16 Tempat Wisata Di Tongyeong Korea Selatan Terfavorit Kepopers

Kota Tongyeong adalah kota yang terletak di pantai selatan Korea Selatan. Tempat wisata di Tongyeong marupakan lokasi tujuan akhir pekan yang populer sepanjang tahun oleh orang-orang Korea Selatan.

Tempat wisata di Tongyeong masih belum sepopuler tempat romantis di Seoul bila di mata wisatawan dunia. Akan tetapi, Kota Tongyeong sebenarnya menyimpan destinawi wisata yang luar biasa untuk dikunjungi oleh siapa saja yang ingin berlibur dengan santai dan merasakan suasana pedesaan khas Korea Selatan.

Apa saja tempat wisata di Tongyeong? Simak ulasan singkat berikut ini.

  1. Desa Nelayan Kuno Tongyeong
tongyeong port

Kalau anda suka berwisata sambil sekaligus mempelajari budaya masyarakat setempat, kami rekomendasikan pada anda untuk mendatangi tempat wisata di Tongyeong yang berupa desa nelayan kuno tongyeong.

Di desa nelayan ini anda bisa ikut memancing atau melaut bersama warga lokal. Tentunya kalau anda diijinkan oleh mereka. Tidak perlu khawatir, yang harus anda lakukan adalah mengikuti tradisi  mereka, sehingga mereka tidak akan keberatan dengan kedatangan anda.

Kenapa disebut sebagai desa nelayan kuno? Karena masyarakat setempat menggunakan umpan tradisional untuk memancing di tengah laut. Umpannya ialah makanan laut segar.

Anda bisa belajar cara memancing tradisional di Korea Selatan ini sampai mendapatkan ikan untuk dibawa pulang, dibakar dan dinikmati bersama warga setempat. Pengalaman ini jelas tidak akan terlupakan sampai kapanpun.

2. Taman Nasional Hallyeohaesang

tongyeong vacation

Tempat wisata di Tongyeong yang juga menjadi salah satu daya tarik tempat wisata di Korea Selatan ialah Taman Nasional Hallyeohaesang. Tempat wisata yang menjadi bagian dari pesona menarik kota Tongyeong ini merupakan kota berbukit. Kota ini aktif sebagai dermaga untuk untuk menjelajahi pulau-pulau di sekitarnya.

Kota pelabuhan yang uniknya berbukit-bukit ini mudah dicapai dengan bus ekspres – empat jam perjalanan dari Seoul atau satu jam dari Busan, kota terbesar kedua di Korea Selatan. Kota ini memamerkan pesona pesisir asli Korea Selatan. Karena itulah, kota  ini adalah tempat yang sempurna untuk memulai perjalanan menjelajahi pulau-pulau di sekitarnya. Anda pun bisa menginap di sini dengan memilih penginapan yang tepat untuk anda.

3. Desa Lukisan Dinding Dongpirang

tongyeong-one-day-tour

Tempat wisata di Tongyeong berikutnya ialah Desa Dongpirang, yang berarti “tebing di timur.” Desa ini menawarkan pemandangan lukisan dinding berwarna-warni, yang diciptakan untuk membantu menyelamatkan desa dari penghancuran yang ingin dilakukan oleh para pengusaha real estate. Dinding sejak saat itu menjadi objek wisata yang populer.

Dongpirang juga merupakan tempat yang harus dikunjungi bagi mereka yang gemar melihat drama Korea No Such Thing as Nice Guys atau innocent guy (2012, drama KBS) yang dibintangi Song Joong-ki dan Moon Chae-won. Desa ini juga pernah menjadi lokasi syuting drama Padam Padam … The Sound of His and Her Heartbeats (drama JTBC 2011-2012) dibintangi oleh Jung Woo-sung dan Han Ji-min.

Pesona lainnya dari desa ialah Jalan setapak ke puncak desa yang berupa bukit yang curam, tetapi kondisi ini justru menarik perhatian wisatawan dunia untuk melihat-lihat. Hanya membutuhkan waktu sekitar lima hingga sepuluh menit berjalan kaki untuk mencapi puncak desa, di mana anda akan melihat pemandangan luar biasa dari kota Tongyeong, termasuk di antaranya pemandangan Gunung Mireuksan dan Pelabuhan Gangguan.

Selain itu, dalam perjalanan menuju puncak desa, anda tidak akan henti-hentinya melihat mural di dindang desa. Masing-masing mural menjadi hiasan yang memperindah kawasan desa. Mural-mural ini dulu dikerjakan oleh mahasiswa seni dari Korea Selatan.

Mereka memberikan solusi yang meningkatkan devisa lokal dengan memural dinding-dinding ketika ancaman pembangunan real estate megancam desa. Ketika dinding dihias dan menarik perhatian wisatawan domestik dan luar negeri, maka semua itu menjadi terlalu indah untuk diruntuhkan.

