14 Tips Jalan-Jalan ke Jepang Penting dan Wajib Diketahui

Tips jalan-jalan ke jepang – Jepang memang tidak ada habisnya menawarkan berjuta keindahanya. Perpaduan budaya kental yang otentik, dan teknologi modern serta keramah tamahan penduduknya membuat para wisatawan selalu tergiur untuk mengunjungi Negara ini. Selain itu, pemandangan alam yang dikelola dengan baik, juga menjadi hal yang sangat dinantikan wisatawan.

Jepang juga memiliki kota yang beranekaragam dengan berbagai keunikan tersendiri. Jika anda ingin kesana, sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu tempat wisata di Jepang beserta letak dimana wisata tersebut berada. Namun, untuk segala kemudahan, banyak agent wisata yang menawarkan paket liburan sesuai budget anda untuk bisa jalan-jalan ke Jepang. Namun, jika anda ingin berlibur sendiri, ada beberapa tips liburan ke Jepang yang perlu dipelajari untuk mempersiapkan keberangakatan hingga tempat wisata apa yang menarik disana.

Orang Jepang memang terkenal dengan keramahanya, dan mereka benar-benar sangat menaati peraturan. Untuk itu perlu mempelajari beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika jalan-jalan ke jepang. Dan berikut adalah tips jalan-jalan ke Jepang yang bisa anda pelajari sebelum berangkat ke Jepang.

1. Gempa Biasa Terjadi di Jepang

Jepang terdiri dari banyak pulau, dimana Negara ini juga merupakan tempat bertemunya antar lempeng bumi. Untuk itu, jangan terlalu panik jika terjadi gempa bumi saat anda jalan-jalan di Jepang, karena gempa adalah hal yang biasa terjadi di Jepang. Ketika terjadi gempa, tenangkan diri anda, dan lihat dan ikuti apa yang orang-orang disekitar anda lakukan.

2. Bahasa Inggris Jarang digunakan

Kebanyakan Orang Jepang tidak tahu bagaimana caranya berbicara bahasa Inggris. Untuk itu, Anda perlu mempelajari setidaknya beberapa kata dan frase Jepang yang penting . Misalnya, Anda ingin membeli sesuatu ditoko, Namun Anda tidak tahu cara bertanya kepada penjual tentang hal-hal yang ingin Anda beli. Cukup merepotkan bukan?.

Anda juga bisa menginstall aplikasi penerjemah di smartphone anda. Atau anda bisa menyewa Pocketalk, yaitu perangkat komunikasi interaktif multibahasa yang berfungsi sebagai penerjemah. Anda dapat menyewa perangkat penerjemah ini di jepang dengan harga yang murah.

3. Ambil Peta di setiap Stasiun

Jepang memiliki tata kota dan juga transportasi yang baik. Jika anda tidak ingin tersesat anda bisa mengambil brosur dan peta yang disediakan di stasiun atau beberapa tempat umum lainya, atau anda bisa membawanya dari rumah dengan mendowbloadnya dari website-website resmi jepang. Tata kota di Jepang khususnya di kota-kota besar di Jepang sangatlah kompleks. Jadi ada baiknya anda menggunakan petunjuk arah yang benar agar tetap pada jalan yang benar.

4. Gunakan JR Pass untuk Bepergian

JR-PassBepergian dengan taksi di Jepang sangatlah mahal. Jadi tidak disarankan untuk menggunakan transportasi ini. Anda bisa membeli tiket  Japan Rail Pass (JR Pass) atau kartu perjalanan prabayar lainnya seperti PASMO dan Suica Cards. JR rail pass hanya dapat dibeli secara online dari luar Negara jepang.

Sedangkan PASMO dan Suica Card bisa anda beli di Mesin Penjual Tiket Multifungsi di stasiun, Kantor Tiket JR, dan Pusat Layanan Perjalanan. Namun, JR Pass merupakan pilihan terbaik untuk anda yang ingin berwisata ke Jepang.


6. Pelajari Salam Orang Jepang

Setiap Negara memiliki cara yang berbeda-beda dalam menyapa dan memberikan salam. Apalagi di jepang, dimana kebanyakan orang bersikap sopan dan disiplin. Salam orang jepang adalah dengan cara membungkuk. Ketika anda ingin bertanya kepada orang jepang anda bisa membungkukkan diri dahulu untuk menghormati dan menandakan bahwa anda adalah orang yang sopan.

7. Pelajari Cara memegang sumpit

Untuk memakan makanan jepang, biasanya menggunaakn sumpit sebagai sarana utama. Jika anda mencar I garpu, mungkin anda akan benar-benar sangat kesulitan. Jadi jika anda belum bisa memakai sumpit, anda bisa mempelajari terlebih dahulu.

