26 Tempat Wisata Di Taiwan Yang Terkenal Dan Wajib Dikunjungi

Taiwan merupakan salah satu negara yang memiliki wilayah yang tidak begitu luas. Terletak di Asia Timur yang merupakan negara kepualan yang berada di tengah laut China Selatan. Meskipun begitu, Taiwan memiliki bentang alam yang cukup mengaggumkan, mulai dari ngarai yang berkelok-kelok ,pegunungan berkabut  hingga pantai tropis yang begitu eksotis. Hal itu juga pernah diungkapkan oleh  Pelaut Portugis ketika menempuh perjalanan menuju Jepang, dan singgah di Taiwan pada akhir abad ke-16, yang menganggap Taiwan sebagai “Ilha Formosa,” atau pulau yang indah.

Selain memiliki bentang alam yang begitu beragam, Taiwan juga memiliki bangunan-bangunan yang memiliki nilai historis yang bagus. Taiwan juga memiliki warisan budaya , yaitu perpaduan dari budaya seperti  Belanda, Cina, Jepang, Aborigin dan modern. Jangan lewatkan untuk menikmati makanan khas Taiwan seperti Beef Noodle, Ba Wan,Lu Roi Fan, Tian Bu La, Guao Bao dan masih banyak lagi yang bisa anda cicipi disini. Juga mampir di pasar oleh-oleh untuk sekedar jalan-jalan atau membeli souvenir khas Taiwan untuk sanak saudara anda di rumah. Daripada penasaran, Yuk kita lihat tempat wisata di Thailand yang wajin anda kunjungi.

Taipei 101

Taipei 101Taipei 101 adalah salah satu tempat yang wajib anda kunjungi jika berlibur di Taiwan. Terletak di distrik Xinyi, Taipei dan merupakan sebuah gedung dengan tinggi 509 meter. Gedung ini sebenarnya bernama Taipei Internatoinal Finance yang memiliki 101 lantai, sehingga juga disebut Taipei 101.

Taipei 101 juga dinobatkan sebagai gedung tertinggi di Taiwan dan juga Gedung tertinggi di dunia, setelah Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab. Memiliki bangunan seperti pagoda-pagoda tiongkok pada umumnya, namun dibalut dengan sentuhan modern yang sangat artistik. Sehingga berkesan sebuah perpaduan yang indah dan sempurna. Wah, sangat cocok bukan untuk dijadikan latar belakang berfoto selfie.

Oke, Setelah anda puas berselfie dengan latar belakang gedung ini, Anda juga jangan lewatkan untuk masuk ke dalam gedung ini, dan nikmati pemandangan Kota Taipei dari atas ketinggian yang pasti sangatlah menakjubkan. Nggak kebayang kan, berdiri di puncak gedung tertinggi ke-dua di dunia. Untuk mencapai puncak gedung, tersedia lift yang diklaim sebagai lift tercepat di dunia.

Anda bayangkan saja, kecepatan lift ini mencapai 63 km/jam. Anda tak perlu waktu lama untuk mencapai puncak dari gedung ini. Gedung ini juga dilengkapi dengan fasilitas internet dengan kecepatan 1 GB per detik. Sangat fantastis bukan? Anda juga tidak perlu khawatir jika terjadi gempa atau terjadi angin topan ketika berada diatas gedung. Karena gedung ini terdapat pendulum yang berguna untuk menstabilkan ketika terjadi bencana alam. Nah, tidak ada hal yang perlu diragukan lagi kan. Tiket masuknya juga tidak terlalu mahal. Berikut tiket untuk masing-masing kategori.

