7 Tips Backpacker Ke Zhangjiajie Yang Penting Diketahui

Zhangjiajie merupakan sebuah kota terkenal di Propinsi Hubei China. Kota ini cukup sering dijadikan Tempat Wisata Di China oleh turis lokal maupun turis mancanegara. Kota ini merupakan sebuah kota dengan cukup banyak tempat wisata yang menarik. Beberapa di antaranya adalah Taman Nasional Zhangjiajie dan Tian Men Shan. Maka dari itu, mungkin Anda juga berkeinginan mengunjungi kota Zhangjiajie. Berikut beberapa tips backpacker ke Zhangjiajie untuk wisatawan yang suka berpetualang.

1. Transportasi ke Zhangjiajie

Transportasi ke ZhangjiajiePada dasarnya, transportasi menuju ke Zhangjiajie cukup bervariasi dan bisa dipilih oleh para wisatawan maupun backpacker. Cara pertama yang cukup sering dilakukan adalah menggunakan moda transportasi udara dari Changsha ke Zhangjiajie. Moda transportasi pesawat ini membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam. Pesawat tersebut adalah pesawat kecil yang kapasitasnya hanya sekitar 50 orang.

Cara kedua adalah menggunakan moda transportasi darat, yaitu kereta dari Changsha ke kota Zhangjiajie. Cara ketiga adalah dengan menggunakan moda transportasi bus. Namun untuk kereta dan bus waktu perjalanannya lebih lama, yaitu 4 jam.

Jika Anda adalah seorang backpacker yang tidak dibatasi waktu dan suka Jalan Jalan Murah ke China, menggunakan moda transportasi darat akan menjadi pilihan terbaik. Hal ini dikarenakan harganya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan pesawat. Namun jika Anda dibatasi waktu, satu-satunya moda transportasi yang dapat diandalkan adalah pesawat terbang.

2. Hindari Solo Backpacker ke Zhangjiajie

Hindari Solo Backpacker ke ZhangjiajiePada dasarnya seorang backpacker pasti menyukai tantangan dan petualangan. Dan mungkin di antara Anda ada yang lebih suka jalan-jalan sendirian daripada dengan membawa rekan. Akan tetapi, jika Anda pergi ke negara-negara yang tidak familiar dengan bahasa Inggris, Anda bisa jadi menemukan cukup banyak kesulitan. Termasuk saat berwisata ke China.

Sebaiknya, Anda mengajak rekan seperjalanan yang asyik dan sesuai dengan karakter Anda. Dan sebisa mungkin ajaklah mereka yang sudah cukup memahami bahasa Mandarin. Jika pun Anda dan rekan seperjalanan sama-sama tidak bisa bahasa Mandarin, juga tidak mengapa. Asalkan jangan pergi sendirian ke China, termasuk ke Zhangjiajie.

3. Akomodasi di Zhangjiajie

Akomodasi di ZhangjiajieTak lengkap rasanya pergi ke Zhangjiajie jika tidak menginap. Maka mungkin Anda akan mulai berpikir untuk mencari penginapan atau hotel terdekat. Sebelum Anda pergi ke Zhangjiajie sebaiknya carilah referensi sebanyak-banyaknya mengenai akomodasi di sana.

Hal ini dikarenakan ternyata tidak semua hotel dan penginapan di China, termasuk di Zhangjiajie, mau menerima turis asing. Daripada Anda kesulitan mencari penginapan saat sudah berada di negeri orang, tentu akan lebih baik jika sebelum berangkat ke sana, Anda memesan sebuah penginapan atau hotel yang mau menerima turis asing.

Agar lebih Aman, Anda juga bisa mencari penginapan yang mewadahi aktivitas backpacker dari berbagai negara. Karena di sekitar Taman Nasional Zhangjiajie sendiri ada hostel yang cukup membantu kegiatan backpacker. Misalnya saat petugas hostel mengadakan diskusi dengan para tamunya dan memberi tahu mengenai objek wisata di Taman Nasional Zhangjiajie.


Selain itu lebih baik Anda mencari penginapan yang juga menyediakan paket wisata share cost dengan backpacker lainnya. Sehingga biaya yang dikeluarkan tentu akan lebih murah. Anda pun akan mendapat kenalan baru dan juga pengalaman baru dengan ikut paket wisata bersama backpacker lainnya yang Anda temui di penginapan.

