Grand Palace , Wisata Istana Kerajaan Yang Wajib Di kunjungi Di Thailand

Grand PalaceGrand Palace, Bangkok – Salah satu cara untuk menghabiskan liburan adalah dengan mengunjungi Istana. Selain bisa mengenal kehidupan kerajaan kita juga bisa merasakan sensasi hidup di lingkungan kerajaan itu sendiri. Thailand adalah salah satu negara yang memiliki sistem pemerintahan Kerajaan.

Sistem pemerintahan inilah yang menyebabkan Thailand memiliki istana yang sekarang di buka untuk umum. Jika anda mengunjungi Bangkok, tempat ini sangat sayang untuk di lewati.

Jika sedang berada di Thailand akan sangat rugi jika anda tidak mengunjungi

  1. railay beach
  2. Pha Nga Bay
  3. Phi Phi Island
  4. James Bound Island
  5. Koh Phi Phi Le.

Wisata-wisata pantai tersebut tidak akan pernah mengecewakan para pengunjungnya.

Thailand merupakan salah satu negara yang memiliki banyak Destinasi Wisata yang sangat indah dan menyenangkan di ASEAN. Jika anda ingin mengeksplor seluruh pusat Destinasi wisata di Thailand, maka dibutuhkan waktu satu tahun untuk bisa puas menjelajahi seluruhnya.

Sejarah dan Keindahan Grand Palace

Grand Palace ThailandGrand Palace merupakan sebuah istana kerajaan Thailand yang terletak di pinggir sungai Chao Phraya. Pengunjung bisa masuk ke area Grand Palace melalui Gerbang utama yang terletak di Jalan Na Phra Lan.  Tempat ini selalu ramai di kunjungi para wisatawan. Jangan heran ketika anda mengunjungi tempat ini, sebelum waktu trip di mulai pengunjung sudah membuat antrian panjang di depan gerbang.

Total luas area Grand Palace ini adalah 150.000 meter persegi. Merupakan area yang sangat luas untuk anda kunjungi secara keseluruhan. Di dalam area istana, pengunjung bisa menjumpai 35 bangunan.  Grand Palace Thailand di bangun pada tahun 1782 tepat di masa kepemimpinan Raja Rama I.

Pada awal didirikan hingga 1945, Istana ini merupakan tempat kediaman para Raja pemerintahan Thailand. Akan tetapi, sejak istana Chitralada di bangun maka Para Raja-raja Thailand tinggal di sana. Mulai saat itulah Grand Palace hanya dimanfaatkan untuk melaksanakan upacara-upacara serta ritual kerajaan saja. 

Ketika pengunjung menjelajahi Grand Palace, maka para pengunjung akan mendapati sebuah kuil yang di anggap paling suci di Negeri Gajah Putih. Jadi tidak heran kuil yang bernama Wat Phra Kaew sangat familiar bagi masyarakat lokal. Dalam bahasa Inggris, kuil ini dinamakan Temple Of Emerald Buddha yang merupakan daya tarik utama Grand Palace. 

Wilayah Grand Palace terbagi menjadi tiga area. Pengunjung bisa melihat sendiri batasan-batasan area mulai dari outer court, middle court hingga inner court. Kuil Wat Phra Kaew terletak di area outer court.  Dalam area Grand Palace, para pengunjung juga bisa melihat perpaduan desain arsitektur khas Thailand dengan style Neo Baroque di seluruh bangunan yang ada. Pengunjung juga bisa memasuki museum Coins and Decoration di Grand Palace.

Berikut adalah beberapa gedung yang paling populer di wilayah Grand Palace. 


  1. Area Outer Court

Seperti yang sudah sedikit di singgung bahwa Wat Phra Kaew adalah bangunan utama yang terletak di bagian Outer Court. Pengunjung bisa melihat sebuah Kuil Budha Zamrud yang atapnya di lapisi emas. Kuil ini merupakan tempat beribadah khusus bagi keluarga kerajaan saja. Dalam kuil ini terdapat tempat berdo’a serta patung-patung Budha. Kuil yang merupakan bangunan utama Grand Palace ini juga di sebut Phra Ubosot. Tempat ini merupakan spot utama bagi para wisatawan untuk mengambil foto. 

Beberapa patung yang ada di dalam Kuli seperti

  1. Patung Buddha Zamrud,
  2. Candi Phra Si Rattana,
  3. Golden Chedi,
  4. Monumen untuk Rama,
  5. Perpustakaan Phra Mondop,
  6. dan lain-lain. 