  • Tiket Masuk
    • Dewasa : NTD 500 (seitar Rp. 204 ribu)
    • Anak-anak tinggidi atas 115 sentimeter dan pelajar : NTD 450  (sekitar Rp 183 ribu).
    • Anak-anak tinggi di bawah 115 sentimeter : Gratis
    • Grup  dengan anggota 20 orang : NTD 450 (sekitar Rp 183 ribu)
    • Priority Pass : NTD 1,000  (sekitar Rp 408 ribu).
  • Jam buka : Setiap hari  (jam 9 pagi hingga 10 malam)

Yangmingshan National Park

Yangmingshan National ParkTempat yang juga sangat direkomendasikan ketika liburan di Taiwan adalah Yangmingshan National Park. Terletak hanya sekitar 30 menit dari pusat kota Taipei. Disini anda akan disuguhkan indahnya pemandangan alam padang rumput dengan latar belakang pegunungan dan tebing-tebing terjal yang menawan.

Disarankan anda kesini pada musim semi yaitu antara bulan Februari sampai Maret. Anda bisa menikmati indahnya bunga sakura yang sedang mekar.dan sangat mantap sekali jika dijadikan salah satu background untuk berfoto selfie. Tapi untuk anda yang terlanjur memesan tiket pada bulan selain diatas, anda tidak perlu kecewa, karena anda masih bisa menikmati indahnya bunga yang berwarna-warni, mandi di tempat pemandian air panas dan melihat fumarol dan belerang.

Tempat ini juga membuka jalur hiking untuk anda yang suka mendaki. Dan di taman ini juga terdapat sekitar 150 spesies kupu-kupu yang bisa anda temui di puncak gunung. Menarik bukan? Satu hal yan menarik disini adalah anda tidak dipungut biaya apapun untuk masuk ke Taman ini. Tapi tetap jaga kebersihan ya.

Martyr Shrine

Martyr ShrineMerupakan salah satu tempat yang paling bersejarah di Taiwan. Tempat ini merupakan salah satu kuil yang dibangun untuk menghormati para pahlawan Taiwan yang telah mengorbankan nyawa demi negaranya. Dimana pada perang Dunia ke-II, Negara ini didudukoi oleh Jepang, dan lebih dari 200 ribu penduduk dipaksa untuk melayani jepang.

Kuil ini dibangun pada tahun 1969 dan terletak di Gunung Chingsan. Selain anda bisa mengetahui sejarah serta semangat para pahlawan Taiwan, anda juga bisa menikmati indahnya pemandangan di bawah Gunung Chingsan yang mengalir Sungai Keelung yang indah. Dan satu lagi. Kuil ini juga tidak dipungut biaya untuk anda yang ingin berkunjung disini.

  • Jam Buka : Setiap hari jam 09.00 – 17.00
  • Tiket Masuk : Gratis

Taipei Story House

Taipei Stoey HouseMerupakan sebuah rumah yang terletak di museum Taipei Expo Park, yang letaknya tidak jauh dari Yuanshan Station, Taipei. Bangunan ini dibuat oleh Chen chao cun pada tahun 1913 hingga 1914. Dulu bangunan ini bernama Yuanshan Manshion, dimana pada awalnya dipergunakan sebagai tempat untuk menjamu para tamu penting yang berkunjung  kesini.

Namun, sekarang rumah ini digunakan sebagai museum teh dan beberapa sejarah dari wilayah ini. serta dapat dinikmati oleh siapa saja, termasuk anda jika ingin liburan ke Taiwan. Rumah ini dibuat dengan kombinasi batu-bata dan sebuah tangga yang mirip seperti tangga di pagoda yang digunakan untuk menuju lantai atas dimana lantai tersebut terbuat dari kayu. Serta pintu masuk bergaya klasik dengan gagang pintu yang unik. [

  • Jam Buka :  Selasa – Minggu (10 00 sampai 18.00) dan Teahouse (10 00  – 21.00)
  • Tiket Masuk: NTD 50 (sekitar Rp 20 ribu).

Chiang Kai Shek Memorial Hall

Chiang Kai ShekTerletak di 21 Zhongshan South Road, Zhongzheng district, Taipei. Merupakan sebuah monumen yang dibangun untuk memperingati presiden pertama Taiwan, yiatu Chiang Kai Sek. Memiliki pintu gebang besar dengan warna biru di depanya, dan setelah masuk anda akan disuguhkan taman indah yang luas dengan perpaduan rumput hijau, taman bunga dan dua buah bangunan dengan desain China modern.

