15 Cemilan Khas Bangkok Paling Enak Dan Wajib Dicoba

Berjalan-jalan ke tempat wisata di Bangkok adalah salah satu wisata luar negeri yang paling sering dilakukan wisatawan Indonesia. Tempat-tempat seperti Kao San Road atau Sea Life Bangkok adalah beberapa area wisata yang mungkin diminati oleh para wisatawan dari Indonesia. Selain tentunya juga wisata kuliner di Bangkok yang cukup menarik dan diminati. Namun, selain kuliner yang lebih bersifat mengenyangkan dan tergolong makanan utama, Bangkok juga memiliki varian cemilan beragam.

taokaenoilandCemilan yang banyak dijual di Bangkok memiliki beragam rasa dan jenis. Mereka mengombinasikan rasa lokal ke dalam makanan-makanan kering seperti keripik kentang, buah kering, hingga kacang-kacangan yang dikemas secara apik sehingga tahan lama dan bisa diborong pulang ke Indonesia untuk dilahap dalam waktu yang tidak sebentar, untuk stok cemilan saat lapar tengah malam cocok sekali.

Tak hanya rasa lokal yang dikombinasikan dengan cemilan-cemilan dalam kemasan ini, rasa-rasa internasional juga disematkan dan ternyata juga menjadi favorit orang-orang setempat bahkan mengundang rasa penasaran para wisatawan yang berkunjung. Namun perlu diingat, beberapa makanan yang kami tampilkan di sini mungkin tidak halal akan tetapi banyak juga yang halal dan bisa dicoba untuk para wisatawan muslim.

  1. Kacang Mete Rasa Tom Yam

Cemilan ini berada di kios Crispy Seafood di Mall Platinum di Bangkok, tepatnya di Zona 2. Letaknya ada di samping kanan, dekat eskalator. Kacang mete ini dipanggang dan memiliki tekstur yang kriuk dan rasa yang kaya mulai dari asin, asam, dan pedas seperti rasa tom yam. Harganya 120 Baht (Rp 53 ribu) per paketnya, namun jika kamu membeli 10 paket maka harganya bisa menjadi 1.000 Baht (Rp 440 ribu).

  1. Tao Kae Noi

Tao Kae Noi yang dikenal dengan produk-produk rumput lautnya di Indonesia, didirikan di Thailand pada tahun 2004 dan sekarang telah memiliki banyak varian rasa dan olahan rumput laut. Di Thailand, selain rasa-rasa yang dijual di Indonesia, ada lebih banyak varian rasa tersedia dan juga harganya lebih murah. Kamu bisa berkunjung ke Tao Kae Noi Land untuk memborong banyak produknya, misalnya saja rasa rumput laut kriuk rasa tom yam pedas.

  1. Babi Kriuk

Meski namanya babi kriuk, makanan ini bukanlah keripik melainkan sejenis dendeng babi yang memiliki tekstur renyah. Makanan ini dijual dalam kemasan atau bisa juga langsung dimakan di sana. Babi kriuk ini bermerek Chainarong yang juga punya kios di beberapa tempat. Kamu bisa memakannya sendirian atau bersama nasi sebagai lauk.

  1. Dodol Durian Maelumyai

Sebagai salah satu pengekspor dan penghasil durian terbesar di dunia, Thailand juga memproduksi makanan olahan durian seperti dodol. Walau Indonesia juga punya dodol durian, namun milik Thailand punya rasa berbeda karena digadang menggunakan 100 persen buah durian asli. Dijual seharga 150 Baht (Rp 60 ribu) per kemasannya, makanan ini memiliki tekstur kenyal dengan ukuran yang besar dan juga aroma durian yang kuat. Boleh dicoba sendiri.

  1. Mangga Kering Siam Coco

Mangga juga merupakan salah satu buah yang kerap digunakan dalam banyak masakan Thailand. Kali ini ia dibuat sebagai cemilan dalam bentuk buah kering yang teksturnya masih tetap lembut namun masih tergolong seperti manisan buah. Ada dua varian rasa manisan mangga kering Siam Coco yakni yang berwarna kuning dilapisi dengan gula dan terasa sangat manis, juga yang berwarna oranye yang memiliki rasa asli.


  1. Buah Kering

Di banyak supermarket di Thailand kamu akan bisa menemukan beragam buah kering dalam kemasan yang berjejer di rak. Mulai dari yang biasa kita lihat di Indonesia seperti mangga hingga yang tergolong lebih unik seperti stroberi, kelapa, anggur, apel, hingga aprikot, kiwi, dan manggis. Namun tidak seperti mangga kering Siam Coco yang masih memiliki tekstur lembut, buah-buah kering dalam kemasan ini lebih bertekstur seperti keripik.

