Tips Lengkap Liburan Ke Malaysia Yang Wajib Diketahui

Malaysia adalah salah satu tujuan wisata luar negeri favorit bagi wisatawan pemula asal Indonesia. Selain karena letaknya yang bertetanggaan dengan negara kita – sehingga mendapatkan panggilan “Negeri Jiran” – pengeluaran yang dibutuhkan selama disana tidak begitu besar, kurs mata uang yang rendah, serta karakteristik masyarakat sana yang mirip dengan Indonesia serta kemudahan akses dan transportasi menuju sana menjadikan Malaysia tujuan liburan yang sangat cocok buat mereka yang belum pernah keluar negeri.

Kemanakah aku harus pergi disana? Apa saja yang harus dipersiapkan? Tenang dulu, sebelum kamu booking tiket kesana, ada baiknya kamu baca dulu artikel ini sampai habis. Inilah aneka tips lengkap liburan ke Malaysia!

Perkenalan

Tips Lengkap Liburan ke MalaysiaMalaysia adalah negara di Asia Tenggara yang beribukota Kuala Lumpur serta memiliki sistem pemerintahan Monarki Parlementer. Pemerintahan Malaysia diketuai oleh Perdana Menteri sementara jabatan kepala bagian negara/negara dipegangi oleh Sultan. Malaysia memiliki 13 negeri dan wilayahnya terbagi menjadi dua, yaitu di Semenanjung Malaya serta di bagian utara pulau Borneo (Sabah dan Sarawak). Mata uang Malaysia adalah Ringgit Malaysia (MYR/RM), memiliki kode telepon +60, internet TLD “.my”, serta time zone GMT+8 yang sama dengan Waktu Indonesia Tengah (WITA).

Malaysia memiliki jumlah penduduk 31.19 juta jiwa (sensus 2016) dan demografis Malaysia terdiri dari ras Melayu, China, India, serta suku-suku lain seperti Dayak, termasuk Bidayuh, Iban dan Kadazan. Oleh karena itu, bahasa-bahasa yang digunakan di Malaysia adalah Bahasa Malaysia sebagai bahasa resmi, Bahasa China (Hokkien, Mandarin, Cantonese, etc), Bahasa Tamil (India) serta Bahasa Inggris. Jadi kalau kamu masih ragu-ragu berbicara dengan Bahasa Melayu, cukup berbicara dengan orang sana menggunakan Bahasa Inggris karena notabene sebagian besar orang disana fasih bahasa tersebut.

Iklim

Seperti Indonesia, iklim Malaysia juga tropis. Cuaca sehari-hari bervariasi antara 26⁰-32⁰c, dan ini pastinya lebih panas dibandingkan Indonesia, khususnya pulau Jawa. Sementara itu, musim hujan di Malaysia ada dua jenis, yang terbagi menjadi musim hujan barat daya (Oktober-Maret) dan musim hujan timur laut (April-September).

Mengenai pakaian, tidak perlu persiapan ekstra karena membawa pakaian yang kamu biasa pakai di Indonesia juga sudah cukup.

Akses

  • Malaysia dapat diakses dengan 3 moda transportasi, pertama dengan penerbangan dari beberapa kota di Indonesia,
  • kedua melalui kapal feri dari berbagai kota di Sumatera seperti Medan dan Batam, dan ketiga melalui jalur darat yang hanya bisa melewati pos perbatasan Entikong, Kalimantan Barat.
  • Dengan penerbangan, Malaysia dapat dijangkau dari sebagian besar dari kota-kota utama di Indonesia Barat dan Indonesia Tengah.
  • Sebagian besar memang mendarat di Kuala Lumpur, tetapi beberapa kota lain di Indonesia juga memiliki layanan penerbangan ke kota-kota sekunder di Malaysia seperti antara Medan dengan Penang, atau Pontianak dengan Kuching.
  • Beberapa maskapai yang aktif menyediakan penerbangan diantara kedua negara ini adalah Garuda Indonesia, AirAsia, Malaysia Airlines serta Lion Air Group dengan harga kompetitif.
  • Soal visa, karena Malaysia juga adalah negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia memberlakukan kebijakan masuk bebas visa untuk 150+ negara termasuk Indonesia. Pemegang paspor Indonesia tidak perlu visa untuk lama kunjungan maksimal 30 hari.

