7 Tips Jalan Jalan Murah ke China Yang Wajib Di Ketahui

China merupakan sebuah negara besar yang banyak menarik perhatian orang dari seluruh penjuru dunia. Walau negara ini kurang populer untuk wisata, akan tetapi cukup banyak Tempat Bersejarah Di China yang menarik untuk sasaran liburan Anda. Namun mungkin cukup banyak orang yang berpikir bahwa akan cukup sulit bepergian ke negara asing seperti China. Budaya, bahasa, dan situasi negara ini pasti sangat berbeda dengan Indonesia. Maka dari itu, berikut beberapa tips jalan jalan murah ke China bagi Anda yang sangat ingin mengunjungi negeri tersebut.

1. Musim Terbaik Wisata di China

Musim Terbaik Wisata di ChinaSeperti negara lainnya di Asia Timur lainnya, China memiliki musim yang beraneka ragam. Ada musim dingin, panas, semi, dan gugur. Lalu kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke China? Sebagian besar wisatawan mengatakan bahwa waktu terbaik ke China adalah pada musim gugur dan musim semi.

Kedua musim ini dinilai menjadi musim yang bersahabat bagi kebanyakan turis dari negara lain, termasuk turis dari negara tropis seperti Indonesia. Dimana suhunya cukup sejuk dan tidak terlalu panas, sehingga cocok untuk jalan-jalan.

Namun jika Anda ingin mengeksplorasi kawasan China yang terpencil, misalnya kawasan Xinjiang, Tibet, atau Shangri-La, musim panas adalah waktu terbaik. Karena di musim tersebut pemandangan akan sangat indah dan cuaca akan cerah sepanjang musim. Akan tetapi suhunya memang akan sangat panas dan mungkin membuat wisatawan cepat lelah.

Musim dingin adalah musim yang paling sepi untuk liburan ke Tempat Wisata Di China. Sehingga musim dingin bisa dikatakan waktu yang paling low season untuk wisata.

2. Kendala Bahasa di China

Kendala Bahasa di ChinaJika Anda ingin jalan jalan ke China, bahasa tentu akan sangat mengkhawatirkan bagi Anda. Apalagi jika Anda tidak bisa bahasa Mandarin. Bukan hanya itu, masyarakat China sendiri juga tidak menggunakan Bahasa Inggris. Pasti akan sulit untuk berkomunikasi dengan mereka.

Namun perlu diketahui bahwa orang-orang China sebenarnya juga mendapatkan pelajaran Bahasa Inggris di bangku sekolah. Hanya saja, mereka tidak terbiasa menggunakan bahasa Inggris. Maka dari itu, sasaran bertanya yang terbaik adalah murid-murid yang berusia di bawah 25 tahun, karena mereka lebih familiar dengan bahasa Inggris jika dibanding dengan orang tua.

Jika Anda sedang jalan jalan murah ke China ala-ala backpacker, Anda bisa menuliskan pertanyaan dalam bahasa Inggris dan menunjukkan tulisan tersebut pada orang yang ingin Anda tanyai. Misalnya jika akan membeli tiket kereta dan sebagainya, tuliskan saja “train station” atau nama kota yang akan Anda tuju. Maka mereka akan memahaminya.


3. Transportasi di China

Transportasi di ChinaChina menerapkan alat transportasi massal yang cukup baik. Bahkan Anda akan mudah mendapatkan subway dari Bandara ke beberapa objek wisata dan kota terkenal di China. Maka dari itu, sebaiknya hindari taksi.

Apalagi untuk Anda yang sedang dalam program jalan-jalan murah, taksi bukanlah pilihan yang tepat. Mengapa? Karena supir taksi di China terkenal suka menipu. Dan wisatawan asing akan menjadi sasaran empuknya.

Maka dari itu, Anda sebaiknya mempelajari terlebih dahulu mengenai tata kelola transportasi di China, mulai dari jenis transportasi umumnya, hingga jadwal-jadwal keberangkatannya. Sebisa mungkin jangan menggunakan taksi.

4. Internet di China

Internet di ChinaJika di Jepang mungkin akan mudah ditemui wi-fi gratis, maka tidak demikian dengan China. Di beberapa tempat, mungkin Anda memang akan menemukan wi-fi gratis. Namun kebanyakan wi-fi gratis ternyata tidak benar-benar gratis.

