Singapore Zoo, Kebun Binatang Terfavorit Di Singapura

Singapore Zoo1Singapore Zoo – Liburan panjang merupakan waktu yang selalu di nanti-nanti baik para pekerja ataupun para pelajar di seluruh dunia. Banyak pilihan liburan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu liburan. Waktu luang pada saat berlibur sangat tepat untuk melakukan quality time bersama keluarga.

Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan untuk mendekatkan emosi bersama keluarga adalah mengunjungi Kebun Binatang. Selain bersenang-senang dengan melihat hewan yang lucu-lucu, Kebun Binatang bisa memberikan edukasi kepada pengunjung. Mulai dari informasi tentang klasifikasi hewan-hewan yang ada hingga cara melestarikan lingkungan.

Kebun binatang terbaik yang sangat terkenal adalah Taronga Zoo, kebun binatang yang ada di Seoul Central Park serta Singapore Zoo. Meskipun Singapura adalah negara yang kecil, tapi mereka memiliki salah satu Kebun Binatang terbaik di dunia yang sangat luas.

Keindahan Singapura Zoo

Singapore Zoo2Salah satu pusat atraksi wisata terbaik Singapura adalah Kebun Binatang ini. Hal ini dibuktikan dengan jumlah pengunjung tahunan Singapore Zoo yang terletak di Jalan Mandai Lake ini bisa mencapai lebih dari 1,6 Juta. Kebun binatang yang lumayan luas ini sudah berusia sekitar 42 tahun.

Pemerintah Singapura memang selalu melakukan yang terbaik di bidang pembangunan. Hal ini juga diterapkan pada Singapore Zoo yang di desain modern dan senantiasa terawat dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan penghuni yang berjumlah lebih dari 300 spesies ini menunjukkan bahwa mereka di rawat dengan baik.

Di Singapore Zoo kita bisa melihat beruang kutub yang merupakan binatang khas wilayah kutub yang terkenal sangat dingin. Selain beruang kutub, pengunjung bisa melihat wolverine, Hamdryas Baboon dan juga giant tortoise. 

Salah satu binatang yang sangat lucu di Singapore Zoo adalah Hamdryas Baboon. Pengunjung bisa melihat bulatan besar berwarna merah di bagian pantatnya. Baboon ini bertingkah sangat aktif yang jumlahnya mencapai ratusan ini juga sering bertengkar. Mereka disatukan dalam sebuah kandang yang sangat besar sehingga sangat lucu jika mereka mulai berkelahi.

Selain bisa melihat binatang yang ada di dalam kandang, pengunjung juga bisa menonton pertunjukan di tempat ini. Aneka pertunjukan yang ada di Singapore Zoo antara lain adalah Rainforest Fight Back, Elephants at Work and Play, Splash Safari hingga Animal Friends Show. Pertunjukan-pertunjukan ini selalu dilaksanakan sebanyak 2 kali setiap harinya.

Para pengunjung Singapore Zoo bisa menikmati pertunjukan-pertunjukan selama 15 hingga 20 menit setiap pertunjukannya. Setiap pertunjukan diadakan di tempat yang berbeda-beda. Sehingga pengunjung perlu gesit naik Tram jika tak ingin melewatkan setiap pertunjukan. Setiap tempat pertunjukan memiliki batas maksimal penonton agar bisa memberikan pertunjukan yang menyenangkan dan nyaman. Sehingga jika kapasitas penonton sudah terpenuhi, tempat pertunjukan akan di tutup.


Setiap pertunjukan akan di pandu oleh MC dengan sangat menyenangkan dan interaktif dengan para penonton. Pengunjung bisa langsung berinteraksi dengan binatang-binatang yang dilibatkan dalam pertunjukan.Siapkan waktu sekitar 5 jam untuk mengeksplorasikan Singapore Zoo secara maksimal. Pengunjung bisa menjelajahi setiap sudut kebun binatang yang sangat menyenangkan ini.

Fasilitas Singapore Zoo

1. Walking Trail

Ketika memasuki kawasan Singapore Zoo, pengunjung akan menemukan jalur untuk berjalan kaki. Jalur ini di desain untuk pengunjung segala umur. Pengunjung bisa melihat semua koleksi Singapore Zoo dengan mengikuti jalur jalan kaki yang ada.

Agar bisa menikmati kunjungan dengan nyaman, pengunjung disarankan untuk menggunakan sepatu yang nyaman untuk berjalan seperti sepatu Kets atau flat shoes. Hal ini dikarenakan letak spot binatang satu dengan lainnya cukup berjauhan. Sehingga jika tidak menggunakan sepatu yang nyaman kemungkinan akan menciderai kaki.

