16 Bangunan Bersejarah di China Terpopuler Bagi Wisatawan

Bangunan bersejarah di China – China merupakan negara besar dengan sejarah panjang yang cukup populer di dunia. Hal ini bisa dilihat dari tulisan Marcopolo, seorang penjelajah asal italia yang berasal sekitar 7 abad yang lalu. Dari catatan tersebut, china sudah menjadi satu negara yang besar, misterius dan eksotis di dunia pada zaman dahulu.

Dari sejarah tersebut, China juga meninggalkan bangunan- bangunan yang masih berdiri kokoh hingga sekarang. Dan bisa dibilang hampir semua tempat wisata di China yang populer merupakan bangunan bersejarah. Dimana merupakan destinasi yang wajib anda kunjungi. Dan berikut adalah Beberapa bangunan bersejarah di China yang populer dan wajib dikunjungi.

1. Kota Terlarang dan Istana Kerajaan, Beijing

Kota-terlarangMerupakan salah satu Bangunan bersejarah terbesar dan terpenting di China, Kota Terlarang juga dikenal sebagai Istana Kekaisaran yang terletak di jantung kota Beijing. Pembangunan istana terlarang dimulai pada masa Dinasti Yuan antara tahun 1271 hingga 1368, dan kemudian dibangun lagi pada tahun 1406 dan 1420.

Kota terlarang digunakan sebagai kediaman 24 Kaisar Ming dan Qing. Bangunan ini tidak boleh dimasukki oleh orang selain dari keluarga kekaisaran dan tamu undangan, oleh sebab itu bangunan ini disebut sebagai kota terlarang. Kota terlarang memiliki luas sekitar 720.000 meter persegi dan dkelilingii oleh tembok setinggi 10 meter dengan menara pengawas dan parit yang lebar.

Untuk mengelilingi bangunan bersejarah yang satu ini anda bisa menghabiskan berjam-jam untuk mengelilinginya. Namun, berikut adalah beberapa temat andalan yang banyak dikunjungi wisatawan.

  • Jembatan Golden Bridge berwarna putih;
  • Hall of Supreme Harmony, sebuah bangunan setinggi 35 meter dimana tempat kaisar bertahta
  • Hall of Preserving Harmony, aula perjamuan kaisar yang sangat indah.

2. Summer Palace, Beijing

Summer-palaceSummer Palace atau Istana musim panas terletak sekitar 15 kilometer dari pusat kota Beijing. Istana ini memiliki luas sekitar 700 hektar, dimana terdapat taman yang indah dan merupakan salah satu bangunan bersejarah  yang paling banyak dikunjungi di Cina.  Summer Palace merupakan taman kerajaan pada era kekaisaran di China

Summer Palace dibangun pada tahun 1153 dimana di dalam istana ini terdapat sebuah danau besar yang dibuat pada abad ke-14 untuk memperindah Taman Kekaisaran . Dan summer palace dikembangkan oleh Kaisar Qianlong pada abad ke-18. Dikarenakan summer palace memiliki wilayah yang cukup luas, berikut adalah beberapa tempat terbaik untuk disinggahi.

  • Court Are, Gerbang istana timur
  • Danau Kunming, mencakup hampir 75% dari taman
  • Longevity Hill, Bukit dengan aula dan kuil yang indah
  • Garden of Virtue Anda Harmony
  • Crandle of Beijing Opera

3. Tembok Besar China, Beijing

Tembok-besarTembok Besar China merupakan bangunan bersejarah yang populer dan menjadi salah satu keajaiban dunia di China. Di Cina tembok besar China disebut sebagai Changcheng, atau Tembok Panjang. Bangunan ini membentang lebih dari 8.851 kilometer mulai dari Shanhaiguan di timur ke Jiayuguan di barat, melewati Hebei, Tientsin, Beijing. Tembok ini merupakan bangunan bersejarah di China yang digunakan sebagai benteng untuk menghalau musuh-musuh dari utara China yang dibangun pada masa dinasti Qin.

Tembok besar china rata-rata memiliki tinggi enam hingga delapan meter.Namun, di beberapa lokasi terdapat dengan tinggi mencapai 16 meter. Bangunan ini juga memiliki banyak menara pengawas. Bagian tembok yang paling banyak dikunjungi wisatawan adalah tembok Badaling Pass di barat laut Beijing. Selain Badeling Pass, anda juga bisa mengunjungi tempat wisata tembok besar china lainya seperti Mantinyu, Samatai, Jin Shaling, dan Joyongguan.

4. Terracota Army, Xi’an

Teracota-armyTeracotta Army ditemukan oleh para petani yang yang menggali sumur di pinggiran Xi’an pada sekitar tahun 1970.  Bangunan patung-patung tentara china ini dibangun seolah-olah sedang menjaga makam Kaisar Pertama.

Dimana terdapat lebih dari 8.000 prajurit dengan ukuran dan detail dibuat semirip mungkin dengan tentara China pada zaman dahulu, sekitar 520 kuda, dan lebih dari 100 kereta. Sealin itu juga terdapat karakter non-militer lainnya yang diperkirakan berasal dari sekitar tahun 280 SM. Bangunan bersejarah china ini terletak di distrik Lintong kota Xi’an.

