16 Tempat Wisata Di Semporna Malaysia Yang Wajib Dikunjungi


    Semporna merupakan sebuah kawasan yang berada di kawasan Tawau Sabah, Malaysia.

Tempat wisata di Semporna belakangan ini menjadi tempat yang ramai dibicarakan sebagai tempat wisata untuk diving yang populer di antara tempat wisata di Malaysia. Sempora adalah basis yang populer untuk wisata selam scuba dan snorkeling ke Pulau Sipadan.

Festival Regatta Lepa adalah acara budaya terkenal di dunia yang  setiap tahun diadakan di Semporna. Kota Semporna dikatakan juga sebagai surga pulau-pulau terkenal di dunia yang merupakan atraksi utama Sempora. Terletak di Pantai Timur Sabah, ada berbagai tempat untuk dikunjungi di Sempora mulai dari museum hingga Taman Nasional.

Selain mengunjungi berbagai ciri khas pulau di area tempat wisata Sabah ini, anda pun akan menemukan beragam tempat wisata yang menarik lainnya. Berikut beberapa tempat wisata yang menarik yang kami rekomendasikan untuk anda.

1.Firefly Spotting di Sungai Semporna Borneo

dragon inn floating resort

Sifat alami tempat wisata di area Sabah seperti tempat wisata di Semporna ialah hal-hal yang menarik yang berhubungan dengan keanekaragaman hayati. Dikarenakan tempat ini berupa pulau maka ekosistem yang paling menarik ialah tempat wisata di ekosistem bakau. Kawasan ini dekat juga dengan tempat wisata di Tawau Borneo dan bahkan ciri-ciri tanamannya mirip dengan Borneo.

Dengan berjalan-jalan di kawasan ekosistem bakau ini anda bisa melakukan firefly di lokasi yang sudah disediakan. Bahkan selama perjalanan menikmati pemandangan, mungkin saja anda akan bertemu dengan sekumpulan monyat bekantan. Monyet bekantan termasuk monyet yang dilindungi karena jumlah mereka semakin menurun.

Karenanya lebih baik anda tidak berinteraksi dengan mereka secara langsung karena anda bisa kena denda. Atraksi lain yang dapat anda lakukan ialah melihat buaya muara yang bersembunyi di antara bakau. Kami sarankan untuk tidak beriteraksi dengannya juga, lebih aman cukup dilihat saja kemudian lanjutkan perjalanan ke spot terbaik untuk menikmati makanan.

2. Museum Tun Sakaran

Keindahan-Pulau-semprona

Seperti halnya mengunjungi tempat wisata bersejarah di Eropa, selama berwisata ke berbagai tempat wisata di Malaysia seperti tempat wisata di Kelantan atau di tempat wista di Samporna,  kami sarankan untuk berkunjung ke museumnya. Di mana anda bisa melihat sejarah panjang sebuah kota terbentuk.

Museum yang kami rekomendasikan dari tempat wisata di Semporna ialah Museum Tun Sakaran. Lokasi ini terletak hanya 2 km dari pusat kota Semporna, Museum Tun Sakaran memberikan penghormatan kepada layanan Tun Sakaran Dandais ke negara bagian Sabah. Itu terbukti dari objek dan dokumen biografis.

 Lantai 2 museum ini menampung etnografi Semporna. Dengan kapal Lepa di aula pintu masuk, museum ini telah memberikan perhatian khusus perkembangan Islam di Semporna secara khusus dan di Malaysia secara luas.


3. Museum Warisan Arkeologi Bukit Tengkorak

pulau semporna

Tak hanya museum Tun Sukaran yang dapat memberitahukan anda sejarah kota. Anda pun bisa menjelajah lebih jauh ke Museum Peninggalan Arkeologi Bukit Tengkorak. Di mana di museum ini tersaji rekaman sejarah tembikar yang sempat menjadi kesenian dan kerajinan populer dan khas di Semporna.

Kawasan museum terletak hanya 8 km dari pusat kota, Museum Peninggalan Arkeologi Bukit Tengkorak adalah museum yang membicarakan sejarah tembikar secara luas dan pengaruh tembikar untuk rakyat Semporna.

Untuk mencapai Bukit Tengkorak, anda harus mendaki di lebih dari 450 anak tangga. Sesampainya di puncak anda dapat langsung masuk ke museum atau melihat-lihat dulu pemandangan sekitar seperti pulau-pulau kecil di sekitar tempat wisata di Semporna.

4. Akuarium Laut Portlaoise

resort in semporna

Di Semporna pun anda bisa melihat keindahan bawah laut dengan mengunjungi tempat wisata Akuarium Laut Portloise. Semuanya seperti halnya berkunjung ke akuarium besar di tempat wisata di Singapore. Sebuah tempat yang menawarkan hiburan menarik dengan melihat-lihat ikan dan pemandangan laut lainnya.

Tempat wisata ini ramai dikunjungi oleh anak-anak sekolah, remaja dan orang ewasa untuk berlibur dan refreshing dengan melihat pemandangan lautnya. Rasakan keajaiban aqualife yang semarak di akuarium hidup di Ocean Tourism Center Portlaoise.