Mata Uang

Mata uang Malaysia adalah Ringgit Malaysia (RM/MYR). Kurs Ringgit Malaysia kepada Rupiah Indonesia per 5 Maret 2018 adalah MYR 1 = IDR 3515. Pecahan RM tersedia dalam nominal berikut:

  • Sen (uang koin logam) (5 sen, 10 sen, 20 sen, 50 sen)
  • Tunai (RM1, RM5, RM10, RM20, RM50, RM100)

Kamu bisa menukar Rupiah menjadi Ringgit di outlet-outlet money changer terpercaya disana, tetapi kamu juga tetap harus perhatikan juga money changer mana yang memberikan nilai tukar terbaik.

Landmark yang Wajib Dikunjungi

1.) Petronas Twin Towers

Tips Lengkap Liburan ke MalaysiaPetronas Twin Towers atau Menara Petronas adalah simbol negara Malaysia yang sekaligus melambangkan kemajuan pesat yang dialami Negeri Jiran selama decade 80an-90an. Menara Petronas atau juga Kuala Lumpur City Centre (KLCC) terletak di pusat kota Kuala Lumpur, memiliki ketinggian 451.9m dan milik Petronas, perusahaan minyak nasional Malaysia.

Selesai dibangun pada tahun 1998, bangunan ini memiliki rekor bangunan tertinggi di dunia periode 1998-2004. Dari atas gedung kembar ini serta Skybridge yang menghubungi kedua gedung, kamu bisa menikmati pemandangan 360⁰ kota Kuala Lumpur dan sekitarnya. Kalau kamu takut ketinggian, kamu juga bisa shopping di Suria KLCC mall yang ada dibawahnya, melihat ikan-ikan di Aquaria KLCC, bersantai ria di taman KLCC atau menambah wawasan di museum teknologi Petrosains. KLCC dapat dicapai dengan mudah dari stasiun LRT KLCC.

2.) KL Tower

Tips Lengkap Liburan ke MalaysiaKL Tower alias Menara Kuala Lumpur adalah opsi lain kalau kamu mau menikmati pemandangan 360⁰ Kuala Lumpur dari ketinggian. Menara ini memiliki tinggi 276m, dan diluncurkan pada tahun 1994. Kamu bisa menikmati pemandangan kota dari Observation Deck yang seluruhnya merupakan ruang kaca, atau Sky Deck yang merupakan balkon terbuka setinggi 421m.

Selain itu, kamu juga bisa trekking di KL Forest Eco Park dibawahnya yang mengusung konsep hutan dalam kota, atau makan di revolving restaurant yang juga berada diatasnya.

3.) Batu Caves

Batu Caves terletak di utara KL, persisnya di daerah Gombak, dan merupakan kuil yang didedikasikan untuk Dewa Murugan. Daya tarik utama Batu Caves terletak di patung emas Dewa Murugan setinggi 140 kaki serta gua tempat sembahyang umat Hindu yang mengharuskan kita menanjak 272 anak tangga untuk mencapai kedalamnya.

Puncak keramaian Batu Caves adalah ketika festival Thaipusam, yaitu festival terbesar masyarakat Tamil India yang dirayakan sekitar bulan Januari-Februari. Hati-hati dengan barang bawaan kamu karena terdapat monyet-monyet yang berkeliaran bebas disana. Kamu dapat mengakses Batu Caves dengan kereta KTM Komuter dan turun di stasiun Batu Caves.

4.) Genting Highlands

Tips Lengkap Liburan ke MalaysiaGenting Highlands terletak di Bentong, negeri Pahang yang dapat ditempuh kurang dari 1 jam dari Kuala Lumpur. Genting Highlands adalah resor perbukitan yang memiliki fasilitas-fasilitas lengkap lagi mewah seperti casino, taman bermain Genting, atau hotel-hotel bintang lima seperti

  • First World Hotel,
  • Genting Grand Hotel atau
  • Maxims Hotel.