5. Lapangan Tiananmen, Beijing

TianenmenLapangan Tiananmen merupakan salah satu bangunan bersejarah di China dimana meruakan tempat terjadinya Beberapa peristiwa penting. Seperti Proklamasi kemerdekaan Republik Rakyat China, Insident Tianmen 1976, dan juga insiden demonstrasi pro-demokrasi pada tahun1989 yang menewaskan ribuan jiwa dan menjadi peristiwa terkelam sejarah China modern.

Lapangan ini berada di tengah-tengah pusat pemerintahan di kota Beijing. Diapit oleh Gerbang kekaisaran di Selatan Terdapat Qianmen Gate (Gerbang Front Gate), di sebelah utara terdapat Tianmen Gate (Gerbang Heavenly Peace); Serta di bagian Barat terdapat Great Hall of The People yang masih digunakan oleh pemerintahan China hingga sekarang. Disekitar lapangan ini anda bisa mengunjungi beberapa tempat seperti Balai Peringatan Mao Zedong, Menara Tiananmen, Balai Besar Rakyat, Monumen Pahlawan Rakyat,dan Museum nasional China.

6. Istana Potala, Tibet

Istana-PotalaBangunan bersejarah Cina lainnya yang juga sangat terkenal adalah Istana Potala. Istana ini terletak di kota Lhasa, Tibet. Dibangun sebagai benteng dan tempat tinggal bagi Dalai Lama.  Selama berabad-abad lamanya, istana ini digunakan sebagai pusat kekuasaan politik dan agama. Terdapat dua istana penting di dalam kmpleks istana potala. Yaitu:

  • Istana Merah , dibangun pada abad ke-17 dan berisi kuil-kuil penting di kompleks ini. Dindingnya ditutupi dengan relief yang menggambarkan kehidupan Dalai Lama dan raja Tibet. Di istanan ini juga tedapat Red Palace, dimana terdapat banyak ruangan sebagai tempat untuk belajar agama dan terdapat makam-makam dari Dalai Lama
  • Istana Putih, digunakan untuk tidur, belajar, dan ruang resepsi dalai lama.

7. Goa Magao, Dunhuang

Gua-MagaoGoa Magao merupakana salah satu bangunan berrsejarah di China yang berada di Kota Dunhuang, Provinsi Gansu, China. Bangunan ini dibangun pada sekitar abad ke-4, dan terus berlanjut hingga berlangsungnya 16 dinasti di China. Goa Magao  juga ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia.

kompleks Goa Magao memiliki 600 gua, dan hanya 30 gua saja yang dibuka oleh wisatawan. Gua ini membentuk kuil-kuil yang jumlahnya 492 kuil. Di dalam Gua Mogao berisi ukiran-ukiran dan Patung Budha yang cukup termasyur di China. Dimana terdapat sekittar 735 pahatan, 450 ribu gambar relief dan lebih dari 2000 patung Budha yang terbuat dari tanah liat.

8. Suzhou Garden, Suzhou

Sazhao-GardenDianggap sebagai salah satu taman bersejarah terpenting di dunia. Taman Suzhou juga ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Taman ini terletak di kota Suzhou di provinsi Jiangsu. Suzhou Park didirikan pada abad ke-11 ketika kota ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat pada saat itu.

Bagian yang paling terkenal dari taman ini adalah Garden of Lingering, dimana taman ini berdiri diatas tanah seluas 7 hektar yang dibuat pada masa Dinasti Ming. Taman ini menawarkan kolam renang, beberapa bangunan yang unik, bukit buatan, tatanan pohon persik, dan jalur yang indah dimana dindingnya menggantung tiga ratus tablet batu yang terukir dengan karakter Cina kuno.


9. Leshan  Giant Budha

Lesen-giant-budhaGunung Emei merupakan tempat dimana kuil Buddha pertama di bangun di China, yaitu pada abad pertama. Tetapi yang paling luar biasa dari Emeishan Buddha adalah Buddha Besar Leshan yang diukir dari lereng bukit pada abad kedelapan.

Patung ini memiliki tinggi sekitar 71 meter dan memiliki jari-jari sepanjang tiga meter. Di depan patung Budha Raksasa Lesan merupakan sungai, dimana untuk mengunjungi Bangunan Bersejarah di China ini anda harus menggunakan feri.

Selain Sembilan bangunan bersejarah diatas masih banyak tempat wisata di China yang bisa anda kunjungi seperti:

  • Kuil San Kong di Qufu,
  • Jingshan Park di Beijing,
  • Taman Tiantan di Beijing,
  • Jade Budha Temple di Shanghai,
  • Tembok Kota Xi’an,
  • Tiga Pagoda di Dalia,
  • Longueshan Grotoes di Xiangsan

Selamat Berlibur

, , ,
Post Date: Thursday 10th, May 2018 / 16:36 Oleh :
Kategori : Tiongkok