15 Tempat Wisata Di Putrajaya Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Putrajaya merupakan sebuah kota di malaysia yang berfungsi sebagai pusat administratif dan berada di Selangor, sekitar 25 Km dari kota Kuala Lumpur. Nama kota ini diambil dari nama Perdana Menteri Malaysia pertama, yaitu Tuanku Abdul Rahman Putra dan menjadi wilayah persekutuan Malaysia yang ketiga.

Banyak tempat wisata di Malaysia, khususnya tempat wisata di Putrajaya ini yang menarik dan menjadi favorit untuk dikunjungi para wisatawan. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Putrajaya ini yang bisa dikunungi saat berrlibur ke Malaysia, khususnya ke Putrajaya.

1. Perdana Putra

Perdana Putra

Perdana Putra merupakan sebuah bangunan yang yang merupakan kompleks yang terdiri dari Perdana Menteri Malaysia dan beberapa gedung pemerintahan lainnya. Bangunan Perdana Putra  berlokasi di Bukit Utama Putrajaya yang dibangun pada tahun 1997 dan menjadi alah satu ikon di Putrajaya.

Arsitektur dari Bangunan Perdana Putra juga terbilang cukup unik karena gaya arsitekturnya dipengaruhi oleh gaya Melayu, Islam dan juga Eropa. Salah satu hal yang menjadi ciri khas di bangunan tersebut adalah kubah hijaunya dan juga bangunannya yang berwarna seperti tanah liat.

Di depan kantor perdana putra ini terdapat semacam alun-alun yang biasa dijadikan sebagai tempat berkumpul dan objek berfoto para wisatawan. Pembangunan beberapa gedung pemerintahan di kompleks perdana putra ini dimaksudnkan untuk mempemudah berbagai urusan dan juga kegiatan pemerintahan di Malaysia.

Selain itu, penempatan pusat pemerintahan Malaysia di kota Putrajaya ini juga untuk mencegah kepadatan bangunan dan manuasia di Kuala Lumpur. Selain itu tujuan penempatan di Putrajaya ini juga dimaksudkan untuk memisahkakn juga aktivitas pemerintahan dengan berbagai pusat ekonomi di Kuala Lumpur

2. Danau Putrajaya

Danau Putrajaya

Danau Putrajaya merupakan salah satu danau yang ada di  kota Putrajaya, Malaysia yang lokasinya tak jauh dari kompleks pemerinahan putrajaya. Salah satu cara yang paling enak untuk dapat menikmati keindahan alam di danau Putrajaya ini adalah dengan berkeliling menaiki perahu

Danau putrajaya ini juga mempunyai bentuk cukup yang unik, yaitu berkelok-kelok seperti sungai dan menjangkau hampir seluruh wilayah putrajaya, Malaysia. Di Danau putrajaya ini ada dua perahu yang bisa dinaiki para pengunjung untuk berkeliling yaitu perahu gondola dan peratu Dongan Sayang.

Ketika berkeliling Danau Putrajawa ini para pengunjung juga akan disuguhi pemandangan gedung-gedung pemerintahan Malaysia yan dilatarbelakangi langit buru yang cerah. Perjalanan berkeliling danau putrajaya dengan menggunakan perahu ini memakan waktu sekitar 25 menit perjalanan dengan harga sewa perahu sekitar 10-30 ringgit per orang.


Selain berkeliling dengan menggunakan kedua perahu di atas, Pengunjung juga bisa berkeliling menggunakan Belimbing Sightseeing Cruise Boat yang berkapasitas 76 orang dan dilengkapi AC. Waktu berkeliling menggunakan kapal ini lebih lama, yaitu sekitar 45 menit dan  kapal ini beroperasi setiap hari mulai pukul 13.00-19.00 waktu setempat.

Selain berkeliling danau dengan mengggunakan perahu pengunjung juga bisa melakukan beberapa aktivitas olehraga air yang ada di Danau Putrajaya ini. Danau putrajaya ini juga pernah menjadi tempat penyelenggaraan Red Bull Air Race World dan juga Asian Canoeing Championships

3. Monumen Milenium

Monumen Milenium

Monumen Milenium merupakan sebuah monumen yang ada  di kota Putrajaya Malaysia yang merupakan sebuah monumen yang dibangun kedua di kota tersebut. Monumen Milenium tersebut berbentuk seperti kembang sepatu dan mempunyai tinggi 68 meter di tanah seluas 25 hektar di Precint 2.

Menara Milenium ini dibanngun dengan dan diperkuat dengan strukrur logam yang padat, dan menara di tempat ini dibagi 4 era. Keempat era tersebut antara lain era utama pra kemerdekaan, era masa lalu tahun 1957-1970, era sekarang tahun 1971-2020, dan juga era masa depan setelah tahun 2020.