4. Sewa Guide di Taman Nasional Zhangjiajie

Sewa Guide di Taman Nasional ZhangjiajieSeperti yang dijelaskan di atas bahwa salah satu objek wisata yang sering dikunjungi di Zhangjiajie adalah Taman Nasional Zhangjiajie. Taman nasional ini bukanlah sebuah Tempat Bersejarah Di China, melainkan tempat wisata alam. Perjalanan backpacker ke Zhangjiajie akan sangat menyenangkan dan aman ketika Anda menyewa guide lokal di taman nasional tersebut. Terutama jika Anda tidak menggunakan jasa paket wisata atau semacamnya.

Mengapa? Karena Taman Nasional Zhangjiajie adalah sebuah tempat yang sangat luas. Anda bisa jadi tersesat jika tidak menggunakan jasa guide lokal tersebut. Selain itu guide lokal pasti akan membantu Anda dalam perjalanan wisata ini dan hal ini akan lebih membuat Anda nyaman dan merasa aman.

5. Persiapan Penting Sebelum ke Zhangjiajie

Persiapan Penting Sebelum ke ZhangjiajieBeberapa persiapan penting tentu perlu diperhatikan. Terutama jika akan pergi backpacker ke Zhangjiajie. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah jaket. Bawalah jaket yang cukup tebal. Jaket ini akan sangat membantu mencegah rasa dingin terutama di malam hari.

Benda kedua yang wajib Anda bawa adalah payung. Selain bermanfaat untuk memayungi saat cuaca sedang sangat panas atau saat sedang hujan, payung bisa bermanfaat untuk hal lainnya. Misalnya penutup saat buang air kecil di toilet. Mengapa? Karena beberapa toilet umum di China tidak memiliki pintu, dan hanya diberi sekat di samping kanan kiri.

Beberapa hal penting lainnya misalnya aplikasi bahasa mandarin di smartphone, VPN dan pocket wifi agar bisa mengakses internet secara lebih leluasa, dan juga olahraga kecil-kecilan. Mengapa harus olahraga kecil-kecilan? Karena perjalanan backpacker ke Taman Nasional Zhangjiajie bukanlah perjalanan mengunjungi Bangunan Bersejarah di China atau tempat wisata modern. Perjalanan ini akan cukup membuat Anda lelah dengan jalan kaki dan naik turun tangga.

6. Bekal Makanan ke Zhangjiajie

Bekal Makanan ke ZhangjiajieHal ini cukup penting, walaupun kelihatannya sepele. Sebaiknya saat Anda memutuskan untuk mulai melakukan kunjungan wisata ke Taman Nasional Zhangjiajie, bawalah bekal makanan. Hal ini dikarenakan perjalanan wisata di Taman Nasional Zhangjiajie bukanlah perjalanan untuk mencari Oleh-Oleh Khas China. Sehingga akan cukup sulit menemukan pedagang di kawasan wisata ini.

Apalagi untuk Anda yang pergi backpacker ke Zhangjiajie tanpa pemandu atau tanpa jasa tour travel. Tentu perjalanan akan cukup melelahkan. Walau di dalam taman nasional ini memang terdapat bus yang bisa mengantarkan Anda dari satu titik ke titik yang lain secara gratis, Anda akan membutuhkan makanan di tengah-tengah perjalanan.

Namun perlu diketahui juga jangan membawa bekal secara berlebihan. Karena beban berat di punggung juga akan menghambat perjalanan Anda naik ke puncak gunung di dalam taman nasional. Bawalah bekal seperti snack yang cukup mengenyangkan untuk mengurangi rasa lapar Anda di perjalanan.


7. Hati-hati dengan Monyet di Zhangjiajie

Hati-hati dengan Monyet di ZhangjiajiePerlu diketahui bahwa Taman Nasional Zhangjiajie merupakan sebuah taman nasional yang memungkinkan Anda bertemu dengan monyet hutan setempat. Maka dari itu wisatawan pun perlu  berhati-hati.

Sebisa mungkin, amankan barang-barang bawaan Anda agar terhindar dari ulah nakal monyet-monyet ini. Monyet-monyet ini suka mengambil barang-barang secara agresif. Atau bahkan mencuri makanan  yang Anda bawa.

Maka dari itu, simpan makanan di dalam tas yang aman, dan jangan menggunakan aksesoris yang mudah terlepas. Jika Anda membawa kamera pocket, sebaiknya gantung kamera Anda di leher atau ikat dengan tali di tangan Anda sehingga tidak mudah lepas.

Demikianlah beberapa tips backpacker ke Zhangjiajie yang perlu diketahui. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Anda dalam mempersiapkan perjalanan ke Taman Nasional Zhangjiajie.

, , ,
Post Date: Monday 13th, August 2018 / 08:54 Oleh :
Kategori : Tiongkok