9 Tempat Rekreasi di Selangor Paling Favorit Yang Wajib Dikunjungi

Bicara tentang tempat wisata favorit di Malaysia, nama negeri Selangor atau yang lengkapnya bernama Selangor Darul Ehsan ini mungkin tak akan pernah tersebut. Malaysia kerap kali dikenal di kalangan wisatawan Indonesia dengan tempat wisatanya di ibu kota Kuala Lumpur, daerah Kuching, atau yang lebih bernuansa etnik dan sejarah seperti tempat wisata di kota Penang. Padahal, Selangor yang mengelilingi Kuala Lumpur dan Putrajaya ini tidak kalah menariknya untuk dikunjungi.

Ada banyak tempat rekreasi di Selangor yang menarik untuk disinggahi mulai dari yang bernuansa alam, sejarah, ruang terbuka umum, galeri seni, tempat ibadah, hingga lokasi wisata yang lebih bersifat modern dan futuristik dengan segala desain uniknya. Sebagai negara yang terletak tidak jauh dari Indonesia, mengenal alternatif wisata Malaysia selain dari obyek turisme yang terkenal tentunya akan membawa kita untuk menghargai kekayaan alam negara tetangga yang nyatanya memang masih satu rumpun ini.

Di bawah ini kami sajikan beberapa lokasi menarik di Selangor yang sama sekali tak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke negeri Jiran.

  1. Pantai Morib

selangor pantai moribSalah satu tempat rekreasi di Selangor yang menarik untuk disinggahi adalah pantai Morib yang berada di Kuala Langat. Kerap dikunjungi wisatawan yang datang bersama keluarga, sebenarnya tak ada salahnya datang bersama teman atau pun sendirian. Sebab pantai Morib memiliki suasana yang sangat tenang dengan pantai pasir halus yang bersih dan pemandangan sangat indah.

Datang ke sini, kamu bisa melakukan kegiatan seperti memancing, bermain layangan, juga menikmati kuliner di banyak kedai yang tersedia, baik kuliner khas Malaysia, makanan yang bersifat lebih internasional, juga makanan laut. Pantai ini pada saat Perang Dunia kedua juga menjadi lokasi pendaratan tentara Inggris untuk menyerang Jepang, terdapat monument kecil yang mengabadikan kejadian ini.

  1. Galeri Diraja Sultan Abdul Aziz

Tempat ini merupakan tempat tinggal Sultan Abdul Aziz Shah, Sultan Selangor ke 8 yang menjabat pada tahun 1960 juga raja (Yang Dipertuan Agung) Malaysia pada tahun 2001. Galeri ini menyimpan seluruh koleksi terkait hidup beliau yang pernah digunakan baik dalam hidup pribadinya maupun saat memerintah, seperti salah satunya mahkota Diraja Selangor (mahkota saat menjabat sebagai sultan).

  • Jam buka setiap Selasa hingga Minggu
  • Pukul 10.00 – 17.00
  • Tutup pada hari Senin dan hari libur nasional
  1. Trick Art Museum i-City

Penyuka wisata – wisata unik yang bisa diabadikan dalam foto bisa mengunjungi museum yang berlokasi di Syah Alam tepatnya di Jalan Multimedia ini. Trick Art Museum menyajikan atraksi ilusi optikal berupa lukisan yang tampak seperti tiga dimensi sehingga terlihat sangat nyata. Teknik lukisannya sendiri diambil dari seni lukis Trompe L’oeli. Ada lima galeri dengan tema berbeda di sini seperti Mesir, Klasik Modern, Dunia Hewan, Karya Agung, dan Kehidupan Laut.


Jam buka museum:

  • Senin – Kamis dan Minggu pukul 11.00 – 24.00
  • Jumat, Sabtu, Hari libur umum dan libur sekolah 11.00 – 01.00
  1. Museum Orang Asli

selangor orang asliBila tertarik dengan kebudayaan dan sejarah Melayu, salah satu tempat rekreasi di Selangor yang menarik untuk disinggahi adalah Museum Orang Asli. Terletak di Gombak, Selangor, tempat ini memiliki beragam artefak yang telah berusia lebih dari 600 tahun, juga koleksi alat – alat musik tradisional, pakaian adat, dan beragam benda yang terkait dengan kehidupan orang Melayu zaman dulu.

