10 Tempat Wisata di Liege Belgia Terbaik dan Terpopuler

Tempat Wisata di Liege – Liege merupakan salah satu  kota indah di tempat wisata di Belgia yang juga menjadi kota terbesar di Provinsi Walloon. Liege juga merupakan kota terbesar ketiga di Belgia, setelah Brussels dan Antwerpen.

Kota ini terletak di perlintasan  dua sungai besar di Belgia yaitu sungai Orth dan Maas. Kota ini merupakan kota penting pada zaman dahulu yang memiliki sejarah panjang jika dibandingkan dengan kota-kota lain di Belgia.

Di Liege anda akan disuguhkan berbagai wisata sejarah dengan adanya banyak museum yang menarik, yang memberikan informasi berharga mengenai sejarah dan budaya kota, serta bangunan-bangunan tua yang indah dan masih dirawat hingga sekarang.

Nah, penasarankan apa saja tempat wisata di liege, Yuk kita simak ulasan mengenai tempat wisata di Liege berikut ini.

1. Stasiun Guillemins

Guillemins-station

Ketika anda datang untuk pertama kali di Liege, anda akan disambut dengan bangunan ikonik dari stasiun Guillemins. Stasiun ini merupakan stasiun utama di kota Liege yang selesai dibangun pada pada 2009. Dimana memiliki komponen utama kaca seperti stasiun La Gare de Strasbourg, di tempat wisata di Perancis.

Bangunan unik ini merupakan karya seorang arsitek Spanyol, Santiago Calatrava dan dianggap sebagai arsitektur kontemporer paling indah di seluruh Belgia. Stasiun ini memiliki ruang pameran serta juga terdapat kantor pariwisata, di mana Anda bisa menemukan pamflet wisata dan peta wisata yang akan memandu Anda berkeliling di sekitar stasiun.

2. Museum Curtuis

grand-curtuis

Museum Curtuis adalah museum arkeologi dan seni yang berada di sebuah rumah megah yang dibangun pada abad ke-17. Rumah megah ini merupakan bekas rumah seorang pengusaha kaya, Jean Curtius. Museum ini merupakan gabungan empat museum kecil yang membentuk koleksi besar seperti yang Anda lihat hari ini.

Museum Curtuis dibangun di tepi sungai dengan menggunakan bahan utama berupa bata merah dan berarsitekur bergaya Renaissance Mosan. Museum ini menyajikan berbagai koleksi artefak mulai dari periode prasejarah, Romawi, Frank-Medieval, koleksi furnitur dan seni dekoratif dari Abad  Pertengahan hingga Revolusi Prancis.


3. Palais des Princes-Eveques

palais-des-princes-eveques

Saat ini bangunan megah ini digunakan sebagai Pengadilan Hukum dan pemerintahan Walloon. Bangunan Palais des Princes-Eveques dahulu merupakan  sebuah istana Keuskupan. Bangunan asli hancur pada akhir abad ke-15, kemudian di rekonstruksi dan selesai pada tahun 1540.

Bangunan ini menandai transisi arsitektur antara gaya Gothic dan Renaissance. Ada dua halaman yang indah dengan trotoar dan kolom yang melengkung di depan Palais des Princes-Eveques. Dihalaman pertama terdapat ukiran wajah aneh karya Sebastian Brant dan Erasmus. Sedangkan, Halaman kedua terdapat  air mancur.

Selain itu, juga terdapat beberapa toko dan restoran, dimana anda bisa menikmati beberapa makanan khas Belgia di Liege.

4. Musee de la Vie Wallonne

musee-de-la-vie1

Musee de la Vie Wallonne atau Museum Kehidupan Walloon bertempat di sebuah bangunan yang dibangun pada abad ke-17. Sebelum berubah menjadi museum, Bangunan ini merupakan bangunan sebuah biara.

Museum ini memilikii sekitar 350.000 pameran dan dokumen yang menggambarkan kehidupan dan budaya di wilayah Walloon. Di lantai pertama terdapat berbagai pameran yang mencakup pameran agama, festival, dan karya –karya di Waloon.

Di Lantai kedua, anda akan disuguhkan berbagai pameran kerajinan, seperti pembuatan keju, dan pembuatan keranjang. sementara di ruang bawah tanah  terdapat terowongan bekas tambang batubara yang dibuat pada sekitar tahun 1900 an.

5. Gereja Saint-Barthelemy

st-Bellamy

Gereja ini dibangun pada abad ke-11 hingga  abad ke-12, dan direnovasi pada abad ke-18 dengan penambahan bangunan dua menara dengan arsitektur Rhine dan Mosan Romanesque. Selain memiliki bangunan yang indah dan unik, didalam gereja juga terdapat lukisan-lukisan karya pelukis lokal seperti Bertholet Flemalle dan Englebert Fisen.

