7 Tips Backpacker Ke Boracay Dengan Budget Minim

Liburan Berkesan ala Backpacker ke BoracayBoracay adalah salah satu tempat wisata di Filipina. Tidak hanya dikenal secara lokal di negaranya, nama Boracay sudah tercium sampai ke luar negeri. Banyak sekali wisatawan lokal dan asing yang menghabiskan waktu liburannya di sini.

Sayang, banyaknya pengunjung tidak dibarengi dengan baiknya pengelolaan bisnis. Saat ini, Boracay sedang ditutup untuk kegiatan wisata. Penutupan ini berlansung sejak April 2018 hingga 6 bulan selanjutnya. Tujuannya untuk memperbaiki kondisi dan keindahan Boracay,

Tapi jangan sedih, masa penutupan itu akan berakhir. Kebayang dong, akan seindah apa Boracay yang sudah dibenahi? Alowisata yakin, keindahannya akan semakin terjaga karena didukung oleh pemerintahnya sendiri. Untuk itu, lebih baik kamu segera menjadwalkan waktu libur ke Boracay. Tidak perlu biaya yang besar, kamu bisa melakukan liburan ala backpacker ke Boracay. Berikut ini tips liburan untuk kamu yang akan pergi ke sana:

  • Cari penerbangan murah

Dari Indonesia menuju ke Boracay, kita perlu menggunakan pesawat. Sebenarnya kelebihan kita yang tinggal di Indonesia ini yaitu bisa mendapatkan tiket penerbangan yang murah dengan harga normal. Terlebih lagi kalau kamu beruntung mendapatkan diskon. Untuk para backpacker, hal ini sangat perlu dilakukan. Setiap berencana melakukan liburan, termasuk ke Boracay sekalipun, lebih baik kamu mencari dengan rajin maskapai penerbangan yang menawarkan diskon harga pada tiketnya.

Yang perlu kamu tahu, kamu harus melakukan penerbangan transit untuk menuju ke Boracay. Pertama, kamu akan transit di kota Cebu. Selanjutnya kamu diberikan dua pilihan, memilih Caticlan atau Kalibo untuk perhentian terakhir. Saran untuk para backpacker ke Boracay, coba pilih Kalibo. Harga tiket penerbangan ke sana biasanya lebih murah.

  • Penginapan murah, bisa booking bisa tidak

Jika kamu mau aman, memang sebenarnya kamu bisa melakukan hal yang biasa orang lain lakukan. Yaitu mencari budget hotel, hostel atau guest house murah secara online. Kamu bisa membandingkan harga, jauh-jauh hari sebelum berangkat ke sana. Atau menyewa apartemen via Airbnb yang sedang hype untuk mendapatkan kenyamanan dengan budget yang terjangkau. Apalagi jika kamu pergi bersama sekelompok temanmu. Tapi tahu kah kamu ada hal lain yang bisa dilakukan para backpacker ke Boracay untuk mendapatkan penginapan dengan harga murah?

Agak nekat, tapi tidak melakukan booking penginapan di awal pun sebenarnya tidak masalah. Sebagai pulau yang kecil di Filipina, tidak semua penginapan di Boracay melakukan pemasaran secara online. Kamu bisa memutari Boracay sambil mencari penginapan dengan bertanya pada warga lokal, segera setalah kamu tiba. Pada dasarnya, umumnya warga lokal memenuhi kebutuhan sehari-hari dari usahanya di bidang wisata. Jadi kamu tidak akan kesulitan mencari penginapan di sana.

  • Air mineral refil

Mungkin ini hal kecil yang jarang diperhatikan. Diam-diam menguras uang di dompetmu. Minum adalah kebutuhan yang tidak mungkin manusia hilangkan di manapun. Seringkali harga air mineral kemasan di lokasi wisata, jauh lebih tinggi daripada harga air mineral di tempat umum lainnya. Untuk mensiasati ini, kamu bisa membawa tumblr dari rumah. Kamu beruntung berlibur ke Boracay, karena tempat ini menyediakan stasiun air refil di berbagai temat. Tumblr bisa kamu isi ulang di stasiun air refil.


  • Pilih makanan yang murah

Mayoritas orang di Indonesia beragama islam. Kamu yang muslim mungkin agak kesulitan mencari makanan di Boracay. Tapi kamu bisa mensiasatinya dengan berbelanja makanan yang bisa disimpan di kamar saat mengunjungi D’Mall. Kamu bisa membeli roti, keju, dan lain-lain. Akan lebih baik lagi kalau di kamarmu ada lemari pendingin. Kamu bisa belanja sayur-sayuran, buah, dan yoghurt untuk menjadikannya salad. Atau kamu bisa membawa makanan instan dari Indonesia untuk dimasak dengan cepat di sana. Bukan untuk makan setiap waktu. Tapi lumayan, biaya pengeluaranmu agak dikurangi.