Disini juga terdapat pergantian prajurit penjaga seperti yang ada di Buckingham Palace. Anda dapat menikmatinya di jam-jam tertentu. Selain itu disini juga terdapat gedung pertunjukan dan gedung teater yang juga anda beruntung, anda bisa menyaksikan pertunjukan di tempat ini.

  • Jam Buka : setiap (9 pagi sampai jam 6 petang).
  • Tiket Masuk : Gratis

Kaosiung Historical Museum

Historical Museum Fo GuangTerletak di 272 Chung Cheng 4th Rd. Kaohsiung. Tepatnya ditepi Sungai Love river. Museum ini merupakan tempat terbaik untuk mempelajari sejarah dari kota Kaohsiung. Memiliki 4 ruangan pameran utama diantaranya yaitu ruangan Insiden 29 Februari Kaohsang, Terbentuknya peta kota Kaohsiung, Sejarah kota tua, dan sejarah teater wayang di Kaohsiung. Selain itu, terkadang terdapat beberapa pameran tambahan yang biasanya berlangsung berbepa bulan.

Museum ini memiliki bangunan yang cukup luas dan sangat mengesankan. Disini juga disediakan tour guide dalam berbagai bahasa. Dan satu lagi, untuk biaya masuk ke museum ini tidak dipungut biaya alias gratis.

  • Jam Buka: Selasa – Jum’at (09.00 – 17.00), Sabtu-Minggu (09.00 –21.00)
  • Tiket Masuk : Gratis 

Shousan Zoo

Shousan ZooKebun Binatang Shoushan terletak di Distrik Gushan, Kaohsiung. Merupakan kebun binatang terbesar di Taiwan Selatan. Anda bisa melihat binatang dari seluruh dunia seperti dari Afrika, Asia, Amerika maupun Australia .

Kebun binatang ini memiliki lebih dari 80 spesies satwa langka dan cantik seperti gajah Afrika, harimau Bengal, panda merah, beruang madu Malaya, singa, antelop India dan beruang hitam Formosa serta lebih dari 100 tanaman internasional. Shousan Zoo merupakan tempat konservasi, penelitian dan pendidikan satwa liar. Kebun binatang ini adalah tempat yang ideal untuk pergi bagi anda sekeluarga.

  • Jam buka: Selasa – Minggu (09:00 – 17:00) ;  Senin dan Malam Tahun Baru China ditutup ;
  • Tiket Masuk:
    • Tiket Reguler: NTD 40
    • Tiket Diskon: NTD 20
    • Anak di bawah 6 tahun: GRATIS
    • Diskon 20% untuk pembelian 20 tiket atau lebih

 

Kaohsiun city Lotus Lake

Lotus lake kousiunDanau Lotus terletak di Kaohsiung Utara tepatnya di distrik Zuoying. Distrik ini selalu menjadi bagian dari sejarah Kaohsiung. Dimana distrik ini dijadikan sebagai pelarian komunitas besar orang Cina Nasionalis yang melarikan diri ke Taiwan dari China, setelah pengambil alihan Komunis China pada tahun 1949. Karena sejarah ini, Danau Lotus memiliki beberapa bangunan yang lebih berhubungan dengan budaya Tionghoa yang lebih tua.

Danau ini dikelilingi oleh jalur kaki / sepeda dan jalan yang mengelilingi danau sekitar 3km. danau ini adalah tujuan wisata bagi anda yang ingin menemukan tempat yang sepi untuk bersantai dengan pemandangan danau yang indah. Ada juga 8 candi yang terdapat di daerah sekitar danau yang selalu ramai ketika menjelang perayaan tahun baru imlek disini.

