Merlion Park, Wisata Favorit Turis Dan Icon Singapore

Merlion ParkMerlion Park – Berkunjung ke Singapore tanpa mengunjungi landmark paling terkenalnya yakni Patung Merlion di Merlion Park rasanya pasti kurang lengkap. Patung berkepala singa dengan badan ikan satu ini memang sudah populer di seluruh penjuru dunia.

Di Singapore sendiri, bahkan terdapat 5 Patung Merlion yang tersebar di wilayah The Lion City ini. 2 patung di Merlion Park, 1 patung di Museum Merlion, 1 patung di Tourism Court dan terakhir di Gunung Faber. Namun Patung Merlion di Merlion Park adalah patung aslinya sehingga kisah sejarah negara Singapore masih sangat melekat pada patung ini.

Sejarah Merlion Park

Merlion merupakan gabungan 2 kata yakni mer yang berarti laut dan lion yang berarti singa, sehingga digabung menjadi singa laut. Merlion sendiri merupakan binatang dari negeri dongeng dengan kepala singa dan badan ikan. Hingga kini Merlion digunakan sebagai icon negara Singapore. Kepala singa menggambarkan Singapore atau kota singa sedangkan badan ikan melambangkan nama Singapore zaman dahulu yakni temasek atau kampung ikan.

Dikisahkan dahulu kala sekitar abad 11 Masehi, Raja Sang Nila Utama dari kerajaan Sriwijaya Sumatera menemukan pulau di wilayah Temasek. Saat turun ke daratan, sang raja menemukan binatang buas berupa seekor singa. Maka sejak saat itulah pulau tersebut diberi nama kota singa atau Singapore.

Merlion StatueSebagai lambang negara Singapore, Merlion Park didesain oleh Badan Pariwisata atau Singapore Tourism Board (BTS) pada tahun 1964. Barulah pada 15 September 1972, Merlion Park resmi dibuka oleh Perdana Menteri Singapore yakni Mr. Lee Kuan Yew di muara Singapore River. Prasasti bertuliskan “Merlion ini didirikan sebagai lambang untuk menyambut semua pengunjung ke Singapura” berdiri tegak di depan Patung Merlion.

Patung Merlion dibuat oleh pemahat asal Singapore bernama Mr. Lim Nang Seng pada November 1971 hingga Agustus 1972. Di Merlion Park terdapat 2 patung Merlion. “The Merlion” atau patung asli ini mempunyai tinggi 8.6 meter dengan bobot 70 ton. Patung Merlion utama ini terbuat dari campuran semen dan dapat menyemburkan air dari mulutnya. Patung lambang Singapura ini menghadap ke arah timur yang dipercaya sebagai pembawa kemakmuran.

Sementara anak patung Merlion atau Merlion Cub berada di dekat patung utama dengan tinggi 2 meter dan berat 3 ton. Badan patung anak Merlion terbuat dari semen sementara kulitnya dari porselen dan matanya terbuat dari cangkir teh kecil warna merah.


Dikarenakan adanya pembangunan The Esplanade Bridge pada tahun 1997, patung Merlion tidak dapat dilihat secara jelas dari Marina Bay. Pada 23 April 2002 patung Merlion dipindahkan ke seberang The Esplanade Bridge dimana Merlion Park berada saat ini. Pemindahan patung Merlion ini menghabiskan dana $7.5 milyar dan diselesaikan pada 25 April 2002.

Pada 28 Februari 2010 antara jam 4 dan 5 sore, Patung Merlion terkena sambar petir. Pegawai Merlion Park mendengar adanya letusan yang diikuti dengan pecahan-pecahan yang jatuh ke tanah. Perbaikannya selesai pada bulan Maret biarpun Patung Merlion baru bisa menyemburkan airnya pada 18 Maret 2010. Patung Merlion dalam masa perbaikan pada 2006 hingga 2012 untuk memperbaiki retakan dan membersihkan noda-noda.

Keindahan Merlion Park

Merlion Park merupakan landmark negara Singapore yang menjadi daya tarik terbesar bagi turis untuk berkunjung. Taman yang berlokasi di One Fullerton, Singapore ini berdekatan dengan Central Business District (CBD). Simbol dari taman ini adalah “The Merlion” yakni makhluk misterius dengan kepala singa dan badan ikan. The Merlion inilah yang menjadi ikon sekaligus penjelmaan Negara Singapore. 

Bagi kamu yang ingin berfoto di depan Merlion dengan background horizon kota bisa memanfaatkan dermaga yang dibangun khusus untuk foto-foto. Dermaga satu ini memang spot terbaik sehingga banyak turis menjadikannya spot favorit. Dari taman ini kamu pun dapat melihat bangunan Marina Bay Sands, Singapore Flyer, Esplanade dan masih banyak lainnya.

