5 Tempat Wisata Di Miri Yang Wajib Dikunjungi

Setelah sebelumnya kami telah usai memberikan ulasan lengkap tentang tempat wisata di brickfields, maka kali ini kami akan memberikan penjelasan yang juga tidak kalah menarik berkaian dengan apa saja tempat wisata di Miri yang bisa anda kunjungi, baik bersama dengan keluarga anda maupun dengan teman-teman anda.

Meskipun Miri bukan merupakan kota yang seterkenal Kuala Lumpur atau Selangor, namun kota yang satu ini telah dijadikan sebagai salah satu kunjungan wisata wajib bagi para wisatawan yang berasal dari segala penjuru dunia.

Ada banyak tempat wisata di Miri yang mana beberapa diantaranya sudah pernah kita jelaskan pada tempat wisata favorit di Malaysia. Kota tersebut memang terkenal memiliki beberapa lokasi wisata yang menawarkan pemandangan alam yang begitu mengagumkan yang tentu saja akan membuat siapapun merasa betah dan ingin berlama-lama berada di tempat tersebut.

Dan juga beberapa tempat wisata di Miri juga terkenal karena akses jalannya yang tidak terlalu sulit dan bahkan bisa anda jangkau dengan menggunakan alat transportasi umum seperti bus.

Bagi anda yang ingin tahu lebih lengkap seputar tempat wisata di Miri, maka silahkan anda simak baik-baik ulasan yang akan kami berikan di bawah ini. Namun sebelum itu, kami ingin menyarankan agar anda mempelajari beberapa tips yang akan kami bagikan, yakni tips liburan ke Malaysia yang bisa anda pelajari terlebih dahulu sebelum kemudian datang ke kota tersebut.

1. Entulang Long Houses

Entulang Long Houses

Tempat wisata di Miri yang pertama kali kami sarankan agar anda mengunjunginya adalah Entulang Long Houses atau yang juga disebut juga dengan Rumah Panjang.

Perlu anda tahu bahwasanya rumah ini merupakan rumah asli yang khas karena hanya anda temukan di Miri dan memang menjadi rumah tradisional dari masyarakt di sana.

Ketika anda berkunjung ke Entulang Long Houses, anda akan langsung takjub dengan ukuran panjang dari rumah tersebut karena memang panjangnya tidak terkira. Sebenarnya, Entulang Long Houses merupakan kumpulan rumah keluarga yang menjadi satu dan saling terhubung sampai batas yang tidak ditentukan.

Keunikan dari rumah ini adalah satu keluarga tersebut terhubung tanpa adanya sekat atau pemisah sehingga menjadikan rumah-rumah mereka menjadi satu dan memanjang sampai jangka atau batas yang tidak ditentukan karena semakin lama akan semakin memanjang.

Hal ini berhubungan dengan adat dan kepercayaan masyarakat yang tinggal di Miri dimana jika ada salah satu anggota keluarga yang menikah, maka kemudian rumah dari keluarga yang baru menikah tersebut akan langsung dibangun di samping rumah dengan posisi paling ujung.

Dijamin anda akan terkagum-kagum dan heran melihat Entulang Long Houses yang memiliki ukuran sangat panjang dan mungkin ketika anda datang ke sini kebetulan sedang diperbaruhi ukurannya karena ada anggota keluarga yang menikah.

2. Lambir Hills National Park

Lambir Hills National Park

Seperti penjelasan kami di awal bahwasanya Miri merupakan sebuah kota yang terkenal karena memiliki pemandangan alam yang mengagumkan, dan salah satu tempat wisata yang kami sarankan untuk anda singgahi adalah Lambir Hills National Park.

Tempat wisata ini bukan hanya diperuntukkan bagi anda yang suka berkunjung ke tempat wisata dengan pemandangan alam mengagumkan, melainkan bagi anda yang suka tantangan pun kami sarankan untuk meluangkan waktu anda dan datang ke Lambir Hills National Park.

