Khao San Road Thailand , Kawasan Jalan Surga Backpacker Di Bangkok

Kao San RoadJika kamu pernah membaca buku “The Beach” karya Alex Garland, pasti tau Khao San Road. Buku tersebut juga diadaptasi menjadi film yang dibintangi oleh Leonardo Dicaprio.

Khao San Road diceritakan sebagai sebuah jalan yang menjadi surga bagi backpackers dari penjuru dunia seperti james bond island. Di destinasi wisata populer satu ini kamu dapat menemukan berbagai jenis wisatawan seperti backpacker hingga budget traveler. Di Khao San Road inilah tempat kamu dapat membeli pakaian murah, souvenir hingga berpesta semalaman.

Sejarah Khao San Road

Khao San Road dibangun pada tahun 1892 atas perintah dari Raja Rama V. Nama “Khao San” sendiri berarti penggilingan padi karena memang dulunya kawasan ini adalah tempat perdagangan padi. Biarpun selama 2 abad lamanya kawasan ini sepi, pada tahun 1980-an Khao San Road menjadi destinasi turis yang ingin menyewa kamar-kamar kosong dari warga yang tinggal di kawasan ini.

Keindahan Khao San Road

Khao San Road merupakan sebuah jalan yang berada di Distrik Phra Nakhon, Banglamphu. Awalnya, Khao San Road ditujukan sebagai tempat penginapan bagi orang-orang yang berbisnis di daerah tersebut. Namun seiring dengan berjalannya waktu, di kawasan Khao San Road muncul toko yang menjual souvenir dan aksesoris keagamaan.

Hal inilah yang menyebabkan Khao San Road disebut sebagai religious road atau jalan religi.  Di kawasan Khao San Road kamu juga dapat menemui hotel, restoran, bar hingga toko-toko yang menjual berbagai macam barang. Bahkan selama 20 terakhir ini, kawasan Khao San Road sudah dikenal menjadi kawasan yang memiliki fasilitas lengkap dengan harga murah. Oleh karena itulah, kawasan ini menjadi surga favorit backpacker jika berkunjung di Bangkok.

Khao San Road merupakan jalanan sepanjang 410 meter yang berbeda dari jalanan lain di Bangkok. Bedanya, di kawasan ini kamu dapat menemukan segala sesuatu yang umumnya dicari wisatawan, terutama backpacker dan budget traveler.

  1. Dari mulai penginapan kelas menengah,
  2. penginapan murah,
  3. tempat pijat,
  4. toko buku,
  5. restoran
  6. toko souvenir.

Bahkan di sini kamu dapat menemukan travel agen yang dapat membantu merencanakan perjalananmu selama berada di Bangkok. Menariknya, semua harga yang ditawarkan di kawasan ini murah alias sangat bersahabat dengan kantong.

Lokasi Khao San Road yang berada kurang lebih 1 kilometer dari wilayah kota tua Bangkok juga menjadi daya tarik tersendiri. Dari Khao San Road kamu pun dapat mengunjungi objek-objek wisata populer di Thailand. Diantaranya :


  1. The Grand Palace,
  2. Wat Pho thailand,
  3. Bangkok National Museum,
  4. Wat Phra Kaew,
  5. Wat Chana Songkram
  6. Democracy Monument.

Jika kamu mengunjungi Bangkok National Museum dan The Grand Palace cukup dengan berjalan kaki. Kawasan Khao San Road adalah kawasan paling ideal jika kamu mempunyai misi untuk menjelajahi kawasan kota tua Bangkok.

Hal terpenting lainnya, Khao San Road terkenal dengan kehidupan malam yang meriah. Di kawasan ini kamu dapat menemukan banyak bar dan klab malam yang pastinya membuat penggila pesta akan sangat bahagia. Sepanjang jalan Khao San Road pada malam hari juga dipenuhi dengan pedagang yang membuka kios-kios makanan. Di kawasan ini kamu dapat menemukan penjual makanan tradisional Thailand hingga cemilan unik seperti serangga goreng. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan kelaparan pada malam hari jika berada di kawasan Khao San Road.

Semakin malam, kawasan Khao San Road akan semakin meriah dan menggila karena dipenuhi dengan orang-orang yang berpesta. Kamu  dapat mengikuti hingar bingar kemeriahan Khao San Road hingga jam 2 dini hari saat klab malam mulai tutup. Namun kemeriahan pestanya tidak berhenti sampai jam 2 dini hari, karena masih berlanjut di jalanan. Kamu pun dapat bertemu dan berkenalan dengan banyak orang baru dari berbagai latar belakang. Dari pendeta, biksu hingga ladyboy semuanya dapat kamu temukan pada malam hingga pagi hari di kawasan Khao San Road ini. 

