15 Oleh Oleh Khas Jepang Yang Wajib Dibawa Pulang

merchandise ghibliPergi ke tempat wisata di Jepang menjadi salah satu kebanggaan tersendiri bagi orang-orang yang telah melakukannya. Jepang yang terkenal dengan kekayaan budaya berpadu dengan modernitasnya ini selalu punya pesona tersendiri untuk dikunjungi. Sebut saja Fushimi Inari Taisha, Kebun Binatang Asahiyama, juga Teluk Tokyo yang merupakan beberapa situs wisata favorit wisatawan.

Selain memiliki banyak tempat wisata yang digemari, oleh-oleh khas Jepang juga selalu diburu karena keunikannya yang jarang ditemui di negara lain. Mulai dari makanan hingga aksesoris, suvenir dari Jepang punya nilai tersendiri dan penggemar setia yang selalu mencarinya. Berikut ini adalah beberapa oleh oleh khas jepang rekomendasi kami yang tidak boleh kamu lewatkan.

  • Matcha

Teh hijau atau matcha adalah salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di Jepang. Selain diminum sebagai teh hangat, banyak juga varian matcha yang bisa kamu temukan dalam beragam makanan penutup seperti kue, mochi, makanan tradisional jepang lainnya, coklat, serta beragam minuman yang dikemas dalam bentuk bubuk.

Khusus untuk teh hijaunya, kamu bisa meminumnya langsung di kedai teh juga membawanya pulang dalam bentuk daun teh maupun kantung teh untuk dicelup. Banyak toko yang menjual perlengkapan minum teh ataupun kedai teh yang menjualnya dalam kemasan yang bisa menyimpan teh dengan awet hingga sampai ke Indonesia. Harganya pun bervariasi sehingga bisa kamu pilih sesuai alokasi dana.

  • Cemilan

Mungkin kitkat rasa teh hijau sudah cukup dikenal di Indonesia dan digemari banyak orang. Bahkan bagi mereka yang berkunjung ke Jepang, kitkat ini selalu menjadi salah satu buah tangan yang tidak akan dilupakan. Namun sebenarnya itu hanyalah satu dari sekian banyak ragam cemilan dari Jepang yang selalu menarik animo masyarakat karena keunikannya dan ragam rasanya yang tidak terbatas.

Selain kitkat rasa teh hijau, di Jepang kamu akan bisa emnemukan banyak kitkat rasa lain. Pocky, biskuit stik yang juga terkenal di Indonesia, berasal dari Jepang dan memiliki varian rasa lebih beragam di negara asalnya. Selain itu ada cemilan unik berupa permen yang memiliki rasa ramen dan bentuknya pun seperti ramen lengkap dengan toppingnya. Tak berhenti di sini, kamu akan menemukan jauh lebih banyak cemilan dengan bentuk dan rasa unik yang bisa kamu bawa pulang untuk kerabat.

  • Gantungan Kunci Khas Jepang

Membeli gantungan kunci untuk oleh-oleh mungkin terdengar sangat membosankan, namun bila yang dibicarakan adalah gantungan kunci dari Jepang, tidak sama sekali. Gantungan kunci khas Jepang selalu menawarkan banyak bentuk yang unik, lucu, dan menarik untuk dimiliki. Bentuk edamame yang bisa dikeluarkan saat dipencet, bentuk makanan, bentuk hewan ataupun boneka empuk dengan bentuk yang agak vulgar bisa kamu temukan.

  • Elektronik

Bila kamu membawa dana lebih atau tengah membutuhkan alat elektronik saat berada di Jepang, tak ada salahnya berkunjung ke Akihabara yang merupakan surganya barang-barang elektronik. Meski China dianggap paling murah, namun Jepang juga memiliki ragam pilihan alat elektronik dengan harga terjangkau yang kualitasnya jauh lebih baik. Biasanya wisatawan yang datang membeli kamera, penanak nasi, atau benda yang lebih kecil sepert earphone.


  • Omamori

Omamori adalah jimat dari Jepang yang dibuat sebagai dedikasi kepada dewa Shinto ataupun tokoh-tokoh agama Buddha. Kerap kali omamori juga dianggap sebagai jimat pelindung yang dapat menghindarkan dari marabahaya. Terlepas dari masalah kepercayaan, omamori memiliki banyak desain berupa beragam budaya Jepang yang menarik yang bisa dikumpulkan sebagai koleksi. Bila percaya dengan kemampuan jimatnya, omamori tersedia dalam banyak pilihan seperti jimat untuk pendidikan, keluarga, cinta, dan banyak lagi.

  • Sumpit

Meski terdengar biasa, membawa oleh-oleh sumpit dari Jepang bisa jadi pilihan buah tangan menarik untuk kerabat. Banyak sumpit di Jepang dibuat dengan desain lucu dan menarik lengkap dengan kotaknya. Meski kamu jarang makan dengan sumpit, membawanya pulang untuk pajangan tak ada salahnya.

