Wisata Menara Petronas: Sejarah, Waktu Buka Dan Harga Tiket

petronas twin towerMenara Petronas Malaysia – Bagi para pelancong yang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri tanpa merasakan Culture Shock, maka Malaysia adalah jawabannya. Selain bahasa yang digunakan adalah bahasa melayu yang akan mudah di fahami karena sangat mirip dengan bahasa Nasional Indonesia.

Biaya hidup di Malaysia juga tidak terlalu besar seperti di Singapura. Hal ini menyebabkan kita tidak merasakan perbedaan yang signifikan masalah budaya.

Keindahan dan Sejarah Menara Petronas

Ingat Malaysia pasti ingat menara kembar Petronas. Menara Petronas merupakan landmark dari Negeri Jiran tersebut. Menara yang terletak di Suria Kuala Lumpur City Centre (KLCC) ini pernah menjadi Menara tertinggi di dunia selama 6 tahun, yaitu selama rentang tahun 1998 hingga tahun 2004. Menara ini di bangun selama 2 tahun, yaitu pada tahun 1993 hingga tahun 1994. Menara Petronas diresmikan pada tahun 1999. Butuh waktu 5  tahun untuk mengurus perizinan dan administrasi gedung raksasa ini.

Tinggi menara ini hingga ke puncak adalah 451,9 meter. Total lantai gedung ini dari lantai bawah tanah adalah 93 lantai. Ketika pengunjung tiba di wilayah Kuala Lumpur City Center pengunjung akan menemui keramaian yang sangat luar biasa. Hal ini dikarenakan tidak hanya turis asing yang bertujuan untuk berwisata yang datang ke lokasi ini. Namun ada juga pekerja yang bekerja di wilayah perkantoran Menara Petronas, masyarakat Kuala Lumpur yang berbelanja.

Menara Petronas merupakan pusat perkantoran yang juga memiliki pusat perbelanjaan yang ada di pusat Kota Kuala Lumpur dan salah satu tempat wisata di malaysia dan tempat wisata di kuala lumpur. Jika pengunjung ingin menikmati keindahan maksimal yang disajikan di KLCC, ada baiknya pengunjung pergi ke tempat ini sore hari sekitar jam 4. Hal ini diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin menikmati Kuala Lumpur dari puncak Menara Petronas serta menikmati pertunjukan air mancul pada malam hari.

Jika pengunjung datang pada siang hari, pengunjung bisa naik ke Puncak Menara Petronas ataupun menghabiskan waktu untuk melihat-lihat serta berbelanja di Kawasan perbelanjaan yang ada di sana. Pada malam hari, pengunjung akan disuguhkan dengan pertunjukan air mancur yang di hiasi kerlipan lampu warna-warni dari bawah air serta alunan musik yang indah sangat sayang untuk dilewatkan.

Menara PetronasDi taman yang luas itu pengunjung bisa duduk nyaman di atas lantai atau mencari tempat duduk yang ada taman yang di lapisi dengan rerumputan yang ada di depan Menara Petronas. Jika pengunjung ingin menikmati keindahan tersebut pada malam hari silahkan naik ke Sky Bridge yang menghubungkan ke dua menara kembar ini, atau jika ingin sekalian melihat di tempat tertinggi Malaysia silahkan nikmati suguhan keindahan pertunjukan air dari puncak Menara.

Selain keindahan itu, pengunjung bisa berbelanja ataupun makan di kawasan KLCC ini. Karena selain pusat perbelanjaan juga tersedia food court di tempat ini. Jangan sampai kebingungan jika masih asyik menghabiskan waktu di tempat ini namun perut sudah keroncongan. Karena tempat makan sangat mudah di temui di Kawasan Menara Petronas ini.

Waktu Buka Menara Petronas

Berikut adalah waktu yang perlu pengunjung perhatikan untuk bisa naik ke Menara Petronas.

  • Menara kembar ini beroperasi setiap hari Selasa hingga Minggu.
  • Setiap hari senin Menara ini tutup.
  • Jam buka untuk kunjungan adalah dari jam 09.00 – 21.00 setiap harinya.
  • Terkhusus pada hari jum’at, pada saat solat jum’at Menara tutup hingga pukul 14.30.
  • Selain itu, setiap hari raya umat islam Menara Petronas juga libur yaitu pada hari raya Idul Adha dan Hari raya Idul Fitri.

Setelah memperhatikan waktu-waktu di atas, maka pengunjung tidak akan kecewa jika ingin naik hingga ke Puncak Menara karena sudah tahu kapan jam operasional dari Menara ini.

Harga Tiket Menara Petronas

Untuk bisa naik ke atas Menara Petronas, pengunjung dikategorikan berdasarkan usia. Berikut adalah harga tiket untuk menikmati keindahan Kota Kuala Lumpur dari puncak Petronas.


