6 Tips Jalan-Jalan Ke Terengganu Yang Wajib Diketahui

Pernahkah anda terpikirkan menghabiskan waktu untuk berwisata ke Terengganu?

Kota Kuala Terengganu terhubung cukup baik dengan tempat wisata di Kuala Lumpur melalui penerbangan harian reguler. Bandara lokal di dalam kota yang beroperasi dan dapat mengantarkan penumpang wisatawan maupun domestik ke Kota Kuala Terengganu yang notabene merupakan pulau tersendiri di jajaran negara Malaysia ialah bandara Sultan Mahmud, yang terhubung terutama melalui Kuala Lumpur.

Tidak ada penerbangan nonstop langsung dari kota lain. Empat perusahaan penerbangan terutama yang beroperasi di bandara ini, yaitu Air Asia, Malaysia Airlines, Malindo Airlines, dan Firefly. Air Asia mengoperasikan penerbangan harian dari tempat wisata di Singapura, tetapi berhenti di Kuala Lumpur sebelum melanjutkan ke Kuala Terengganu. Selain itu, ada perusahaan charter helikopter yang beroperasi ke dan dari bandara ini juga.

1.Naik Pesawat Bandara Terdekat

beach vollyball terengganu

Tips jalan-jalan ke Terengganu pertama yang dapat kami bagikan untuk tips wisata ke terengganu adalah cara menjangkaunya dari bandara terdekat.

Dengan naik pesawat dari bandara terdekat di Malaysia anda bisa menjangkau Kuala Terengganu dengan harga lebih terjangkau. Bandara terdekat ke Kuala Terengganu adalah Bandara Sultan Mahmud, yang terletak pada jarak sekitar 8 km dari pusat kota, di kota Seberang Takir.

Belum ada laporan tentang insiden yang tidak diinginkan di bandara ini dan merupakan bandara yang sangat aman sebagai lokasi penerbangan pertama anda menuju Kuala Terengganu. Namun, karena daerah ini berada dalam sabuk tropis dunia, bandara ini sering diterpa hujan yang dapat menyebabkan turbulensi saat bepergian. Namun, ini hanya ketidaknyamanan kecil yang harus diperhatikan.

Kuala Terengganu adalah ibu kota negara bagian terengganu di kawasan tempat wisata di Malaysia. Negara ini terletak di sepanjang pantai Laut Cina Selatan dan membentang hampir 13.000 kilometer persegi. Terletak di negara bagian Terengganu Anda akan menemukan desa-desa kecil yang indah, serta pulau-pulau indah dan tentu saja daya tarik bintang yang merupakan ibu kota Kuala Terengganu itu sendiri.

2. Mengunjungi Tempat-tempat Wisata

Kuala-Terengganu-Sekayu-Waterfall-Terrapin

Salah satu tips jalan-jalan ke Terengganu berikutnya yang tentunya sudah pasti anda dengar di manapun anda bepergian ialah mengunjungi tempat-tempat wisata di Terengganu. Tempat wisata di Terengganu sangat menarik.

Salah satu hal menarik tentang kunjungan ke Kuala Terengganu adalah penawarannya yang begitu beragam. Selain pantai berpasir, Anda juga akan menemukan perpaduan budaya Cina dan Melayu di sini berkat komunitas Tionghoa setempat yang cukup besar.

Sebagai bagian dari perjalanan di sini, Anda dapat berjalan-jalan di sekitar kota dan mengunjungi bangunan dan museum peninggalan hubungan budaya Tiongkok dan Malaysia. Di samping itu ada banyak kegiatan menarik di pemancingan, Anda dapat menghabiskan waktu memetik kerang dan memancing cumi-cumi.

3. Bersantai di Pantai Batu Buruk

residence kuala terengganu

Tips jalan-jalan ke Terengganu berikutnya tentu saja hal yang menyenangkan untuk anda. hal itu berupa bersantai di Pantai Batu Buruk. Jika Anda ingin menemukan pasir putih di Kuala Terengganu maka pergilah ke Pantai Batu Buruk yang merupakan salah satu pantai paling populer di kota ini.Di sini Anda akan menemukan pasir putih mmebentang sampai Anda dapat menikmati pemandangan indah dengan ombak pantai yang cukup landai.

Pantai ini ramai di akhir pekan karena warga lokal juga turut menghabiskan akhir pekannya di kawan pantai ini.  Tempat ini juga terletak di seberang Panggung Pusat Budaya tempat Anda dapat menonton pertunjukan budaya sehingga Anda mungkin ingin melihat jadwal pada waktu yang bersamaan.

Dapatkan waktu yang tepat untuk berkunjung, misalnya ketika ada jadwal festival atau ketika low session di mana anda dapat merasakan kawasan pantai ini dalam keadaan sepi.


