5 Cara Liburan Murah Ke Jepang Dengan Budget Minim

Jepang merupakan salah satu negara yang sekarang ini sudah mulai menjadi primadona bagi para turis dari berbagai dunia. Menghabiskan waktu di Jepang pun sekarang ini bukan merupakan sebuah hal yang megah dan sulit untuk dilakukan karena sudah banyak promo liburan wisata yang menawarkan harga yang mana bisa dikatakan lumayan murah.

Cara Liburan Murah Ke Jepang

Hal inilah yang membuat Jepang semakin lama semakin mengalami peningkatan sehingga menjadi salah satu satu kunjungan favorit bagi para wisatawan, terutama yang berasal dari Indonesia. Banyak orang mengunjungi Jepang karena mereka ingin merasakan betapa uniknya budaya yang ada di sini, selain itu beberapa dari mereka berpendapat bahwa mereka mengunjungi Jepang karena memang ingin merasakan beberapa destinasi wisata yang menakjubkan dan menjadi favorit.

Namun, anda juga harus tahu bahwa ketika anda ingin menghabiskan waktu liburan anda d Jepang maka anda harus tahu beberapa cara liburan murah ke Jepang, terutama bagi anda yang memiliki budget yang tidak terlalu banyak.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan anda beberapa tips mengenai cara liburan murah ke Jepang yang harus anda tahu karena hal ini akan membuat liburan anda semakin menyenangkan dan tidak akan menglami gangguan apapun. Ada beberapa informasi penting yang bisa anda ketahui seperti oleh – oleh khas Jepang dan juga tips liburan hemat di Jepang.

  1. Visa

Cara liburan murah ke Jepang yang pertama yang harus anda perhatikan adalah berkaitan dengan visa. Perlu anda tahu bahwa pemegan e – passport bagi penduduk atau masyarakat indnesia akan diberlakukan bebas visa. Namun untuk bisa mendapatkan visa tersebut, anda harus pergi ke Kedubes Jepang sehingga kemudian anda bisa mendapatkan visa tersebut.

Atau anda juga bisa pergi ke apan Visa Application Centre yang lokasinya berada di Lotte  Shopping Avenue Jakarta. Sekedar informasi bagi anda bahwa waktu anda berada di Jepang baik menggunakan bebas visa maupun tidak, anda tidak boleh melebihi batas waktu 15 hari.

Di bawah ini merupakan beberapa harga visa Jepang yang perlu anda perhatikan:

  • Visa Single Entry dengan mengeluarkan harga sebesar Rp. 370.000
  • Visa Multiple Entry dengan mengeluarkan harga sebesar Rp. 740.000
  • Sementara untuk Registrasi Bebas Visa, maka harga yang harus anda keluarkan adalah sebanyak Rp. 115.000

Perlu anda tahu bahwa sebelum anda mengurusi visa, anda harus terlebih dahulu melampirkan itinary secara lengkap selama anda berlibur di Jepang agar bisa meyakinkan bahwa tujuan anda pergi ke Jepang adalah untuk berlibur. Hal inilah yang kemudian akan membantu anda memproses visa secara cepat. 


Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, maka anda bisa mengunjungi website resmi Kedutaan Besar Jepang yang bisa anda akses dengan mudah. Anda juga harus mengetahui tentang tips liburan ke Jepang saat musim dingin.

2. Iklim

Cara Liburan Murah Ke Jepang

Cara liburan murah ke Jepang yang kedua yang harus anda perhatikan adalah mengenai iklim. Seperti yang anda ketahui bahwa Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki empat musim, yaitu musim semi, musim panas, musim gugur, dan juga musim dingin. Diantara keempat musim tersebut, kami menyarankan anda mengunjungi Jepang ketika musim dingin.

Musim semi di Jepang berlangsung mulai bulan Februari sampai dengan bulan April dimana ketika musim semi pemandangan di Jepang akan semakin indah karena anda akan menemukan banyak sekali pohon serta bunga yang bermekaran, dan salah satu bunga paling terkenal dan menjadi ikon negara Jepang.

Ketika anda mengunjungi Jepang di musim semi maka liburan anda akan semakin berkesan karena tentunya akan banyak spot foto yang cocok sebagai tempat selfie untuk mengabadikan momen anda ketika berlibur di Jepang. Meskipun begitu, anda juga bisa mengunjungi Jepang ketika di sana berlangsung musim gugur.

