11 Tempat Wisata di Leuven Belgia Paling Menarik Dikunjungi

Tempat Wisata di Leuven – Leuven merupakan salah satu kota terpopuler di Belgia, dimana terletak hanya 25 kilometer di sebelah timur ibu kota Belgia, Brussels. Leuvern merupakan kota pelajar nya Belgia, Universitas Leuven merupakan satu dari berbagai Universitas terbaik dan dihormati di Eropa seperti halnya Universitas Oxford di tempat wisata di Inggris.

Beberapa ahli-ahli terkenal seperti Erasmus dan  Justus Lipsius pernah mengajar disini. Selain itu, kanselir dari Universitas di Leuven menjadi Paus Andrian VI pada tahun 1496.

Leuven merupakan sebuah kota dengan bangunan-bangunan bersejarah yang luar biasa. Dimana banyak bangunan-bangunan megah yang masih berdiri dan digunakan hingga sekarang, meskipun sempat mengalami pemboman besar pada masa perang dunia ke dua.

Karena berstatus sebagai kota pelajar, dimana terdpaat banyak mahasiswa dari berbagai negara datang kesini. Leuven memiliki banyak faslitasa lengkap untuk para kawula muda, seperti restoran, kafe, pub dan lain sebagainya.

Ingin berkunjung ke Leuven? Yuk, simak ulasan mengenai tempat wisata di Leuven terpopuler berikut ini.

1. Stadhius atau Balai kota

Stadhius-Leuven

Stadhuis atau balai kota leuven adalah bangunan paling ikonik di kota Leuven. Merupakan sebuah bangunan dengan arsitektur bergaya Gotik yang menakjubkan dan memiliki banyak menara diatapnya.

Tiga deretan patung menghiasi fasad utama dan kedua sisi fasadnya. Dimana  patung-patung tersebut berjumlah 236 buah yang berwujud tokoh-tokoh yang mewakili sejarah kota Leuven. Patung-patung tersebut di buat pada sekitar abad ke 19.

Di dalam ruang doa terdapat relief alkitabiah yang berasal dari bangunan abad pertengahan. Bangunan ini merupakan salah satu bangunan yang selamat dari perang dunia ke dua.

2. Gereja St. Peter

St-Peter-gereja

Gereja St. Piter terletak disamping Balai kota, dan berdiri di tengah-tengah Grote Markt. Bangunan ini merupakan salah satu arsitektur Gothic Brabant terbaik di tempat wisata di Belgia . Dimana karakter utama dari gereja ini adalah pilar sheaf yang membentuk garis lurus dan jendela lengkung yang menjulang tinggi.

Salah satu  harta di gereja ini adalah lambang kuningan Gothic yang ditempatkan di sebelah kiri gerbang barat, dan sebuah mimbar bergaya Barok dengan ukiran indah yang dibuat pada tahun 1742. Rauangan paduan suara dan klinik dirubah menjadi Museum Seni Keagamaan atau Stedelijk Museum voor Religieuze Kunst.


3. Oude Markt

Oude-Mrkt

Merupakan alun-alun tua kota yang ramai dan sampai saat ini masih menjadi pusat kota Leuven. Oude Markt dijuluki sebagai bar terpanjang di dunia,  karena saking banyaknya pub, dan kafe di Oude Markt. Dan disini banyak terdapat restoran dimana anda bisa menikmati makanan khas Belgia yang lezat di Leuven.

Bangunan-bangunan di sepanjang Oude Markt sangat indah dengan deretan rumah bata yang bersejarah dan berseragam.

Bangunan-bangunan tersebut merupakan bangunan baru, yang mengadopsi bangunan lama yang hampir sepenuhnya terbakar pada tahun 1914. Selain itu, disini juga terdapat sebuah patung perunggu sebagai monumen peringatan pahlawan dari Leuven.

Di sisi selatan Oude markt terdapat Holy Trinity College dengan bangunan beraksitektur Barok yang megah yang dibangun pada tahun 1657.

4. Naamsestraat

Naamsestraat

Merupakan sebuah jalan yang terletak di sebelah kanan Balai Kota. Di Naamsestraat terdapat banyak bangunan universitas yang dibangun  dari abad ke-15 hingga abad ke-18. Beberapa bangunan universitas unik disini adalah King’s College yang didirikan oleh Philip II dari Spanyol pada tahun 1579, Arras College didirikan pada tahun 1508 oleh seorang Uskup dari Arras dan Premonstratensian college yang didirikan pada tahun 1571.

Selain itu juga terdapat bangunan Gereja St. Michael  yang dibangun tahun 1650 dan selesai tahun 1666 oleh Willem Hesius. Gereja tersebut memiliki arsitektur bergaya Barok yang indah, dimana merupakan salah satu gereja barok yang terkenal di Belgia.

5. Museum Vanderkelen

VAnderkelen-museum

Museum Vanderkelen merupakan sebuah museum yang memerkan berbagai koleksi seni dan kerajinan kota Leuven. Terdapat tiga bagian pameran di museum ini untuk dijelajahi. Yang pertama adalah bagian pameran lukisan dimana di bagian ini anda bisa menikmati berbagai lukisan indah dari Sekolah Leuven, dan berbagai lukisan dari berbagai periode.