Disini kamu juga bisa sekalian menikmati pemandangan dari ketinggian melalui kereta gantung Genting Skyway.

5.) Malacca

Tips Lengkap Liburan ke MalaysiaMalacca adalah ibukota negeri Melaka dan merupakan salah satu kota tertua di sejarah Selat Melaka. Dulu merupakan kota dagang yang makmur, kini terkenal akan situs-situs sejarahnya. Kontras dengan sebagian besar wilayah Malaysia yang dulunya merupakan wilayah kekuasaan Inggris, Melaka justru merupakan bekas koloni Portugal dan Belanda yang dipancarkan secara jelas melalui budaya dan peninggalannya.

Beberapa tempat wisata yang menarik di Melaka diantaranya adalah Alun-alun Stadhuis, Christ Church, pecinan Jonker Walk, replica kapal Flor de la Mar, dan juga reruntuhan benteng A Famosa.

6.) Jalan Bukit Bintang

Bukit Bintang adalah kawasan perbelanjaan premiumnya Kuala Lumpur, dan dapat dikaitkan dengan Orchard Road Singapore. Di jalan ini berjejer hotel-hotel mewah, toko-toko barang bermerk, pusat perbelanjaan modern serta restoran dan bar yang diperuntukkan untuk turis. Kamu bisa berbelanja di Pavilion KL, salah satu mal terbesar Malaysia, Sungei Wang Plaza, pusat perbelanjaan yang ditujukan untuk anak muda, atau di Lot 10.

Barang-barang yang ditawarkan mall-mall disini juga hampir sama dengan di Orchard Road, namun pastinya dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Kalau kamu tidak ingin berbelanja, kamu juga bisa menyusuri Jalan Bukit Bintang yang amat metropolitan dan hidup, apalagi pas malam hari. Jalan Bukit Bintang dapat dicapai menggunakan KL Monorail stasiun Bukit Bintang atau MRT SBK Line yang nama stasiunnya juga sama dengan Monorail.

7.) Petaling Street

Petaling Street adalah kawasan pecinan Kuala Lumpur, yang letaknya tak jauh dari Jalan Tun H.S. Lee. Jalan ini penuh dengan hotel dan losmen murah yang melayani para backpacker, serta lapak-lapak yang menjual barang-barang tiruan. Petaling Street akan menjadi semakin meriah malam-malam karena disitulah sebuah pasar malam besar diadakan setiap hari, dengan jumlah lapak dagangan serta makanan yang berlipat ganda dan memenuhi setiap sudut jalanan.

Tak jauh dari situ juga terdapat Pasar Seni atau Central Market, yang merupakan pusat kerajinan tangan dan oleh-oleh dari Malaysia sehingga sangat cocok untuk dijadikan souvenir. Kedua tempat itu dapat dicapai dengan mudah dari Stasiun LRT Pasar Seni.

Kegiatan-kegiatan Seru Lainnya

1.) Wisata Kuliner

Tips Lengkap Liburan ke MalaysiaMalaysia terkenal akan street foodnya yang luar biasa lezat dan harganya terjangkau. Bahkan, banyak wisatawan yang datang ke Malaysia khusus untuk makan-makan. Pusat kuliner Malaysia berada di Pulau Pinang yang terletak 320km di sebelah utara Kuala Lumpur, akan tetapi street food Malaysia sudah banyak tersedia diseluruh negeri, khususnya di tempat makan favorit di Kuala Lumpur.

Beberapa signature dish khas Malaysia diantaranya adalah Nasi Lemak, Laksa dan Sate. Keanekaragaman budaya yang dimiliki Malaysia juga turut menyumbangkan lebih banyak variasi kuliner, yang direfleksikan dengan kehadirannya Char Kwetiau, Curry Mie, serta Hainan Chicken Rice yang mewakili budaya China serta Nasi Kandar, Roti Canai dan Teh Tarik yang merepresentasikan budaya India. Kalau kamu ingin berkuliner ria di Penang, kamu juga sekalian menjajal 15 tempat wisata di kota Penang yang seru ini.