2. Tram

Jika pengunjung merasa lelah berjalan kaki, pengunjung juga bisa menggunakan tram. Tram merupakan transportasi khusus yang ada di dalam Singapore Zoo. Tram akan membawa pengunjung dari spot satu ke spot lainnya yang ada di kebun binatang. Akan tetapi tram hanya melintas di rute utama saja.

Jika menikmati Singapore Zoo dengan maksimal, tidak akan terpenuhi jika hanya menggunakan Tram. Para wisatawan bisa mengeksplorasi Singapore Zoo dengan memadukan perjalanan dengan menggunakan tram dan berjalan kaki. Hal ini memungkinkan pengunjung mencapai spot binatang yang tidak berada di Jalur Utama.

Jangan khawatir anda akan kelelahan berjalan jika memilih turun dari tram. Karena tram beroperasi dengan memindahkan pengunjung dari spot satu ke spot lainnya. Jadi pengunjung bisa kembali menggunakan tram setelah mengeksplorasi satu spot. Cukup dengan menunjukkan tiket tram kepada pengemudi tram.

3. Refill Air Minum

Seperti mayoritas tempat lainnya di Singapura, pengunjung juga bisa menemukan water refill di Singapore Zoo. Pengunjung tidak perlu khawatir untuk membeli air minum yang cukup mahal di Singapura.

Akan tetapi pengunjung perlu membawa botol minum, karena di tempat water refill tidak menyediakan gelas ataupun tempat minum lainnya. Hal ini dikarenakan Negara Singapura sangat memperhatikan kebersihan lingkunga.

Waktu Operasional Singapore Zoo

  1. Bagi para pengunjung yang berencana mengunjungi Singapore Zoo bisa mengunjungi tempat ini setiap hari.
  2. Pengunjung bisa memulai penjelahanan Singapore Zoo sejak jam setengah sembilan pagi hingga jam 6 sore.
  3. Waktu yang cukup panjang untuk menikmati suasana khas di kebun binatang.

Harga Tiket Singapore Zoo

Seperti kebanyakan destinasi wisata lainnya, harga tiket di Singapore Zoo dibedakan berdasarkan usia sebagai berikut

Tiket Masuk

  • Untuk pengunjung dewasa yang berumur di atas 12 tahun harga tiket adalah 330.000,- IDR
  • Untuk anak-anak dengan rentang usia 3 hingga 12 tahun harga tiket masuk adalah 220.000,- IDR
  • Sedangkan bayi hingga 2 tahun bisa masuk Singapore Zoo dengan gratis

Selain tiket masuk, jika pengunjung ingin menggunakan tram juga perlu membeli tiket dengan harga terjangkau.

Tiket Tram

  • Tiket tram untuk pengunjung dewasa di atas 12 tahun adalah 5.000,- IDR\

  • Tiket tram untuk anak-anak usia 3 tahun hingga 12 tahun adalah 3.000,- IDR
  • Bayi hingga usia 2 tahun gratis.

Pengunjung bisa mendapatkan tiket di konter yang ada di gerbang masuk Singapore Zoo. Ada banyak penginapan yang menawarkan harga tiket masuk Singapore Zoo langsung dengan transportasi menuju kesana dengan harga lebih murah.

Hal ini dikarenakan mereka sudah memiliki kerjasama dalam bidang pariwisata. Akan tetapi pengunjung bisa memastikan apakah tiket lebih murah dengan memeriksa harga tiket di website resmi Singapore Zoo.

Akses Menuju Singapore Zoo

Pengunjung bisa menggukan MRT dengan jalur North South bisa berhenti di beberapa stasiun sebagai berikut

  • Berhenti di Ang Mo Kio (NS 16) dan dilanjutkan dengan menggunakan bus nomor 138 menuju Singapore Zoo
  • Berhenti di Choa Chu Kang (NS4) dan melanjutkan perjalanan menuju Singapore Zoo dengan bus nomor 927.
  • Pada hari minggu dan hari liburnya pengunjung bisa berhenti di stasiun Marsailing (NS8) dan stasiun Woodlands (NS9) dan melanjutkan perjalanan dengang menggunakan bus nomor 926 ke Singapore Zoo.

Jika anda berencana melancong ke Singapura jangan lewatkan Museum peranakantips ke Singapura pertama kalitempat belanja murah di SingapuraMarina Bay Sand, Garden by the bay dan wisata kuliner singapura.

, , , ,
Post Date: Saturday 10th, March 2018 / 03:28 Oleh :
Kategori : Singapura