6 Tempat Wisata Di Suzhou Yang Wajib Dikunjungi

China terkenal sebagai salah satu negara di Asia Timur yang memiliki banyak potensi. China populer dengan kreativitas etnisnya dalam hal produksi barang, sehingga membuahkan riwayat sebagai bangsa yang kaya raya. Tak hanya kreativitas produksi, China juga dianugerahi potensi alam yang mampu dimaksimalkan pengelolaannya di bidang pariwisata yang membuat negara satu ini jadi magnet bagi para wisatawan.

Tempat-tempat wisata di China dapat ditemui di berbagai wilayah kotanya. Salah satu kota yang mampu menarik minat wisata Anda di China adalah Suzhou. Suzhou terletak di daerah bawah sungai Yangtze, tepatnya di pesisir danau Taihu, provinsi Jiangsu. Suzhou merupakan kota tertua yang ada di sepanjang sungai Yangtze yang erat dengan histori kebudayaan Wu.

Oleh karena itu, Suzhou akan mengantarkan Anda menyusuri wisata sejarah dan budaya para dinasti yang pernah berkuasa di kota ini. Anda akan menjumpai banyak peninggalan budaya seperti taman-taman kerajaan, pagoda, dan kuil yang membuat Suzhou dijuluki Garden City. Bila saat jalan-jalan ke Chengdu Anda disuguhi nuansa kota air di Taman Nakanoshima, Suzhou menawarkan pesona wisata airnya dengan berkeliling menggunakan perahu di bebarapa titik kota layaknya yang Anda rasakan jika berkunjung ke Venesia.

Artikel kali ini akan mengobati rasa penasaran Anda tentang pesona kota Suzhou. Berikut ini enam tempat wisata di Suzhou yang wajib dikunjungi.

  1. Lingering Garden

Lingering GardenLingering Garden merupakan taman klasik yang wajib Anda kunjungi saat berwisata ke Suzhou. Taman ini memiliki luas area sekitar 5,8 are dan berusia sekitar 600 tahun. Taman ini mengalami berbagai perubahan sejak awal dibangunnya yaitu pada era Dinasti Ming hingga sekarang. Lingering Garden akan siap memukau Anda dengan bangunan, kuil, pepohonan, dan bunga yang berpadu indah.

Tak hanya tanaman hias, Lingering Garden juga dipercantik dengan berbagai jenis batu-batuan dan koridor taman yang dihiasi dinding-dinding kaligrafi, sehingga taman ini dinobatkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia (World Heritage Site) oleh UNESCO pada tahun 1997.

Bila Anda berminat berkunjung ke Lingering Garden, Anda cukup datang ke No 338 Liuyuan Road, Jinchang Diztrict, Suzhou. Anda dapat menikmati eksotika alam taman ini mulai dari pukul 07.30 hingga 17.30 waktu setempat dengan merogoh saku sebesar 40 Yuan. Anda disarankan mengunjungi tempat wisata di Suzhou satu ini saat musim semi untuk mendapatkan pemandangan terbaiknya.

  1. Tiger Hill Pagoda

Tiger Hill PagodaBerwisata ke Tiger Hill Pagoda mampu menjadi alternatif bagi Anda yang belum bisa menjamah Menara Pisa di Italia. Tiger Hill Pagoda terkenal sebagai Menara Pisanya Asia atau Leaning Tower of China dengan tinggi sekitar 30 meter. Lebih menariknya lagi, Tiger Hill memiliki kemiringan 6,87 derajat, sedangkan Menara Pisa hanya 3,97 derajat.

Selain menjumpai pagoda ini, Anda juga dapat menyaksikan situ sejarah berupa makam Raja Wu Helu tepat di bawah pagoda. Asal usul nama Tiger Hill sendiri bermula dari kisah kedatangan seekor singa putih setelah meninggalnya Raja Wu di daerah tersebut. Anda yang ingin singgah ke situs ini harus datang ke daerah Tiger Hill, Suzhou. Adapun untuk melihat pagodanya, Anda perlu menaiki anak tangga sekitar 25 menit dan menyiapkan biaya masuk senilai 100 Yuan.


  1. Suzhou Silk Museum

Silk MuseumSuzhou sebagai kota industri utama sutera di China, tentu saja memiliki tempat yang merekam kebesaran industri tekstilnya. Tempat tersebut tak lain adalah Suzhou Silk Museum. Suzhou Silk Museum dibangun untuk menampilkan proses pembuatan sutera yang telah ada sejak dahulu di Suzhou pada setiap bagian ruangannya.

