11 Wisata Rohani di Yerusalem Terpopuler dan Wajib Dikunjungi

Wisata rohani di Yerusalem – Yerussalem merupakan kota yang memiliki banyak sekali bangunan dan peninggalan bersejarah. Tak terkecuali bagi beberapa agama besar didunia seperti Islam, Kristen dan Yahudi yang menganggap yerusalem memiliki arti penting bagi masing-masing agama tersebut.

Sampai saat ini, status kota ini masih diperdebatkan. Ada beberapa negara yang mendukung Yerusalem masuk kedalam wilayah Israel yang sekaligus menjadi ibukotanya. Di lain pihak Palestina juga mengklaim yerusalem sebagai wilayah dari mereka. Meskipun begitu kota ini masih digunakan sebagai wisata rohani favorit bagi para peziarah dari berbagai negara.

Kota ini memiliki banyak kisah menarik yang tercantum dalam berbagai kitab, dan kota ini juga dianggap sebagai saksi berbagai peristiwa yang merubah dunia. Oleh karena itu, banyak wisata rohani yang bisa anda jeajahi di kota ini. Apa saja ya wisata rohani di kota ini. Yuk simak ulasan wisata rohani di yerusalem berikut ini.

1. Tembok Ratapan  (Wailling Wall)

tembok-ratapanSalah satu tempat wisata rohani di Yerusalem yang paling populer adalah tembok ratapan. Tembok ini dipercaya sebagai salah satu dinding sisa dari salah satu kuil penting umat Yahudi. Dinding ini memiliki tinggi sekitar 19 meter yang tersusun dari susunan batu bata yang  berwarna putih kehitaman. Setiap tahunya ada banyak orang Yahudi yang mengunjungi tempat ini untuk memanjatkan doa.

Disela-sela dinding, anda akan melihat banyak kertas yang merupakan doa dari para peziarah. Diduga dinding ratapan ini sudah ada sejak masa pemerintahan Raja Herodes. Dan disini terdapat bait suci yang sangat penting bgai umat yahudi.

2. Gereja Makam Kudus (Chruch of Holy Sepulchre)

gereja-makam-kudusSelain Walling wall yang sangat disucikan oleh umat Yahudi, di Yerusalem juga terdapat Gereja makam kudus yang juga sangat disucikan oleh umat kristiani. Gereja makam kudus ini dianggap oleh umat Kristen sebagai Golgota, dimana di gereja ini dipercaya sebagai tempat dimana Yesus Disalib.

Tempat suci ini merupakan salah satu gereja yang paling banyak dikunjungi dan sangat penting bagi umat kristiani, selain beberapa tempat wisata di Vatikan. Gerja makam Kudus sudah digunakan untuk ziarah sejak abad keempat dimana disini juga dipercaya sebagai tempat kebangkitan Yesus. Wisata rohani ini jug sangat ramai dan dikunjungi ratusan ribu umat kristiani dari berbagai negara setiap tahunya.


3. Kubah Sakhrah (Dome Of The Rock)

dome-of-rockDome Of Rock merupakan tempat wisata di Yerusalem paling populer dan paling ramai dikunjungi. Ada beberapa tempat di Dome of rock yang memang hanya boleh dikunjungi oleh umat muslim saja, karena di Dome of rock terdapat Masjid Al Aqsa yang merupakan salah satu  tempat yang sangat penting dan suci bagi umat Islam.

Tempat ini memiliki salah satu bangunan yang memilliki kubah berwarna emas, dimana dome of rock menjadi tempat paling berkilau di Yerusallem. Untuk umat non muslim, anda masih bisa menjelajahi beberapa wilayah yang diperbolehkan, dan anda bisa menyaksikanya dari kejauhan, karena, dome of rock, juga cukup indah jika dilihat dari kejauhan.

Kesakralan tempat ini tidak terlepas dari peristiwa – peristiwa besar dibaliknya, dimana bagi umat Islam, tempat ini dipercaya sebagai tempat persinggahan Nabi Muhammad sebelum naik kesurga setelah melakukan perjalan dari Masjidil Haram yang merupakan tempat bersejarah di Mekah. Dan juga dome of rock dipercaya sebagai tempat Ibrahim (Abraham) mengorbankan putranya Ismail dimana kisah ini terdapat dalam kitab dari 3 agama, yaitu Kristen, Islam dan Yahudi.

4. Gereja Church Of Nations

gereja-all-nationGereja ini dirancang oleh arsitek asal Italia Antonio Barluzzi, pada sekitar tahun 1919 hingga 1924. Chruch of Nations bertengger di kaki bukit zaitun dimana gereja ini merupakan gereja yang bergaya Byzantium yang pertama berdiri di yerusalem.

Gereja ini beberapa kali dihancurkan, seperti pada tahun 614, gereja ini hancur oleh serangan orang-orang Persia, kemudian dibangun kembali oleh pasukan tentara salib. Kemudian hancur lagi, namun dipugar kembali hingga sekarang ini.