Kamu yang ingin berwisata kuliner tapi tidak memiliki budget yang besar bisa mencoba cara ini. Cari jajanan pinggir jalan yang kelihatannya lezat dan cukup mengenyangkan. Banyak pilihan makanan khas Filipina di sini. Cek dulu harganya agar tidak salah perhitungan. Tapi jangan khawatir, di Boracay kamu akan mudah menemukan jajanan di pinggir jalan yang murah. Dari cemilan dan manisan, sampai makanan goreng-gorengan yang menggoda.

  • Bersantai di pantai

Ketika kamu tiba di Boracay, kamu akan disuguhkan dengan berbagai titik pantai. Setiap pantai tentunya memberikan fasilitas yang berbeda-beda. Kamu tinggal memilih, pantai mana yang masuk ke dalam budget-mu. Tidak perlu memaksakan diri untuk mengikuti keramaian. Sebenarnya, pantai yang sepi pun bisa membuat harimu lebih menyenangkan jika kamu mencoba bersantai di sana. Di pantai seperti Copacabana ataupun Boracay ini, kamu bisa berfoto dengan keindahan pantai di pagi hari agar dapat dukungan cahaya yang ciamik.

Duduk sambil menikmati pemandangan matahari terbenam. Atau memandang luasnya laut di pantai dan langit yang biru di siang hari. Kamu juga bisa mengelilingi spot terkenal white beach atau pantai lainnya dengan berjalan kaki dan menyewa sepeda. Kalau kamu berlibur ala backpacker ke Boracay, lebih baik kamu mengunjungi white beach di stasiun 2 dan stasiun 3 yang menyediakan lebih banyak pilihan fasilitas dengan range harga yang berbeda-beda.

  • Cliff diving di Ariel’s point

Cliff diving di Ariel's pointHai para backpacker, berwisata ke Boracay tidak boleh melewatkan yang satu ini. Ariel’s point merupakan ikonnya Boracay. Dan hal yang harus kamu lakukan adalah cliff diving. Nikmati keindahan alam Ariel’s point dengan melompat dari tebing setinggi 3 hingga 15 meter! Jangan biarkan kamu menyesal nanti, karena tidak sempat melakukan ini.

Walaupun kamu berlibur ala backpacker ke Boracay, penting untuk kamu menyisihkan budget untuk kegiatan ini. Karena pasti ramai pengunjung, lebih baik kamu memesan tur ke Ariel’s point dan olahraga cliff diving-nya secara online. Enak kan? Sedikit demi sedikit kamu sudah bisa membatasi budget liburanmu akan dihabiskan ke mana.

  • Standup paddling

Standup paddlingStandup paddling adalah salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan di pantai Bulabog. Kamu bisa coba memesannya di Obama Grill, Stasiun 1 White Beach. Hitungannya, ini termasuk olahraga atau aktivitas tepi pantai yang cukup murah. Kamu bisa merasakan sensasi berdiri di atas laut.

Tidak seekstrim surfing, jadi kamu yang tidak memiliki keahlian berselancar, bisa mencoba kegiatan ini. Sensasinya serupa tapi lebih aman. Jarang-jarang ada di tempat wisata lain. Jadi jangan sampai dilewatkan. Backpacker ke Boracay harus menyenangkan.


Hal-hal yang harus dipersiapkan untuk kamu para backpacker saat liburan sebenarnya sudah jelas. Baik pergi ke Boracay atau pantai lainnya seperti Bondi Beach. Perhatikan budget, sesuaikan dengan kebutuhan. Minimalisir pengeluaran dengan mengurangi budget tertentu seperti transportasi, penginapan, dan makanan. Loh semuanya ya? Hehehe ya selagi bisa dikurangi, kenapa tidak?

Beberapa kegiatan yang disampaikan di atas adalah kegiatan yang menurut alowisata bisa menjadi prioritas. Banyak tempat wisata di Boracay. Banyak pula kegiatan yang bisa dilakukan pantainya. Tapi Cliff diving dan standup paddling tidak selalu mudah ditemukan di tempat lain. Pemandangan di Boracay itu sangat indah. Menikmati hal ini dengan dua kegiatan itu pasti akan membuatnya semakin menarik. Cobalah melakukannya, semoga hari liburanmu berkesan!

, , ,
Post Date: Monday 16th, July 2018 / 08:47 Oleh :
Kategori : Filipina