6 Oleh Oleh Khas Jeju Island Yang Paling Di Buru Wisatawan

Jeju Island atau Pulau Jeju merupakan salah satu pulau wisata yang sangat terkenal di Korea Selatan. Selain Pulau Nami, Pulau Jeju memang adalah pulau wisata terfavorit. Ada begitu banyak wisatawan yang berkunjung ke sana untuk menikmati keindahan pulau tersebut. Wisatawan yang berkunjung ke sana tentu ingin membeli souvenir dan benda lainnya untuk oleh-oleh. Bagi Anda yang ingin berencana pergi ke Pulau Jeju dan ingin membeli oleh-oleh, berikut ada beberapa oleh oleh khas Jeju Island yang bisa dibeli sebagai souvenir.

1. Jeju Onggi

Jeju OnggiOnggi merupakan sejenis tembikar Korea yang unik. Onggi dimanfaatkan untuk wadah atau tempat makan dan penyimpanan makanan. Onggi sudah ada dari zaman 4.000 hingga 5.000 SM.

Tembikar ini ditemukan di Pulau Jeju dan dapat dimanfaatkan sebagai Oleh Oleh Khas Korea dari Pulau Jeju. Bentuk Onggi sangat tradisional dan sederhana yang akan mengingatkan Anda dengan Korea di masa lalu.

Onggi dibuat dari tanah liat yang disaring lalu dimurnikan. Setelah dibentuk, onggi akan dikeringkan secara alami. Atau bisa juga dibakar di oven agar mengeras. Onggi dari Pulau Jeju memiliki tekstur yang glossy. Hal ini dikarenakan tanah liat pulau Jeji merupakan material yang unik dan memiliki unsur abu vulkanik.

Anda bisa menemukan Jeju Onggi di Jeju Doye-chon yang merupakan salah satu tempat pembuatan onggi sekaligus tempat yang biasa menjual onggi. Onggi di sana diciptakan dengan kualitas yang baik. Di sana juga ada informasi mengenai sejarah onggi. Sehingga Anda bisa sekalian mempelajari sejarah mengenai onggi ini.

2. Jeju Gamgyul Gwajul

Jeju Gamgyul GwajulOleh oleh khas Jeju Island lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah dari jenis makanan. Salah satunya bernama Jeju Gamgyul Gwajul. Oleh-oleh ini merepresentasikan Pulau Jeju itu sendiri yang terkenal dengan tanaman jeruk dengan berbagai varietasnya yang cukup banyak.

Pulau Jeju itu sendiri sekitar 85%-nya adalah petani jeruk. Jenis jeruk yang paling terkenal di Jeju adalah Gamgyul Jeju atau yang dikenal dengan istilah tangerine. Jeruk jenis ini kemudian diolah menjadi berbagai jenis makanan, snack, dan minuman yang lezat dan cocok untuk oleh-oleh.

Snack terbaik untuk oleh-oleh adalah Jeju Gamgyul Gwajul. Makanan ini adalah lahan jeruk yang dibuat dengan gandum dan madu. Kue ini merupakan camilan ringan yang cocok untuk dibawa pulang. Rasanya renyah dan manis. Makanan ini juga cukup mudah ditemukan di Pulau Jeju. Karena hampir setiap pasar tradisional maupun supermarket menjualnya.


3. Omegi Tteok

Omegi TteokOleh oleh khas Jeju Island lainnya yang berupa makanan adalah Omegi Tteok. Makanan ini adalah sejenis kue beras yang spesial di Pulau Jeju. Makanan ini juga termasuk salah satu makanan favorit penduduk setempat yang mungkin akan membuat Anda penasaran.

Untuk wisatawan sendiri, makanan ini cukup sering dijadikan buah tangan. Bentuk maknana ini adlaah bulat dan dibuat dari adonan ketan. Adonan ini kemudian direbus dan diberikan kacang tumbuk untuk balutan luarnya.

Bahan-bahan lainnya biasanya juga ditambahkan untuk memberikan rasa dan warna agar makanan lebih menarik. Makanan ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasanya manis. Cocok untuk Anda yang suka camilan manis. Omegi Tteok juga mudah ditemukan, baik di supermarket atau di pasar tradisional Jeju Island.