Malaysia juga terkenal akan budaya “kopitiam” yang mirip dengan warung kopi. Biasanya kopitiam disinggahi untuk sarapan, bersantai, nongkrong dengan teman atau keluarga atau bahkan untuk sekedar menghabiskan waktu. Menu-menu khas kopitiam yang terkenal diantaranya adalah roti bakar dan white coffee yang kental.

2.) Legoland Malaysia

Legoland Malaysia adalah taman bermain franchise Legoland pertama di Malaysia sekaligus di Asia. Legoland dimiliki oleh Lego, sehingga setiap sudut taman bermain ini pun kental dengan atribut-atribut Lego yang sangat disukai anak-anak. Legoland Malaysia terletak di Iskandar Puteri, Johor yang aksesnya sendiri sebenarnya lebih dekat ke Singapura. Selain taman bermain, di Legoland Malaysia juga terdapat water park dan juga Legoland Hotel.

Akomodasi

  • Terdapat banyak pilihan akomodasi di Malaysia yang bisa disesuaikan dengan budget kamu, mulai dari guesthouse, budget hotel, hotel berbintang sampai resor.
  • Harga per malamnya pun bervariasi, mulai dari RM40 untuk guesthouse serta hostel, RM100 untuk budget hotel, RM120 untuk hotel berbintang hingga RM270 untuk resor.
  • Kalau kamu ingin ke Malaysia di saat musim liburan, sebaiknya kamu booking kamar secara online karena permintaan pasti tinggi sekaligus mendapatkan harga terbaik.

Transportasi

Malaysia memiliki sistem transportasi yang cukup memadai dan terintegrasi ke seluruh penjuru negara, yang bahkan masih lebih baik daripada di Indonesia sendiri.


  1. Bandara utama Malaysia adalah Kuala Lumpur International Airport (KLIA) dan terdiri dari dua terminal; KLIA dan KLIA 2. KLIA 2 khusus diperuntukkan penerbangan berbiaya rendah.
  2. Jarak antara KLIA ke pusat kota Kuala Lumpur cukup jauh, oleh karena itu bila kamu perginya sendirian atau dengan rombongan kecil lebih hemat menggunakan kereta bandara KLIA Express atau bus bandara.
  3. Lama perjalanan antara KLIA dengan stasiun KL Sentral dengan KLIA Express menghabiskan waktu sekitar 30 menit, sedangkan dengan bus bandara sekitar 45 menit.
  4. Di Kuala Lumpur terdapat aneka moda transportasi, mulai dari LRT, MRT, kereta KTM Commuter, Monorail, bus kota hingga taksi.
  5. Sistem LRT, MRT serta bus kota berada di bawah naungan RapidKL, jadi kalau kamu mau keliling kota menjadi mudah berkat terintegrasinya tiga transportasi umum tadi.
  6. Khusus untuk taksi, sebaiknya kamu tidak berpergian menggunakan taksi karena rata-rata reputasinya yang kurang baik, yang disebabkan oleh supir yang menolak menggunakan argo, supir yang menolak mengantar penumpang ke tempat-tempat tersebut, dan juga armada yang sudah sangat usang dibandingkan dengan kota-kota besar ASEAN lainnya.
  7. Kalau kamu mau praktis, kamu juga bisa menggunakan bus turis KL Hop On Hop Off yang berhenti di tempat-tempat wisata.
  8. Kalau kamu ingin menjelajahi negeri lain di Malaysia, bisa pergi menggunakan bus antar kota atau kereta ekspres KTM ETS (Electric Train Service).
  9. Perjalanan menggunakan bus pun tidak begitu lama umumnya karena jarak antar kota di Malaysia yang lebih dekat serta rata-rata kota besar sudah terhubung oleh jalan tol.
  10. Namun perlu dicatat karena moda transportasi utama warga Malaysia adalah mobil pribadi, mendapatkan transportasi umum di kota-kota lain Malaysia sedikit sulit.

Itulah beberapa tips lengkap liburan ke malaysia yang bakal berguna sebelum kamu pergi jalan-jalan ke Malaysia. Selamat berlibur!

, , ,
Post Date: Thursday 08th, March 2018 / 04:14 Oleh :
Kategori : Malaysia