15 Tempat Wisata Di New South Wales Paling Direkomendasikan

Tempat Wisata di New South Wales – Memiliki kesempatan jalan-jalan ke Australia namun hanya memiliki waktu untuk mengeksplorasi negara bagian New South Wales? Tenang, itu saja sudah lebih dari cukup. Benua Australia yang luas tidak mungkin bisa Anda jelajahi dalam sekali waktu. Menikmati negara bagian New South Wales dalam satu kali kunjungan lebih masuk akal.

News South Wales adalah negara bagian tertua di Australia. Tidak heran jika daerah ini memiliki banyak lokasi penting bagi negara Australia—begitu juga masalah tempat wisata. Ketika Anda berkunjung ke wilayah ini, Anda akan menemukan banyak tempat wisata di New South Wales yang cukup layak untuk dikunjungi. Jika Anda bingung memulai perjalanan dari lokasi mana, kenapa tidak mempertimbangkan beberapa rekomendasi berikut ini.

  1. Sydney

SydneyIbu kota selalu menjadi pilihan utama tempat wisata favorit, begitu juga ketika Anda berkunjung ke New South Wales. Sebagai ibu kota, Sydney merupakan pusat mobilitas warganya dalam berbagai bidang, termasuk dalam bidang hiburan.

Tidak heran jika tempat wisata di Sydney rata-rata adalah tempat wisata di New South Wales paling favorit.  Terutama jika Anda menyukai pertunjukkan opera, maka Anda sudah selayaknya mengunjungi Sydney Opera House.

Backpacker ke Sydney dan Melbourne kerap menjadi pilihan para wisatawan, namun tidak ada salahnya juga jika Anda berkunjung dalam rombongan tur. Selain Opera House, ikon kota Sydney yang akan menambah kesan perjalanan Anda di New South Wales adalah Harbour Bridhe di sekitar pelabuhan.  Di sekitar pelabuhan, Anda juga bisa menikmati wisata harbour cruise menggunakan kapal ferry.

Sebagai kota tua yang berkembang menjadi maju dan modern, fasilitas publik kota Sydney dalam urusan akomodasi dan transportasi sudah lebih dari cukup. Ada banyak restoran dan swalayan yang bisa Anda kunjungi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jangan lupa untuk melakukan perjalanan daytrip destination di taman nasional sebelum berpindah ke tempat wisata di New South Wales lainnya seperti berikut ini.

  • Canberra
  • Newcastle
  1. Blue Mountains National Park

Blue Mountains National ParkBosan berkutat dengan pusat kota Sydney yang penuh sesak, masyarakat lokal Sydney atau Sydneysider biasa menghabiskan waktu liburan mereka di Blue Mountains National Park. Anda sebagai wisatawan patut menambahkan lokasi ini ke dalam daftar tempat wisata di New South Wales yang layak dikunjungi.

Blue Mountains National Park merupakan ikon tempat wisata bagi masyarakat Sydney sebagaimana Kings Park bagi masyarakat Perth.

Taman nasional ini terletak sekitar 65 km dari pusat kota. Anda bisa menggunakan berbagai jenis moda transportasi untuk menjangkaunya. Di Blue Mountains National Park memiliki banyak kegiatan ourdoor yang layak untuk dicoba seperti hiking, rock climbing, abseiling, dan mountain biking. Semua aktivitas tersebut tentu saja dipandu oleh profesional.


Jika tidak ingin banyak membuang energi, Anda bisa melakukan perjalanan santai untuk menikmati pegunungan berwarna biru dengan kombinasi air terjun, lembah datar, formasi bebatuan yang menakjubkan serta berbagai situs suci dan penting bagi masyarakat lokal.  Tidak heran jika wilayah ini termasuk ke dalam salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Jangan terlalu cepat memutuskan untuk pergi ke luar negara bagian dan belanja murah di Perth, ada beberapa tempat wisata di New South Wales yang perlu Anda kunjungi yakni berikut ini.

  • Snowy Mountains
  • Hunter Valley
  1. Byron Bay

Byron BayDi pesisir bagian utara New South Wales, Anda akan menemukan Byron Bay. Lokasi ini merupakan tempat wisata di New South Wales yang paling tepat untuk dikunjungi oleh para pecinta dunia laut.

Kombinasi antara pesisir pantai dan dataran tinggi membuat Byron Bay cukup menarik. Anda bisa melakukan aktivitas hiking sepanjang Cape Byron Track menuju Lighthouse. Di sepanjang pesisir, tersedia berbagai jenis wisata air.

