17 Tips Jalan-Jalan Ke Vietnam Yang Wajib Anda Tahu

Tips-jalan-jalan-VietnamTips Jalan-jalan ke Vietnam – Vietnam merupakan salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang memiliki tempat wisata tidak kalah dengan Tempat wisata di Thailand. Bahkan bisa dibilang biaya hidup di Vietnam lebih murah dibandingkan dengan di Thailand. Apalagi di Vietnam juga menerapkan bebas visa bagi wisatawan Indonesia yang ingin pergi berlibur kesana. Gaya hidup di Vietnam juga tidak terlalu terpaut jauh dengan di Indonesia. Bahkan anda tidak akan asing dengan beberapa bangunan-bangunan yang hampir mirip dengan di Indonesia.

Sekarang sudah mulai banyak agen-agen wisata yang menawarkan paket liburan ke Vietnam. Selain itu, jika anda ingin memilih pergi sendiri dengan biaya murah anda bisa mempelajari beberapa tips jalan-jalan murah ke Vietnam, atau dengan menerapkan cara backpacker ke Vietnam. Dan kali ini kita akan membahas mengenai tips jalan-jalan ke Vietnam secara umum yang bisa diterapkan untuk anda ketika berlibur sendiri ataupun dengan travel agen. Untuk anda yang ingin berlibur sendiri tanpa menggunakan bantuan travel agent, anda harus cukup berhati-hati disana, karena banyak sopir taksi, penjaja makanan, maupun hotel yang memberikan harga lebih mahal kepada para wisatawan asing, terutama bagi anda yang  baru pertama kali berlibur ke Vietnam. Untuk itu langsung saja kita simak tips jalan-jalan ke Vietnam berikut ini.

1. Persiapan Sebelum keberangakatan

Mempersiapkan segala sesuatu untuk berkunjung ke Vietnam merupakan hal umum yang harus dilakukan untuk anda yang ingin berlibur tanpa menggunakan tour. Untuk anda yang menggunakan agent travel, anda tinggal mengikuti beberapa panduan yang disediakan oleh agent travel anda. Namun tidak ada salahnya jika anda mempersiapkan hal-hal penting yang belum disediakan oleh travel agent anda. Dan berikut beberapa Hal yang perlu dipersiapkan sebelum liburan anda ke Vietnam.

  • Paspor, Persiapkan paspor yang masih memiliki masa berlaku setidaknya 6 bulan, Jika masa berlaku paspor anda kurang dari 6 bulan, segera kperpanjang kedinas terkait.
  • ittenary atau jadwal kunjungan anda saat mengunjungi tempat wisata di Vietnam, Hal ini untuk mempermudah anda, khususnya bagi anda yang ingin berlibur tanpa agen travel.
  • Tiket Pesawat, Satu hal yang juga wajib dipesan, jika anda ingin liburan dengan budget yang minimum, anda bisa pergi saat low season,atau ketika ada promo tiket pesawat.
  • Penginapan, Untuk mencari penginapan dengan harga murah, anda bisa memesan setelah sampai disana, karena biasanya hostel-hostel murah di Vietnam masih belum terdaftar dalam aplikasi –aplikasi online maupun smartphone. Namun, jika tidak memungkinkan anda bisa pesan via online.
  • Mata Uang, Sebelum keberangkatan anda bisa menukarkan uang dengan USD dahulu. Untuk sesampainya disana baru ditukar dengan uang Dong, yaitu mata uang Vietnam. Sebisa mungin jangan tukar mata uang rupiah dengan Dong saat di Vietnam, karena rupiah di Vietnam dihargai rendah. Dan juga masih jarang penukaran uang yang menyediakan rupiah.
  • Visa, anda tidak perlu repot-repot mengurusnya, karena untuk berlibur ke Vietnam bebas visa selama 30 hari jika melalui jalur udara, dan 15 hari melalui jalur darat.

2. Pilihan Untuk Landing Pesawat

Dalam menentukan tiket pesawat ada beberapa pilihan untuk menuju ke Vietnam. Biasanya wisatawan akan turun di bandara utama Vietnam yang berada di kota Ho Chi Minh yaitu di Bandara Tan Son Nath. Anda bisa langsung menuju bandara Tan son Nath dari Indonesia menuju Vietnam dengan menggunakan Garuda Indenesia, atau Vietnam Airlines. Namun jika anda ingin tiket pesawat yang lebih murah anda bisa memesan pesawat Air Asia dan transit dahulu di Bandara KLIA2 di Kuala Lumpur, Malaysia. Atau anda bisa naik pesawat Jetsar atau Tiger airways dan Transit dahulu di change Airport di Singapura.

3. Pemeriksaan Di Imigrasi

Meskipun menerapkan bebas visa bagi wisatawan Indonesia, tetap saja pemeriksaan di Imigrasi di Vietnam cukup ketat. Hal ini untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan nantinya, seperti perdagangan manusia, atau terorisme. Berdirilah pada antrian yang disediakan, dan tetap bersikap rileks serta persiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Selalu berdiri di belakang garis kuning jika belum dipanggil.