Setiap bangunan di Grand Palace memiliki riasan yang sangat unik dan menarik. Ada beberapa tempat yang tidak diperkenankan untuk mengambil gambar. Selain itu juga, beberapa tempat yang di anggap suci tidak diperbolehkan mengenakan alas kaki.Di tempat ini, pengunjung akan banyak menemukan pagoda atau tempat ibadah orang Buddha yang atapnya berwarna emas. Para wisatawan juga bisa melihat cerita tentang sejarah pembangunan Istana yang diceritakan melalui seni mural di dinding-dinding bangunan. 

  1. Bagian Middle Court

Grand Palace BangkokKetika memasuki wilayah Middle Court, pengunjung bisa melihat Balairung Chakri Mahaprasad. Wilayah Middle Court di sebut juga dengan Khet Phra Racha Than Chan Klang. Di tempat ini pengunjung akan merasakan sensasi berada di Italia. Desain bangunan di bagian Middle Court banyak mengadopsi gaya Renainsan Italia.

Balairung Chakri Mahaprasad merupakan hunian raja serta tempat untuk menggelar acara kenegaraan. Oleh karena itu bangunan ini tidak di buka untuk umum secara keseluruhan. Hanya ada dua ruangan utama saja yang bisa di eksplor untuk memamerkan keindahan arsitektur bangunan ini.

Bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi Grand Palace, berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan

  • wajib bagi para pengunjung untuk menggunakan pakaian tertutup
  • Kewajiban ini berlaku untuk perempuan maupun laki-laki
  • Kriteria tertutup adalah mengenakan celana panjang dan baju berlengan
  • Bagi anda yang sudah terlanjur menggunakan celana pendek atau singlet saja, di gerbang masuk anda bisa menyewa kemeja berlengan dan celana kain
  • Harga sewa satu stel pakaian adalah 200 bath.

Jam Operasional Grand Palace

Wisata Grand Palace buka setiap hari. Waktu operasional kunjungan tempat ini mulai dari jam setengah sembilan pagi hingga jam setengah empat sore. Kunjungan Grand Palace di bagi persesi. Sehingga jika anda masuk sesi kunjungan sudah di mulai, anda bisa mengikuti sesi kunjungan selanjutnya.

Ketika anda harus menunggu sesi selanjutnya, anda tidak perlu takut anda akan merasa bosan menunggu. Di pinggiran jalan dekat gerbang utama Grand Palace, anda bisa mencicipi makanan-makanan khas Thailand dan jajanan ringan lainnya. Jadi para pengunjung bisa melakukan pemanasan jalan-jalan dengan berwisata Kuliner di pinggiran Grand Palace.

Harga Tiket Masuk Grand Palace

  • Pengunjung bisa mendapatkan tiket masuk Grand Palace di konter penjual tiket.
  • Untuk bisa memasuki Grand Palace, anda dikenakan harga tiket sebesar 500 Baht.
  • Tiket ini juga termasuk tiket untuk mengunjungi Vimanmek Palace yang terletak di daerah Dusit. Sehingga ketika anda ingin mengunjungi Vimanmek Palace, anda tidak perlu membeli tiket lagi. 

Akses Menuju Grand Palace

Untuk bisa mengunjungi Grand Palace, pengunjung bisa menggunakan beberapa moda transportasi seperti berikut ini.

  • Taksi, jika anda berencana untuk menggunakan taksi, anda harus mengetahui pasaran harga taksi dari penginapan anda menuju grand palace. Anda bisa menawar harga taksi di Bangkok
  • Selain taksi, anda juga bisa menggunakan tuk-tuk, sama seperti Taksi, anda juga perlu menawar tuk-tuk. Tuk-tuk merupakan kendaraan yang mirip Bajai di Indonesia.
  • Pengunjung juga bisa menggunakan bus untuk bisa tiba di Grand Palace.

Jika anda ingin mengunjungi Grand Palace, anda harus memperhatikan beberapa tips yang sudah disampaikan dalam artikel ini. Anda juga perlu membaca 17 Tempat Wisata Di Bangkok Terfavorit Wisatawan Yang Wajib Dikunjungi dan 28 Tempat Wisata Di Thailand Yang Paling Terkenal Tujuan Wisatawan agar tidak melewatkan satu destinasi wisata pun ketika berkunjung ke Negeri Gajah Putih ini.  

Selain di Thailand, anda juga bisa merasakan lingkungan kehidupan para Raja di Kota Terlarang yang ada di Beijing.

, , , ,
Post Date: Thursday 15th, March 2018 / 08:40 Oleh :
Kategori : Thailand