Musim gugur di Jepang mulai pada bulan Oktober sampai dengan November. Alasan kami juga merekomendasikan anda mengunjungi Jepang ketika musim gugur adalah di sana akan banyak daun – daun yang berjatuhan yang akan semakin menambah kesan anggun.

Dan juga ketika anda melewati jalan yang banyak pohon serta bunganya, maka anda akan menemukan daun – daun yang berjatuhan dan tentunya anda bisa menggunakannya sebagai tempat foto untuk mengabadikan momen anda bersama pasangan atau orang – orang terdekat anda.

3. Mata uang

Cara liburan murah di Jepang yang ketiga dengan mengetahui seluk – beluk mata uang yang ada di Jepang. Tentunya uang mata di negara anda tidak akan berlaku ketika anda berada di sini. Jadi sebelum anda mengunjungi Jepang, maka anda harus pergi ke tempat penukaran uang seperti misalnya ke bank untuk menukarkan uang anda dengan mata uang Jepang, yakni Yuan.

Adapun untuk kurs mata uang Jepang ke Indonesia atau rupiah adalah JPY100 : 13,025. Yen juga memiliki beberapa pecahan – pecahan dengan nominal seperti di bawah ini:

  • Uang Logam, yakni ¥1, ¥5, ¥10, ¥50, ¥100, dan juga ¥500
  • Uang Kertas, yaktu ¥1000, ¥5000, dan ¥10000

4. Penginapan

Penginapan juga menjadi faktor penting yang harus anda perhatikan ketika anda ingin menghabiskan waktu liburan anda di Jepang karena tidak mungkin anda berlibur di Jepang tanpa mengetahui dimana nantinya anda akan menginap.

Jepang menyediakan berbagai macam tempat penginapan, mulai dari hotel, motel, ryokan, maupun juga penginapan tradisional Jepang yang menjadi tempat paling favorit bagi para wisatawan karena mereka bisa menikmati keindahan kota Jepang sampai ke tempat penginapannya sekalipun.

Namun anda juga harus tahu bahwa beberapa tempat penginapan di Jepang terkesan lebih mahal, dan biasanya para wisatawan akan memilih menggunakan paket tour karena biaya yang dikeluarkan lumayan murah, namun tempat penginapannya pun bisa jadi bukan mejadi tempat favorit bagi anda.

Sedangkan beberapa tempat penginapan yang menjadi favorit para wisatawan, tentunya dilengkapi dengan fasilitas yang sangat memadai. Dengan kata lain, harga yang anda keluarkan untuk menyewa penginapan di sini juga sepadan dengan fasilitas dan pelayanan yang akan anda dapat di sini.

5. Makanan

Tips berlibur murah ke Jepang yang terakhir yang harus anda tahu adalah mengenai makanan. Sudah bukan hal baru lagi bahwa kuliner yang ada di Jepang sudah masuk ke dalam salah satu kuliner yang mendunia. Akan tetapi bagi anda yang tidak memiliki budget yang besar, maka tentunya anda harus memilih makanan yang sesuai dengan kantong anda.

Meskipun begitu, anda juga kami sarankan sesekali untuk mengkonsumsi makanan yang menjadi favorit di sini seperti misalnya sushi maupun juga sashimi. Selain itu Jepang menyediakan berbagai warung yang menjual banyak sekali makanan murah yang tersebar di beberapa tempat wisata yang ada di sana.


Sekedar informasi bagi anda bahwa bagi anda yang muslim anda tidak perlu khawatir bahwa di Jepang juga banyak toko, warung, atau restoran yang menjual berbagai macam makanan halal yang bisa anda pilih. Namun kami sarankan bagi anda untuk makan di tempat seperti convenience store atau di restoran-restoran sederhana lainnya untuk menghembat budget anda.

Mungkin masih terdapat tips atau cara berlibur di Jepang yang belum kami sebutkan. Mungkin anda bisa mengetahui beberapa informasi lainnya yang bisa anda dapatkan di beberapa website yang menyediakan tempat wisata yang ada di Jepang. Semoga informasi ini bermanfaat. Kami menyarankan untuk mengetahui tentang tempat wisata di Jepang dan juga tempat belanja di Jepang. Terimakasih.

, , ,
Post Date: Monday 23rd, April 2018 / 05:01 Oleh :
Kategori : Jepang