13 Oleh – Oleh Khas Korea Yang Harus Dibeli Jika Berwisata ke Korea Selatan

Aksesori oleh-oleh Korea SelatanKetika ingin berwisata, negara mana yang muncul pertama kali di pikiran Anda? apakah tempat wisata di Paris, Perancis, tempat wisata di Korea Selatan, tempat wisata di Singapura, tempat wisata di Malaysia, tempat wisata di Amerika Serikat, dan lain-lain yang muncul di pikiran Anda?

Tempat-tempat wisata di berbagai negara memang memberikan daya tariknya sendiri. Masing-masing tempat memiliki landmark utama sebagai ikon wisata, misalnya Korea Selatan, negara yang sangat terkenal berkat gelombang Hallyu, K-Pop ini memiliki berbagai tempat belanja yang jadi daya tarik wisata wisatawan dari berbagai dunia.

Barang-barang yang mereka cari sangat unik, berikut beberapa barang yang populer di kalangan wisatawan. Barang-barang ini pasti dicari oleh mereka, mau ikutan?

  1. Kosmetik

Oleh-oleh dari Korea Selatan

Sudah melihat kosmetik Korea Selatan yang sedang booming di berbagai negara termasuk Indonesia? bagaimana jika kosmetik tersebut Anda beli langsung dari negara asalnya?

Beberapa wisatawan jika berkunjung ke Korea Selatan tak ingin melewatkan wisata belanja kosmetik, mereka akan mendatangi gerai-gerai kosmetik bermerk di Korea Selatan. Alasan kenapa membeli langsung di negara asalnya, tentu saja harganya lebih miring daripada kosmetik yang sudah diimpor di Indonesia. Di samping itu, bisa merasakan belanja kosmetik di negara pembuatnya pasti memberikan pengalaman yang berbeda.

Anda bisa berbelanja kosmetik di Korea Selatan dengan bebas jika berada di area pusat perbelanjaan terkenal seperti Myeongdong, Dongdaemon, dan lain sebagainya. Di area tersebut, berdiri banyak sekali toko-toko fashion dan juga kosmetik yang pastinya akan menjadi surge belanja bagi yang membutuhkan kosmetik.

2. Pernak-pernik Hallyu

Bagi yang suka dengan salah satu bintang hallyu, pernak Pernik hallyu nggak boleh dilewatkan. Selebritis Korea Selatan selama lima tahun belakangan menjadi daya tarik yang sangat luar biasa untuk menarik wisatawan luar negeri datang ke negara ginseng itu, karenanya hal ini juga menjadi kesempatan bagi industri aksesori untuk menciptakan souvenir-souvenir yang berhubungan dengan bintang-bintang hallyu kesayangan mereka.

Anda bisa mendapatkan CD, DVD, buku-buku, kaos, jaket, lightstick, dan aneka pernak-pernik lainnya dengan mendatangi gerai resmi dari manajemen artis terkait, seperti Everysing, SM Pop-up Store, YG Shop, dan K-Story. Bisa juga memberi barang-barang tersebut di toko-toko bebas seperti di Insadong, Myeongdong, Namdaemun dan Dongdaemun yang membuka gerai khusus K-Pop.

3. Snack Korea

Banyak orang tidak ingin melewatkan kesempatan jajan snack Korea selama berwisata ke Korea Selatan. Bagi yang muslim, jangan khawatir, karena di Korea Selatan juga dijajakan banyak sekali cemilan halal untuk wisatawan beragama islam.


Bermacam-macam snack dijajakan di berbagai area perbelanjaan, street food mudah juga ditemukan di pusat-pusat keramaian. Anda bisa membelinya snack-snack tersebut dengan harga terjangkau.

4. Kimchi

Masakan tradisional Korea Selatan Kimchi adalah masakan tradisional yang paling popule rdi kalangan wisatawan yang pasti ingin dicicipi. Tidak sedikit dari wisatawan yang ingin mencicipi masakan asli korea langsung datang ke restoran autentik Korea.

Bila Anda ingin membawa pulang, jangan khawatir, sekarang sudah banyak kimchi yang dikemas dengan plastik dan juga di dalam botol kaca yang dijual di toko-toko kuliner dan restoran terpercaya. Bila Anda ingin membelinya dan membawanya pulang, pastikan terlebih dahulu bahwa segel botol dan plastik kemasan kimchi yang Anda beli tersegel dengan rapi dan anti bocor. Dengan begitu, Anda bisa membawa pulang semua itu dengan aman.

5. Ginseng

Ginseng dari negara Korea Selatan biasa menjadi oleh-oleh para wisatawan yang percaya dengan kualitasnya untuk kesehatan. Sayangnya, ginseng bukanlah jenis oleh-oleh yang dijual dengan harga murah, jadi tidak semua wisatawan bisa membeli dan membawanya pulang dengan bebas. Meskipun begitu, bagi Anda yang ingin merasakan kehangatan ginseng khas Korea, bisa membeli yang sudah diolah menjadi makanan, minuman atau obat tradisional yang dijajakan di toko-toko tertentu.

