13 Tips Jalan-Jalan Ke Kyoto Penting Dan Wajib Diketahui

Jalan-jalan ke Kyoto – Jepang terdiri dari berbagai kota yang memiliki karakteristik masing-masing. Selain Tokyo, salah satu kota yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi adalah kota Kyoto. Banyak keunikan yang bisa anda temui di Kyoto, terutama bangunan-bangunan peninggalan kekaisaran Jepang kuno yang saat ini masih terawat dengan baik.  Dan bisa dibilang Kyoto merupakan salah satu kota terkenal di jepang dan menjadi  jantung sejarah dari Negara ini.

Bahkan ketika anda berjalan-jalan menyusuri jalanan di Kyoto, anda akan menikmati sensasi seperti berada di Jepang pada masa lampau. Kyoto sendiri pada jaman dahulu merupakan ibukota kekaisaran yaitu sejak tahun 794 hingga 1868, yang lolos dari beberapa serangan bom atom. Sehingga hingga saat ini bangunan-bangunan peninggalan masa lampau masih bisa kita nikmati keindahanya . Banyak tempat yang bisa anda jelajahi ketika anda mengunjungi tempat wisata di Kyoto, dan daripada anda bingung Yuk simak beberapa tips jalan-jalan ke Kyoto berikut ini.

1. Waktu Terbaik Untuk mengunjungi Kyoto

Jalan-jalan-kyoto2Kyoto merupakan kota yang bisa dinikmati pada musim apapun. Dan waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah pada musim semi dan juga musim gugur, dimana anda bisa melihat bunga sakura sedang mekar dan juga ketika sedang gugur.

Namun, biasanya pada musim itu, Kota Kyoto akan sangat ramai oleh turis, dan jika anda tidak terlalu menyukai tempat yang ramai anda bisa mengunjunginya pada awal musim gugur atau akhir musim semi. Hindari juga berlibur pada tahun baru, karena akan banyak turis yang berdatangan dan juga akan ada banyak tempat wisata di Kyoto yang ditutup.

2. Rencanakan Rute Perjalanan

Jalan-jalan-kyotoMerencanakan Ittenary merupakan hal penting yang perlu dilakukan ketika berlibur keluar negeri. Selain untuk memaksimalkan waktu kunjungan, perencanaan juga bisa menekan pengeluaran. Ada beberapa tempat wisata popular yang bisa anda kunjungi di pusat kota seperti Nijojo dan Istana kekaisaran Tokyo, dan beberapa diantaranya berada di sekitar pusat kota. Dan berikut adalah contoh rute yang bisa anda kunjungi yaitu mulai dari Fushimi Inari Taisha – Kiyoumizu dera – Yasaka Jinja – Chion in – nanzen Ji – hiaen Jin – Ginkakuji dan lain sebagainya. Atau juga bisa dari arah yang sebaliknya dengan rute To – Ji – Tenryu ji – Arshiyama – Saga – Ninnaji – Ryoanji – Kinkakuji – Shiomagamo dan seterusnya. Anda bisa merancang jadwal kunjungan dengan menggunakan google map atau aplikasi peta lainya.

3. Banyak Wisata Gratis

Untuk anda yang berlibur dengan budget terbatas, ataupun anda ingin berhemat. Tenang, ada banyak tempat wisata gratis di Kyoto yang bisa anda kunjungi. Dan beberapa diantaranya merupakan tempat-tempat popular yang  ada di Kyoto seperti Fushimi Inari Taisha, Kuil Yasaka, Kuil Hiean Jingu, Arashiyama Bamboo Grave, Kyoto Imperial Palace, Kuil Ninna-ji, dan berbagai museum yang bisa anda kunjungi.


4. Alat Komunikasi

Jangan lupa untuk menyiapkan jaringan internet disana dengan mempersiapkan mobile modem yang bisa anda sewa dari rumah. Anda bisa mencarinya diInternet, dan biasanya mereka sudah menyediakan kartu dan bahkan kuota nya. Akses internet sangat penting terutama jika anda ingin mencari lokasi dimana hotel dan juga tempat-tempat wisata yang ingin anda tuju nantinya.

5. Cara menuju ke Kyoto

Kyoto merupakan kota yang terletak di wilayah Kansai, dimana jika anda mendarat di Bandara Kansai Internasional Airport yang berada di Osaka. Anda bisa langsng mencari Bus Bandara yang menuju ke Kyoto. Dan jika anda dari Tokyo anda bisa menaiki kereta ataupun bus. Anda bisa mencoba shikansen, yang merupakan kereta terceapat di Jepang langsung menuju stasiun Kyoto.

6. Tips di Stasiun

Stasiun Kyoto merupakan pusat transportasi kereta yang keren dan sangat tertata; Dan merupakan titik awal ketika anda akan menjelajahi daerah Kansai terdekat seperti Kyoto, Nara dan Osaka. Ketika anda tiba di Stasiun Kyoto sebaiknya anda benar-benar mengetahui dimana pintu yang paling dekat dengan hotel tempat tujuan anda, karena ada 4 pintu yang cukup jauh.