Sejak itu, kawasan Desa Dongpirang ini menjadi sangat populer dan mulai dikemas sebagai kawasan yang cocok untuk dikunjungi turis di akhir pekan. Gang-gang sempit dipenuhi dengan mural berwarna-warni dan unik. Ada juga patung dan studio seni. Ada kafe-kafe yang nyaman di puncak desa yang menawarkan pemandangan Pelabuhan. Anda bisa santai sejenak di sini atau selama apapun yang anda inginkan.

4. Melihat Hallyeosudo Ropeway

cable-car-tongyeong-south

Selama masih di Tongyeong jangan lewatkan kesempatan untuk melihat Hallyeosudo Ropeway. Daya tarik utama dari tempat wisata di Tongyeong ini ialah merujuk pada jalur air di sepanjang pantai selatan yang membentang dari Pulau Hansando, Tongyeong-si di Gyeongsangnam-do dan Yeosu-si, Jeollanam-do.

Kalau anda berada di jalur ini, anda dapat melihat sekitar 300 pulau kecil hingga besar. Semuanya nampak berjejer, hingga menampilkan soluet cantik dan menarik di saat cuaca cerah. Ketika air lautnya jernih dan ombaknya lembut, pemandangan pulau-pulau itu memberikan sensasi ketenangan yang luar biasa.

Selain itu, anda pun dapat melihat Puncak Gunung Mireuksan. Seandainya anda tertarik anda bisa mendaki ke Puncak Gunung Mireuksan. Di sana anda dapat menyaksikan pemandangan burung Hallyeosudo. Untuk naik, anda tidak perlu mendaki sendiri, melainkan anda bisa memanfaatkan Kereta Gantung Hallyeosudo Viewing untuk pendakian yang lebih cepat.

5. Gangguan Port Geobukseon Ship

tongyeong pelabuhan

Masih dengan pemandangan yang spektakuler, tempat wisata di Tongyeong menawarkan Gangguan Port Geobukseon Ship. Gangguan dalam bahasa Korea berarti “di mana air sungai mengalir ke laut.” Kawasan itu merupakan sebuah pelabuhan di teluk dan menampung sejumlah besar kapal.

Salah satu kapal yang terkenal adalah Geobukseon Ship (Turtle Ship). Latar belakang keberadaan pelabuhan ini berasal dari kekuasaan Jenderal Yi Sun-shin (1545-1598) yang membangun kapal perang selama Perang Imjinwaeran (1592-1598) untuk membantu mempertahankan Korea dari invasi Jepang.

Nama kapal berasal dari penutupnya yang seperti cangkang pelindung. Pengunjung dapat melihat kapal tersebut hanya dari Pelabuhan Gangguan. Tentu saja kapal yang anda lihat tersebut adalah replika lengkap dari kapal perang nyata yang digunakan selama Perang Imjinwaeran.

Meski replika, namun kapal ini benar-benar replika lengkap karena sekaligus jugua menawarkan pandangan unik di bagian dalam kapal. Anda bisa melihat dan mempelajari berbagai macam jenis persenjataan yang digunakan selama perang.

6. Taman Yi Sun-shin

Tongyeong

Setelah melihat kapal perang, anda mungkin ingin bersantai sedikit dengan berbagai macma hal baru. Kali ini silahkan berkunjung ke taman Yi Sun-Shin. Taman ini menyimpan banyak peninggalan yang berkaitan dengan Yi Sun-Shin.

Disebut taman karena lokasinya memang sebuah taman, tapi menampilkan berbagai macam peninggalan yang terkait erat dengan Jenderal Yi Sun-Shin. Lokasinya di desa dekat dengan Pelabuhan Gangguan. Desa itu dulunya merupakan medan pertempuran yang signifikan selama Perang Imjinwaeran.

Salah satu situs yang memperingati kejadian tersebut adalah Taman Yi Sun-Sin, yang di pintu masuknya terdapat patung jenderal Yi Sun-Sin yang berdiri memegang tangannya sambil menunjuk ke arah laut. Anda tidak perlu mempelajari sejarahnya, namun menikmati jalan setapak di tepi laut biru untuk merasakan udara yang segar sudah akan membuat taman ini semakin harum namanya.

Rekomendasti Tempat Wisata di Tongyeong

Selain tempat wisata di atas, ada beberapa tempat wisata di Tongyeong yang perlu anda ketahui. Kelak di kemudian hari, jika anda memiliki banyak waktu luang, silahkan mampir ke salah satu tempat wisata di Tongyeong yang ada di dalam daftar berikut ini.

  • Taman Dara atau Dara Park
  • Pasar Tradisional Jungang
  •  Pasar Tradisional Seoho
  • Gunung Mireuksan
  • Kuil Donghwasa
  •  Museum Seni Jeon Hyuck Lim
  • Island hopping
  • Taman Nasional Hallyeohaesang
  • Pulau Somaemuldo
  • Pulau Deungdaeseom

Demikian pemaparan tentang tempat wisata di Tongyeong Korea Selatan untuk anda jelajahi suatu hari nanti.

, , , ,
Post Date: Thursday 14th, March 2019 / 14:39 Oleh :
Kategori : Korea Selatan