Tips jalan jalan murah ke China berkenaan dengan internet adalah menggunakan pocket wi-fi. Cara ini bisa dikatakan paling aman dan paling praktis untuk berwisata ke China.

Namun perlu diketahui bahwa akses internet di China tidak sebebas di Indonesia. Bahkan beberapa layanan google akan dibatasi di sana. Demikian pula dengan akses ke media sosial. Jika Anda ingin memanfaatkan media sosial dan layanan internet yang bebas seperti di Indonesia, Anda membutuhkan VPN alias Virtual Private Network.

5. Belanja Murah di China

Belanja Murah di ChinaChina dikenal akan surga belanjanya yang murah-murah. Seperti beberapa contoh Tempat Belanja Murah Di Guangzhou yang cukup terkenal. Sehingga saat jalan jalan murah ke China Anda bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk belanja. Tips yang perlu diperhatikan selain mengenai Makanan Halal Di Guangzhou untuk wisata kuliner adalah tentang alat pemnayarannya, yaitu selalu siapkan uang tunai yuan.

Mengapa? Karena di China terbilang cukup sulit untuk mendapatkan money changer. Hal ini dikarenakan wisatawan yang datang ke China kebanyakan berasal dari China sendiri atau dari negara tetangganya. Cukup sedikit wisatawan dari negara yang jauh seperti Indonesia.

Anda bisa mempersiapkan uang yuan dari Indonesia agar lebih nyaman. Selain itu, karena cukup banyak yang menjual barang-barang murah, Anda yang ingin berbelanja banyak sebaiknya mempersiapkan tambahan bagasi. Bagi Anda yang memiliki kemampuan menawar harga, gunakan kemampuan tersebut dengan sebaik-baiknya agar dapat memperoleh barang yang lebih murah lagi.

6. Tempat Wisata Murah di China

Tempat Wisata Murah di ChinaTips jalan jalan murah ke China berikutnya adalah mengunjungi tempat wisata yang murah bahkan jika perlu gratis. Hal ini cukup penting untuk para wisatawan yang ingin berwisata murah. Karena kebanyakan budget wisata habis untuk tiket masuk tempat wisata yang terlalu mahal.

Rata-rata harga tiket masuk ke tempat wisata di China masih di atas 40 yuan, atau setara dengan kurang lebih Rp 85.000 hingga Rp 90.000. Bagi wisatawan Indonesia sendiri mungkin harga tiket masuk tempat wisata ini murah. Namun sebagian lagi mungkin menganggapnya mahal.

Sebagai alternatif lainnya, wisatawan tetap bisa mengeksplorasi China dengan berkunjung ke tempat wisata gratis. Misalnya taman kota, danau yang gratis, Bangunan Bersejarah di China yang gratis, dan masih banyak lagi pilihannya. Anda hanya perlu membuat data tempat wisata yang akan dikunjungi.


7. Persiapan Wisata Murah ke China

Persiapan Wisata Murah ke ChinaBanyak hal yang perlu diperhatikan jika ingin berwisata ke luar negeri, termasuk ke China. Selain beberapa hal yang sudah disebutkan di atas, Anda bisa juga mempersiapkan liburan murah ke China dengan banyak cara.

Misalnya dengan menentukan waktu jalan jalan ke China saat low season, alias saat pengunjung ke China sedikit. Anda bisa saja mencari tanggal terbaik untuk mendapatkan tiket pesawat yang lebih murah daripada saat musim liburan.

Cara selain itu adalah gencar mencari promo. Saat ini cukup banyak maskapai maupun jasa travel yang mengadakan promo. Sehingga harga yang akan didapatkan jauh lebih murah. Sehingga selisih harga tersebut bisa Anda agendakan untuk uang saku selama berwisata di China.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai tips jalan jalan murah ke China yang perlu diketahui. Bagi Anda yang benar-benar ingin pergi ke China, rekomendasi objek wisata alam juga menarik untuk dikunjungi. Apalagi alam di China terkenal sangat indah dan unik. Semoga bermanfaat dan selamat liburan.

, , ,
Post Date: Friday 20th, July 2018 / 08:28 Oleh :
Kategori : Tiongkok