11 Tempat Wisata di Oostende Belgia Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Oostende – Oostende merupakan sebuah kota yang terletak di utara Belgia. Kota ini memiliki pelabuhan penting yang juga digunakan dalam pelayaran menuju tempat wisata di Inggris pada zaman dahulu. Hanya berjarak satu jam dari kota Brussels  dan 15 menit dari kota Bruges yang bisa ditempuh melalui kereta api.

kota pelabuhan Oostende merupakan resor pantai terbesar di Belgia. Ya, kota yang berada di timur Belgia ini memiliki pantai-pantai indah yang wajib untuk dikunjungi. Selain itu, sejarah di Oostende juga sangat menarik untuk dijelajahi. Terdapat banyak museum dan bangunan-bangunan kuno yang bisa anda kunjungi.

Jika anda ingin mengunjugni Oostende, Simak yuk ulasan mengenai tempat wisata di Oostende yang wajib dikunjungi Berikut ini.

1. Gereja St. Petrus

St-Petrus

St Petrus en Paulsuerk adalah gereja utama di kota Oostende. Gereja ini dibangun dengan arsitektur bergaya Neo-Gotik yang indah. dibangun di atas sisa-sisa gereja sebelumnya yang terbakar. Pembangunan gereja ini diprakarsai oleh Raja Leopold II pada tahun 1899 dan membutuhkan waktu selama enam tahun untuk menyelesaikannya.

Di gereja ini juga merupakan tempat Louise Marie, Ratu pertama Belgia dimakamkan. Eksterior gereja ini sangat memukau dengan jendela-jendela kaca patri yang indah. Gereja ini sempat mengalami kerusakan selama pendudukan Jerman pada masa Perang Dunia II.

Tidak jauh dari gereja terdapat Menara Santo Petrus, dimana daya tarik utamanya adalah jam kuno yang dibuat pada abad ke-15. Ketinggian menara ini diperkirakan mencapai 72 meter.

2. Hippodrome Wellington

Hippodrorne-Wellington

Hippodrome Wellington merupakan salah satu tempat wisata di Belgia populer dan menjadi bagian penting dari sejarah kota Oostende. Lintasan pacuan kuda ini, pertama kali dibangun pada tahun 1883, didedikasikan untuk Arthur Wellesley, walikota Wellington pertama yang merupakan tokoh utama dalam urusan Inggris dan Eropa kontinental hingga kematiannya pada pertengahan tahun 1800-an.

Acara balap kuda masih berlangsung hingga hari ini dimana dilaksanakan setiap bulan Juli yang bertajuk “Grand Prix Prince Rose”. Hippodrome ini direnovasi pada tahun 2004 dimana ditambahkan dengan sebuah Lapangan Golf Wellington.

Kemudian pada tahun 2011. Hippodrome ini juga difungsikan sebagai tempat konser musik populer. Dimana pernah digunakan untuk menggelar konser-konser besar oleh penyanyi-penyanyi kondang seperti Michael Jackson dan David Bowie.


3. Royal Galeries Oostende

royal-galerues

Merupakan salah satu tempat yang menarik dengan arsitektur yang paling menonjol di kota Oostende. Dibangun antara tahun 1902 dan 1906, tempat ini merupakan situs yang sangat disukai oleh Raja Leopold II.  Bangunan ini juga digunakan tempat untuk berjalan keluarga kerajaan dari pantai menuju villa mereka di Hippodrome Wellington.

Bangunan ini pernah juga digunakan Jerman selama perang dunia ke II sebagai bagian dari benteng militer Tembok Atlantik. Fitur lain yang dapat ditemukan di sini adalah Thermae Palace, yaitu sebuah hotel mewah yang dibangun di dalam galeri ini.

4. Museum Amandine

Amandine

Museum Amandine terletak di Vindictivelaan 35Z, 8400 Oostende. Merupakan sebuah museum yang berisi sejarah maritim Belgia, dimana salah satu budaya msayarakat di Oostende adala memancing di dalam es.

Museum ini dibangun diatas kapal yang terakhir digunakan pada tahun 1995. Disini anda akan diajak berkeliling didalam lambung kapal dan a belajar mengenai bagaimana kapal ini beroperasi, dan menangkap ikan-ikan yang menghuni Laut Utara.

5. Mercator

Mecrator

Tidak jauh dari Museum Amandine, terdapat sebuah museum kapal besar yang bernama Mercator. Kapal ini dibangun di Skotlandia sekitar awal tahun 1930-an, dan pertama kali beroperasi sebagai kapal ekspedisi ilmiah yang melakukan perjalanan ke kepulauan Pasifik Selatan termasuk Tahiti dan Kepulauan Hawaii.

Beberapa tahun kemudian, Mercator dialih fungsikan menjadi  Angkatan Laut Inggris dan  bertugas sebagai pengintai kapal selam selama pada masa Perang Dunia II. Setelah itu, kapal ini menjadi kapal pelatihan hingga akhirnya kapal ini berhenti beroperasi pada tahun 1960.

