9 Oleh – Oleh Makanan Khas Vietnam Terenak Yang Wajib Di Beli Wisatawan

Apakah anda pernah berkunjung ke Vietnam? Negara yang termasuk ke dalam Asia Tenggara tersebut selain menawarkan tempat wisata di Vietnam yang mengagumkan seperti tempat wisata di Ho Chi Minh, negara tersebut juga terkenal memiliki banyak oleh – oleh yang bisa anda bawa pulang untuk anda jadikan sebagai hadiah bagi keluarga atau teman anda maupun hanya sekedar anda jadikan sebagai koleksi pribadi.

Salah satu hal yang terkenal dari Vietnam adalah souvenir khas Vietnam, namun pada kesempatan kali ini kami hanya akan membahas mengenai apa saja oleh – oleh makanan khas Vietnam yang bisa anda cicipi karena memang rasa yang akan anda dapatkan tidak akan pernah anda temui di negara manapun.

Namun sebelum anda memutuskan untuk pergi ke Vietnam, kami menyarankan agar supaya anda membaca informasi terlebih dahulu mengenai tips jalan-jalan ke Vietnam murah bagi anda yang ingin tidak memiliki budget terlalu banyak ketika mengunjungi negara tersebut.

1. O Mai Manisan A la Vietnam

O Mai Manisan A la Vietnam

Oleh – oleh makanan khas Vietnam yang pertama adalah O Mai Manisan A la Vietnam. Ada yang berpendapat bahwa O Mai Manisan A la Vietnam merupakan sebuah manisan, namun tidak sedikit yang mengatakan bahwa makanan tersebut merupakan sebuah asinan yang berasal dari Hanoi dimana makanan tersebut menggunakan bahan – bahan dasar berupa buah dan rempah – rempah.

Nantinya buah kering tersebut akan dicampur dengan garam, gula, cabai, jahe, jeruk nipis, dan bahan – bahan lainnya sehingga nantinya akan memberikan perpaduan rasa yang mengagumkan dan unik, yakni manis dan asin, dan juga pedas.

Untuk buah yang digunakan pada makanan O Mai Manisan A la Vietnam memang kebanyakan nanas, tapi masih ada buah lain yang bisa anda gunakan yakni aprikot, peach, belimbing, mangga, dan juga kumquat. Jika anda pertama kali mencoba O Mai Manisan A la Vietnam mungkin akan terasa aneh di lidah anda, namun ketika anda sudah terbiasa memakannya maka kemungkinan anda malah ingin mencobanya lagi dan bahkan sampai ketagihan.

2. PHO, Vietnamese Noodle Soup

 PHO, Vietnamese Noodle Soup

Oleh – oleh makanan khas Vietnam yang juga harus anda coba adalah PHO, Vietnamese Noodle Soup. Bisa dikatakan bahwasanya makanan yang satu ini merupakan makanan yang paling populer di negara tersebut dimana makanan ini merupakan sebuah mie beras yang kemudian dicampurkan dengan potongan daging dan juga ada toge dan daun jeruk.

Jika anda perhatikan sekilas memang PHO, Vietnamese Noodle Soup merupakan makanan khas yang ada di Indonesia namun rasa yang disajikan oleh makanan yang satu ini jelas berbeda karena menggunakan bumbu yang berbeda. Bahkan ada yang berpendapat bahwa jika anda mengunjungi Vietnama namun belum mencoba PHO, Vietnamese Noodle Soup, maka bisa dikatakan anda belum mengunjungi negara tersebut.

Dijamin anda akan ketagihan ketika mencoba PHO, Vietnamese Noodle Soup karena rasa yang ditawarkan akan sesuai dengan lidah anda. Berbeda dengan O Mai Manisan yang mana tidak semua orang menyukai rasa yang ada pada makanan tersebut.


3. Banh Cuon

Banh Cuon

Oleh – oleh makanan khas Vietnam selanjtunya adalah Banh Cuon. Makanan yang satu ini merupakan sebuah kue beras kering yang dikukus dan kemudian dihidangkan dengan bawang goreng yang renyah. Selain itu, makanan yang sangat lezat ini juga disajikan dengan potongan mentimun, daun selada, irisan daging, yang akan menambah cita rasa pada makanan tersebut.