Di sini juga terdapat:

  • Teater mini dengan sajian beragam pertunjukan
  • Perpustakaan
  • Toko cindera mata.
  1. Mines Wellness City

Selangor wellness cityTak hanya Aquaria KLCC wisata modern di Malaysia, bila ingin melihat Selangor dari sisi modernitasnya, Mines Wellness City adalah tempat yang perlu kamu kunjungi untuk bisa merasa takjub dengan suasana dan pemandangannya yang luar biasa. Mulai dari hotel bintang lima, pusat perbelanjaan barang dan dekorasi mewah, area golf, pusat fashion kelas atas, juga mall dengan sungai di tengahnya (dengan ikan – ikan yang berenang), bisa kamu temukan di sini. Bila berminat, kamu juga bisa naik perahu untuk berkeliling mall, terdengar asyik kan?

  1. Masjid Sultan Salahuddin Abdul Aziz Shah

Istiklal sudah dikenal sebagai masjid terbesar di Asia Tenggara, bila kamu penasaran dengan masjid kedua terbesar di wilayah yang sama, maka tempatnya bisa ditemukan di Syah Alam, Selangor. Masjid Sultan Salahuddin Abdul Aziz Shah yang pernah meraih rekor sebagai masjid dengan menara tertinggi di tahun 1993 ini memiliki gaya arsitektur gabungan seni Islam di berbagai wilayah mulai dari Melayu, Asia Barat juga India.

Fakta menarik:

  • Masjid ini memiliki jam kuno yang sudah berusia 600 tahun
  • Sultan Selangor secara khusus memberikan empat buah lampu mewah untuk masjid ini
  1. SnoWalk i-City

selangor snowalk1Penasaran dengan salju namun belum punya kesempatan untuk mengunjungi negara empat musim atau belum punya cukup uang? Melipirlah ke Syah Alam, Selangor. Di dekat Trick Art Museum, ada atraksi modern lain yang cukup unik dan menarik dikunjungi wisatawan segala usia bernama SnoWalk i-City. Tempat ini merupakan lokasi wisata salju indoor pertama di Malaysia, dengan suhu yang selalu berada di bawah 5 derajat dan beragam dekorasi pahatan es dari 30 seniman pahat serta beberapa wahana permainan dari es.

Operasional:

  • Jam buka setiap Senin – Kamis dan Minggu pukul 11.00 – 24.00 dan Jumat, Sabtu, Hari Libur pukul 11.00 – 01.00
  • Tiket masuk sebelum pukul 18.00 adalah 25 Ringgit (Dewasa), 20 Ringgit (Anak) dan setelah pukul 18.00 adalah 35 Ringgit (Dewasa), 30 Ringgit (Anak)
  1. Klang Gates Quartz Ridge

Bila ingin menikmati wisata yang lebih ekstrem dan menantang, tempat rekreasi di Selangor yang menarik untuk disinggahi berikutnya adalah Klang Gates Quarts Ridge atau yang dalam bahasa Melayu kerap juga disebut Bukit Tabur. Panjangnya sekitar 16 km dan lebarnya 200 m, tempat ini biasanya dikunjungi para pendaki. Orang yang belum pernah mendaki juga bisa berkunjung namun sebaiknya dengan pemandu karena lokasinya yang agak curam dan jauh lebih tinggi dari Menara Kuala Lumpur.

Jam buka lokasi wisata ini adalah sejak pukul 06.00 sampai 19.00. Ada beberapa tanaman endemik Malaysia yang bisa kamu temui di Bukit Tabur, juga pemandangan indah wilayah Hulu Kelang di utara dan Kuala Lumpur di selatan yang bisa kamu lihat dengan mata telanjang atau dengan menggunakan teropong agar lebih jelas. Selain itu, bila ingin bermain air, ada juga sungai dengan air jernih yang segar yang boleh digunakan. Tentunya jangan sampai lupa menyiapkan baju salin untuk ganti setelah bermain.


  1. Kuala Selangor Fireflies

selangor firefliesMasih ingat binatang yang bernama kunang – kunang? Rasanya bagi sebagian besar orang yang tinggal di kota besar, binatang ini tinggallah kenangan karena suasana kota yang selalu dipenuhi lampu sepanjang hari. Untungnya Selangor masih menjaga area di Kuala Selangor di mana orang – orang bisa datang untuk menikmati pemandangan magis hutan dan penghijauan yang dipenuhi kunang – kunang cukup dengan membayar 15 Ringgit.

Tempat ini dibuka untuk umum setiap hari pada pukul 20.00 – 22.30 namun tutup jika hujan. Kamu akan dibawa berkeliling sungai dengan perahu, namun ingat bahwa pengunjung dilarang menggunakan kamera yang memiliki flash juga tidak boleh berisik agar para kunang – kunang tidak ketakutan dan menyembunyikan diri. Sebagai informasi tambahan, Selangor juga merupakan salah satu wilayah di dunia dengan populasi kunang – kunang terbesar di dunia.

, , , ,
Post Date: Monday 23rd, April 2018 / 06:58 Oleh :
Kategori : Malaysia