4. Dol Hareubang

Dol HareubangSouvenir yang dapat dijadikan oleh oleh khas Jeju salah satunya adalah Dol Hareubang. Souvenir unik ini jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti kakek batu atau patung kakek. Mengapa dinamai demikian? Karena bentuknya memang adalah sebuah patung dari batu.

Dol Hareubang adalah sebuah simbol dari Pulau Jeju, karena patung kakek ini hanya bisa ditemukan di Jeju Island. Patung ini biasa dibuat dair batu vulkanik atau batu basalt dari sekitar Pulau Jeju. Inilah yang menjadikan souvenir ini menarik.

Kakek dalam patung ini tergambar denagan cukup unik, yaitu kakek yang memegang perut dengan kedua tangan dan menggunakan topi. Patung memiliki warna yang gelap atau abu-abu sesuai dengan warna kebanyakan batu. Patung ini juga cukup banyak dijadikan gantungan kunci atau souvenir kecil lainnya. Anda bisa menemukannya di Pasar Olle Seogwipo dan Pasar 5 Hari Jeju.

5. Postcard Jeju Island

Postcard Jeju IslandAnda mungkin saja adalah seorang yang suka mengoleksi kartu pos alias postcard dari berbagai daerah bahkan negara yang Anda kunjungi? Atau mungkin Anda memiliki teman atau saudara yang hobi mengoleksi kartu pos? Oleh-oleh ini pasti cocok untuk dibeli dan diberikan kepada mereka.

Postcard atau kartu pos memang sangat unik. Dimana kartu pos bisa menampilkan pemandangan indah dari suatu daerah dan bisa digunakan untuk berkirim pesan. Walau saat ini mungkin sudah jarang ada orang yang berkomunikasi via postcard, cukup banyak kolektor postcard dan perangko yang suka membelinya.

Jika Anda berada di Jeju Island, tidak ada salahnya membeli kartu pos dengan pemandangan indah dari Jeju Island. Ada cukup banyak jenis kartu pos yang bisa Anda beli. Kadang dijual secara eceran, dan kadang dijual per pak. Sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.

6. Hallabong Mandarin Orange

Hallabong Mandarin OrangeSeperti yang dijelaskan di atas, Pulau Jeju yang merupakan Tempat Wisata Di Korea Selatan ternyata terkenal dengan penghasil buah jeruk. Sehingga tidak ada salahnya jika Anda berbelanja jeruk saat berada di Jeju Island dan menjadikannya sebagai oleh oleh khas Jeju Island.

Jeruk yang juga terkenal adalah jenis Hallabong Mandarin Orange. Jeruk ini hanya akan muncul saat musim dingin. Sehingga jeruk ini adalah jeruk yang cukup unik. Sementara itu di musim lainnya, jeruk ini tidak berbuah.

Jika Anda kebetulan sedang berwisata di musim dingin, Anda bisa membeli jeruk ini. Akan tetapi, untuk mencegah busuk, belilah di hari terakhir Anda berada di Pulau Jeju. Agar ketika sampai kembali di tanah air, jeruk ini masih layak untuk dimakan. Untuk dapat membeli jeruk Hallabong ini Anda bisa berkunjung langsung ke perkebunan jeruk yang menanamnya dan membelinya dalam ukuran per kilogram.


Itulah beberapa souvenir dan snack dari Pulau Jeju yang bisa dijadikan oleh-oleh khas dari Pulau Jeju. Selain ada souvenir, juga ada beberapa jenis makanan ringan. Walau sekilas makanan ringan tersebut terbuat dari bahan alami khas Pulau Jeju, Anda perlu mencari tahun terlebih dahulu apakah makanan tersebut halal untuk wisatawan muslim. Karena tentu di Korea Selatan sendiri pasti akan cukup sulit untuk menemukan makanan halal. Maka dari itu jika Anda ingin membeli oleh-oleh dalam bentuk makanan, pastikan kehalalannya terlebih dahulu.

Demikianlah penjelasan mengenai oleh oleh khas Jeju Island. Semoga penjelasan di atas bisa memberikan Anda referensi wisata di Jeju dan wisata belanja yang ada di sana. Pulau Jeju memang merupakan pulau wisata terbaik di Korea. Tempat ini juga merupakan Tempat Paling Romantis Di Korea Selatan yang cocok untuk bulan madu. Selamat berlibur.

, , , ,
Post Date: Wednesday 15th, August 2018 / 02:10 Oleh :
Kategori : Korea Selatan