Jika anda ingin mendapatkan Banh Cuon, anda tidak perlu khawatir karena anda bisa menemukannya dengan mudah di restoran – restoran yang ada di Vietnam. Ketika anda pertama kali mencoba Banh Cuon, anda akan merasa sensasi yang sangat nikmat di lidah anda.

Bahkan beberapa restoran menyajikan Banh Cuon bersamaan dengan tempura udang dan juga gorengan kacang hijau yang kemudian akan ditambahkan dengan saus ikan untuk semakin menambah kelezatan dari Banh Cuon. Tentu saja tidak akan kalah jika anda bandingkan dengan makanan khas Brunei Darussalam maupun oleh-oleh makanan khas Korea.

4. Goi Cuon

Goi Cuon

Oleh – oleh selanjutnya yang harus anda cicipi ketika anda berkunjung ke Vietnam adalah Goi Cuon. Makanan ini cocok bagi anda yang merupakan vegetarian karena Goi Cuon merupakan sebuah makanan yang masuk ke dalam kategori salad, meskipun memang di dalamnya berisi udang maupun juga daging.

Sekilas memang Goi Cuon tampak mirip dengan lumpia, bahkan jika anda tidak mencobanya mungkin anda akan menganggap Goi Cuon tidak jauh berbeda dengan lumpia. Padahal tentu saja makanan yang satu ini sangat berbeda dengan lumpia. Lumpia merupakan makanan yang digoreng sementara Goi Cuon tidak digoreng sama sekali namun masih bisa menghadirkan rasa yang amat lezat dan akan memanjakan lidah anda.

Untuk memakan Goi Cuon biasanya akan dicelup dengan bumbu kacang, selain itu Goi Cuon juga bisa dijadikan sebagai cemilan yang bisa anda nikmati sambil bersantai memandangi keindahan kota yang ada di Vietnam maupun sambil menikmati tempat wisata yang ada di sini.

5. Banh Xeo

Banh Xeo

Banh Xeo merupakan sebuah makanan yang juga kami rekomendasikan untuk anda rasakan kelezatannya ketika anda berkunjung ke Vietnam. Banh Xeo merupakan makanan jenis pancake yang juga menjadi makanan yang paling banyak diincar oleh para wisatawan yang berkunjung ke sini dimana yang satu ini memiliki rasa yang gurih dan renyah yang akan memanjakan lidah anda.

Perlu anda tahu bahwa Banh Xeo merupakan sebuah makanan yang terbuat dari tepung beras, kunyit, santan, dan bumbu – bumbu lain yang kemudian ditumis secara bersamaan dengan daging, udang, maupun juga toge. Dan juga biasanya akan ditambahkan dengan selada maupun daun herbal.

Ketika anda mencicipi Banh Xeo, dijamin anda akan langsung mengatakan bahwa makanan ini merupakan makanan khas yang pernah anda coba karena sangat kriuk – kriuk dan benar – benar merupakan makanan yang gurih.

6. Com Tam

Com Tam

Oleh – oleh makanan khas Vietnam selanjutnya adalah Com Tam. Sekedar informasi bahwa Com Tam juga disebut sebagai The Broken Rice karena memang merupakan makanan yang terbuat dari beras yang patah – patah.

Memiliki tekstur yang lembut sehingga akan membuat anda yang pertama kali mencicipi makanan ini akan langsung jatuh cinta.

Namun mungkin yang jadi incaran anda adalah dagingnya. Ya, daging dari Com Tam memang terkenal lezat karena dipanggang dengan suhu yang sangat pas serta dicampur dengan berbagai rempah – rempah dan bumbu rahasia yang ada di negara tersebut sehinga memiliki rasa yang menakjubkan.


Anda bisa mendapatkan Com Tam karena dijual di berbagai kedai makanan yang ada di dekat kota. Untuk mendapatkannya pun tidak terlalu mahal, kecuali jika memang anda merupakan wisatawan yang pergi ke Vietnam dengan low budget maka bisa saja anda akan merasa harga dari Com Tam terlalu mahal.

Itulah beberapa informasi dari kami berkaitan dengan oleh – oleh makanan khas Vietnam yang harus cicipi. Selain itu, masih ada beberapa jenis makanan khas lainnya yang bisa anda coba, yaitu:

  • Ca Kho To
  • Chao
  • Banh Cam, dan lain sebagainya.

, , , ,
Post Date: Monday 16th, July 2018 / 02:19 Oleh :
Kategori : Vietnam