkan kejenuhan dan keriuhan kota. Jauh dari polusi udara dan suasana tenang yang dihadirkan sangat efektif untuk menenangkan diri.

Pepohonan hijau dan suara burung serta hewan-hewan kecil lainnya membuat suasana alami di tempat ini sangat berharga dan jarang ditemui di lokasi lainnya. Perjalanan panjang melewati perkebunan dan jalanan setapak serta sedikit pendakian di bukit akan terbayar lunas setelah menyaksikan air terjun cantik nan eksotis ini.

Sedikit tips untuk wisatawan yang ingin berkunjung adalah, pilihlah waktu saat cuaca cerah. Karena ketika musim hujan air terjun umumnya memiliki aliran yang sangat deras sehingga sedikit berbahaya. Tempat wisata di Kota Legazpi lainnya yang dapat dikunjungi adalah;

  • Lignon Hill
  • Daraga Church – Our Lady of the Gate
  • Ayala Malls Legazpi
  • Lignon Hill
  • Rawis Black Beach
, , , ,
Post Date: Saturday 09th, February 2019 / 06:35 Oleh :
Kategori : Filipina