Dimulai di ujung barat daya danau, terdapat dua Pagoda Harimau Naga yang megah. Anda bisa masuk kedalam pagoda melalui mulut naga dan keluar melalui mulut harimau. Lanjut berjalan menyusuri danau anda akan menemukan pagoda musim semi musim gugur. Dan juga anda bisa berjlana ke Jembatan yang membawa anda ke Arbor Wul, yang berada di tengah danau. Dari  sini, anda bisa menikmati pemandangan Danau Lotus, kota, dan Gunung Turtle yang indah.

Dome of Light

Dome of LightDome of Light dirancang oleh Narcissus Quagliata, yang merupakan seorang seniman dari Italia. Merupakan sebuah lingkaran yang terdapat di stasiun bawah tanah kaongsiung. Memiliki diameter 30 meter dengan seni kaca yang terdiri dari lebih dari 4.500 panel kaca dan memiliki luas 660 meter persegi.

Pengerjaan bangunan ini berlangsung selama empat tahun. Di kubah panel kaca terdapat lukisan yang menceritakan siklus hidup manusia dalam empat energi yang berbeda,  Air melambangkan Rahim, Hidup, Bumi melambangakan Kesejahteraan dan Pertumbuhan, Cahaya melambangkan Roh, dan Api melambangkan kehancuran dan terlahir kembali. Dome of Light merupakan stasiun bawah tanah terindah kedua didunia.

E-DA World

EDA WorldTerletak tepat di sebelah Gunung Quan Yi, Koungsiung. E-DA World merupakan salah satu tempat liburan terbaik di Taiwan selatan. Tempat ini juga satu-satunya kompleks di seluruh Taiwan yang berisi bebagai fasilitas yang lengkap seperti liburan, perawatan kesehatan, pendidikan, seni, budaya, dan belanja .

Tempat ini adalah satu-satunya lokasi di Taiwan yang menggabungkan restoran berbintang lima, tempat perbelanjaan yang luas, dan atraksi taman hiburan menjadi satu kesatuan liburan yang sempurna untuk keuarga anda. Jika anda mampir kesini anda bisa menjadikan EDA World sebagai latar belakang untuk foto selfie anda, karena bangunan disini sangat unik, seperti mainan.Anda juga bisa menaiki Ferris Wheel untuk melihat pemandangan seulurh komplesk E-DA Wolrd yang megah.

Paoan Temple

Paoan templeMerupakan kuil yang sangat populer di Taipei. Kuil ini dibangun pada tahun 1760 yang diperuntukan untuk menyembah sang dewa Paosheng, yaitu dewa penyembuhan dan pengobatan. Karena termakan usia, pada tahun 1805 Kuil ini harus diperbaiki agar bisa digunakan lagi sebagai tempat untuk beribadah.

Kuil ini juga dipercaya sebagai tempat meminta kesehatan dan kesejahteraan. Dan terkadang, kuil ini mengadakan festival untuk membuat meriah suasana dan biasanya sebagai persembahan untuk sang dewa.

Sun Lake Moon

Sao Moon LakeMerupakan sebuah danau yang diklaim jadi danau terbesar di Taiwan. Disini tersedia fasilitas cable car, Anda bisa menaikinya untuk melihat pemandangan danau tersebut dari atas ketinggian. Selain itu anda bisa menyewa perahu yang telah disediakan disini, untuk menyusuri dan menikmati keindahan danau Sun Lake Moon.

Namun anda tidak diperbolehkan untuk berenang di danau ini, kecuali saat ada Festival Swimming Carnival of Sun Moon, yang merupakan festival tahunan yang diaakan pada musim gugur. Di sore hari, suasana danau ini cukup syahdu. Apalagi jika anda datang ke sini dengan pasangan anda. Sambil menikmati matahari yang akan tenggelam dan pemandangan danau yang berlatar belakang pegunungan hijau dibelakangnya, menambah kesan romansa tersendiri untuk anda.

Longshan Temple

Longshan TempleTempat ini juga merupakan tempat terwajib yang harus anda kunjungi saat berlibur ke Taiwan. Kuil ini juga merupakan kuil tertua di Taiwan. Terletak tidak jauh dari pusat kota Taipei, membuat anda tidak perlu kesulitan untuk datang kesini.