Dari atas Lighthouse, Anda bisa menikmati pemandangan laut serta segerombolan lumba-lumba dan paus yang kerap berenang di sekitarnya. Puas dengan menonton kelincahan satwa laut, jangan lupa untuk menjelajahi salah satu situs warisan dunia yakni Wollumbin National Park. Situs terdahulu dari Wollumbin National Park adalah Mount Warning National Park, merupakan wilayah hutan hujan tropis dan air terjun yang damai.

Byron Bay adalah tempat wisata di New South Wales yang lengkap. Selain bisa menikmati wisata pantai Australia, Anda juga bisa menjelajahi hutan hujan tropis. Kedamaian Byron Bay kerap membuatnya dijadikan lokasi healing melalui aktivitas yoga, spa resort, dan banyak hotel serta butik mewah. Lepas bersenang-senang di Byron Bay, lanjutkan Anda ke lokasi wisata berikutnya.

  • Coffs Harbour
  • Port Stephens
  1. South Coast

South CoastTidak hanya pesisir utara dengan hutan hujan tropisnya, pesisir selatan dari negara bagian New South Wales juga memiliki banyak tempat wisata yang patut Anda jajal. Pesisir selatan dari New South Wales terhitung mulai dari selatan kota Sydney hingga perbatasan Victorian. Lokasi ini merupakan salah satu tempat wisata paling bagus di dunia dengan deretan pantai pasir putih yang cantik.

Di sepanjang pesisir ini terdapat banyak resort dan lokasi pemancingan ikan. Dua lokasi yang cukup terkenal dari South Coast adalah Kiama dan Jervis Bay. Kiama merupakan rumah bagi blowhole atau lubang sembur terbesar di dunia sementara itu Jervis Bay adalah pantai dengan pasir lembut. Tidak jauh dari keduanya, terdapat Hyams Beach yang diklaim sebagai pantai dengan pasir terputih di dunia.

Jika Anda pernah menikmati pantai di Gold Coast dan tempat wisata di Brisbane lainnya, maka Anda akan menyukai South Coast. Lelah bermain di pantai, cobalah masuk ke darat dan rasakan sensasi olahraga air di sungai Shoalhaven. Lantas, menikmati keju lezat di bega. Jangan lewatkan Eden dan Ben Boyd National Park sebelum melanjutkan perjalanan ke tempat wisata di New South Wales selanjutnya.

  • Outback NSW
  • Circular Quay
  1. Norfolk Island

Norfolk IslandIngin menjauh dari keramaian kota Sydney? Cobalah berwisata di Norfolk Island. Pulau yang dahulu kala merupakan tempat bagi koloni yang brutal, kini sudah bermetamorfosis menjadi resort berlibur yang mendamaikan.

Di pulau ini juga terdapat berbagai situs penting yang menjadikannya termasuk ke dalam daftar situs warisan dunia UNESCO.

Selain berlibur di resort mewah, di Norfolk Island, Anda bisa mengikuti tur wisata bersejarah menuju reruntuhah old settlements dan memahami sejarah masyarakt Polynesian dan koloninya lewat museum yang dibangun.


Sayangnya jika Anda penggemar pantai berpasir lembut, hanya ada pantai dengan formasi koral  dan bebatuan di Norfolk Island. Untuk itulah, menikmati taman nasional yang menyajikan fasilitas hiking dan jalur bersepeda adalah pilihan yang tepat.

Untuk tiba di Norfolk Island, Anda hanya perlu melakukan perjalan udara sekitar dua jam dari Sydney atau Brisbane, sebab pulau ini terletak di luar teritorial Australia. Meski begitu, Norfolk Island menjadi salah satu tempat wisata di Australia yang menjadi kebanggaan negara bagian New South Wales. Selain Norfolk Island, berkunjung pulalah ke wisata alam berikut ini.

  • Lord Howe Island
  • Ku-ring-gai Chase National Park

Berwisata di negara bagian New South Wales sudah cukup untuk memenuhi hasrat berlibur Anda di Australia. Kendati demikian, New South Wales bukan satu-satunya negara bagian di Australia yang memiliki sederet tempat wisata yang menarik. Tempat wisata di New South Wales hanya satu dari sekian banyak yang harus dikunjungi. Jangan lupa pula untuk menapak tilas sejarah Australia di berbagai bangunan terindah di dunia yang berdiri di Australia.

, , , ,
Post Date: Monday 03rd, December 2018 / 10:21 Oleh :
Kategori : Australia