Bagian pameran patung, memiliki salah satu koleksinya yang terkenal adalah patung Madonna dari abad ke-12 yang juga dikenal sebagai Sedes Sapientiae  dan berbagai patung dari abad ke 16. Dan bagian pameran kerajinan menampilkan lukisan kaca dari abad 16 hingga 20, keramik, faiences dari Delft , porselen dari Jepang , berbagai ukiran, koin, emas, dan tekstil.

6. Monumen Fonske

Fonske

Jika di Brussels terdapat patung Manekin Piss, di Leuven anda bisa menemukan Fonske yang merupakan sebuah nama dari siswa abadi di Leuven dan menjadi simbol kebijaksanaan di kota Leuven. Nama aslinya adalah Fons Sapientiae yang dalam bahasa latin berarti sumber kebijaksanaan.  Namun banyak  orang yang lebih suka memanggilnya dengan sebutan Fonske.

Patung ini berupa seorang pria kecil yang aneh yang menuangkan bir dikepalanya sambil membaca sebuah buku. Dimana patung ini menggambarkan metafora untuk kebijaksanaan yang meresap ke dalam otaknya. Sebagai siswa abadi yang melambangkan kehausan kota akan pengetahuan, Fonske merupakan patung yang paling dicintai di antara semua patung di Leuven.

7. Perpustakaan Universiteitsbibliotheek Leuven

Perpustakaan-Leuven

Merupakan sebuah bangunan menara megah yang berarsitektur neo-Renaissance yang direnovasi pada tahun 1920-an. Dimana menara perupustakaan ini dibangun setelah bangunan lama yang menampung berbagai manuskrip penting dibakar pada tahun 1914 oleh tentara Jerman.

Di dalam perpustakaan ini, Anda akan menemukan ruang baca yang seluruhnya terbuat dari kayu.  Anda bisa menaiki menara ini dan menuju  bagian atas menara dengan ketinggian 73 meter, dimana dari sini anda bisa menikmati pemandangan kota leuven yang indah dari atas ketinggian.

8. M-Museum

M-Museum

M-Museum merupakan sebuah museum sains yang beridiri pada tahun 2009. Selain, menjadi sebuah kota yang terkenal dengan pendidikannya, Leuven juga merupakan sebuah kota yang cukup serius dalam menyajikan berbagai kesenianya.

Bangunan M Museum  dirancang oleh Stephane Beel, dimana dia memasukkan unsur-unsur arsitektur dari rumah walikota dan bangunan perguruan tinggi yang berasal dari abad ke-16. Museum ini menyajikan berbagai koleksi seni dari Flemish Masters dan seni kontemporer Belgia, yang mencakup lebih dari 52.000 karya.

9. Groot Begijnhof

Groot-Begijnof

Groot Begijnhof merupakan sebuah kompleks perumahan yang mempesona yang menjadi tempat tinggal ratusan beguine/biarawati.  Kompleks romantis ini saat ini terdiri lebih dari 1.000 rumah dan sebuah gereja yang didirikan pada abad ke-13 dimana kompleks ini juga dilintasi oleh anak sungai Dijle yang semakin menambah keromantisanya.

Pada abad ke-18, kompleks ini ditinggali oleh 300 beguine, Namun ketika terjadi Revolusi Prancisbanyak beguine yang meninggalkan groot beginjof, dan hanya beberapa beguine yang kembali setelahnya.

Pada tahun 1962, situs itu menjadi hak milik universitas Leuven dan digunakan sebagai tempat tinggal mahasiswa dan ruang kuliah.


10. Taman Arenberg

Taman-Arenberg

Taman hijau ini terletak di selatan pusat kota, tepatnya di Kardinaal Mercierlaan 94. Didalam taman terdapat chateau atau rumah bangsawan yang megah yang dibangun pada abad ke-16, dan dikelilingi oleh parit yang luas. Taman ini sangat cocok untuk piknik atau berjalan-jalan menikmati suasana Leuven yang sejuk.

Terkadang anda bisa menyaksikan balon udara berawak pertama yang pernah terbang. Dimana saat ini chateau juga digunakan sebagai Fakultas Teknik. Namun anda juga masih bisa mengunjungi nya karena terbuka untuk umum.

11. Pasar Leuven

Leuven adalah tempat yang tepat untuk berbelanja untuk mencari oleh-oleh khas Belgia di kota ini, terutama di salah satu pasar mingguan di kota. Anda memiliki beberapa pilihan untuk menjelajahi pasar di kota Leuven dimana untuk pasar bunga berlangsung setiap hari Kamis, pasar makanan dan pakaian pada hari Jumat, serta pasar tradisional pada hari Sabtu.

Itu dia berbagai tempat wisata di Leuven yang paling menarik untuk dikunjungi. Selamat Berlibur dan jaga selalu kesehatan anda.

, , ,
Post Date: Monday 13th, May 2019 / 10:40 Oleh :
Kategori : Belgia