12 Tempat Wisata Di Brickfields Malaysia Yang Menarik Perhatian Para Wisatawan

Wilayah Brickfields terletak di sebelah barat Kuala Lumpur terkenal dan dengan sebutan Little Indian karena banyak orang keturunan India yang tinggal disana. Sesuai dengan julukannya, yaitu Little Indian, di wilayah Brickfields ini pengunjung akan merasakan suasana layaknya seperti berada di negara India

Brickfields pada awalanya merupakan pusat pembuatan batu bata setelah bangunan di wilayah tersebut hancur akibat kebakaran dan banjir tahun 1881. Tahun 2009 pemerintah setempat memindahkan Little Indian dari sekitar Jalan Masjid India ke daerah ini untuk pengembangan pusat budaya India

Ada beberapa tempat wisata di Brickfields ini yang menarik perhatian para pengunjung lokal maupun mancanegara untuk datang ke tempat ini. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Brickfield yang bisa kamu singgahi ketika berlibur di Kuala Lumpur bersama teman atau keluarga.

1. Museum Negara Malaysia

museum negara malaysia

Salah satu tempat wisata di Brickfields yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan dalam negeri dan Mancanegara adalah Museum Negara Malaysia. Di Museum ini pengunjung dapat mengenal tentang sejarah, ekonomi, geografis, budaya, dan juga hal-hal lainnya yang berkaitan dengan negara Malaysia.

Ada 4 Galeri utama yang ada di sini, yaitu galeri early history, The Malay Kingdom, Colonial era,  dan Malaysia Today. Keempat galeri tersebut menampilkan kebudayaan dari Cina, India, serta sejarah, flora fauna dan juga kebudayaan melayu khas Malaysia tentunya.

Museum ini dahulu bernama Museum Selangor yang sudah dibangun sejak 1899, namun kemudian museum ini dihancurkan tentara sekutu tahun 1945. Setelah kemerdekaan negara Malaysia, Museum ini pun kembali dibangun dan berganti nama menjadi museum negara Malaysia tahun 1965.

Museum yang berada di Jalan Damansara ini dekat dengan stasiun LRT KL Sentral dan mudah diakses baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

2.  Kuil Thean Huo

Di wilayah Brickfields yang terbentang dari sepanjang jalan Travers hingga Tun Sambattham  pengunjung bisa menemukan beragam rumah ibadah, yang salah satunya adalah kui Thean Huo. Tempat ini dibangun pada tahun 1894 dengan tujuan untuk menyembah dewa Tian Huo atau The Heavely Mother.

Kuil ini merupakan salah satu kuil tertua dan terbesar di Asia Tenggara yang memiliki gaya arsitektur kontemporer khas negeri Tiongkok. Tempat ini cukup tenang dan nyaman sehigga sangat cocok untuk melakukan meditasi maupun sekedar menikmati pemandangan alam di kuil ini


Kuil Thean Huo ini juga terbagi menjadi 3 bagian, dimana bagian kiri digunakan untuk menyembah Dewa Shui Wei Sheng Nan., bagian tengah untuk menyembah Dewa Guan Yin, di tengah untuk menyembah Dewa Thean Huo dan sebelah kanan untuk menyembah Guan Yin.

Keindahan dari kuil ini begitu terlihat jelas, terutama ketika di malam hari dengan adanya interior hiasan naga khas negeri China. Pada saat Tahun Baru China, kuil ini akan semakin terlihat indah dengan dihiasi berbagai ornamen untuk menyambut imlek atau Tahun Baru China.

Pengunjung dipersilakan untuk masuk dan berfoto-foto di kuil tersebut asala tidak menggunakan alas kaki jika ingin masuk ke dalam kuil.  Jika berminat, pengunjung juga dapat berdoa di kuil ini sesuai tradisi agama Budha walau bukan beragama Budha.

Kuil ini juga mempunyai kebun tanaman obat dan juga, pohon bodhi dan juga kolam penyu yang membuat suasana semakin asri. Kuil Thean  Huo dibuka untuk umum setiap harinya pukul 9.00-18.00 dan pengunjung bisa menggunakan LRT dan turun di stasiun Tun Sambathan untuk menuju kesini.