Lambir Hills National Park telah dinobatkan sebagai salah satu dari empat taman terbaik yang ada di Malaysia sehingga tidak heran jika anda akan melihat banyak wisatawan yang berkunjung ke sini, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Memiliki luas kurang lebih 7000 hektar dan menjadi tempat flora dan fauna, termasuk juga beberapa yang telah dinyatakan sebagai flora atau fauna langka.

Dan salah satu spot yang memiliki daya tarik tersendiri yang membuat banyak wisatawan datang mengunjunginya adalah sebuah air terjun Latak yang menjadi komponen abiotik yang paling sentral demi kelangsungan seluruh habitat yang ada di Lambir Hills National Park.

Selain itu, keberadaan dari air terjun tersebut juga sebagai sumber air bagi masyarakat yang tinggal di Miri.

3. Canada Hills

Canada Hills

Bagi anda yang ingin datang berkunjung ke tempat wisata yang juga memiliki pemandangan mengagumkan yang nantinya anda berfoto adalah datang ke Canada Hills. Anda bisa melihat hampir seluruh kota Miri dari atas Canada Hills dengan sangat jelas, termasuk juga melihat laut lepas yang ada di sana.

Adapun mengenai kapan waktu terbaik bagi anda yang ingin datang ke Canada Hills adalah pagi, sore, maupun malam hari. Khusus untuk pagi hari, biasanya banyak orang menjadikan Canada Hills sebagai sarana atau tempat untuk berolahraga seperti jogging maupun melakukan senam karena memang ada beberapa lokasi yang sudah disediakan untuk melakukan aktivitas tersebut.

Dan ketika anda datang ke Canada Hills pada malam hari, anda bisa menikmati pemandangan berupa gemerlapnya lampu yang ada di sepanjang kota Miri yang bisa menjadi background untuk foto anda.

Setelah itu, kami sarankan agar anda datang ke beberapa tempat makan yang sudah disediakan di Canada Hills yang menjual beberapa makanan ringan khas Malaysia sambil menikmati keindahan kota Miri dari atas bukit.

4. San Ching Tian Temple

San Ching Tian Temple

San Ching Tian Temple menjadi salah satu tempat wisata menarik yang juga tidak boleh anda lewatkan ketika anda memiliki kesempatan untuk datang ke Miri.

Mungkin dari namanya saja anda sudah bisa menebak bahwasanya tempat wisata yang satu ini merupakan sebuah wisata religi yang di dalamnya mengandung nilai sejarah, baik dari segi bangunan itu sendiri maupun dari desain arsitektur yang ada pada San Ching Tian Temple.

Meskipun San Ching Tian Temple dibangun pada sekitar tahun 2000, namun desain yang ada pada kuil yang satu ini bisa dikatakan merupakan kombinasi dari desain kuil khas Asia dengan beberapa motif yang berasal dari Eropa sehingga semakin menambah keindahan pada San Ching Tian Temple.

Beberapa wisatawan yang datang ke San Ching Tian Temple sekaligus juga memanjatkan doa agar keinginannya bisa terkabul. Namun, beberapa dari mereka datang ke San Ching Tian Temple hanya untuk berfoto karena memang kuil ini memiliki bentuk bangunan yang cukup besar dengan desain yang mengagumkan.

5. E-mart

E-mart

Bagi anda yang ingin mencicipi snack khas Malaysia, maka kami sarankan agar anda berkunjung ke E-mart.

Anda harus tahu bahwasanya E-mart merupakan sebuah lokasi wisata kuliner yang menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan, khususnya mereka yang berasal dari luar negeri.

Ada berbagai macam menu makanan yang bisa anda dapatkan di E-mart, mula dari menu makanan tradisional sampai dengan yang modern dan bisa anda dapatkan dengan harga yang cukup murah.

Selain itu, di E-mart juga menyediakan beberapa toko yang bisa anda kunjungi untuk mendapatkan beberapa oleh-oleh khas Malaysia untuk selanjutnya bisa anda bawa pulang dan anda berikan kepada saudara atau teman-teman anda yang sudah menunggu di rumah.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai apa saja tempat wisata di Miri yang harus anda kunjungi. Semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih.

, , ,
Post Date: Wednesday 16th, January 2019 / 16:18 Oleh :
Kategori : Malaysia