5 Makanan Enak Di Kyoto Terfavorit Wisatawan

Anda sudah sampai di Kyoto Jepang? tempat wisata apa yang ingin anda lihat di Kyoto? Apakah berminat untuk merasakan wisata kuliner di Jepang khususnya citarasa masakan di Kyoto?

Ada beragam tempat wisata di Kyoto yang dapat menjadi destinasi tujuan liburan anda bersama keluarga. Tempat liburan bersama anak di Jepang pun juga ada, tersedia Disneyland Jepang dan Universal Studio di Jepang. anda bisa ajak anak-anak anda merasakan hiburan di taman hiburan tersebut.

Lalu, ketika sudah memasuki jam makan, cobalah untuk menyantap sajian dan makanan khas di Jepang. Ada beragam makaanan enak di Tokyo, ibu kota Jepang, begitu pula di Kyoto. Ada banyak makanan enak di Kyoto yang bisa menjadi alternative untuk mengisi perut kosong atau untuk menambah pengalaman menikmati wisata kuliner di Jepang.

Berikut daftar makanan enak di Kyoto yang musti anda cicipi.

1. Kaiseki

kaiseki

Makanan enak di Kyoto yang pertama kami rekomendasikan pada anda ialah kaiseki. Sebuah makanan tradisional di Jepang yang dijual cukup mahal. Makanan ini terbuat dari bahan-bahan berkualitas dengan warna dan rasa yang berbeda yang merepresentasikan warna pada tiap musim.

Makanan ini disajikan dengan cara yang sangat unik. Makanan dalam empat warna yang merepresentasikan tiap musim disajikan dalam mangkuk atau piring cekung yang berbeda-beda. Olahan tersebut tidak disatukan ke dalam satu wadah. Untuk bisa merasakan cita rasanya, silahkan gunakan sumpit atau jika tidak bisa menggunakan sumpit, anda bisa gunakan garpu untuk mengambil makanan yang tersedia.

Untuk menyantap kaiseki di Kyoto memang cukup menguras kantong. Jadi anda harus mempersiapkan uang yang cukup banyak untuk menyantap sajian kaiseki.

2. Shojin Ryori

shoujin-ryori

Bagi anda yang vegeratian, silahkan mampir ke beberapa restoran halal di Jepang kemudian mintalah menu Shojin Ryori. Makanan berbahan sayur ini sangat cocok untuk anda yang mendedikasikan hidup sebagai vegetarian.

Shojin Ryori dikenal sebagai masakan yang biasa disantap oleh para biksu di Kyoto. Kalau anda berjalan-jalan di kawasan tempat wisata di Kyoto, ada banyak sekali kuil budha, jadi tidak heran jika masakan Shojin Ryori sangat populer di Kyoto.

Tradisi Buddha tidak memperbolehkan memakan daging, ikan, dan bahan makanan yang mempunyai cita rasa kuat seperti bawang putih dan bawang Bombay. Walaupun begitu, anda tidak perlu khawatir dengan cita rasa Shojin Ryori, makanan ini tidak bercita rasa hambar.

Masakan ini menggunakan aturan memasak untuk para biksu yang menggunakan lima warna bahan makanan yaitu hijau, kuning, merah, hitam, dan putih lengkap dengan lima rasa asin, asam, manis, pahit, dan umami. Cita rasa tersebut di dapat dari bahan makanan vegetarian tanpa perlu ditambah dengan bahan lain dan cita rasa lain.


Bahan utama pembuatan Shojin Ryori ialah tofu, tahu kering atau disebut koya, dan kacang kedelai yang sudah difermentasi disebut dengan natto di Jepang. bahan-bahan tersebut kemudian dicampur dengan sayuran yang tumbuh sesuai dengan empat musim yang ada di Jepang. Misalnya bahan-bahan tersebut akan ditambah mentimun untuk merepresentasikan musim panas, dan lain sebagainya.

3. Obanzai

Obanzai-ryori

Makanan enak di Kyoto berikutnya ialah Obanzai. Makanan enak ini berupa makanan yang berbahan dasar sayuran dan acar segar. Makanan ini merupakan salah satu makanan yang populer dan terkenal di Jepang.

Obanzai atau disebut juga dengan obanzai ryori biasa menjadi santapan sehari-hari masyarakat jepang khusus yang ada di sekitar tempat wisata di Kyoto. Mereka menyantap dan membuat ini hampir setiap hari sebagai makanan keseharian mereka.

