10 Tips Jalan-Jalan Ke Beijing Tanpa Tour Wajib Di ketahui

jalan-jalan-beijingJalan-jalan ke Beijing TanpaTour – Beijing merupakan salah satu kota di China yang menjadi favorit wisatwan. Kota ini merupakan pusat pemerintahan dari negara China, namun juga memiliki banyak tempat wisata di China yang sangat terkenal. Beijing memadukan perpaduan wisata alam dan budaya yang menarik dan sangat wajib untuk dikunjungi. Banyak bangunan-bangunan bersejarah di Beijing yang hingga saat ini masih dirawat dengan baik.

Untuk mengunjungi kota ini, ada beberapa tour agent yang bisa mengantarkan liburan anda di Beijing. Namun jika anda ingin memaksimalkan waktu dan tidak ingin tergesa-gesa dalam berlibur, ada baiknya anda merencanakan liburan anda sendiri. Untuk jalan-jalan di Beijing tanpa tour, anda perlu persiapan yang matang agar liburan anda menyenangkan. Anda harus menyiapkankan semuanya sendiri,mulai  dari tiket pesawat, hotel, makanan, transportasi, dan lain sebagainya. Untuk itu simak yuk, Tips jalan-jalan ke Beijing tanpa tour berikut ini.

1. Persiapan Sebelum Berangkat

  • Paspor asli dengan minimal memiliki 6 bulan masa aktif
  • Pas foto berwarna putih ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar
  • Fotocopy paspor yang tercantum identitas diri anda
  • Bukti tiket pesawat yang sudah dikonfirmasi
  • Bukti pemesanan hotel yang sudah dikonfirmasi
  • Jadwal kunjungan ketika di China
  • Untuk anak-anak,surat keterangan alamat dan sekolah, KK, fotocopy visa china, KTP, dan paspor orang tua.

Anda bisa mempersiapkan semua dokumennya, sebelum pergi ke visa center. Karena disana tidak ada mesin printing dan fotocopy. Terdapat 3 tempat visa center China di Indonesia, yaitu di Jakarta, Surabaya, dan Medan. Selain menyiapkan visa,anda juga bisa menyiapakan ittenary ketika anda mengelilingi Beijing.

2. Pelajari Bahasa Mereka

jalan-jalan-beijing-2-Banyak warga Beijing yang tiak bisa berbahasa Inggris, jadi bahasa sangat penting digunakan jika anda memilih untuk jalan-jalan tanpa menggunakan tour. Jika anda pandai berbahasa mandarin saat di Indonesia, belum tentu anda bisa berkomunikasi secara lancar jika berada di China. Karena bahasa dialek di Beijing juga cukup beragam. Apalagi bagi anda yang tidak tahu sama sekali mengenai bahasa mandarin, anda bisa menghafal beberapa kata yang biasanya digunakan dalam travelling, seperti kanan, kiri, hai, maaf, dimana alamatnya, dan kata-kata penting lain. Atau anda juga bisa memakai berbagai aplikasi penerjemah  di smartphone anda. Dan jika anda memang benar-benar kesulitan, anda bisa betanya kepada anak-anak muda atau orang kantoran yang berpakaian rapi dengan menggunakan bahasa Inggris.


3. Pemeriksaan Di Bandara

China memilliki keamanan negara yang sangat ketat, termasuk wisatawan yang akan berlibur ke negara ini. Barang anda akan di scanning setelah pemeriksaan paspor. Antrian pemeriksaanya pun kalau anda berkunjung pada high-season, bersiap-siaplah untuk mengantri. Usahakan untuk datang lebih awal satu jam sebelum pesawat lepas landas.,agar tidak ketinggalan pesawat.

4. Menuju Hotel Anda

Ketika baru pertama kali tiba di Bandara Beijing, untuk selanjutnya adalah menuju hotel tempat anda menginap yang sudah anda pesan sebelumnya di beberapa website maupun aplikasi di smartphone anda. Terdapat taksi yang sudah menunggu anda di Bandara. Di Beijing terdapat puluhan ribu hotel, tak heran jika para sopir taksi tidak menghafalnya satu per satu.  Sebaiknya, anda screenshot rute menuju hotel anda, atau anda bisa menunjukkan alamat dari hotel anda dengan tulisan mandarin yang ada di media pemesanan tiket anda.

5. Makanan di Beijing

Meskipun banyak masakan China di Indoensia, Namun rasa masakan asli china sangat berbeda dengan beberapa makanan China yang ada di Indonesia. Selain itu, jika anda ingin membeli makanan di pinggir jalan, tanyakan dulu harganya sebelum membeli. Karena terkadang, anda diberikan harga yang lebih mahal dari seharusnya.