Di gereja ini terdapat batu yang dipercaya sabagai batu yang digunakan Yesus saat berdoa di taman Getsemani sebelum yesus dihianati oleh Yudas. Nama dari gereja ini diambil dari banyak negara  yang ikut mendanai pembangunanya, dimana ada 12 negara yag ikut mendanai pembangunan negara ini.

5. Makam King David (daud)

makan-raja-daudKing David atau Raja Daud merupakan salah satu Raja yang paling terkenal oleh orang-orang Yahudi maupun Kristen.

Begitu juga dengan umat agama islam, Nabi Daud juga sering disebut dalam Al Quran dan termasuk salah satu Nabi yang diimani oleh umat Islam.

Anda bisa berkunjung ke yerusalem untuk berziarah di makam raja daud, dimana pada awalnya tempat ini adalah gereja gaya Bizantium peninggalan Hagian Zion.

6. Via Dolorosa

via-dolorosaTempat wisata di Yerusalem selanjutnya adalah Via Dolorosa. Via dolorosa sendiri merupakan bahasa Latin yang artinya “Jalan Penderitaan”, yaitu sebuah jalan dimana yesus Kristus sedang memangkul salib berjalan menuju kalvaleri . terdapat empat belas bagian atau yang disebut dengan stasi, dimana kelima bagian terakhir terletak di Gereja Makam Kudus.

Tempat ini merupakan salah satu tempat wajib bagi umat Kristen yang ingin berwisata rohani. Wisatawan bisa mengikuti prosesi jalan salib untuk mengilhami penderitaan Tuhan Yesus yang rela disalib demi menebus dosa-dosa umat manusia. Biasanya jalan salib ini dilakukan pada hari Jumat,, dipimpin oleh seorang Fransiskian dari Italia.

7. Kidron Valley

kidron-vallyTerletak diantara Gunung sion dan bukit zaitun, dimana di lembah ini dipercaya sebagai tempat penghakiman terakhir oleh umat Yahudi.

Lembah ini juga merupakan salah satu situs tertua di Yerusalem, dimana diperkirakan sudah berusia llebih dari 4000 tahun.

Kidron Valley juga dikenal dimana Raja Daud memerintah. Disekitar lembah ini anda bisa mengunjungi juga shiloam dan shiloac pool, dimana ditempat tersebut dipercaya Yesus mendapatkan Mu’jizat bisa menyembuhkan orang buta.

8. Dominus Flevit

dominus-flevitDominus flevit merupakan kata yang berasala dari bahasa latin yang berarti “Tuhan Menangis”. Dirancang oleh seorang arsitek asal italia yang benama Antonio Berluzzi pada tahun 1953. Bangunan ini dirancang menyerupai bentuk air mata tuhan Yesus, sama seperti namanya.

Tercantum dalam Alkitab umat Kristen bahwa ketika Yesus memasuki kota Yerusalem, beliau terkesan akan bait Allah yang akan membuat masa depan kota ini akan hancur. Tempat ini juga merupakan salah satu tempat ziarah favorit bagi umat agama Kristen.

9. Chapel of Ascention

chapel-asccesionMerupakan kapel yang berdiri di Bukit Zaitun, dimana kapel ini merupakan tempat dimana Yesus naik ke surga, yaitu tepat 40 hari setelah kebangkitan Yesus. Didalam Kapel ini anda bisa menemukan telapak kaki yang diduga sebagai telapak kaki Yesus sebelum naik ke surga.

Bangunan ini diperkirakan sudah ada sejak abad ke 3, dimana kapel ini disebut Imbomon yang diambil dari bahasa Yunani. Dimana artinya adalah Diatas Bukit. Chapel of Ascention ini juga sudah beberapa kali direnovasi, hingga menjadi seperti sekarang ini.

10. Garden Tomb


Garden Tomb, merupakan salah satu tempat ziarah bagi umat Kristiani dimana dianggap sebagai makam Yesus. Anda bisa mengeksplor tempat ini dimana terdapat ruang ganda yang bisa anda jelajahi. Sedangakan tempat disekitar Garden Tomb sangat pas untuk memanjatkan doa disini. Garden Tomb ini ditemukan pada tahun 1861

11. Gereja St. Anna dan Kolam Bethesda

Wisata rohani di Yerusalem ini terletak di Muslim quarter. Setelah anda masuk ke pintu domba, anda akan memasuki kompleks gereja dimana disekitar kompleks terdapat halaman yang luas dan taman yang indaha. Sedangkan dibagian paling ujung utara, anda bisa menemukan reruntuhan kolam Bethesda yang juga disebut dalam alkitab.

Didalam gereja para peziarah biasanya diajak untuk bernyanyi. Dan gereja ini juga dipercaya sebagai tempat kelahiran Bunda Maria, Ibu Yesus.

Itu dia wisata rohani di yerusalem yang paling populer untuk dikunjungi. Tetep jaga sopan santun anda ketika mengunjugi tempat-tempat wisata rohani ini dan happy Travelling.

, , ,
Post Date: Saturday 06th, October 2018 / 10:56 Oleh :
Kategori : Asia