7. Beli Tiket Bus Pass

Kyoto merupakan salah satu kota yang padat, meskipun begitu Kyoto memiliki sistem transportasi umum yang sangat baik. Dimana nantinya akan sangat memudahkan anda dalam menjelajahi tempat tempat wisata di Kyoto yang menakjubkan. Agar perjalanan anda tidak terlalu terganggu dengan tarif setiap kali menaiki transportasi, belilah tiket Pass bus. Dimana dengan hanya sekali membeli tiket, anda sudah bisa berkeliling Kyoto selama seharian dengan menaiki bus. Anda bisa membeli tiket nya di loket informasi turis di stasiun kereta bawah tanah maupun membelinya dari sopir ketika didalam bus. Dan juga jangan lupa untuk mengambil peta Bus Navi agar anda tahu rute untuk mengunjungi wisata mana yang akan anda ambil.

8. Jangan Lupa Pakai Sepatu

Jalan-jalan-kyoto4Suasana jepang pada masa lampau sangat terasa di Kyoto jika dibandingkan kota-kota lainya di Jepang. Selain memiliki banyak  kuil yang bersejarah, Kyoto juga memiliki jalanan kuno yang masih terawat dengan baik.

Tak lengkap rasanya jika anda tidak mencoba untuk menyusuri jalanan kuno di Kyoto; Terkadang bisa melihat wanita-wanita jepang yang mengguakan kimono, ataupun bisa melihat wanita jepang berdandan seperti geisha.

Selain itu bangunan-bangunan di sekitarnya juga sangat mendukung pada sensasi suasana jepang kuno.  Untuk itu, menyiapkan sepatu yang nyaman sangat penting jika anda sedang berlibur si Kyoto.

9. Kunjungi Gion

Jalan-jalan-kyoto3Selain banyak kuil-kuil kuno yang masih cukup terawat di Kyoto, Jangan lewatkan juga untuk mengunjungi dsitrik Gion. Gion terkenal dengan geishanya yang dimana dalam bahasa jepang sendiri Geisha berarti sneiman. Sedangkan para geisha di Kyoto disebut dengan geiko dan maiko. Terkadang anda bisa menemukan para geiko dan maiko sedang berjalan-jalan di jalanan gion. Namun, jika anda kebetulan melihat mereka, jangan memaksakan diri untuk berfoto bersama jika mereka tidak mau. Anda juga bisa melihat pertunjukkan mereka di Maiko Gallery, Yasaka Hall dengan membayar sekitar 3.150 Yen Per Orangnya.

10. Mampir ke Pasar Loak

Bagi anda yang suka berbelanja ataupun hanya sekedar mencari oleh-oleh khas Jepang yang murah. Kyoto memiliki beberapa pasar loak terbaik yang ada di Jepang. Disana anda bisa menemukan berbagai souvenir khas jepang yang murah namun masih tetap berkelas; Seperti kimono, keramik, cetakan balok kayu ukiyoe , serta kerajinan tangan dan aksesoris. Pasar-pasar loak di Kyoto hanya ada pada  tanggal 15, 21, dan 25 setiap bulannya. Dan beberapa pasar loak di Kyoto yang bisa anda kunjungi seperti ; Pasar Flea Tezukuri-ichi di Kuil Chion-ji, Kobo-san Flea Market di Kuil Toji dan Tenjin-san Flea Market di Kitano Tenmangu Shrine.

11. Mampir di Kyo Ryori

Kyo-ryori atau Kyoto Cuisine merupakan salah satu restoran yang wajib anda kunjungi saat berada di Kyoto . Disini anda akan disajikan berbagai makanan khas Jepang tertama masakan khas Kyoto dimana disajikan oleh pelayang yang memakai kimono dan juga dengan latar belakang suasana seperti jepang pada masa lampau.


12. Halal Food?

Bagi yang beragama islam, tentunya sangat menghindari yang namanya makanan yang mengandung babi. Di Kyoto banyak tersebar restoran halal, terutama di sekitar Stasiun Kyoto. Namun,jika anda tidak kunjung menemukan restoran halal, anda bisa mampir ke seven eleven untuk membeli onigiri isi tuna.

13. Bawa koin Goen

Kyoto memiliki banyak sekali kuil yang sampai saat ini masih digunakan sebagai tempat peribadatan. Koin lima Yen atau dalam bahasa Jepang dibaca go en yang juga berarti keberuntungan dipercaya masyarakat sekitar bisa membawa keberuntungan dalam hal bisnis cinta maupun karir. Jadi jika anda berkunjung ke sebuah kuil, anda bisa memanjatkan doa dan memasukkan nya kedalam kotak yang disediakan.

itu dia beberapa tips jalan-jalan ke Kyoto dan selamat berlibur.

, , ,
Post Date: Thursday 26th, July 2018 / 12:25 Oleh :
Kategori : Jepang