4. Berjalan-jalan di Area Chinatown

terengganu view

Kuala Terengganu memiliki area dengan populasi Cina yang besar. Area itu juga dibuka sebagai tempat wisata. Anda dapat merasakan Chinatown yang dipenuhi dengan budaya China dari sejak abad ke 19.

Kuala Terengganu sendiri sebenarnya dulu dikenal sebagai Kampung Cina dalam bahasa Melayu. Akan tetapi, setelah mengalami masa adaptasi, banyak warga China asli yang menikahi warga lokal, jadilah seluruh warga Kota Terengganu merupakan keturunan warga China.

Di sini Anda akan menemukan banyak toko-toko tradisional dan rumah-rumah yang dibangun dengan gaya Cina dan Anda dapat berjalan-jalan di area jalan berliku yang unik.  Bagian kota ini juga sudah terdaftar sebagai kota warisan menurut Program World Monument Watch UNESCO.

Teruskan perjalanan anda sampai anda menemukan Rumah Warisan Teck Soon. Dinding rumah ini di cat dengan tiga warna berbeda.  Rumah itu berdiri di daerah warisan Chinatown dan menjadi bagian dari Perusahaan Perdagangan Teck Soon yang terkenal di masa lalu.

Sekarang telah diubah menjadi museum yang menampilkan seluruh sejarah budaya Cina di Kuala Terengganu yang disebut budaya Peranakan atau Selat Cina.

5. Mendaki Bukit Puteri

terengganu-hotels-teaser

Tips wisata ke Terengganu berikutnya ialah jangan lewatkan untuk menikmati pemandangan Kuala Terengganu dari ketinggian. Anda sebaiknya mendaki bukit Puteri, sebuah tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan Kuala Terengganu.

Bukit puteri berlokasi dekat dengan Pasar Pusat di Kuala Terengganu. Di pasar ini, Anda akan menemukan tangga yang menandai awal Bukit Puteri. Pendakian ke puncak sekitar 200 meter dan begitu Anda mencapai puncak, Anda dapat menikmati pemandangan kota yang indah yang membuat pendakian ini sangat penting untuk dilakukan.

Sebab, di puncak bukit Anda juga akan menemukan puing-puing benteng yang runtuh sejak abad ke-19. Sebuah pemandangan yang langka dan bisa menjadi sebuah referensi untuk menulis kisah perjalanan. 

Tidak banyak yang tersisa dari benteng sekarang kecuali beberapa lonceng dan meriam seremonial. Tentunya ini bisa menjadi sebuah objek foto yang otentik sebagai tanda anda sudah berkunjung ke bukit Puteri, khasnya kota Kuala Terengganu.

6. Kunjungi Kuil Buddha Ho Ann Kiong

view of kuala terangganu

Tips jalan-jalan ke Terengganu berikutnya ialah mengunjungi kuil Buddha Ho Ann Kiong. Tips wisata ini kami rekomendasikan dengan tujuan untuk membuat anda dapat semakin mengenali kelebihan Kuala Terengganu sebagai kota peranakan China.

Kuil Buddha ini terletak di Kampung Cina, yang merupakan daerah Pecinan Kuala Terengganu. Kuil Budha Ho Ann Kiong merupakan salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi di kota ini. Kuil Budha Ho Ann Kiong adalah tempat ibadah utama bagi komunitas Buddhis di Kuala Terengganu.


Ketika anda sampai di kuil budha ini, anda akan disambut oleh halaman yang dipenuhi dengan hiasan budha dengan asap dupa aromatik serta interior yang berwarna-warni. Beragam warna yang terdapat di kuil ini dikatakan sebagai simbol yang mewakili keragaman di Kuala Terengganu. Semua yang ada di sini akan membuat anda seperti berada di kawasan tempat wisata di China.

Rekomendasi Tempat Wisata di Terengganu

Selain tips berwisata di Kuala Terengganu, berikut ini kami rekomendasikan tempat wisata di Terengganu yang sebaiknya anda kunjungi ketika anda sudah sampai di sana. Berikut daftar tempat wisata populer di Kuala Terengganu.

  • Pulau Duyung
  • Masjid Terapung
  • Sungai Ibai
  • Istana Maziah
  •  Makan di Chinatown Hawker Centre
  • Kuil Ho Ann Kiong
  • Pasar Sentral, Kuala Terengganu
  • Masjid Zainal Abidin Kuala Terengganu
  • Wanisma Craft and Trading
  • Pulau Redang
  • Pasar Malam Pantai Batu Buruk

Demikian pemaparan tentang tips wisata ke Kuala Terengganu. Anda dapat memilih tempat-tempat wisata mana saja yang sebaiknya anda kunjungi untuk mendapatkan pengalaman berlibur secara maksimal.

, , , ,
Post Date: Wednesday 16th, January 2019 / 10:03 Oleh :
Kategori : Malaysia