Anda bisa melihat berbagai macam jenis ikan bahkan anda pun bisa melihat seekor burung melati yang satiating di sini setelah mengayuh melewati sungai dengan perahu dayung yang mewah. Kedengarannya memang aneh, tapi itulah hiburan yang disediakan di kawasan ini. kalau anda merasa perlu membeli oleh-oleh khas dari tempat ini, anda bisa mampir membeli souvenir. Ada banyak souvenir populer yang unik.

5. Billabong Scuba

billabong-scuba

Bila anda termasuk orang yang menyukai Scuba datanglah ke Scuba Billabong. Tempat ini merupakan destinasi favorit turis di Semporna yang ingin meminja alat terkait scuba diving dan snorkeling.

Sebelum melakukan scuba diving, anda bisa mempelajari scuba diving dari para profesional di sini. Anda tidak perlu khawatir soal keselamatan anda di bawah air karena instruktur dapat memberikan arahan dan akan mendampingi anda selama scuba diving. Mereka juga akan membantu anda mengurus peralatan scuba diving yang terbaik untuk anda. Setelah scuba diving, anda mungkin akan merasa lapar, jadi mampirlah ke restoran.

6. Taman Nasional Sipadan

semporna malaysia

Taman Nasional Sipadan merupakan salah satu tempat yang diakui sebagai tempat menyelam terbaik di dunia. Ada banyak wisatawan dari seluruh dunia mendatangi kawasan ini hanya untuk melakukan penyelaman. Mereka ingin menghabiskan waktu di daerah tropis yang nyaman dan tenang untuk menikmati liburannya.

Di tambah lagi, kawasan penyelaman di Taman Nasional Sipadan masih menawarkan pemandangan hayati yang alami. di mana selama menyelam, anda dapat melihat berbagai macam jenis ikan seperti Bumped Head Parrot Fishes, School of Jack fish, storm of barracuda dan banyak ikan lainnya. Selama menyelam, mungkin selama itu pula anda akan melihat keindahan dan merasakan waktu berjalan lambat.

7. Pulau Bohey Dulang

semporna-blur-reef

Selain menyelam dan tempat wisata pantai di tempat wisata di Semporna yang dapat dinikmati, ada juga tempat yang memberikan tantangan seperti naik gunung. Buat anda yang suka mendaki, kami sarankan untuk mendaki di kawasan pulau Bohey Dulang.

Kawasan ini diakui sebagai kawasan tempat wisata di Semporna yang dapat menyajikan pemandangan indah. Anda dapat melihat Perairan laut yang jernih dan tanaman hijau subur di mana-mana.

Anda akan dibuat terpesona oleh siluet pemandangan sekitarnya. Pulau ini sangat cocok untuk tamasya, snorkeling, dan hiking. Jika Anda ingin menambahkan sedikit kemewahan pada pengalaman Anda, ada sejumlah hotel seperti Resor dan Spa Pulau Pom Pom, Resor Hutan Bakau Sipadan, Seafest Hotel dan Dragon Inn Resort di kawasan ini.

Anda bisa memilih menginap di kawasan ini daripada menginap di kawasan lain yang tidak menawarkan pemandangan serupa.


8. Pusat Penelitian dan Konservasi Tropis

Tempat Wisata Di Semporna

Kalau anda memiliki rasa cukup penasaran untuk menambah ilmu pengetahuan, anda pun bisa mampir ke pusat penelitian dan konservasi tropis. Anda bisa belajar menjadi ahli selam di pusat penelitian dan konservasi tropis.

Anda pun bisa berpartisipasi untuk menjaga dan melestarikan alam denga meletakkan beberapa struktur buatan di atas terumbu karang. Struktur buatan yang dapat terbuat dari bambu atau batu ini dapat membantu meransang pertumbuhan kembali terumbu botol buatan untuk penghuni laut.

Anda harus tinggal selama sebulan setidaknya untuk sepenuhnya menguasai seni menyelam sambil tinggal di tenda di pulau itu. lalu sambil ikut melestarikan terumbu karang di kawasan itu. selama sebulan, dapat dipastikan bahwa anda akan mendapatkan pengalaman berharga dengan ikut serta dalam pengembangan dan konservasi tropis di kawasan tersebut.

Rekomendasi Tempat Wisata di Semporna

Selain tempat wisata di atas, berikut tempat wisata di Semporna yang kami rekomendasikan berikutnya.

  • Taman Laut Tun Sakaran
  • Dermaga Ikan
  • toko departemen Millimewa
  • Kunak Kita
  • Air Terjun Madai
  • Terowongan Perang Jepang
  • Fat Mother Restaurant
  • Seafront Township

Demikian pemaparan tentang tempat wisata di semporna untuk anda pertimbangkan sebagai destinasi kunjungan wisata anda ke Malaysia suatu hari nanti.

, , ,
Post Date: Friday 18th, January 2019 / 08:21 Oleh :
Kategori : Malaysia