3. Taman Burung Kuala Lumpur

Sesuai dengan namanya, tempat wisata di Brickfields satu ini merupakan salah satu tempat wisata alam Malaysia seluas 20,9 hektar dan menampung 3000 jenis burung dari 200 spesies.  90% burung yang ada di tempat ini merupakan burung asli malaysia dan 10% nya  diimpor dari berbagai negara lainnya.

Taman burung ini terbagi menjadi 4 zona , dimana zona 1 dan 2 merupakan zona terbang bebas , Zona 3 Taman Rakong, dan zona 4 adalah kandang burung. Di zona 1-3 burung dibiarkan terbang bebas dan berkembang biak secara alami di dalam tenpat ini.

Hal menarik lainnya di Taman Burung Kuala Lumpur ini adalah pengunjung juga bisa melihat ruangi inkubasi telur dan pemeliharaan anak burung. Pengunjung pun bisa berinteraksi lebih dekat dengan memberi makan burung-burung yang ada disini serta juga bisa menyaksikan atraksi pertunjukan burung.

Tempat wisata Taman Burung Kuala Lumpur dibuka untuk pengunjung setiap harinya mulai pukul 9 pagi hingga 6 sore waktu setempat. Untuk harga tiket masuknya berkisar dari 13 sampai 67 ringgit per orang dan setiap pengunjung juga akan diberikan gelang barcode dan peta tempat ini setelsh mrmbeli tiket.

Untuk pergi ke tempat ini juga akses nya cukup mudah, baik menggunakan kendaraan mum maupun pribadi. Jika menggunakan kereta KTM bisa behenti di stasiun KTM Old Railway KL Station, aatau jika naik bus Hop on Hop off langgsung berhenti di taman burung ini.

4. Pasar Seni

pasar seni

Tempat wisata ini merupakan tempat belanja di Malaysia yang sangat cocok bagi pengunjung yang ingin berbelanja barang kesenian dan antik. Di pasar yang dibangun pada tahun 1888 ini pengunjung dapat menemukan berbagai hasil kesenian seperti patung dan kain etnik, dan juga berbagai oleh-oleh khas Malaysia

Pasar seni ini bersih dan dilengkapi dengan AC agar pengunjung bisa merasa nyaman berbelanja di pasar seni atau Central Market. Di pasar seni ini juga setiap lorongnya diberi nama sesuai dengan barang-barang yang kebanyakan dijual di lorong tersebut agar dapat memudahkan pembeli.

Pasar seni juga merupakan salah satu tempat belanja murah di Malaysia terfavorit karena  harga barang yang ditawarkan tergolong murah. Pengunjung pum juga bisa menawar harga barang yang dijual di tempat ini, namun ada juga toko ysng sudah memasang harga pas dan tidak bisa ditawar.

Di luar pasar setiap harinya juga disiapkan sebuah panggung untuk menggelar pertunjukan, baik musik atau tarian untuk menghibur para pengunjung, yang biasanya digelar seusai Magrhrib. Di sekitar tempat itu juga ada food truk yang menjual beragam makanan bagi pemgunjun yang ingin mengisi perut.


Pasar Seni atau Central Market ini dibuka setiap harinya mulai pukul 10.00 pagi hingga 22.00 malam waktu setempat. Untuk menuju ke tempat ini bisa menggunakan LRT dan turun di Stasiun Pasar Seni.

Demikianlah beberapa tempat wisata di Brickfields yang bisa dikunjungi ketika sedang liburan ke Kuala Lumpur, Malaysia, Masih banyak tempat wisata di Kuala Lumpur, khususnya di Brickfield lainnya yang bisa dikunjungi seperti:

  • Dataran Merdeka
  • Masjid Negara Malaysia
  • Islamic Arts Museum Malaysia
  • Gedung Sultan Abdul Samad
  • Taman Kupu-Kupu Kuala Lumpur
  • Sri Mahamariamman Temple
  • Gedung Sultan Abdul Samad
  • Dan masih banyak lagi

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, khususnya bagi yang sedang mencari rekomendasi tempat liburan di Malaysia.  Terimakasih juga sudah share dan baca artikel ini dan selamat berlibur.

, , , ,
Post Date: Wednesday 09th, January 2019 / 09:11 Oleh :
Kategori : Malaysia