4. Ambil Brosur & peta Wisata

Brosur dan peta wisata biasanay tersedia di Vietnam Tourism Information center di Bandara. Anda bisa memperolehnya secara gratis, namun terkadang brosur dan peta wisata seringkali habis. Jika anda tidak ingin kebingungan disana, anda bisa mencetak brosur atau peta wisata anda sendiri yang bisa anda dapatkan di online. Biasanya untuk wisatawan yang baru pertama kali berkunjung ke Vietnam, mereka memilih untuk mengelilingi tempat wisata di Ho chi Minh dahulu, sebelum ke kota-kota lainya.

5. Lebih hemat dengan Bus Open Trip

Jika anda adalah seorang backpacker atau memiliki budget yang minimum, tips jalan-jalan ke Vietnam ini bisa anda gunakan. Dengan tiket bus open trip anda bisa berpindah dari satu kota ke kota lainya di Vietnam dengan biaya yang cukup murah yaitu sekitar 230.000 dong untuk 10 perjalanan. Dan juga biaya tergantung dari jauh tidaknya rute yang anda pilih. Rute yang dilalui bus open trip adalah dari Ho chi Mint city ke Hanoi atau sebaliknya. Untuk membeli tiket ini anda sesuaikan saja dengan ittenary yang sudah anda persiapkan. Tiket bus open trip juga bisa ditawar jika anda ingin harga yang lebih murah.

6. Hati-hati menggunakan transportasi

taksi-vietnam1Dalam menggunakan transportasi umum di sebaiknya anda menggunakan transportasi resmi di Vietnam. Misalnya saja taksi bisa anda pilih yanga ada argometernya, ada beberapa pilihan yang direkomendasikan yaitu taksi Vinasun dan mailinh.

Hati-hati juga dengan kasus scam atau penipuan terhadap turis-turis asing yang juga sering dilakukan oleh sopir-sopir nakal di Vietnam. Tanyakan dahulu biaya untuk sampai tujuan, kalau bisa ditulis dikertas pas dengan nol hingga digit terakhir. Atau jika anda menggunakan aplikasi grab bisa memanfaatkan aplikasi ini.

7. Tanyakan Harga terlebih dahulu sebelum membeli Sesuatu

Berlibur ke Vietnam bukanlah sesuatu yang cukup aman bagi wisatawan, selain ketika naik taksi, anda juga bisa menanyakan harga terlebih dahulu mengenai harga, ketika membeli sesuatu di Vietnam terutama makanan yang berada di pasar atau dipinggir jalan. Trik-trik seperti harga diawal tidak sama dengan harga setelah makan juga sering terjadi. Misalnya untuk membeli minuman dipinggir jalan, ketika anda tanya harganya, mereka bilang harga 5000 Dong, namun setelah makan, anda disuruh bayar 50.000 Dong. Nah Loh. Lebih aman untuk makan di tempat-tempat yang sedikit elit dengan harga yang sudah pasti seperti KFC atau MCD. Selain itu, bagi anda yang beragama muslim, anda juga harus berhati-hati dalam memilih makanan.

8. Selalu Awasi barang-barang Anda

Vietnam memang cukup terkenal dengan beberapa aksi pencopetan dan penipuan terhadap para wisatawan mancanegara. Terutama dengan beberapa hal yang sudah disampaikan diatas terkait transportasi dan makanan. Namun, anda juga jangan terlalu khawatir dengan hal tersebut. Ada beberapa tips untuk menanggulangi tersebut seperti :


  • Jangan membawa semua uang ketika sedang berwisata atau berada di tempat umum. Simpan beberapa uang di beberapa tempat yang dirasa aman.
  • Pakai money belt dan simpan uang ditempat terpisah seperti saku, tas, dompet, dan untuk jaga-jaga anda bisa tempatkan uang di kaus kaki anda.
  • Jangan pergi sendiri, Usahakan jika anda pergi dengan teman-teman anda, sebisa mungin jangan terpisah. Jika anda adalah seorang solo traveler, hindari tempat-tempat sepi dan anda bisa pergi bersama-sama teman sehostel anda.
  • Jangan mudah percaya dengan orang yang tidak dikenal, dan juga tawaran beberapa jasa-jasa di pinggir jalan. Meskipun tidak semuanya nakal, namun lebih baik anda berhati-hati ketika disana.

9. Pelajari Sedikit bahasa Vietnam

Tidak banyak warga Vietnam yang pandai berbahasa Inggris, ya bisa dibilang hampir mirip di Indonesia. Ada baiknya anda mempelajari sedikit bahasa mereka, karena di Vietnam cukup terkenal terhadap kasus pencopetan dan penipuan. Anda bisa menghafal kata-kata dasar seperti tolong, harga berapa, hitungan, dimana, dan lain sebagainya.

Itu dia beberapa tips yang bisa anda jadikan pedoman ketika berlibur ke Vietnam. Hati-hati saat berlibur dan Have Fun.

, , ,
Post Date: Sunday 27th, May 2018 / 16:41 Oleh :
Kategori : Vietnam