10 Masjid Terindah Di Dunia Tujuan Wisatawan Muslim

Masjid merupakan tempat ibadah umat Islam. Selain sebagai bangunan suci, masjid juga sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berbagai kegiatan. Tidak hanya ibadah, kegiatan menuntut ilmu pun kerap kali dilakukan di dalamnya. Sehingga kenyamanan bangunan dan juga keindahannya perlu diperhatikan. Di seluruh dunia ada begitu banyak bangunan masjid. Namun, berikut ini ada beberapa masjid terindah di dunia yang menarik untuk dikunjungi.

1. Masjidil Haram, Arab Saudi

Masjidil Haram, Arab SaudiBagi umat muslim, Masjidil Haram adalah masjid terpenting, karena di sanalah terdapat ka’bah yang merupakan kiblat untuk sholat. Masjid ini berada di kota suci Makkah dan merupakan tujuan utama para jamaah umroh dan haji.

Masjid ini sangat indah, dengan luas mencapai 4 juta meter persegi. Masjid ini dilingkupi dengan marmer khusus yang membuat para jamaah tetap nyaman untuk beribadah karena suhu marmer akan tetap dingin.

Di Tempat Bersejarah Di Arab Saudi ini juga terdapat area untuk tawaf. Tidak hanya itu, air zam zam pun bisa dengan mudah didapatkan di sana. Tempat ini buka 24 jam dan menjadi masjid yang selalu sibuk dan selalu ramai. Khususnya saat bulan ramadhan dan musim haji.

2. Masjid Nabawi, Arab Saudi

Masjid Nabawi, Arab SaudiMasjid terindah di dunia lainnya adalah Masjid Nabawi. Masjid ini merupakan masjid penting yang berada di kota Madinah. Di sanalah terdapat jejak sejarah perjuangan Nabi Muhammad untuk menyebarkan agama Islam.

Di dalam masjid terdapat makam Rasulullah dan para sahabat. Masjid ini sangat indah dengan pelataran yang unik. Keunikannya adalah karena tiang-tiang yang bisa membuka dan menutup untuk kenyamanan jamaah.

Masjid ini juga memiliki raudah, yaitu area masjid yang berada di antara rumah Rasulullah dan mimbar beliau. Setiap harinya masjid ini selalu ramai dikunjungi jamaah. Saat bulan Ramadhan, selalu diadakan buka puasa massal di sana.

3. Masjid Al Aqsa, Palestina

Masjid Al Aqsa, PalestinaMasjid Al Aqsa merupakan masjid yang legendaris juga bagi umat Islam, karena dahulu, kiblat umat Islam menuju ke Masjid Al Aqsa ini. Masjid ini berada di kota Yerusalem dan merupakan situs suci umat Islam sekaligus Wisata Rohani di Yerusalem.

Masjid Al Aqsa sendiri bisa menampung jamaah sekitar 5,000 orang di dalamnya. Sebagai salah satu masjid terpenting umat Islam, masjid ini juga merupakan tempat yang menjadi saksi perjalanan Isra’ Mi’raj Rasulullah.

Arsitektur masjid yang megah menampilkan ciri khas arsitektur Islam awal. Adapun bangunan masjid ini sendiri memiliki lorong yang beratap dengan tiang-tiang kecil. Interiornya memiliki panorama yang indah namun sederhana.


4. Masjid Sultan Ahmet, Turki

Masjid Sultan Ahmet, TurkiMasjid terindah di dunia  berikutnya berada di Turki, yaitu Masjid Sultan Ahmet. Masjid ini dibangun di atas situs llama Hippodrome. Pembangunannya dilakukan ketika Konstantinopel menjadi ibukota Kekaisaran Bizantium.

Masjid indah ini juga sering disebut dengan Masjid Biru. Hal ini dikarenakan ada rona kebiru-biruan di puncak menara. Terutama saat malam hari. Menaranya sendiri berjumlah 6 buah dan sangat menarik.

Bangunan Bersejarah Di Turki ini memiliki kubah yang berjajar dengan halaman yang cukup luas. Masjid Biru ini akan selalu menarik dan dikunjungi para wisatawan, khususnya yang baru pertama kali berkunjung ke Turki.

5. Masjid Istiqlal, Indonesia

Masjid Istiqlal, IndonesiaSiapa yang sangka jika Masjid Istiqlal di Jakarta termasuk ke dalam salah satu masjid indah di dunia. Masjid ini dibangun pada tahun 1978 dan menjadi masjid terkenal di Indonesia, khususnya Jakarta.

Masjid ini dinamakan Istiqlal dengan mengambil bahasa Arab yang berarti kemerdekaan. Konsep bangunan diambil dari bangunan tradisional Jawa. Di dalamnya terdapat ruang sholat utama dengan 12 tiang penyangga kubah.