Untuk anda yang beragama muslim, anda bisa mencicipi makanan di beberapa restoran halal di Beijing. Atau kalau tidak, anda bisa menanyakan bahan yang digunakan dalam makanan tersebut. Terutama adalah bahan makanan dari bahan babi yang biasanya dipakai oleh banyak restoran di China.

6. Transportasi di Beijing

Beijing merupakan kota dengan transportasi yang sudah terintegrasi dengan baik. Banyak kendaraan umum yang dengan mudah anda temukan. Untuk menuju ke tempat tujuan anda, agar lebih mudah sebaiknya anda mencatat alamat-alamat yang anda tuju dengan menggunakan bahasa mandarin, terutama alamat hotel tempat anda menginap. Biaya naik taksi dan kendaraan umum di Beijing tidaklah terlalu berbeda jauh. Jika anda beperigian dengan banyak orang, untuk keaman sebaiknya anda memesan taksi saja. Tatif per kilometer taksi di Beijing adalah 3 Yuan. Namun, jika anda pergi sendiri anda bisa naik subway. Untuk naik subway, biasanya anda akan diperiksa dengan scanner,jadi ketika jam-jam sibuk bersiaplah untuk mengantri.

7. Pilihan tempat wisata di Beijing

Tempat wisata di Beijing menawarkan bangunan-bangunan bersejarah dan juga taman luas yang indah dan lusa dengan hiasan dan bangunan yang oriental. Dalam menyusun ittenary sebaiknya anda kunjungi tempat –tempat wajib di Beijing seperti Lapangan Tiananmen, di sekarnya ada kota terlarang dan beberapa museum kota yang juga sangat disayangkan untuk dilewatkan. Tentu saja jangan lupa kunjungi bangunan legendaries yang merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia di China yaitu tembok besar China. Selain itu, jangan lewatkan juga taman- taman indah di Beijing seperti Summer Palace, danau Sichahai, Taman Xiangshan, Taman Beihai, Taman Jinghsan.

8. Toilet di Beijing

China sendiri memiliki model toilet yang cukup berbeda dengan Indonesia. Jangan kaget jika nanti di Beijing anda menemukan toilet tanpa penutup. Begitu juga dengan Beijing, meskipun kota ini menjadi pusat pemerintahan dari negara China, banyak sekali ditemukan toilet tanpa pintu, dan juga penutup di samping kiri dan kanan tidak terlalu tinggi. Selain, itu toilet-toilet di tempat wisata di Beijing juga terkadang berbau pesing, jadi sebaiknya anda memakai masker, dan tisu basah.

9. Bawa Sepatu dan Topi

Untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di Beijing, jika anda pergi saat musim panas, anda bisa menggunakan sepatu yang nyaman. Dan gunakan juga tabir surya atau topi, karena ketika anda mengunjungi, tempat seperti tembok besar china, teriknya matahari sangat terasa. Jika anda berkunjung ketika musim dingin, jangan lupa untuk menggunakan jaket dan jas hujan. Karena Beijing juga cukup dingin ketika musim dingin.


10. Koneksi Internet di Beijing

Jika anda sudah sampai di Beijing jangan lupa untuk membeli kartu SIM china yang bisa anda gunakan untuk berinteraksi dengan orang-orang dirumah atau hanya sekedar mengupload foto-foto selfie anda. Namun,jangan kaget jika anda tidak bisa mengakses situs – situs media social yang populer di Indonesia. Karena pemerintah China memblokir akses ke beberapa situs populer seperti Facebook, Instagram, Gmail, Youtube. Sebagai gantinya China menggunakan aplikasi media social buatan negara tersebut. Jika anda ingin mengakses facebook atau instagram, anda bisa menggunakan VPN untuk update status ataupun upload foto.

Itu dia beberapa tips jalan-jalan ke Beijing tanpa tour yang bisa anda pelajari. Jangan lupa untuk mampir ke tempat belanja murah di Beijing, karena China memang terkenal dengan barang-barangnya yang murah. Dan jangan lewatkan untuk membeli beberapa souvenir oleh-oleh khas Beijing yang bisa anda dapatkan di beberapa kios oleh-oleh dan tempat perbelanjaan yang tersebar di seluruh kota. Selain anda bisa mengunjungi tempat wisata di Beijing, China juga memiliki banyak kota yang bisa anda jelajahi seperti Tempat wisata di Hangzho, Tempat wisata di Guilin, Tempat wisata di Shenzen, Tempat wisata di Chengdu dan juga kunjungi juga berbagai tempat bersejarah di China yang juga sangat sayang untuk dilewatkan.

, , ,
Post Date: Sunday 13th, May 2018 / 12:58 Oleh :
Kategori : Tiongkok