13 Tempat Wisata Di Terengganu Malaysia Yang Wajib Dikunjungi

Terengganu adalah salah satu tempat wisata di Malaysia yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Malaysia. Sebagai permulaan, pulau ini memiliki beberapa pulau paling indah termasuk Kepulauan Perhentian yang pernah populer, Pulau Redang yang dikelilingi karang, dan Pulau Kapas yang santai. Pulau Terengganu juga menawarkan pantai-pantai terbaik di Semenanjung Malaysia.

Kuala Terengganu adalah kota yang menyenangkan dan ideal untuk tur jalan kaki singkat di sekitar situs tempat wisata yang ada di sana. Anda bisa menjangkau Danau Kenyir yang sangat besar dan ada banyak gunung, hutan, dan air terjun yang menunggu untuk dijelajahi.

Berikut merupakan tempat wisata di Terengganu yang harus anda nikmati.

  1. Suaka Kuala Terengganu
suaka kuala terengganu

Tempat wisata di Terengganu yang pertama ialah yang disebut dengan suaka kuala terengganu. Anda bisa mendapatkan nuansa jalan kaki santai dengan tur Jalan Kaki di Kuala Terengganu. Kota ini memiliki nuansa santai dan pengaturan tepi laut yang rapi, menarik dan lebih cocok untuk pariwisata daripada beberapa kota Malaysia lainnya.

Anda dapat menyaksikan keteraturannya, seperti tidak berada di Malaysia, mungkin anda dapat merasakan sensasi sedang berada di sebuah kota yang tidak terdaftar di peta. Alih-alih menganggapnya berada di Malaysia, anda mungkin akan merasa seperti sedang berada di surga. Banyak yang bilang tempat wisata di Hawaii masih kalah dalam menghadirkan kesan ini.

Tempat wisata utama berada di sudut kota dan cocok untuk berjalan kaki. Di sudut kota, anda bisa melihat Masjid kayu asli di situs ini dibangun oleh Sultan Zainal Abidin II dan selesai pada tahun 1808.

Sejak itu telah dibangun kembali dengan batu bata dan diperbaharui dan diperluas beberapa kali. Fitur yang paling mencolok adalah menara 7 lantai. Beberapa mantan Sultan dimakamkan di Mausoleum Kerajaan Lama yang berdampingan dengan masjid ini.

2. Istana Maziah

istana maziah

Setelah mengunjungi masjid kayu, anda bisa melangkahkan kaki anda menuju tempat wisata di Terengganu berikutnya yakni istana maziah.

Kesannya anda seperti sedang berjalan-jalan di tempat wisata di Uzbekistan ketika berada di depan bangunan yang dibangun antara sekitar tahun 1897 dan 1903 sebagai tempat tinggal dan tempat resepsi untuk keluarga kerajaan Terengganu.Istana ini juga telah mengalami beberapa kali renovasi. Baru-baru ini ada penambahan dua menara mengapit pintu masuk utama yang telah memberikan aksen lebih berwibawa.


Selanjutnya, dari istana maziah, anda bisa belok kiri ke Jalan Sultan Zainal Abidin dan ikuti jalan tersebut sampai Anda menemukan Tourist Information Office di mana Anda dapat memperoleh banyak informasi tentang hotel, resor, dan tempat untuk dikunjungi di negara bagian Terengganu. Sebelahnya adalah Bazaar Warisan,sebuah pusat perbelanjaan di mana anda bisa mendapatkan cinderamata, hadiah, batik, dan sebagainya.

3. Bukit Puteri, Kuala Terengganu

Bukit Puteri

Berikutnya tempat wisata di Terengganu adalah menikmati Bukit Puteri. Untuk menjangkaunya anda harus Naik eskalator  naik ke tingkat atap dan menyeberang ke Benteng Putri Hill (Bukit Puteri). Fasilitas ini mirip dengan fasilitas di tempat wisata di Korea Selatan, area sky di Seoul menyediakan eskalator naik ke perbukitan menuju restoran utama mereka. Pengunjung bisa melihat pemandangan dari bukit yang indah tersebut.

Bukit setinggi 200 m ini memiliki benteng di puncaknya yang dibangun pada tahun 1830-an dan berfungsi sebagai benteng pertahanan selama perang sipil antar sultan demi memperebutkan takhta Terengganu. Benteng ini memiliki mercusuar setinggi 10m dan panggung beratap semen dalam bentuk singgasana. Beberapa meriam masih nampak berbaris di benteng meskipun sebagian besar meriam telah dihancurkan oleh Jepang selama Perang Dunia II.