8. Jangan Bingung Saat di Toilet

Toilet-di-JepangDi Jepang anda tidak perlu binging untuk mencari toilet, pasalnya hampir setiap tempat maupun transportasi umum terdapat toilet. Namun, beberapa diantaranya petunjuk toilet menggunakan bahasa jepang. Untuk lebih baiknya anda bisa menanyakan terlebih dahulu ke petugas terdekat. Hindari menyebut toilet ketika di tempat makan, jika anda ingin menanyakan letak toilet anda bisa menyebutnya wastafel atau kamar kecil ( otearai) dalam bahasa jepangnya.

Ada beberapa jenis toilet di jepang yaitu kloset jongkok, duduk, dan Japanese Washlet or Bidet yang merupakan sistem kamar mandi yang unik dan berteknologi tinggi dimana terdapat banyak tombol yang membingungkan. Bebapa diantaranya bahkan tidak ada keteranagan berbahasa inggris. Pastikan Anda duduk sebelum menekan tombol apa pun, atau anda akan tersemprot air. Terdapat juga tombol notasi musik – yang berarti toilet akan memainkan suara saat anda asyik mengeluarkan kotoran. Toilet ini juga dilengkapi dengan mesin penghangat yang sangat pas digunakan saat musim dingin.

9. Jangan Sembarangan Memotret

Berfoto disaat liburan merupakan hal yang biasa dan wajib untuk dilakukan. Namun tidak, ketika anda sedang jalan-jalan ke jepang. Ada beberapa tempat yang tidak diperbolehkan untuk memotret. Dan juga orang jepang juga sangat pemalu, jadi jika anda berfoto ataupun tidak sengaja berfoto dengan orang jepang, ada baiknya anda meminta izin untuk menguploadnya ke media sosial. Dan juga usahakan jangan menggunakan tongsis, karena dianggap menghalangi pandangan dan bisa menyebabkan kecelakan saat berjalan.

10. Tukarkan Uang Sebelum Berangkat

Sebelum berangkat ke Jepang, sebaiknya anda menukarkan rupiah anda dengan Yen Jepang dahulu. Karena sesampainya disana nanti anda akan kesulitan untuk mengambil uang via ATM. Satu-satunya ATM di tempat umum yang menyediakan uang tunai adalah di  toko 7-Eleven , dan ATM di 7eleven minimal mengeluarkan uang yen jepang senilai $ 100 USD. ATM ini memungkinkan Anda untuk menarik uang tunai dengan kartu kredit dan kartu debit yang dikeluarkan di luar Jepang, termasuk kartu Visa, Plus, Mastercard, Maestro, Cirrus, American Express dan JCB yang menyediakan menu bahasa Inggris. Selain itu, ATM tunai juga ada di kantor pos terdekat.

11. Akses Internet

Wifi gratis tersedia di banyak tempat di seluruh Jepang terutama di bandara dan tempat-tempat umum lainnya di mana banyak orang berkumpul. Namun, lebih baiknya anda memiliki perangkat wifi portabel saat bepergian , jadi anda bisa menggunakan internet dimanapun anda berada. Selain itu anda bisa membeli simcard  yang bisa digunakan di Jepang.

12. Jangan memberikan tips di Restoran

Kalau di Indonesia bila pelayanan restoran bagus, maka tak jarang anda memberikan tip kepada pelayan anda. Nah, jika anda di Tokyo, ketika anda makan di restoran dengan pelayanan yang bagus dan anda berinisiatif untuk memberikan tips, sebaiknya anda urungkan niat anda. Karena ketika anda memberikan tip atau membayar ekstra ke restoran tempat anda makan, itu adalah hal yang malah mereka anggap sebagai penghinaan. Jadi hindari member tip saat anda makan.


13. Melepas Sepatu

Selalu melepas sepatu Anda sebelum memasuki rumah siapa pun, di Jepang, termasuk akomodasi Anda. Sebagian besar akomodasi di jepang menyediakan sandal yang siap untuk Anda gunakan.  Jadi pastikan untuk menukar alas kaki saat Anda masuk dan keluar rumah. Ketika Anda menggunakan toilet di rumah orang lain, pastikan Anda tidak memakai sandal ‘rumah’ Anda ke toilet – gunakan sandal kamar mandi khusus.

14. Jangan Buang Sampah Sembarangan

Selain jepang sangat menjunjung tinggi kesopanan, orang-orang jepang juga sangat mementingkan kebersihan. Namun, ketika anda sedang berlibur di Tokyo, akan sangat sulit sekali untuk menemukan tempat sampah. Jadi persiapkan kantong plastik yang bisa anda masukkan kedalam tas anda, hingga anda menemukan tempat sampah untuk membuangnya. Dan juga jangan pernah membuang sampah sembarangan, karena anda bisa terkena denda.

Jepang terkenal dengan makananya jadi jangan lewatkan untuk menikmati makanan di berbagai restoran disini. dan jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Jepang di beberapa tempat belanja di Jepang yang bisa anda bawa pulang.

Selamat berlibur.

, , ,
Post Date: Saturday 02nd, June 2018 / 06:06 Oleh :
Kategori : Jepang