Merlion Park in the nightDi Merlion Park banyak kegiatan seru yang dapat kamu lakukan. Seperti berpesiar di sungai menggunakan bumboat dan menjelajah Boat Quay serta Clarke Quay yang berada di sepanjang Singapore River. Pemandangan Merlion Park pada malam hari menjadi pemandangan yang sayang untuk dilewatkan. Apalagi di seberang Merlion Park ada Marina Bay Sands dengan pertunjukan laser dan pertunjukan air Wonder Full yang spektakuler.

Hingga kini Patung Merlion mampu menarik satu juta lebih turis setiap tahunnya untuk datang ke Merlion Park. Para turis biasanya mengambil foto patung kepala singa badan ikan ini di samping One Fullerton yakni taman seluas 2.500 meter. Kamu pun dapat menemukan banyak restoran yang dengan hidangan lezat, lounge hingga klub dansa di sekitar  lokasi Patung Merlion.

 

Jam Buka Merlion Park

  • Merlion Park buka setiap hari selama 24 jam.

Harga Tiket Merlion Park

  • Untuk masuk dan menikmati segala keindahan di Merlion Park kamu tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis.

Akses Menuju Merlion Park

Untuk menuju Merlion Park kamu dapat memilih beberapa alternatif transportasi, diantaranya :

  1. Naik MRT dari Changi Airport

Dari Stasiun MRT Changi, kamu dapat naik MRT green line atau east west line jurusan Tanah Merah. Kemudian turun di Stasiun Tanah Merah. Perjalanan dilanjutkan dengan naik MRT green line jurusan Joo Koon kemudian turun di Rafles Place Station. Setelah itu keluar stasiun melalui Exit B dan berjalanlah menuju Singapore River. Lalu belok kanan dan terus berjalan hingga menemukan Fullerton Hotel. Merlion Park berada di seberang Marina Bay Sands serta bersebelahan dengan Fullerton Hotel.

  1. Naik MRT dari Bugis

Daris Stasiun MRT Bugis, kamu dapat naik MRT green line menuju Marina Bay Sands. Kemudian turun di Raffles Place Station dan keluar melalui Exit B. Perjalanan dilanjutkan menuju Singapore River lalu belok kanan dan terus berjalan hingga menemukan Fullerton Hotel. Merlion Park berada di seberang Marina Bay Sands serta bersebelahan dengan Fullerton Hotel.

  1. Naik MRT dari Harbourfront

Kamu dapat naik MRT purple line yang menuju Punggol dari Harbourfront Stasiun kemudian turun di Outram Park Station. Setelah itu dilanjutkan dengan naik MRT green line yang menuju Pasir Ris lalu turun di Raffles Place Station. Setelah itu keluar stasiun melalui Exit B dan berjalanlah menuju Singapore River. Lalu belok kanan dan terus berjalan hingga menemukan Fullerton Hotel. Merlion Park berada di seberang Marina Bay Sands serta bersebelahan dengan Fullerton Hotel. 


  1. Naik MRT dari Chinatown

Kamu dapat naik MRT purple line yang menuju Punggol dari Chinatown Stasiun kemudian turun di Dhoby Ghaut Stasiun. Perjalanan dilanjutkan dengan naik MRT red line jurusan Marina Bay kemudian turun di Raffles Place Station. Setelah itu keluar stasiun melalui Exit B dan berjalanlah menuju Singapore River. Lalu belok kanan dan terus berjalan hingga menemukan Fullerton Hotel. Merlion Park berada di seberang Marina Bay Sands serta bersebelahan dengan Fullerton Hotel.

  1. Naik MRT dari Queens Sreet Terminal

Kamu dapat berjalan dulu menuju Stasiun Bugis kemudian rute ke Merlion Park sama dengan naik MRT dari Bugis di atas.

Jika kamu berencana berlibur ke Singapore, jangan lewatkan untuk berkunjung ke Merlion Park. Taman dengan ikon Singapore berupa patung kepala singa badan ikan beserta anaknya bernama “cub” ini wajib kamu kunjungi. Bahkan ada ungkapan tidak percaya bahwa pernah ke Singapore jika belum berfoto dengan Patung Merlion.

Sebenarnya masih banyak tempat yang bisa kita jelajahi di negara ini dan negara lainya yang dapat kamu kunjungi seperti ini seperti:

, , , ,
Post Date: Tuesday 13th, February 2018 / 02:44 Oleh :
Kategori : Singapura