Tampilan museum ini benar-benar disenadakan dengan makna sutera bagi warga Suzhou. Warna dominan putih pada bangunannya merupakan representasi kemurnian sutera asli, sedangkan patung wanita dengan kepompong yang dipegang kedua tangannya merupakan representasi Lei Zu.

Lei Zu merupakan istri dari Kekaisaran Huangdi sebagai wanita yang pertama kali mengangkat ulat sutera dalam legenda China. Anda juga dapat menyaksikan demo mesin pemintalan benang dan pembuatan sutera secara langsung di museum ini. Suzhou Silk Museum dapat Anda kunjungi di No 2001 Renmid Road, Suzhou pada pukul 09.00 – 16.30 waktu setempat. Sama halnya dengan Momofuku Cup Noodle yang merupakan tempat wisata gratis di Osaka, Suzhou Silk Museum pun merupakan salah satu tempat wisata gratis yang dimiliki Suzhou untuk menambah pengetahuan Anda.

  1. Zhouzhuang Water Town

Zhouzhuang Water TownZhouzhuang Water Town akan membawa Anda merasakan aura Venesia berlatar Asia. Area satu ini menampilkan nuansa budaya klasik dengan arsitektur rumah-rumah yang dibiarkan asli sejak Dinasti Tang, serta identik dengan keeleganan tradisi dan wisata kota air.

Anda akan dibawa mengelilingi kota tua ini menggunakan perahu yang umumnya dikemudikan wanita warga setempat. Anda dapat menikmati suasana klasik melewati lorong-lorong, rumah tradisional, toko-toko souvenir, dan melintasi jembatan.

Sensasi klasik semakin kental di tempat wisata di Suzhou satu ini karena Anda akan diperdengarkan lagu China selama perjalanan. Anda cukup menyewa 1 perahu yang berkapasitas 1-6 orang dengan harga 150 Yuan dan sewa pengemudi sebesar 20 Yuan untuk berkeliling di area ini.

  1. Suzhou Ferris Wheel

Suzhou Ferris WheelBagi Anda yang ingin menikmati sisi modernitas Suzhou, cobalah wahana Suzhou Ferris Wheel. Suzhou Ferris Wheel merupakan wahana andalan salah satu taman rekreasi di Suzhou yaitu Suzhou Amusent Park. Anda dapat melihat tampak kota Suzhou dari atas karena wahana satu ini berbentuk bianglala raksasa setinggi 394 feet.

Tingginya tersebut membuat Suzhou Ferris Wheel tercatat sebagai kincir raksasa terbesar di dunia setelah tempat wisata di Inggris, yaitu London Eye. Anda juga tak perlu khawatir jika ingin mencoba wahana ini bersama rombongan wisata yang berjumlah banyak, karena bianglala ini memiliki kabin sejumlah 60 buah dengan kapasitas penumpang 300 orang.

Anda dapat menyambangi bianglala ini dengan datang ke Suzhou Amusement Park yang terletak di No 87 Jinshan Road, Huqiu District. Suzhou Ferris Wheel yang dioperasikan sejak tahun 2009 ini beroperasi setiap hari sejak pukul 09.00 – 21.00 waktu setempat dan siap Anda nikmati dengan tarif 180 RMB.

  1. Shantang Street

Shantang StreetSuzhou tidak hanya dapat dinikmati pesonanya menggunakan perahu, tapi juga dapat dinikmati sambil berjalan kaki. Tempat wisata di Suzhou yang memungkinkan aktivitas jalan-jalan santai ini tak lain adalah Shantang Street. Shantang Street merupakan pedestrian kuno di tepi sungai yang terletak di barat laut Suzhou.

Pedestrian yang dibangun pada Dinasti Tang ini membentang sepanjang 3,6 km dari Gerbang Chang hingga Tiger Hill. Nuansa klasik Shantang Street akan mengingatkan Anda pada latar tempat pada film-film Mandarin. Selama Anda berjalan, Anda dapat menjumpai rumah-rumah tradisional dan toko-toko tua.


Tentunya, Shantang Street juga menyuguhkan berbagai pilihan kuliner dan oleh-oleh khas Cina yang siap Anda beli. Anda pun akan semakin kagum dengan kawasan pedestrian ini jika mengunjunginya pada malam hari. Shantang Street terlihat semakin indah dengan jajaran lampion merah khas Tiongkok yang menyala di setiap sudut jalannya.

Itulah enam tempat wisata di Suzhou yang wajib dikunjungi. Selain Suzhou, Anda juga dapat singgah ke tempat wisata di Guangzhou saat Anda berkunjung ke China. Selamat liburan!

, , ,
Post Date: Saturday 11th, August 2018 / 04:45 Oleh :
Kategori : Tiongkok