  • Makanan dari Plastik

Banyak restoran mulai menampilkan menu mereka dengan membuatnya dalam versi plastik yang tampak sangat nyata. Industri dekorasi makanan dari plastik ini pada awalnya dibuat di Jepang yang kini semakin berkembang. Saat ini kamu bisa juga membeli dekorasi makanan dari plastik yang bentuknya benar-benar mirip aslinya, bahkan juga ukurannya. Namun bila hanya ingin mengoleksi ukuran kecil, ada juga kok.

  • Yukata

Bila kamu pecinta pakaian, membeli yukata untuk oleh-oleh tentunya tak boleh dilewatkan. Selain merupakan bentuk buah tangan yang menarik, yukata juga akan meninggalkan kenangan akan Jepang yang solid. Bila tak ingin membeli untuk diri sendiri, mungkin menghadiahkan anak dari kerabat atau keponakan dengan satu set yukata bisa dilakukan. Biasanya di dalam set ada sepatu, baju, pita, juga tas.

  • Aksesoris Kereta

Jepang dikenal dengan banyak komunitas spesialisasinya, atau komunitas yang mendedikasikan kegiatannya pada satu objek seperti kereta atau batu. Karena banyaknya pecinta kereta dan begitu berkembangnya teknologi perkeretaan di Jepang, banyak aksesoris kereta yang dijual. Baik yang sekedar dekorasi meja, dekorasi dinding, jam, magnet ataupun karya-karya yang lebih mendetail dan harganya cukup tinggi.

  • Maneki Neko

Kamu pasti akan mengenal benda ini bila pernah menyaksikan salah satu kartun Jepang. Maneki neko adalah kucing putih yang satu kaki depannya terangkat. Ia kerap dianggap sebagai tanda keberuntungan dan juga melekat erat dengan budaya Jepang. Pergi ke toko souvenir di Jepang, dapat dipastikan kamu akan selalu menemui benda satu ini dalam berbagai bentuk seperti boneka, pajangan, dan bentuk-bentuk lainnya seperti dompet, cangkir, dompet, anting, dan banyak lagi.

  • Edo Tsumami Kanzashi

Jangan lupa untuk memberikan edo tsumami kanzashi kepada kerabat yang menggilai Jepang. Benda ini adalah aksesoris rambut tradisional Jepang yang dibuat dari benang sutra lembut dan dibentuk menjadi seperti bunga atau burung. Orang Jepang sendiri masih sering memberikannya kepada kerabat sebagai hadiah karena benda ini awet dan sangat unik.

  • Kabuki

Bila kamu lebih menyukai oleh-oleh Jepang yang bersifat tradisional, mungkin kamu ingin membeli kabuki sebagai buah tangan. Kabuki adalah teater Jepang dengan menggunakan topeng yang cukup terkenal secara internasional dan sejarahnya sudah dimulai sejak 400 tahun lalu. Topeng kabuki banyak dijual sebagai souvenir di Jepang yang bisa kamu letakkan di rumah sebagai dekorasi,

  • Sake

Peminum alkohol ataupun bukan, pergi ke Jepang tanpa membawa pulang sebotol sake sepertinya kurang lengkap. Sake merupakan minuman beralkohol khas Jepang yang dibuat dari beras dan kerap menjadi pendamping dalam berbagai sesi makan. Bila kamu membeli karena ingin meminumnya, biasanya toko-toko memberikan tester gratis agar kamu bisa mencicipi. Namun bila tak ingin meminumnya, botol sake adalah alasan membeli karena keunikannya.

  • Merchandise Anime

Salah satu tujuan para pecinta anime pergi ke Jepang dapat dipastikan adalah memperoleh merchandise anime Jepang yang penggemarnya tersebar di seluruh dunia. SIapa yang tidak mengenal Naruto, Sailor Moon, atau Doraemon? Odaiba adalah salah satu tempat di mana kamu bisa mendapatkan banyak koleksi seputar anime. Atau bila kamu penggemar kartun-kartun produksi Studio Ghibli, kamu bisa berkunjung ke museumnya yang juga menjual banyak souvenir dan aksesoris tokoh kartunnya.

  • Kaligrafi

Huruf-huruf Jepang sangat berbeda dengan huruf yang digunakan di Indonesia. Mereka juga memiliki seni menulis yang disebut kaligrafi dengan melukiskan huruf-huruf kanji ke atas berbagai permukaan seperti kertas, batu, ataupun kayu. Biasanya huruf-huruf ini membentuk pepatah, peribahasa atau bisa juga kamu pesan sesuai kemauanmu.

Demikiana artikel mengenai oleh oleh khas jepang, semoga informasi yang ada pada artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi referensi anda.

, ,
Post Date: Monday 02nd, April 2018 / 06:53 Oleh :
Kategori : Jepang