11 Oleh-Oleh Khas Taiwan Paling Diburu Wisatawan

Kalau sudah bepergian ke luar negeri kebanyakan orang akan merencanakan pulang membawa oleh-oleh tertentu. Apakah anda juga termasuk tipe ini? kalau anda ke Taiwan, kira-kira hadiah apa yang akan anda bawa pulang?

Ada beragam souvenir dan oleh-oleh khas dari tempat wisata di Taiwan. Baik itu kuliner lokal sampai dengan perhiasan yang indah. Anda bahkan membawa sentuhan indah kerjainan lokal untuk dijadikan hiasan di rumah.

Kira-kira berikut inilah oleh-oleh khas Taiwan yang baik untuk anda pertimbangkan sebagai oleh-oleh setelah liburan panjang di Taiwan.

  1. Kue nanas
Pineapple-Cake-taiwan

Kue nanas mungkin tidak dapat dijumpai di tempat wisata lain, seperti di tempat wisata di China atau Jepang, karena itu belilah kue nanas khas Taiwan sebagai oleh-oleh khas Taiwan yang dapat anda bawa pulang. Kue nanas khas Taiwan yang dimaksud bukanlah sebuah kue basah, melainkan salah satu permen paling populer yang tersedia di seluruh Taiwan.

 Kue nanas ini dibuat dari mentega. Mentega dicampur dengan pasta nanas manis yang lezat di tengahnya. Kue nanas ini biasanya dikemas dalam kemasan plastik yang kedap udara sehingga mudah dibawa ke mana-mana dan aman juga dikemas di dalam koper untuk dibawa terbang di pesawat.

Oleh karena itu, bagi wisatawan dunia, kue nanas merupakan pilihan oleh-oleh kuline rnomor satu ketika bepergian ke Taiwan. Cita rasanya yang agak mirip dengan Fig Newton, yang kue lembut yang diisi dengan nanas kenyal ini membuat banyak wisatawan tidak pernah bosan untuk mengunyahnya.

2. Teh Oolong

oolong tea

Apa yang khas dari Jepang? Yakni sajian teh. Bila anda bepergian ke tempat wisata di Jepang, mungkin anda akan membawa teh ocha sebagai oleh-oleh, nah kalau ke Taiwan anda harus bawa pulang oleh-oleh khas Taiwan yang berupa teh oolong.

Teh telah menjadi salah satu produk pertanian paling terkenal di Taiwan selama berabad-abad, dengan rekor pohon teh paling awal ditanam tahun 1717 di Kabupaten Nantou. Dari sekian banyak varietas teh Taiwan, Oolong Taiwan dianggap salah satu yang terbaik di dunia oleh para penikmat teh.

Varietas ringan termasuk Dongding, Pouchong dan Ruan Zhi. Dongfang Meiren dan Alishan memiliki aroma buah yang lebih banyak, sementara Pouchang dan Osmanthus memiliki aroma bunga yang lebih banyak.

 Varietas Oolong dari Taiwan ini ditanam di gunung gunung dengan ketinggian minimal 1.000 meter di atas permukaan laut. Kalau anda ke Taiwan, cobalah membeli teh Oolong untuk diseduh di rumah.


3. Mini Sky Lanterns

taiwansouvenir01-lantern

Oleh-oleh khas Taiwan berikutnya yang cukup menarik untuk dibawa pulang ialah mini sky lanterns, sebagai pengingat tentang festival lentera langit yang dibanggakan oleh masyarakat Taiwan.

Setiap tahun, festival lentera langit menarik puluhan ribu pengunjung ke Distrik Pingxi Kota New Taipei, satu-satunya tempat di Taiwan di mana pelepasan lentera langit diizinkan.

Pingxi Sky Lantern Festival menjadi sebuah daya tarik spesial selama musim liburan di musim dingin.  Oleh karena itu, banyak wisatawan asing yang menghabiskan waktunya di musim ini.

salah satu cara terbaik untuk memperingati tradisi budaya yang unik ini adalah dengan membeli beberapa versi kecil dari lentera di Jalan Tua Shifen di Pingxi, lalu anda pulang dan dijadikan hiasan di rumah.

Mini sky lanterns pasti lebih mudah dikemas di dalam koper daripada sky lanterns yang beras. Karena itulah, kami sarankan pada anda untuk memilih yang beurukuran mini dan berhiaskan pernak-pernik khas ketika festival berlangsung.

4. Boneka Sarung Tangan Taiwan

Taiwanese-Glove-Puppets

Bila jalan-jalan ke tempat wisata di Korea Selatan anda beli pernak-pernik K-pop, bagaimana kalau ketika pergi ke Taiwan anda beli bone sarung tangan khas Taiwan? Boneka ini dikenal juga sebagai wayang bernama Budaixi. Boneka-boneka ini merupakan karakter terkenal dalam opera. Boneka-boneka ini kerap tampil sebagai pemeran utama untuk menghibur masyarakat Taiwan.