Arsitek masjid Istiqlal adalah Frederick Silaban, yang bukan merupakan orang Islam. Beliau adalah arsitek kristen. Sehingga masjid Istiqlal ini sendiri dianggap sebagai simbol kebebasan beragama.

6. Masjid Badshahi, Pakistan

Masjid Badshahi, PakistanPakistan adalah salah satu negara dengan mayoritas penduduk muslim. Jadi tidak heran jika di sana terdapat juga salah satu masjid terindah di dunia, yaitu Masjid Badshahi. Masjid ini dibangun pada tahun 1671.

Berlokasi di Kota Lahore, masjid ini termasuk salah satu masjid penting dan sering dikunjungi sebagai Tempat Wisata Di Pakistan. Selain itu bangunan ini juga merupakan salah satu bangunan bersejarah sejak masa raja ke-6 Kesultanan Mughal yang bernama Raja Aurangzeb.

Masjid ini memang bukan masjid modern. Namun kemegahan arsitekturnya bisa dilihat dan sangat khas. Masjid memiliki 4 menara di penjurunya. Bangunan ini dibangun dengan tanah lempung dan batu bata serta pualam putih.

7. Masjid Faisal, Pakistan

Masjid Faisal, PakistanMasih di Pakistan, terdapat satu lagi masjid terindah yang terkenal dan menarik untuk dikunjungi. Namanya adalah Masjid Faisal. Masjid ini diberi nama Faisal untuk menghormati Raja Faisal bin Abdul Aziz.

Hal yang menarik dari masjid ini adalah bentuknya yang tidak menggunakan kubah. Masjid ini memiliki bentuk yang unik dan terinspirasi dari tenda suku Arab Badui yang kemudian diolah secara modern.

Baik eksterior maupun interiornya sangat menarik. Arsitektur masjid ini menggunakan arsitektur kontemporer yang unik dan jarang ditemukan di masjid lainnya. Anda yang sedang berkunjung ke Pakistan, wajib mengunjunginya.

8. Masjid Hassanal Bolkiah, Brunei Darussalam

Masjid Hassanal Bolkiah, Brunei DarussalamMasjid berikutnya yang merupakan salah satu masjid terindah di dunia ada di Brunei Darussalam. Namanya adalah Masjid Hassanal Bolkiah. Masjid ini dibangun pada tahun 1994 pada masa pemerintahan Sultan Hassanal Bolkiah.

Masjid ini sangat megah dan juga asri. Di sekitar masjid terdapat tanaman-tanaman hijau yang membuat area masjid lebih nampak sejuk. Hal menariknya lagi adalah kubah masjid yang dilapisi emas 24 karat.

Interior masjid juga sangat megah. Menaranya pun sangat indah. Di dalam Tempat Bersejarah Di Brunei Darussalam ini terdapat beberapa ornamen mewah yang membuat masjid semakin indah.

9. Masjid Sheikh Zayed, Uni Emirat Arab

Masjid Sheikh Zayed, Uni Emirat ArabMasjid selanjutnya ada di Uni Emirat Arab, yang bernama Masjid Sheikh Zayed. Masjid ini memiliki arsitektur bergata Maroko dengan 82 kubah yang cantik. Bangunan masjid sebagian besar berwarna putih.

Warna putih ini didapatkan dari material batu pualam putih yang indah. Kubah terbesar masjid memiliki ukuran diameter mencapau 32,8 meter dan ketinggian 55 meter. Masjid ini sangat megah dan besar.

Area pelataran masjid pun menggunakan batu pualam putih. Menariknya lagi, di sekitar masjid terdapat kolam. Ketika malam hari, lantai akan memantulkan cahaya dan membuat masjid nampak semakin cantik.


10. Masjid Hasan II, Maroko

Masjid Hasan II, MarokoAnda pernah mendengar tentang Casablanca? Di sana terdapat salah satu masjid yang terkenal yang bernama Masjid Hasan II. Masjid ini memiliki menara tertinggi di dunia. Karena menaranya sendiri mencapai 210 meter.

Menariknya lagi, masjid ini berada di dekat laut dan menjorok ke Samudera Atlantik. Sehingga masjid ini terlihat seperti masjid yang terapung di atas laut dan sangat megah.

Ketika malam hari, masjid akan terlihat lebih cantik lagi. Hal ini dikarenakan adanya teknologi laser yang digunakan untuk penerangan. Di beberapa bagian lantai, material yang digunakan adalah kaca, sehingga lautan akan nampak oleh para jamaah.

Demikianlah beberapa masjid terindah di dunia yang menarik untuk dikunjungi. Semoga bermanfaat untuk Anda dan bisa memberikan referensi wisata terbaik.

, , ,
Post Date: Tuesday 23rd, October 2018 / 10:02 Oleh :
Kategori : Asia