10 Tempat Wisata di Xindian Taiwan Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Xindian Taiwan – Xindian merupakan salah satu kota Distrik yang berada di Taiwan utara, dan masuk wilayah new Taipei, Taiwan. Terletak di selatan Taipei Basin, dimana bentang alam xindian terdiri dari pegunungan dan sungai, oleh karena itu Xindian memiliki pemandangan yang indah untuk dikunjungi.

Xindian sendiri diperkirakan sudah ada sejak 300 tahun yang lalu, yaitu sejak era Dinasti Qing. Xindian dalam bahasa china berarti toko baru yang didasarkan pada sebuah cerita legenda. Dimana seseorang datang dari Provinsi Fujian datang kesini dan mendirikan sebuah pondok, serta membuka sebuah toko yang menjual barang dan bahan makanan kepada para penduduk asli yang tinggal di gunung-gunung. Dari situ munculah nama Sintiam atau xindian yang berarti toko baru.

Nah, apa sajakah tempat wisata di Xindian? Yuk kita simak ulasan mengenai tempat wisata di xindian berikut ini.

1. Bitan Scenic Area

Bitan-Scentic-area

Merupakan salah satu tempat wisata terpopuler di Xindian. Bitan Scenic Area terletak tidak jauh dari Stasiun Metro Taipei Xindian. Bitan merupakan sebuah taman danau di aliran sungai xindian yang tenang.  Memiliki pemandangan pegunungan yang indah, dan jalur bikeway yang cocok untuk bersantai dan bersepeda.

Terdapat jembatan gantung bersejarah di Bitan Scenic yang merupakan landmark dari taman ini. Dari jembatan tersebut, anda bisa melihat pemandangan sungai dan pantai. Sedangkan pada malam hari, jembatan tersebut akan tampak terang dengan lampu berwarna warni yang indah.

Di taman ini juga terdapat  sepeda air yang bisa disewa, serta juga ada penyewaaan sepeda yang bisa anda gunakan untuk melihat pemandangan indah di sepanjang jalan di  tepi danau. Anda juga bisa berjalan-jalan melintasi “Riverside Marketplace” yang romantis dan eksotis, dimana anda bisa berselfie ria dengan berbagai spot foto yang sudah disediakan.

2. Wantan

wantan

Terletak di tepi sungai di seberang Xindian Ferry. Disebut wantan karena berada di lengkungan 320 derajat  di Sungai Xindian. Sepanjang jalur wintan terdapat  situs-situs bersejarah seperti Prasasti Quchi, Desa Hsiapu, Kuil Haihui, Desa Dingpu, dan sisa-sisa bekas penyeberangan feri Hsiaocukeng.

Di setiap sisi jalan terdapat hutan bambu, yang bisa memberikan perasaan yang tenang dan sejuk.  Anda juga bisa menikmati pemandangan gunung di tepi Sungai Xindian. Selain itu, anda bisa mengagumi kaligrafi karya otentik master Pu Hsin-yu dan menjadikanya sebagai oleh-olah khas Taiwan untuk dibawa pulang.

3. Xiao Cukeng Ecological Gallery

Xiao-cukeng

Xiao Cukeng Ecological Gallery merupakan jalur ekologi yang terletak di sepanjang Sungai Xindian, tepatnya di Yongxing Road No. 45, Cukeng. Karena seluruh jalannya sudah beraspal, permukaan jalan cukup aman dengan tambahan pembatas di kedua sisinya.  

Jalur Xiao Cukeng ini  masih mempertahankan sebagian besar ekologi alaminya. Dimana terdapat banyak bunga dan tanaman yang disukai oleh kupu-kupu, seperti walleriana Hook,  Bidens pilosa,  radiata dll. Oleh sebab itu, tempat ini merupakan tempat untuk melihat kupu-kupu paling menarik di pinggiran tempat wisata di Taipei.

Selain itu, disini juga menjadi salah satu tempat pengamatan burung yang terkenal. Tidak hanya dapat mendengar burung terbang dan berkicau, Anda juga dapat melihat unggas air meluncur di sepanjang permukaan air di Sungai Xindian.  Anda juga bisa berfoto di salah satu bangunan barok yang sudah berumur ratusan tahun yang saat ini digunakan sebagai tempat pembangkit listrik di Xiao Cukeng.

4. Fetsui Reservoir

Fetsui-reservoir

Terletak di sepanjang Sungai Beishi, anak sungai dari Sungai Xindian. Sungai ini menyediakan air dan listrik hamper ke seluruh Taipei. Fetsui Reservoir memiliki luas sekitar 303 kilometer persegi, dan merupakan  reservoir terbesar kedua di tempat wisata di Taiwan.

Di tepi bendungan terdapat banyak jenis kehidupan tumbuhan dan hewan. Diantaranya adalah tanaman  Rhododendron kanehirai, spesies endemik yang hanya bisa ditemukan di Taiwan. Setiap bulan Maret tanaman tersebut dan mekar, menciptakan pemandangan indah seperti lautan bunga. Selain itu, terdapat juga berbagai satwa seperti monyet Formosa, murai biru Formosa, katak pohon hijau zamrud.