Kuil ini memeiliki interior yang sangat menggumkan.dengan ornamen-ornamen yang khas dan tampak begitu indah. Untuk masuk disini anda tidak perlu membayar, namun anda harus menjaga sopan santun dan kesakralan dari kuil ini. Karena sampai sekarang masih dipergunakan untuk berdoa. Anda bisa berfoto dengan menggunakan kuil ini sebagai latar belakang yang ciamik dan tentu saja bekelas.

  • Jam buka: Setiap Hari (09:00 – 22:00) ;  Malam Tahun Baru China ditutup ;
  • Tiket Masuk: Gratis

Sizihwan

ShizihwanSizih Bay (Sizihwan) terletak di sebelah barat Kota Kaohsiung. Tepatnya berada diantara Pulau Wanshou Shan dan Chichin, Sizih Bay adalah pantai berpasir dan dengan formasi karang yang indah di garis pantai.

Tempat ini terkenal dengan pantainya yang indah. Di musim panas, pantai di Sizihwan penuh dengan aktivitas, dimana banyak wisatawan yang berjemur dan bermain bola voli. Pantai ini juga dikenal dengan air biru nya yang bening berkilau, sunset yang indah, dan terumbu karang yang masih asri dan alami. Sunset di  Sizih Bay (Sizihwan) juga diakui sebagai salah sunset terbaik di Kaohsiung.

Selain bisa menikmati pantainya yang indah, anda juga bisa pergi ke Museum sejarah yang berada di sisi bukit, yang dulunya museum tersebut adalah bangunan bekas Konsulat Inggris, yang dibangun pada masa Dinasti Qing. Bangunan ini direnovasi kemudian dibuka untuk umum pada tahun 1985. Di museum ini anda bisa melihat berbagai dokumen kuno dan penggambaran peristiwa sejarah di Taiwan, foto, rencana bangunan, peta taktis, artefak, dan sebagainya.

  • Tiket Masuk :
    • NTD 70 / orang dewasa
    • NTD 30 / anak (anak di bawah 120cm)

Pier 2 Art Center

Pier 2 ArtTerletak sangat dekat dengan Stasiun MRT Yanchengpu, sehingga anda tidak mungkin tersesat untuk sampai kesini. Dari stasiun MRT manapun, pergilah ke Sizihwan di kereta Orange Line dan turun di Stasiun MRT Yancheng; Tarif tergantung jarak tempuh. Pergilah ke Pintu Keluar 1 dan berjalanlah lurus di sepanjang Jalan Dayong sekitar 5 menit. Makan anda akan sampai disini.

Merupakan tempat rekreasi yang harus dikunjungi selama Anda di liburan di Taiwan khususnya di kota Kaohsiung. Pusat seni ini memiliki banyak karya-karya  dari para seniman lokal. Apalagi, Pier 2 Art Center tidak terlalu membutuhkan banyak uang, menjadikannya sebagai wisata dengan kategori budget-friendly. Jadi, jika Anda merencanakan perjalanan ke Kaohsiung, pastikan untuk mampir di Pier 2 Art Center!

Wisatawan biasanya berkunjung pada malam hari karena matahari siang terasa sangat panas, terutama di musim panas. Pier 2 Art Center adalah tempat untuk semua orang, mulai dari wisatawan mewah, pasangan, keluarga, dan bahkan pelancong solo. Anda juga bisa mengambil kesempatan untuk berselfie daei  berbagai sudut di pusat seni ini. Disini anda bisa bersepeda untuk berkeliling si tempat ini. Tempat penyewaan sepeda tersedia di sini harganya rata-rata 100-200 TWD.

Kenting National Park

Kenting beachKenting  terletak di ujung selatan Taiwan,  merupakan salah satu dari tiga spot terpopuler bagi wisatawan di Taiwan. Kota ini memiliki taman nasional, pantai yang indah, kawasan perlindungan ekologis, desa tua, perbukitan hijau, dan pelabuhan perikanan.