Dan salah satu peninggalan gereja yang paling berharga adalah sebuah bejana perunggu yang yang dibuat antara tahun 1107 dan 1118  oleh Renier de Huy. Bejana tersebut dibagian bawah berukir 12 ekor sapi, yang melambangkan para Rasul, serta dibagian atas dihiasi dengan relief-relief  pembaptisan.

6. Montagne de Bueren

MOntagne-de-bueren

Montagne de Bueren  merupakan sebuah pemukiman yang berada diatas bukit. Dimana terdapat sebuah tangga dengan kemiringan 30 derajat dan berjumlah 374 anak tangga, yang membuat Montagne de Bueren sebagai salah satu tempat dengan tangga paling ekstrim di dunia.

Anda akan merasakan sensasi menaiki tangga yang ekstrim ini dan nikmati pemandangan kota yang indah, terutama pada hari Sabtu pertama bulan Oktober. Dimana, pada malam itu, lilin ditempatkan di sepanjang tangga untuk menciptakan suasana yang indah dan romantis.

Selian menaiki tangga ini anda bisa melanjutkan perjalanan di sepanjang tangga berliku ke puncak Montagne de Bueren. Dimana anda akan menemukan monumen perang serta pemandangan panorama terbaik dari seluruh kota Liege.

7. Musee D’Art Moderne

museu-d-art-modern

Musee d’Art Moderne atau Museum Seni Modern terletak di ujung selatan taman Parc de Boverie, tepatnya di Parc de la Boverie 3. Di Museum ini anda bisa menyaksikan berbagai koleksi lukisan dari abad ke-19 dan 20 yang mengesankan. Termasuk karya beberapa seniman kondang dunia seperti Picasso, Pissarro, Monet, Kokoschka, Chagall, dan beberapa seniman Belgia seperti Evenepoel, de Smet, dan Delvaux.

Didekat ruang pameran utama terdapat Copper Engraving Galley  yang memiliki 26.000 koleksi dari berbagai periode mulai dari abad ke-19.

8. Katedral St. Paul

st-paul-katedral

Katedral St Paul atau yang lebih dikenal dengan Katedral Liege berdiri diatas bekas Gereja St. Paul yang dibuat oleh Heraclius pada tahun 971. Katedral ini sendiri dibangun pada abad ke 15 dan pernah dipugar pada  abad ke-19.

Bangunan ini merupakan salah satu  contoh yang luar biasa dari arsitektur Gotik di Belgia. Terutama pada bagian mimbar, kubah dan langit-langitnya.

Dimana dikatedral St. Paul ini terdapat  karya-karya indah didalamnya, seperti patung marmer Pemakaman Kristus karya Delcour di lorong sisi kiri, jendela kaca besar karya Hans dari Cologne di lorong kanan, dan karya-karya lain dari kaca patri artistik dari tahun 1557-1587 di aula paduan suara.

Di katedral ini juga terdapat beberapa harta berharga yang dibawa dari Katedral St Lambert yang sudah hancur. Harta-harta tersebut berupa ornamen emas dan perak, dimana di dalam ornamen tersebut diyakini terdapat tengkorak Lambert.

9. Archeoforum de Liege

Acheoforum

Terletak di Place St Lambert, situs arkeologi ini berukuran sekitar 4.000 meter persegi dan merupakan tempat bagi sejarah Liege yang sudah berusia lebih dari 9.000 tahun. Dulu, di situs ini terdapat sebuah katedral yang hancur pada tahun 1793 dan yang tersisa sekarang hanyalah fondasinya saja.

Selain itu juga terdapat fondasi Villa Romawi yang berdiri di sini ribuan tahun yang lalu. Anda bisa mengikuti tur video dimana anda bisa menjelajahi katedral dan bangunan-bangunan megah disini yang sudah menggunakan bahasa Inggris.


10. Musee Des Beaux Arts de Liege

musee-des-beaux

Museum ini terletak di kompleks Ilot Saint Georges, distrik Feronstree di Liege. Museum ini bertempat di sebuah bangunan beton yang dibangun pada tahun 1980-an. Di museum ini terdapat berbagai karya indah yang berasal dari abad pertengahan hingga karya-karya seni kontemporer.

Pameran tersebut meliputi lukisan, patung, dan gambar oleh seniman-seniman Walloon seperti Joachim Patinir, Lambert Lombard, Henri Bles, dan Jean Delcour. Tidak jauh dari kompleks Ilot Saint-Georges terdapat sebuah  fasad indah dari Michel Willems, seorang bangsawan kota yang dibangun pada tahun  1735 dan selesai tahun 1740.

Rumah pribadi tersebut diubah menjadi museum yang bisa anda jelajahi. Rumah ini merupakan contoh arsitektur dan  gaya hidup borjuis kaum bangsawan di abad ke-18 di Liege, dengan interior berornamen yang sangat menawan.

Itu dia beberapa tempat wisata di Liege terpopuler untuk dikunjungi. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Belgia untuk sanak saudara ataupun kolega anda di rumah.

, , ,
Post Date: Saturday 11th, May 2019 / 10:23 Oleh :
Kategori : Belgia