Saat ini, Mercator dapat anda kunjungi sebagai museum maritim dimana  beberapa kabinya masih asli yang digunakan Mercator saat pertama kali berlayar.

6. Oostende City Musuem

Museum-kota

Museum ini berisi sejarah kota Oostende dan daerah di sekitarnya. Terletak di Langestraat dan menghadap ke Laut Utara. Oostende City Museum bertempat di sebuah bangunan yang dulunya adalah  sebuah istana yang digunakan  Napoleon dan Ratu Louise-Marie.

Museum ini baru dibuka pertama kali pada tahun 2012. Disini anda akan disuguhkan dengan berbagai artefak keluarga kerajaan serta berbagai pameran  yang mengabadikan sejarah Oostende dari masa ke masa.

7. Crystal Ship Public Art Exhibition

crystal-ship

Crystal Ship adalah sebuah kelompok seni yang bertujuan untuk menyatukan para seniman –seniman di bawah payung seni publik di Oostende. Selama 2 tahun terakhir, grup ini telah meminta berbagai seniman untuk membuat mural di ruang dinding publik di seluruh Oostende dalam festival seni publik tahunan.

Hingga saat ini, Crystal ship sudah membuat lebih dari 200 karya seni publik di kota. Jika anda tertarik untuk mengunjungi seluruh karya mereka , anda bisa mengunjungi situs web mereka untuk mendaftar sebagai peserta tur.

8. Atlantic Wall Museum

atlantic-wall

Atlantic Wall Museum terletak di Duinenweg 280, 8400 Oostende dan masuk kedalam kawasan Taman Raversyde. Museum ini adalah sebuah monumen dan bukti bahwa kota Oostende dijadikan sebagai arena pertempuran di dua perang besar dunia.

Di sini anda dapat melihat benteng beton yang dibangun diatas bukit pasir yang membentuk bagian dari Tembok Atlantik, dimana garis besar benteng Jerman yang dibangun pada Perang Dunia II membentang dari tempat wisata di Prancis ke perbatasan Norwegia.

Selain itu, disini juga terdapat bagian dari kompleks yang dibangun oleh Jerman pada masa Perang Dunia I. Museum ini juga menyelenggarakan berbagai acara sepanjang tahun yang bertujuan untuk lebih menjelaskan mengenai apa yang terjadi disini pada masa lampau.

9. Mercusuar Lange Nelle

lang-nella

Mercusuar Lange Nelle adalah salah satu mercusuar tertinggi di Eropa, terletak di Vuurtorenweg, tepi sungai Voorhaven, di daerah Lange Nelle di kota Oostende. Mercusuar ini menandai pintu masuk ke Pelabuhan Oostende di Laut Utara.

Menara ini memiliki tinggi sekitar 58 meter, dan terbuat dari beton, berwarna  putih dan biru. Mercusuar pertama dibangun di daerah tersebut pada pertengahan abad ke-18, tetapi struktur saat ini dibangun pada tahun 1949. Jangkauan cahaya dari mercusuar ini bisa mencapai 65 meter diatas permukaan laut.

10. Mu.ZEE

MU-zee

Merupakan sebuah Museum yang memiliki berbagai koleksi unik seni Belgia yang berasal dari tahun 1850 hingga saat ini. Mu.ZEE dibuka pada tahun 2008, dimana museum ini adalah gabungan dari Museum Seni Modern  Fladers Barat dan Museum Seni Rupa Oostende.
Musuem ini memiliki sekitar 3.500 objek pameran meliputi lukisan, sketsa, dan gambar. Yang menarik dari koleksi di Mu.ZEE adalah karya-karya dari akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, khususnya karya-karya milik James Ensor , Leon Spilliaert dan Constant Permeke.

Selain itu juga terdapat seniman-seniman yang turut menyumbangkan karyanya di museum ini seperti Jacques Verduyn , Karel Appel , Georges Vantongerloo , Raoul De Keyser , Roger Raveel , Wim Delvoye , Panamarenko ,  Marcel Broodthaers, Jan Fabre ,  Philip Aguirre y Otegui dan masih banyak lagi.


11. Anno 1465

Anno

Dulraversijde dulu adalah sebuah desa nelayan yang ramai, dan desa tersebut menghilang sepenuhnya setelah perang pada tahun 1600 hingga 1604, dimana meninggalkan fondasi bangunan saja. Saat ini situs arkeologi tersebut mulai di renovasi dengan dibuatnya empat rumah tradisional yang dibangun kembali lengkap dengan perabotanya.

Di Anno 1465 juga terdapat audioguide yangmenceritakan sejarah desa melalui suara-suara dari karakter era 1465 yang berakting dengan sangat baik. Museum interaktif ini juga menjelaskan bagaimana dulraversijde lenyap.

Itu dia berbagai tempat wisata di Oostende, ketika mengunjungi kota ini cobalah untuk menikmati berbagai makanan khas Belgia terutama seafoodnya yang lezat.

, , ,
Post Date: Monday 13th, May 2019 / 16:01 Oleh :
Kategori : Belgia