Masakan ini dibuat tergantung dari bahan-bahan sayuran yang ada di Kyoto. Setiap restoran biasanya menyajikan Obanzai ryori memakai bahan-bahan lokal yang ada di Kyoto saja. makanan ini akan terlihat sederhana, meskipun demikian cita rasanya enak dengan bumbu sederhana yang tetap saja memikat.

Dikarenakan bahan yang digunakna merupakan bahan-bahan lokal yang ada di Kyoto maka, sajian masakan Obanzai akan bervariasi setiap musimnya, sebab bahan-bahan tergantung dari musim dan ketersediaan bahan makanan yang bisa didapatkan di Kyoto.

4. Kyo-gashi

kyogashi

Makanan enak di Kyoto selanjutnya ialah Kyo-gashi. Makanan ini bisa anda jadikan salah satu jajanan oleh-oleh yang dibawa pulang ke Indonesia setelah menghabiskan waktu liburan yang panjang di Jepang. Kyo-gashi merupakan jajanan khas Jepang yang berupa kue manis tradisional Jepang. dulunya, makanan ini disajikan dan dibuat hanya untuk keluarga kerajaan atau kaum bangsawan. Makanan ini biasa disajikan untuk menemani minum teh.

Kyo-gashi akan ditemani juga dengan mocha, dango, dorayaki, manju, dan lain sebagainya. secara bentuk, masing-masing jajanan nampak artistik. Masing-masing dibuat berdasarkan tema alam yang membuatnya nampak seperti bunga-bunga yang dikumpulkan di atas piring ketika disajikan.

Jajanan tersebut belakangan ini menjadi oleh-oleh khas Jepang yang amat terkenal dan sering dicari oleh wisatawan dari seluruh dunia.

5. Yudofu

Yudofu

Yudofu merupakan makanan enak di Kyoto yang berupa tahu direbus angat. Yudofu dimasak dalam kepulan uap dan beraroma sedap. Tahu tersebut kemudian akan disajikan dalam semangkuk kaldu yang dibumbui dengan lamun pilihan dan bonito kering. Cara penyajiannya sangat unik karena akan dihiasi dengan hiasan yang disesuaikan dengan musim yang sedang berlangsung di Kyoto.

Sajian ini menjadi nampak unik, membuatnya disukai oleh wisatawan dari seluruh dunia. anda bisa memesan dalam porsi kecil maupun porsi besar. Bumbu Yudofu sebetulnya sederhana, namun karena cara pengolahannya menggunakan teknik tertentu menjadikanya memiliki cita rasa yang menarik di lidah. Ada banyak restoran di Kyoto yang buka sampai larut malam, jadi anda bisa mencicipi masakan enak di Kyoto kapan saja saat anda merasa membutuhkannya sekalipun itu di tengah malam.

Tempat membeli makanan enak di Kyoto dan oleh-oleh khas Jepang

Berikut ini kami rekomendasikan tempat membeli makanan enak di Kyoto dan sekaligus menjadi tempat rujukan untuk membeli oleh-oleh khas Jepang bagi wisatawan.

Gion Koishi

  • Toko yang terkenal dengan permeen manis bernama Gion Koisi ini berada di lantai 1 The Cube.

Malebranche

  • Terkenal dengan makanan enak di Kyoto berupa kue kering matcha Cha no Ka. Toko ini terletak di lantai 6 stasiun kereta api Kyoto.

Otabe

  • Toko Otabe berada di lantai 1 statiun Kyoto. Toko ini terkenal dengan makanan enak khas Kyoto berupa baumkuchen dan Kyobaamu yang merupakan kue yang terbuat dari bahan utama matcha dan susu kedelai.

Chokyudo

  • Toko ini terkenal dengan cemilan bernama Hato no Ukisu, terbuat dari matcha dan kacang. Toko terdapat di lantai 1 basement JR Kyoto Isetan.

Shizuyapan

  • Ada banyak jenis manju di toko yang terletak di Asty Road dekat stasiun Kyoto.

Shogoin

  • Toko ini dikenal sebagai toko terbaik yang menyajikan Yatsuashi di Kyoto.

Nakamura Tokichi

  • Terkenal dengan Koime no Matcha Chocolate. Tempat membeli oleh-oleh khas Jepang ini berada di lantai 3 JR Kyoto Isetan. Di dalam toko ini ada beragam olahan matcha (teh hijau Jepang) yang dapat memberi manfaat pada seseorang yang sedang diet.

, , , ,
Post Date: Thursday 19th, July 2018 / 03:39 Oleh :
Kategori : Jepang