Pertunjukan boneka sarung tangan ini awalnya dimulai di Provinsi Fujian dan dibawa ke Taiwan pada awal 1600-an. Pertunjukan tradisional masih dapat dilihat di Museum Teater Boneka Asia Taiyuan di Distrik Datong Taipei. Hal ini juga menjadi salah satu daya tarik terkuat di tempat wisata di taipei.

Versi boneka sarung tangan yang jauh lebih besar dan lebih hidup telah berkembang selama 30 tahun terakhir dan sekarang dapat dilihat di acara TV kung fu action yang menggabungkan efek spesial spektakuler. Boneka-boneka modern ini dapat dilihat beraksi di Teater Dadaocheng, yang terletak di lantai 8 dan 9 dari Pasar Yongle. Anda bisa membawa pulang replikanya untuk dijadikan hiasan rumah.

5. Simpul Cina

simpul tiongkok

Salah satu hiasan atau oleh-oleh khas Taiwan ialah Simpul Tiongkok atau simpul cina. Simpul ini merupakan benda terbaik dan terkenal bahkan memiliki nilai bersejarah sejak periode Negara-Negara Berperang (481-221 SM).

Simpul Cina merupakan bentuk kerajinan dekoratif di Dinasti Tang (618-907). Simpul Cina ini  terdiri dari simpul dasar dan simpul gabungan, dan ada 14 tipe dasar menggunakan satu, dua atau lebih utas.

Simpul ini sangat beragam, dalam warna, bentuk, maupun ukuran. Anda bisa membawa pulang yang berukuran kecil atau sedang sehingga mudah dikemas di dalam koper untuk dibawa pulang dan dijadikan hiasan rumah.

Untuk anda ketahui, bahwa simpul cina memiliki makna simbolis yang berbeda berdasarkan bentuknya. Simpul kupu-kupu menandakan keberuntungan dan berkah, simpul berbentuk Bagua menangkal roh jahat, simpul ikan kembar berdiri untuk kelimpahan, dan simpul belitan koin kembar dikatakan membawa kekayaan dan kemakmuran.

6. Perhiasan dari Giok

perhiasan batu giok

Bila berkunjung ke dataran Cina, rasanya memang mustahil mengabaikan perhiasan yang terbuat dari giok ini. Tentu saja, Anda dapat membeli batu giok di seluruh dunia, tetapi Taiwan terkenal sebagai tempat untuk menemukan beberapa batu giok terbaik.

Pasar batu giok di Taipei menawarkan berbagai potongan yang luar biasa indah dalam segala bentuk dan ukuran. Harganya pun juga beragam, tergantung bentuk dan kualitasnya. Semakin bagus perhiasan dari giok yang anda inginkan harganya juga akan semakin mahal.

Anda hanya perlu memilih yang terbaik untuk anda bawa pulang. Oleh-oleh khas Taiwan ini bisa anda jadikan hadiah untuk kekasih anda. bisa juga sebagai hadiah untuk orang tua, dan jika anda berniat menjadikannya aksesoris hiasan di dinding rumah, anda pun bisa memilih yang dibuat khusus untuk dijadikan hiasan.


7. Anggur prem

anggur taiwan

Buat anda yang suka mengoleksi alkohol, anda bisa membawa pulang anggur prem. Alkohol adalah bisnis besar di Taiwan, jadi anda bisa menemukan berbagia macam jenis minuman beralkohol. Baik yang diproduksi oleh produsen lokal maupun dari luar negeri.

Yang perlu anda lakukan untuk mendapatkan anggur buatan lokal ialah pergi ke toko minuman keras lokal. Di sana anda akan dengan mudah emnemukan anggur prem atau anggur beras yang harganya cukup terjangkau.

Sayangnya konten minuman beralkohol agak rumit untuk dibawa pulang. Anda akan membutuhkan ijin khusus, sehingga kami tidak menyarankan untuk membawa pulang oleh-oleh khas ini ke negara kita. Cukup anda nikmati saja di Taiwan.

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Taiwan

Selain oleh-oleh yang ada dalam daftar di atas, masih ada banyak jenis oleh-oleh khas Taiwan yang akan kami tawarkan kepada anda. berikut daftar oleh-oleh khas Taiwan berikutnya.

  • Kartu pos bergaya Taiwan
  • Nougat kacang Taiwan
  • Kue matahari
  • Kerajinan terbuat dari kayu

Demikian daftar oleh-oleh khas Taiwan yang dapat kami sajikan untuk anda. semoga mempermudah anda untuk memilih jenis oleh-oleh yang pantas dibawa pulang.

, , ,
Post Date: Tuesday 19th, February 2019 / 03:50 Oleh :
Kategori : Taiwan