14 Makanan Khas Belgia Terlezat dan Favorit Wisatawan

Makanan Khas Belgia – Belgia merupakan negara indah yang terletak di Eropa Barat, dimana diapit oleh negara-negara maju lainya, seperti Prancis, Belanda, dan Jerman. Negara ini terkenal dengan coklatnya yang lezat, dimana produksi coklatnya merupakan salah satu yang terbaik di dunia.

Belgia mungkin merupakan negara yang memiliki makanan khas yang kalah populer jika dibandingkan dengan negara-negara tetangganya. Meskipun begitu makanan khas Belgia sangat patut dicoba dan memiliki rasa yang tak kalah lezat dan autentik dibandingkan negara-negara tetangganya.

 Makanan khas Belgia merupakan perpaduan lezat antara cita rasa makanan khas Perancis, Jerman dan Belanda. Penasarankan, bagaimana kelezatan makanan khas Belgia? Langsung saja yuk, kita simak ulasan mengenai Makanan khas belgia berikut ini.

1. Belgian Fries

Belgian Fries

Belgian Fries atau kentang goreng Belgia bukan sembarang kentang goreng. Cara penggorengan kentang goreng Belgia dilakukan dengan melalui dua tahapan. Sehingga memberikan rasa yang renyah diluar dan lembut didalam. Bisa dibilang kentang goreng belgia merupakan kentang goreng terlezat didunia.

Anda bisa menemukan makanan khas belgia ini di berbagai kedai dan restoran yang ada di Belgia. Salah satu restoran terbaik yang menyajikan Belgian Fries adalah di Maison Antonie. Cocok untuk menemani liburan santai anda ketika mengunjungi tempat wisata di Belgia.

2. Moules Frites

Moules Frites

Kerang Mosselen Friet yang ditemukan di laut Belgia memiliki daging yang lebih banyak jika dibandingkan dengan kerang yang ditemukan di Prancis. Secara tradisional kerang mosselen friet ini dimasak dengan menggunakan anggur putih atau bir tradisional belgia, sehingga menghasilkan cita rasa yang khas dan lezat.

Biasanya disajikan dengan kentang goreng. Dimana anda bisa mencelupkan kentang goreng dengan saus sisa kerang yang lezat. Rasakan lezatnya menikmati moules frites khas Belgia di Poules Moules yang berada di De Rooden Hoed, Brussels.

3. Stoemp

stoemp

Orang-orang Belgia menggunakan kentang sebagai makanan utamanya. Dimana stoemp belgia merupakan makanan tradisional belgia yang berupa kentang yang ditumbuk, kemudian dicampur dengan beberapa sayuran seperti wortel, kangkung, kecambah, dll.

Biasanya dimakan sebagai lauk. Namun, Anda bisa mencicipinya secara langsung sebagai menu utama dengan mengkombinasikanya dengan sosis.

Salah satu restoran yang menyediakan stoemp lezat adalah di Royal Brasserie di Brussels.

4. Kroket Udang

Makanan laut ini merupakan salah satu primadona makanan khas Belgia. Ya, anda akan dengan mudah menemukan beberapa restoran seafood di Brussels. Salah satunya adalah di Les Petits Oignons.

Disini anda akan dihidangkan udang kroket lezat yang sangat renyah diluar. Namun, setelah anda menggigitnya akan ada yang meleleh dan keluar dari dalam, memberikan rasa yang lezat dan sempurna.

5. Speculas

speculas

Speculas merupakan salah satu camilan yang biasanya dinikmati dengan kopi ketika bersantai.

Ya, kue cookies lezat ini cukup melekat pada masyarakat Belgia. Memiliki ukuran yang cukup tipis dan tentu saja sangat renyah membuat anda ingin selalu mencicipinya lagi.

Anda bisa menikmati tambahan karamel yang meleleh yang dipanggang diatasnya.

Dimana anda bisa mencobanya di Maison Dandoy atau di La Confiance, sambil bersantai dan menikmati suasana Belgia yang bersih dan sejuk.

6. Waterzoii

Waterzooi

Waterzoii juga merupakan salah satu makanan khas Belgia yang juga cukup populer. Kaisar Romawi V, Charles V juga mengaggumi hidangan satu ini. Hidangan sup yang biasanya dibuat dari ayam atau juga bisa menggunakan ikan sebagai bahan utamanya. Ditambah dengan bumbu lezat seperti sayuran, mentega, dan juga telur.

Sup ini akan sangat lezat ketika anda menikmatinya saat musim dingin. Anda akan merasakan kehangatan sup ini keseluruh tubuh anda. Musim panas pun juga tidak kalah lezatnya. Anda bisa mencobanya di restoran t Klokhuys di kota Gent.

7. Waffle Belgia

Belgian-Waffle

Waffle merupakan salah satu makanan yang cukup populer di Indonesia. Ada dua jenis waffle di Belgia, dimana salah satunya adalah menggunakan buah segar sebagai tambahan hidanganya. Ditambah dengan cokelat dan krim lezat yang sangat menggugah selera.