4. Pasar Payang

Pasar Payang

Selanjutnya, tidak hanya tempat wisata di Bangkok saja yang dapat menghadirkan pasar malam penuh dengan hiburan dan barang-barang antik. Di tempat wisata di Terengganu anda pun bisa memperolehnya dengan menuju ke ke Pasar Pusat atau Pasar Payang.

Di sini, anda bisa menemukan barang-barang antik seperti batik dan sutra dijual serta buah-buahan, sayuran dan produk makanan yang dimasak seperti makanan lezat lokal Keropok Lekor, atau kerupuk yang terbuat dari ikan dan sagu.

Teruslah berjalan sampai ke Jalan Kampung Cina, anda akan tiba di daerah Chinatown, mungkin Chinatown paling bersih dan rapi yang ada di Malaysia. Jalan-jalan dan trotoar telah diaspal dengan batu bata berwarna.

Bahkan gang-gang samping telah diberi facelift dengan mural dan plak yang menambah warisan daerah ini. Ruko telah dipugar dan dicat dengan hati-hati. Anda bisa menjadikan objek-objek tersebut sebagai latar belakang foto selfie anda.

5. Museum Negara Terengganu (Muzium Negeri Terengganu)

Museum Negara Terengganu

Selanjutnya, mengunjungi sebuah daerah tanpa mengunjungi museumnya akan membuat kita kehilangan informasi sejarahnya. Kalau anda berminat melihat sedikit saja sejarah Terengganu, mampirlah ke tempat wisata di Terengganu yang bernama Museum Negara Terengganu yang berada di di Kampung Losong, Kuala Terengganu.

Museum ini meruapkan museum terbesar di Malaysia dengan luas lantai lebih dari 75.000 meter persegi yang tersebar di 4 bangunan yang saling terhubung. Di dalamnya anda dapat melihat foto-foto bangunan megah, dengan arsitekturnya yang didasarkan pada desain istana Terengganu kuno.

Museum dibuka untuk umum sejak tahun 1996 – dan dindingnya terbuat dari beton, tetapi pengerjaan halus dan atap melengkung memberikan museum tampilan yang sangat mengesankan. Seluruh museum dibangun di atas panggung beton, membuatnya nampak kuat dan gagah.

6. Galeri

Museum sejarah alam terengganu

Di Terengganu ada beragam galeri yang dapat anda masuki. Kalau anda ingin turing melihat-lihat koleksi di berbagai galeri di Terengganu, berikut galeri yang eksis sebagai tempat wisata umum di Terengganu, Malaysia.

  • Galer Sejarah Alam

Di sini, anda dapat melihat pameran batuan dan mineral seperti emas, bijih besi dan batu bara, spesimen flora dan fauna yang ditemukan di Terengganu. Ada juga pameran serangga lokal, ikan, kerangka dan sebagainya.

  • Galeri Tekstil

Galeri ini menjelaskan proses produksi tekstil buatan lokal dan menampilkan contoh pakaian tradisional yang dikenakan pada upacara pernikahan dan acara-acara seremonial lainnya. Ditampilkan juga budaya pakaian sehari-hari di masa lampau.


  • Galeri Kerajaan

Galeri ini menyediakan silsilah historis keluarga kerajaan Terengganu dan menampilkan perlengkapan kerajaan, keris kerajaan, barang-barang rumah tangga istana seperti set barang pecah belah, medali dan hadiah yang diterima dari luar negeri dan lokal.

  • Galeri Kerajinan

Di dalam galeri ini Anda dapat melihat kerajinan tradisional setempat di sini seperti membuat kuningan, tenun, ornamen dan senjata emas dan perak, terutama keris.

  •  Galeri Minyak

Galeri ini merupakan versi mini dari Museum Petronas di KLCC dan pantas untuk mengadakan pameran ini di Terengganu karena banyak minyak Malaysia ditemukan di sini.

Kiranya itulah daftar galeri yang dapat anda kunjungi dalam sekali tur. Masih ada beberapa galeri lainnya, jika anda memiliki banyak waktu mungkin anda dapat melihiat semuanya.

Rekomendasi tempat wisata di Terengganu

Berikut selain tempat wisata di atas, kami buatkan list tempat wisata di Terengganu yang cukup rekomended untuk anda kunjungi beramai-rami.

  • Galeri Islam
  • Taman Peradaban Islam
  •  Masjid Nasional, Malaysia
  • Benteng Duyong
  •  Sungai Terengganu
  • Bukit Keluang
  • Pulau Ru

Demikian pemaparan tentang tempat wisata di Terengganu, semoga menginspirasi dan memudahkan anda mendapatkan tujuan wisata di akhir pekan.

, , , ,
Post Date: Thursday 17th, January 2019 / 02:09 Oleh :
Kategori : Malaysia