Di Monumen Milenium ini juga terdapat sebuah pesan kapsul yang tersembunyi di dalam dasar monumen yang berisi pesan dari mantan perdana Menteri Malaysia Tun Dr. Mahatir bin Muhammad. Kapsul waktu berisi pesan tersebut akan dibuka pada tahun 2020.

Monumen Milenium ini dirancang pleh seorang arsitek yang bernama Dr. Ken Yeang dan diresmikan pada bulan Agustus tahun 2005. Di monumen Milenim ini pengunjung dapat melihat informasi yang terukir di pelat bangunan tentang Malaysia mulai dari sejarah, kisah para pemimpin lokal dan juga kemajuan teknologi negara Malaysia.

Beberapa peristiwa penting yang diceritakan di ukiran panel monumen ini antara lain, pendirian Kuala selangor tahun 1776 yang menjadi ibukota Selangor. Selain iru diceritakan pula tentang pembentukan media cetak pertama di malaysia tahun 1806 yang bernama Wales Island Gaxette.

Memang salah satu tujuan dibangunnya monumen milenium ini adalah sebagai salah satu cara bagi generasi muda dapat belajar tentang sejarah Malaysia. Selain itu pembangunan monumen ini juga dimaksudkan untuk menginspirasi agar berjuang untuk pencapaian yang lebih tinggi di masa depan

Bagi para  pengunjung di Monumen Milenium  yang membawa kendaraan pribadi juga disediakan tempat parkir yang luas di tempat ini. Atau bagi para pengunjung yang ingin ke Monumen Milenium dengan menggunakan kendaraan umum bisa menggunakan kapal dari Dermaga Putrajaya.

4. Taman Botani Putrajaya

Taman Botani Putrajaya

Taman Botani Putrajaya merupakan Taman Botani yang terbesar di Malaysia yang menawarkan kepada para pengunjungnya wisata alam malaysia, khususnya wilayah putrajaya nan asri. Setidaknya ada terdapat lebih dari 700 spesies tanaman bunga yang berasal dari berbagai negara di Kawasan Asia Pasifik dan Afrika.

Selain sebagai tempat wisata, di Taman Botani Putrajaya seluas 93 hektar ini juga dijadikan pusat riset dan penelitian  tanaman oleh para ahli Botani. Maka dari itu, Taman Botani Putrajaya ini juga terbagi menjadi 3 area yaitu bunga, tanaman ornamen dan juga aera riset/konservasi.

Taman Botani Putrajaya ini juga membangun berbagai fasilitas untuk memenuhi kebutuhan para pengunjungnya seperti restoran, tempat parkir, dan penyewaan sepeda. Bagi pengunjung yang ingin mencari souvenir menarik sebagai oleh-oleh khas Malaysia yang ramah lingkungan juga dapat berkunjung ke toko souvenir di tempat ini.


Untuk menuju tempat wisata taman Botani putrajaya ini pengunjung bisa menggunakan kendaraan umum seperti bus maupun kereta Express Railway (ERL). Tempat wisata ini dibuka untuk pengunjung setiap harinya mulai pukul 9 pagi hingga 7 malam waktu setempat.

Demikianlah beberapa rekomendasi tempat wisata di wilayah Putrajaya yan wajib ketika berkunjung maupun liburan ke wilayah Putrajaya di Selangor, Malaysia. Selain itu, masih ada juga beberapa tempat wisata di Putrajaya lainnya yang bisa juga dikunjung ketika berlibur ke Malaysia, seperti :

  • Masjid Putra
  • Putra Square
  • Seri Wawasan Bridge
  • Taman Saujana Hijau
  • Skyrides Festival Park Putrajaya
  • Putrajaya Wetland Park
  • Taman Caraban
  • Palace of Justice
  • Istana Melawati
  • Agriculture Heritage Park Putrajaya
  • Alamanda Putrajaya
  • Dan lainnya

Setelah berkunjung ke putrajaya jangan lupa juga untuk mengunjungi tempat lainnya di Malaysia seperti tempat rekreasi di Selangor. Bagi yang suka Belanja juga bisa menjelajahi banyak tempat belanja di Malaysia yang juga ada di Putrajaya ini

Semoga Artikel ini bermanfaat dan menambah inspirasi dan wawasan seputar tempat wisata di Putrajaya Malaysia. Terimakasih juga sudah membaca dan share artikel ini.

, , , ,
Post Date: Tuesday 15th, January 2019 / 09:00 Oleh :
Kategori : Malaysia