  • Untuk dewasa mulai dari usia 12 tahun harga tiket masuk adalah 85 MYR atau sekitar 255.000,- IDR
  • Untuk anak-anak yang berusia kurang dari 12 tahun, maka harga tiket masuk ke puncak Menara Petronas adalah 35 MYR atau setara dengan 105.000,- IDR
  • Sedangkan jika pengunjung membawa balita yang usianya 3 tahun ke bawah maka anak tersebut gratis untuk mengakses Menara Petronas.

Jika pengunjung membawa anak, jangan sampai memalsukan identitas ya, karena tetap akan dilakukan verifikasi usia. Meskipun telah melakukan reservasi tiket online, pengunjung tetap harus mencetak tiket tersebut. Pengunjung tidak perlu antri untuk membeli tiket, akan ada petugas yang akan mengarahkan pengunjung ke mesin untuk mencetak tiket online yang sudah di beli.

Saat melakukan pemesanan tiket online ada pilihan waktu kita untuk naik ke Menara. Waktu yang tersedia selalu berbeda 15 menit dan ada batasan waktu kita untuk melihat-lihat di atas tower yaitu hanya 1 jam. Ketika waktu habis, akan ada lift yang akan membawa pengunjung turun. Waktu yang tersedia paling awal adalah jam 09.00, lalu 09.15 dan begitu seterusnya hingga yang paling akhir adalah pada pukul 8.15.

Akses Menuju Menara Petronas

Ada banyak kendaraan murah yang bisa digunakan untuk bisa tiba di KLL dan menikmati keindahan Menara Petronas. Berikut adalah beberapa kendaraan yang bisa digunakan.

  • Pengunjung bisa menggunakan Bus Go -KL. Bus ini merupakan Bus gratis yang disediakan pemerintah Malaysia bagi para masyarakat Malaysia dan juga para turis asing. Meskipun gratis, bus ini sangat nyaman untuk digunakan, bus yang bersih dan juga ada fasilitas AC. Bus gratis ini berkeliling di seluruh Kuala Lumpur dan melewati beberapa destinasi yang ada di Kuala Lumpur. Akan ada pemberitahuan tempat pemberhentian, pengunjung bisa turun di Halte KLCC.

  • Selain Bus gratis, di Malaysia juga terdapat bus reguler berbayar. Namun harganya sangat terjangkau yaitu 1 MYR atau setara dengan 3.ooo,- IDR saja per perjalanan. Tarif ini sama dengan Bus Way yang ada di Jakarta. Meski murah, namun Bus ini juga merupakan transportasi yang nyaman.
  • Pengunjung juga bisa menggunakan K-Muter atau kereta api sekelas Commuter Line di Jakarta. Pengunjung bisa berhenti di Stasiun KL Central. Dari KL Central pengunjung langsung bisa melihat menara kembar Petronas, namun untuk berjalan kaki butuh waktu sekitar 5 sampai 10 menit.
  • Jika pengunjung tidak ingin pusing memikirkan tempat pemberhentian, mencari halte bus maka pengunjung juga bisa menggunakan taksi atau uber. Di Malaysia juga tersedia taksi online dengan harga yang langsung tertera di aplikasi. Namun, untuk menggunakan taksi konvensional pengunjung perlu tawar menawar harga dengan supir.
  • Jika pengunjung tidak hanya ingin menikmati keindahan menara Petronas, tidak untuk naik ke atas, maka ada baiknya langsung menikmati keindahan Menara Kembar ini. Karena tempat pemberhentian terakhir baik bus maupun Kereta dari Bandara adalah di KLCC.

Untuk para pengunjung jangan ragu untuk bertanya dengan orang-orang melayu di sana, mereka sangat baik dan ramah kepada para pengunjung. Karena kawasan Menara Petronas yang sangat luas, maka tidak menutup kemungkinan pengunjung akan kebingungan mencari jalan keluar. Di Kawasan Menara Petronas juga banyak petugas keamanan yang sangat baik dan ramah. Hal inilah yang akan membuat pengunjung masih berada di Indonesia.

Sebenarnya masih banyak tempat yang bisa kita jelajahi di negara ini dan negara lainya yang dapat kamu kunjungi seperti ini seperti:

Demikian informasi tentang wisata Menara Kembar Petronas, jika pengunjung berencana untuk menikmati keindahan Kuala Lumpur dari ketinggian dan menonton pertunjukan air mancur yang menakjubkan, jangan lupa untuk mengunjungi landmark negeri Jiran yang satu ini.

, , ,
Post Date: Thursday 08th, February 2018 / 04:38 Oleh :
Kategori : Malaysia