Juga jangan lupa kunjungi Hengchun Peninsula yang merupakan salah satu pulau yang paling indah di Taiwan.

Berikut pantai-pantai di Kenting National Park yang bisa anda kunjungi: 


  • Baisha Beach : Terletak di teluk Baisha sekitar 5 km dari pusat kota Kenting,  memiliki pantai pasir putih yang menakjubkan. Pantai ini bersih dan anda bisa berkemah di pinggir pantai ini.
  • Nanwan Beach : adalah pantai tersibuk di daerah Kenting, terletak di teluk besar yang sibuk yang akan Anda lihat di jalan saat Anda melewati Hengchun, beberapa menit sebelum Anda memasuki kota Kenting. Bisa ramai, Pantai ini sangatlah ramai serta disini terdapat 2 toko penyewaan skuter tepat di depan laut.
  • Jialeshui Beach : Berjarak 25 menit dari desa Kenting, di ujung selatan Taiwan, melintasi semenanjung di sebuah teluk kecil yang menghadap Samudera Pasifik. Untuk anda yang hobi berselancar,  disini juga disediakan papan selancar yang bisa anda sewa.
  • Sail Rock : Pantai ini memiliki pasir yang mirip dengan pantai Narwan. Anda juga bisa bersnorkeling menikmati keindahan bawah air di sail rock ini.
  • Kenting Beach: Inilah pantai utama yang juga paling dekat dengan kota dengan berbagai hotel, restoran, dan tokonya. Disini anda hanya bisa menikmati ombak yang bekerjaran saja. Karena disini tidak diperbolehkan untuk berenang.
  • Little Bali Rock : yang terletak sekitar 1 km selatan Pelabuhan Perikanan Houbihu. Anda bisa menyewa peralatan snorkeling  di salah satu toko selam di seberang Pelabuhan Houbihu.

Kaosiung Night Market

Liuhe night marketPasar malam di Kaohsiung merupakan pasar malamyang cukup populer di Taiwan. Pasar malam disini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Anda bisa mencoba berbagai masakan khas Taiwan yang dimasak oleh para koki professional, dan dengan harga yang juga terbilang murah. Makanan yang terkenal disini adalah Tahu Taiwan, Anda biasanya akan mencium baunya sebelum melihatnya.

Berikut adalah beberapa pasar malam yang bisa anda kunjungi saat di Kaohsiung.

  • Liouhe Night Market : merupakan tempat terfavorit wisatawan mancanegara, anda disini bisa mencoba makanan dari daging ular. Serta suasana disini masih terbilang cukup khas Taiwan.
  • Guangua Night Market: Tersedia banyak makanan ringan, dan mudah untuk mencari tempat parker disini. Anda bisa mencoba udah bakar yang dibakar dalam keadaan hidup.
  • Jhongsiao dan Sing jhong Night Market : kedua pasar tersebut terletak berdekatan, Pasar ini juga sudah begitu lama berdiri. Anda bisa menemuinya hingga larut malam.
  • Nanhua Tourist Night Market : Selain anda bisa menikmati jajanan malam disini, disini juga tersebar tempat-tempat penjualan fashion untuk wanita, bahkan jalanan di pasar ini dinamai “Women’s Street”
  • Ruefieng Night Market: Merupakan pasar terbesar dan terpopuler bagi masyarakat lokal. Disini menjual berbagai macam jajanan, baju, dan souvenir khas Taiwan.

Sebenarnya masih banyak tempat yang bisa kita jelajahi di negara ini dan negara lainya yang dapat kamu kunjungi seperti ini seperti:

Masih banyak tempat-tempat Taiwan yang bisa anda kunjungi. Namun tempat-tempat diatas adalah beberapa tempat yang cukup populer untuk kalangan wisatawan.

, , ,
Post Date: Tuesday 06th, February 2018 / 05:22 Oleh :
Kategori : Taiwan