6. Teh Korea

Banyak wisatawan yang penasaran seperti apa rasa teh asli Korea Selatan, karenanya teh juga menjadi oleh-oleh yang populer di kalangan wisatawan. Jenis teh yang populer antara lain teh Pulau Jeju bernama teh lima rasa (omija), teh dengan campuran beras (brown rice tea), citroen tea, teh ginseng dan aneka teh lainnya yang bisa didapatkan di toko-toko tertentu seperti minimarket dan supermarket. Harga teh dalam satu paketnya KRW 15.000 isi 10 kantong.

7. Peralatan makan ala Korea

Salah satu benda yang dicari-cari wisatawan dan dijadikan oleh-oleh ialah peralatan makan ala korea yang terdiri atas sendok dan sumpit khas Korea, ada juga yang membawa pulang ramyeon pot atau panci masak mie yang terbuat dari tembaga, ada juga yang tertarik dengan dolsot yang berupa mangkuk untuk menyajikan makanan seperti bibimbab.

Selain peralatan makan, ada juga yang tertarik membawa pulang peralatan minum teh. Harganya bervariasi, tergantung jenis yang dipilih. Barang-barang unik tersebut dapat dibeli di area Namdaemun dan Insadong. Di sana, ada banyak sekali barang kerajinan seperti peralatan makan yang dijajakan dengan harga terjangkau.

8. Hanbok

Hanbok juga menjadi salah satu oleh-oleh yang dicari banyak wisatawan karena bisa menjadi salah satu oleh-oleh khas dari Korea Selatan. Harga hanbok kira-kira KRW 150.000 untuk wanita, dan untuk laki-laki kira-kira KRW 130.000. Harganya semakin mahal bila kualitas bahan dan ornamennya semakin bagus.

9. Aksesoris

Aksesoris lucu seperti jepit rambut, bando, kalung, cincin, dan lain sebaginya banyak dibawa pulang oleh wisatawan dari Korea Selatan. Selain mudah ditemukan, barang-barang yang dijual di pusat perbelanjaan seperti Myeongdong, Dongdaemun, Hongdae dan Sinchon ini memiliki desain yang benar-benar bikin orang jatuh cinta. Harga jualnya mulai dari KRW 3.000.

10. Kaligrafi

Ada juga Kaligrafi di Korea Selatan, kaligrafi khusus Korea Selatan jelas memiliki ciri khasnya sendiri. Anda pun bisa membeli peralatan kaligrafi di Korea Selatan sebagai barang oleh-oleh terutama buat kamu yang hobi membuat kaligrafi di rumah. Salah satu toko kaligrafi terkenal di Korea Selatan ialah toko Bangwon Calligraphy, di Insadong. Harga peralatannya berkisar antara antara KRW 3.000 hingga KRW 80.000. Sementara harga jual kaligrafi tradisional Korea yang sudah jadi harganya sekitar KRW 1.000 hingga KRW 40.000.

11. Kartu pos

Kartu pos populer di kalangan traveler. Kartu pos dengan desain unik, bisa ditemukan di toko suvenir hingga supermarket. Area yang bisa jadi rujukan utama ialah area Insadong.

Selain bisa menjadi oleh-oleh ringan untuk dibawa pulang traveler, kartu pos juga bisa menjadi oleh-oleh teman yang suka fotografi dan bisa juga dijadikan koleksi khusus dari perjalanan Anda.


12. Kipas khas korea

Salah satu aksesoris yang banyak dicari dari Korea Selatan ialah kipas khas Korea, di mana ada dua jenis kipas khas Korea Selatan yaitu kipas bulat dan kipas lipat. Lokasi utama yang bisa dijadikan rujukan buat membeli kipas khas Korea ialah pusat perbelanjaan Insadong. Anda bisa menemukan berbagai ukuran kipas yang dibanderol dengan harga murah sampai berharga mahal.

Kipas Khas Korea populer di kalangan wisatawan karena masing-masing memiliki corak dan karakter yang istimewa.

13. Baju dan sepatu

Baju dan Sepatu atau fashion adalah jenis barang nomor satu dalam kolom pencarian barang yang bisa dijadikan oleh-oleh di Korea Selatan di samping kosmetik. Baju dan sepatu menjadi pilihan oleh-oleh yang diinginkan banyak orang karean desain sepatu dan baju Korea Selatan terkenal dengan stay tunenya, unik, lucu, dan trendi. Barang-barang couple akan jadi pilihan yang dijadi pasangan wisatawan ketika datang ke Korea Selatan, karena barang-barang couple dari Korea Selatan benar-benar romantis, misalnya couple T-Shirt atau couple hoodie, couple sweaters dan lainnya.

, , ,
Post Date: Monday 26th, March 2018 / 04:21 Oleh :
Kategori : Korea Selatan