Pemandangan Khao San Road memang sangat berbeda pada siang dan malam hari. Jika di malam hari dipenuhi dengan lampu-lampu neon, maka di siang hari suasananya relatif tenang. Pada siang hari kamu dapat menyusuri dan menjelajah kawasan Khao San Road dengan lebih tenang dan leluasa. Kawasan ini juga menyediakan banyak toko yang menjual berbagai macam souvenir dan pakaian yang cocok dijadikan oleh-oleh.  Harga-harga yang ditawarkan pun cenderung murah meriah jadi sangat pas untuk kamu yang ingin membeli oleh-oleh dalam jumlah sangat banyak.

Bagi kamu yang ingin mempunyai tato sebagai kenang-kenangan pernah di Bangkok, bisa mendapatkannnya di Khao San Road ini. Di kawasan ini memang banyak seniman tato yang bertebaran di sepanjang jalan. Ada tato  permanen dan tato temporer yang dapat kamu pilih sesuai keinginan. Jika kamu lelah menjelajah Khao San Road, dapat mencoba pijat tradisional khas Thailand yang hanya memakan waktu 1-2 jam saja.

Di dekat kawasan Khao San Road terdapat jalan yang disebut Soi Rambuttri dimana atmosfirnya sangat kontras dengan Khao San Road. Jalanan Soi Rambuttri sangat cocok bagi kamu yang ingin kabur dari hiruk pikuk serta keramaian Khao San Road. Di jalan inilah kamu dapat menjumpai suasana Bangkok sebelum masuk dalam era modern. Selain Soi Rambuttri, kamu pun dapat mengunjungi jalan Phra Athit yang dapat ditempuh sekitar 5 menit dengan berjalan kaki. Di jalan ini kamu dapat menemukan banyak bangunan kuno dengan suasana yang menyenangkan. Kamu pun dapat mengunjungi restoran, bar, kafe dengan live music yang keren di jalan Phra Athit ini.

Jam Buka Khao San Road

  • Khao San Road buka setiap hari selama 24 jam.

Harga Tiket Masuk Khao San Road

  • Untuk menikmati segala fasilitas yang ada di Khao San Road tidak dikenakan biaya masuk alias gratis.

Akses Menuju Khao San Road

Bus Dan Taksi

  1. Kawasan Khao San Road sangat mudah diakses dengan transportasi seperti bus dan taksi.
  2. Jika kamu menggunakan bus, maka pilihlah bus nomor 2,15, 44, 47, 59, 60, 70, 79, 157, 171, 183, 201, 509 atau 511.
  3. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki selama 5 menit hingga menuju kawasan Khao San Road.

Perahu

  1. Selain itu, kamu pun dapat menggunakan perahu yang berhenti di Dermaga Phra Arthit untuk menuju Khao San Road.
  2. Alternatif lainnya dapat kamu tempuh menggunakan Chao Phraya Express Boat yang berhenti di dermaga Phra Arthit.
  3. Dari dermaga ini kamu pun cukup berjalan kaki beberapa menit hingga sampai di kawasan Khao San Road. 

Tips Berkunjung di Khao San Road

  1. Waspadalah terhadap penipuan tiket bus malam murah di Khao San Road. Banyak turis melaporkan kehilangan barang bawaan saat mereka menggunakan bus malam.
  2. Kamu juga perlu berhati-hati pada peramal jalanan yang katanya dapat meramal masa depan tanpa biaya. Biasanya mereka malah meminta donasi.
  3. Berhati-hatilah terhadap segala minuman yang kamu beli di kawasan Khao San Road. Ada rumor beredar bahwa minuman di Khao San Road diberi obat yang membuat turis kehilangan kesadaran dan barang-barang berharga.
  4. Waspada juga dengan terorisme karena Khao San Road merupakan kawasan bebas yang dikunjungi wisata asing dari berbagai negara.

Jika berlibur di Bangkok, jangan lewatkan tempat wisata di bangkok dan tempat wisata di thailand untuk mengunjungi surganya backpacker di Khao San Road. Di kawasan jalan ini kamu dapat membeli apa saja yang berhubungan dengan perjalanan wisata di Bangkok. Menikmati kuliner malam, penginapan murah hingga terjangkau, mencari travel agent hingga berpesta sampai pagi hari. Tidak hanya itu, kehidupan malam Khao San Road sudah sangat terkenal ramai dan meriah yang wajib kamu kunjungi.

, , ,
Post Date: Friday 23rd, March 2018 / 04:25 Oleh :
Kategori : Thailand