  1. Makanan Laut Kering

Banyak olahan makanan laut yang dikeringkan dan dikemas di Thailand. Biasanya mereka merupakan pengusaha kecil hingga menengah. Namun tentunya makanan ini tidak boleh dilewatkan karena varian olahannya beragam, mulai dari ikan teri hingga banyak makanan laut lainnya seperti ikan-ikan kecil. Namun tipsnya, sebaiknya sebelum membeli kamu mencobanya terlebih dulu.

  1. Keripik Kentang Lays

Lays adalah merek keripik kentang yang sudah mendunia, namun produk ini juga memasarkan keripiknya dengan rasa lokal yang sesuai dengan selera masyarakat setempat. Di Asia Tenggara, varian rasa Lays terbanyak mungkin ada di Thailand. Di sini kamu bisa menemukan Lays dengan rasa Sambal Thailand, Tom Yam, Miengkam Krobos (perpaduan rasa tom yam dan jeruk nipis), atau wasabi.

  1. Keripik Durian

Selain produk dodol, Thailand juga memproduksi keripik durian. Bagi yang tidak terlalu menggemari durian karena baunya yang kuat, mungkin keripik durian bisa menjadi pilihan. Keripik ini memiliki rasa dan bau durian namun dalam level yang lebih rendah. Kamu juga bisa membeli keripik durian ini sebagai oleh-oleh tanpa takut akan diinterogasi di bandara.

  1. Kerupuk Abon

Ada cemilan ala Thailand yang mungkin namanya terdengar familiar untuk orang Indonesia jika diucapkan secara terpisah, kerupuk dan abon. Namun saat digabungkan, makanan ini terdengar jadi lebih unik. Sebenarnya makanan ini sesimpel kedengarannya, kerupuk yang ditaburi dengan abon (babi atau ayam). Rasanya sangat renyah dan gurih dan biasanya dimakan sebagai teman minum bir (kamu juga bisa minum yang lain tentunya).

  1. Cumi-cumi Bento

Bento adalah merek dari produk cemilan cumi-cumi yang diolah kering dan berbentuk seperti stik tipis. Beberapa yang pernah memakannya merasa ketagihan dengan rasanya yang super pedas namun gurih. Tetapi ada juga yang membenci teksturnya yang agak alot, tapi jangan khawatir kamu tidak akan tersedak apalagi kehilangan gigi. Tekstur yang agak alot ini malah bisa jadi pengalaman makan yang seru.

  1. Kulit Ayam

Banyak cemilan di Thailand yang berbahan dasar kulit yang digoreng atau dipanggang hingga renyah, yang paling dikenal adalah kulit ayam. Makanan ini dikemas secara apik hingga kerenyahannya bisa bertahan lama. Selain kulit ayam ada juga varian produk yang menggunakan kulit ikan dan kulit salmon (yang di kemasannya ditulis 100 persen). Beberapa juga memiliki rasa berbeda seperti rasa wasabi.

  1. Bangkok Mini Cookie

Ada kue kering yang cukup unik di Thailand. Meski namanya terdengar biasa, mungkin kamu mengira hanya ukuran kue saja yang mini, tapi sebenarnya kue yang dibuat dengan gaya butter cookies ini memiliki rasa yang benar-benar khas Thailand seperti tom yam, kari kepiting, atau kari hijau. Jadi, bayangkan saja kue dengan rasa tersebut, unik pastinya.


  1. Biskuit Rasa Sushi

Sushi sudah menjadi bintang di mana-mana, Thailand juga sama. Banyak orang lokal yang menggemari sushi dan mungkin menginspirasi salah satu produsen biskuit untuk menyematkan rasa sushi salmon pada produknya. Banyak yang bilang rasanya tidak terlalu istimewa namun mungkin untuk pengalaman unik atau menghilangkan penasaran, kamu bisa mencobanya.

  1. Babi Jerky Rasa Ketumbar

Bila kamu bisa makan daging babi, maka cobalah jerky ala Thailand yang satu ini. Jerky adalah sejenis dendeng kering yang berasal dari Amerika. Olahan jerky babi Thailand ini memiliki rasa ketumbar yang membuat rasanya makin unik. Dijual dalam kemasan dengan harga 200 Baht per paket, kamu bisa menemukannya di beberapa kios di mall.

Demikian artikel megenai cemilan khas bangkok, semoga informasi yang ada pada artikel ini dapat bermanfaat.

, ,
Post Date: Monday 02nd, April 2018 / 06:30 Oleh :
Kategori : Thailand