Satu varian lainya yaitu varian dengan gula yang manis dimana sering kita temukan di banyak tempat di Indonesia. Biasanya waffle disajikan dengan berbagai toping yang membuatnya lebih menarik dan lebih lezat.

8. Cokelat Belgia

cokelat-belgia

Coklat belgia bisa dikatakan adalah varian cokelat yang paling baik didunia. Belgia memang terkenal dengan cokelatnya yang lezat, dimana sudah diproduksi sejak abad ke 19. Pada masa itu, Coklat merupakan komoditas utama di Belgia.

Semakin berjalanya waktu, coklat semakin berkembang dalam menghidangangkanya. Cokelat belgia sangat lezat dinikmati langsung ataupun dihidangkan dengan masakan yang lain.

Anda bisa membeli beberapa macam coklat Belgia di Passion Chocolat atau di Galler Chocolatier untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas Belgia bagi sanak saudara anda di rumah.

9. Sirop de Liege

Sirop-de-liege

Belgia memang banyak makanan manis dan lezat. Sirop de Liege merupakan selai seperti jeli yang terbuat dari jus buah yang diuapkan.

Biasanya Sirop de Liege menggunakan buah-buahan seperti kurma, pir, apel, dll.

Makanan khas Belgia ini memiliki rasa yang  manis dan lengket.

Biasanya disajikan pada roti atau baguette, atau juga bisa dinikmati dengan keju untuk makan siang anda ketika menikmati tempat wisata di Belgia.

10. Tomates aux Crevettes Grises

Makanan khas Belgia ini terbuat dari udang abu-abu yang lezat. Disajikan dengan mayones dan juga tomat yang segar. Hidangan ini merupakan makanan pembuka favorit orang-orang Belgia maupun turis yang berkunjung ke Belgia.  

Nikmati sajian Tomates aux Crevettes Grises di Belvedere, Osten sambil menikmati pemandangan laut Belgia yang Indah.

11. Carbonnades Flamandes

Carbonnades Flamandes atau yang disebut dengan Stoverij merupakan makanan khas Belgia yang terbuat dari daging sapi.

Daging sapi ini dimasak dengan bir Belgia, sehingga menghasilkan rasa yang sedikit berbeda dari masakan daging sapi lainya. Biasanya Carbonnades Flamandes disajikan dengan kentang goreng yang lezat.

12. Anguilles au Vert / Paling in’t Groen

Aungilles-auvret

Merupakan makanan khas Belgia dengan bahan dasar belut  yang dilumuri saus yang berwarna hijau.

Potongan belut putih tersebut direbus dalam bumbu dan saus  coklat dan beberapa bumbu-bumbu hijau yang  menjadikan dominasi hijau pada saus semakin terlihat.

Bagi sebagian orang Belgia, belut memiliki rasa yang lebih gamey daripada ayam. Salah satu tempat untuk mencobanya adalah di restoran Belga Queen di kota Brussels

13. Tarte au riz / Rijstarrt

Tarte-Au-Ris

Makanan khas Belgia ini memiliki penampilan seperti Quiche, salah satu hidangan yang bisa anda nikmati ketika mengunjungi tempat wisata di Prancis. Dimana, Tarte au riz terbuat dari flan manis yang diisi dengan campuran custardy beras dan susu yang dilapisi dengan telur.

Namun Rijstaart memiliki rasa yang jauh lebih manis. Makanan ini berasal dari Verviers, dekat dengan kota Liege yang populer dengan Sirop lezatnya.

14. Boulet au Sauce Lapin / Balletjes op Luikse Wijze

Boulete-au-sauce

Marupakan hidangan lezat Belgia yang berbentuk seperti bakso. Ya, Boulet au sauce lapin sendiri bila diartikan adalah “Bakso dengan Saus Kelinci”. Namun, Makanan ini tidak menggunakan kelinci sebagai bahan utamanya. Entah darimana pemberian nama kelinci pada makanan ini masih menjadi misteri.

Boulet ini terbuat dari campuran daging babi dan daging sapi dimana disajikan dengan saus asam manis yang lezat. Saus tersebut terbuat dari beberapa bahan seperti Bawang, cuka, Sirop de Liege dan gula merah, sehingga memberikan warna merah yang dominan di saus.

Salah satu restoran yang menyediakan menu makanan ini adalah di Café Lequet di kota Liege. Dimana Boulet au sauce lapin ini disajikan dengan frites, crudites serta buah-buahan.

Itu dia beberapa makanan khas Belgia yang bisa anda cicipi. Selalu waspada dan jaga barang bawaan anda ya. Happy travelling.

, , ,
Post Date: Thursday 07th, February 2019 / 06:19 Oleh :
Kategori : Belgia