5. Erbazi Botanical Garden

erbazi

Terletak di Shuangcheng Rd No.239, Xindian, Erbaxi botanical garden dijuluki sebagai Sunken Emerald. Taman ini berukuran sekitar 150 hektar dan hanya berjarak sekitar 20 menit dari pusat kota Taipei jika ditempuh dengan menggunakan mobil.

Anda bisa berjalan-jalan melalui jalur hiking di sepanjang tepi Sungai Erbazi, dan nikmati suasana hutan yang asri dan segar.  Anda juga dapat mendapatkan pengetahuan mendalam tentang taman hutan ini, melalui informasi di tepi jalan.

6. Sunlight Sport Park

 sunlight-sport

Taman ini terletak tidak jauh dari Bitan Scenic Park, dimana di taman ini terdapat berbagai wahana seperti taman bermain tepi laut, taman bermain anak-anak, lapangan bola voli pasir, dan taman sepatu roda.  Anda bisa berolahraga ataupun bersantai disini sambil mengakrabkan diri dengan penduduk setempat sambil menyantap makanan khas Taiwan di cafe yang berada di sekitar taman.

Waktu terbaik untuk mengunjungi taman ini adalah pada awal musim semi ketika pohon sakura mulai mekar. Sunlight sport park juga dilengkapi dengan Sunshine Bridge, yang dibangun pada tahun 2011. Jembatan ini menghubungkan dua tepi Sungai Xindian dan akan tampak bersinar dengan berbagai warna pada malam hari. Menciptakan suasana romantis dan mejadi salah satu landmark populer baru di Xindian.

7. Museum Seni Miniatur Chen Forng-Shean

chen-forg-museum

Terletak di Lane 207, Section 1, Jalan Ankang  No 017,  Distrik Xindian, di sebuah bangunan kecil yang terletak di sepanjang gang yang sunyi. Chen Forng-Shean adalah seorang seniman misterius yang telah mengukir berbagai bentuk miniatur patung Buddha dan berbagai artefak lainnya. Beberapa diantaranya berukuran sangat kecil dan bahkan kurang dari 1 milimeter.

Selama 30 tahun terakhir Chen sudah membuat lebih dari 120 buah miniatur. Museum ini juga menampilakan berbagai karya sketsa dan kaligrafi Chen, Museum ini hanya buka pada akhir pekan, dan untuk kunjungan selain di akhir pekan, anda diharuskan melakukan reservasi terlebih dahulu.

8. Xindian Culture and History Exhibition

xindian-culture-museum

Xindian Culture and History Exhibition merupakan museum pertama Taiwan yang didedikasikan untuk memamerkan budaya lokal, seperti halnya folk museum di berbagai tempat wisata di China lainya. Terletak di No. 92, Section 1, Beixin Road, Xindian, tepatnya di belakang Teater Budaya Taman Magong.

Koleksi di museum ini memiliki lebih dari 600 item, termasuk artefak lokal dari dinasti Qing, pendudukan Jepang, dan periode ROC. Xindian Culture and History Exhibition ini adalah tempat yang cocok untuk belajar tentang budaya dan sejarah daerah Xindian secara lebih mendalam.

9. Garden City

garden-city

Garden City terletak di area pegunungan Huayuan, tepatnya berada di B1, No. 1, Section 1, Huayuan Second Road, Xindian. Area di garden city merupakan tempat tinggal bagi banyak seniman. Dengan bantuan dari Asosiasi Budaya di Xindian, para seniman di garden city mengubah desanya menjadi desa seni.

Terdapat berbagai Pameran dan kuliah umum, dan juga terdapat festival yang khusus diadakan pada bulan April dan Mei ketika bunga tung mekar dan kunang-kunang berterbangan di sekitar taman anggrek di taman ini. Festival ini hanyalah salah satu cara untuk berbagi kekayaan artistik dan alam di area sekitar.

10. Quichi

Quinchi

Quchi diberkahi dengan ekologi alam yang indah serta pemandangan tepi sungai yang memukau. Anda bisa  berjalan-jalan di sepanjang jejak kuno Quchi di mana sejarah, budaya dan alam dipadukan menjadi satu. Untuk anda yang ingin lebih dekat dengan alam,  dapat mengunjungi Lembah Mengmeng, danau Meihua dan danau Yanzi yang cantik.

Untuk pecinta  sejarah, jangan lupa untuk mampir di situs pembangkit listrik tenaga air pertama di Taiwan, Pembangkit Listrik Tenaga Air Guishan, dan Pertanian era Jepang di Weshan. Selain itu, anda juga bisa menunjungi Taman Pendidikan Seni Ekologi Alam Quchi atau Museum Industri Listrik Taiwan di area Quichi riverside.

Itu dia berbagai tempat wisata di Xindian Taiwan, Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan anda, dan happy travelling.

, , ,
Post Date: Saturday 27th, July 2019 / 13:12 Oleh :
Kategori : Taiwan