19 Jajanan khas Taiwan Yang Lezat dan Wajib Dicoba

Jajanan khas Taiwan – Jika anda sedang berlibur ke Taiwan, cobalah untuk mencicipi jajanan-jajanan khas nya yang membuat anda ketagihan. Wisata kuliner di Taiwan tidak kalah enak dan populernya dengan jajanan di Thailand, Jepang, maupun di Korea Selatan. Bahkan beberapa diantaranya banyak yang dijual di Indonesia loh. Dan banyak diantara jajanan yang tentunya tidak asing lagi ditelinga kalian.

Selain enak, jajanan juga memiliki harga yang murah, karena biasanya dijual oleh pedagang kaki lima. Bagi anda para pecinta kuliner, tentunya sangat disayangkan jika tidak mencicipi semua jajanan ini. Nah, apa saja ya jajanan khas Taiwan yang bisa anda coba. Yuk, langsung saja kita simak ulasan mengenai jajanan khas Taiwan berikut ini.

1. Pineaplle Yolk Pastry

Pineapple-pastryDi Taiwan, kue nanas merupakan jajanan dan souvenir populer bagi wisatawan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh makanan khas Taiwan. Kue Nanas di Taiwan memiliki rasa yang khas karena dibuat dengan menambahkan kuning telur ke dalam adonan.

Dimana kuning telur tersebut menambah  rasa gurih pada kue tersebut. Salah satu kios yang menyediakan Pineaple Yolk Pastry yang paling popular adalah di Chia Te, yang sudah ada sejak tahun 1975.  Chi ate terletak di Nanjing East Rd., Distrik Songshan, Kota Taipei.

2. Chou Doufu

chou-doufuJajanan khas Taiwan ini terbuat dari tahu yang memiliki bau yang sangat kuat. Karena bau nya yang kurang sedap, Chou doufu juga disebut baby poo (kotoran bayi) oleh masyarakat sekitar.

Namun, meskipun memiliki bau yang kurang sedap, Chou Doufu merupakan makanan di Taiwan yang sangat popular. Hal ini disebabkan karena jajanan ini memiliki rasa yang gurih dan lezat. dimana Chou fu memiliki teksur yang lembut didalam namun krispi diluar, yang membuat anda ingin mencobanya lagi.

3. Guan Cai Ban  

Jajanan ini juga merupakan salah satu  jajanan yang populer di Taiwan. Guan Cai Ban merupakan jajanan yang terbuat dari roti yang digoreng hingga renyah.  Kemudian diiris pada bagian tengahnya dan  diisi dengan daging ayam dan keju. Salah satu kios jajanan popular yang menjual Guan Cai Ban adalah di Chikan Coffin Bread yang terletak di Pasar Tainan Kangle. Kios ini sudah ada sejak 1942.

4. Popiah

PopiahJajanan ini hampir mirip seperti lumpia, dimana jajanan ini juga sangat popular di kalangan penduduk setempat. Jajanan ini merupakan campuran gandum dan telur yang di isi dengan tauge, kubis, buncis kering, kacang tanah, dan peterseli. Salah satu kios paling populer yang menjual popiah terletak di daerah Wan Fu Hao. Kios ini  diperkirakan sudah ada sejak 80 tahun yang lalu. Dan Jika anda ingin mencoba berbagai rasa dan variasai Popiah, anda bisa mengikuti festival Qingming.


5. Mee Sua Tiram

Jajanan ini juga sangat direkomendasikan bagi anda pecinta kuliner. Mee Sua Tiram ini sangat disukai oleh penduduk setempat karena rasanya yang gurih dan lezat. Jajanan ini merupakan bihun lembut dengan potongan daging tiram diatasnya.

6. Oh ah Jian

Taiwan terkenal akan hasil lautnya diantaranya yang cukup popular adalah tiram. Oh Ah jian merupakan salah satu jajanan dengan bahan dasar tiram. Dimana daging tiram di campur dengan terlur, tepung, tauge dan daun bawang serta dengan bumbu-bumbu rahasia yang membuat anda ketagihan.

7. Susu Goreng

susu-gorengJajanan yang satu ini juga sangat unik dan wajib untuk anda coba saat anda mengunjungi tempat wisata di Taiwan. Ya susu goreng atau masyarakat sekitar menyebutnya dengan Zha Xian Nai, merupakan susu beku yang digoreng kemudian ditusuk dan dibentuk seperti sate.

Cita rasa jajanan ini juga cukup unik dimana, ketika memiliki teksur yang krispi di luar, namun setelah anda gigit, rasanya akan melumer di mulut.

8. Potato Chese

Jajanan ini terkadang juga bisa kita temukan di beberapa restoran di Indonesia. Potato chese merupakan jajanan yang terbuat dari kentang yang ditumbuk hingga lembut, kemudain digoreng  dan ditambah dengan sosis dan potongan telur rebus, serta dengan taburan keju yang banyak diatasnya. Jajanan ini sangat wajib dicoba bagi anda pecinta keju.

9. Buble Tea

buble-teaJajanan yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi. Bak jamur di musim penghujan, jajanan ini sekarang sangat mudah kita temukan di Indonesia. Bubble tea ini merupakan minuman yang terbuat dari campuran teh dan susu yang ditambah dengan buble yang kenyal dan enak.

Meskipun di Indonesia banyak yang sudah menjualnya, namun, tidak ada salahnya anda mencoba nya saat berlibur di Taiwan, karena buble tea disini lebih original dan rasanya sangat otentik di Taiwan.

10. Cicken Cutlet

Cicken cullet sebenarnya merupakan ayam goreng tepung kalau di Indonesia. Namun dui Taiwan, ayamnya dipotong kecil-kecil dan anda bisa menambhkannya dengan bumbu yang sesuai selera anda seperti asin, pedan dan rumput laut.

11. Sun Biscuit

Penduduk sekitar menyebutnya dengan Tai Yang Bing, Sun Biscuit berasal dari Taichung dan merupakan biscuit  dengan lumeran gula kental didalamnnya. Sun Buscuit biasa dijual dengan kotak yang memang didesain untuk oleh-oleh. Ada beberapa merek terkenal yang menjual Sun Cakes diantaranya yaitu Chia Te, Li Yi dan Luna.

12. Fruit Jelly

Jajanan khas Taiwan yang satu ini adalah jelly dengan tekstur yang lembut, kenyal dan padat. Ada berbagai macam rasa, mulai dari leci, mangga, markisa sampai buah prem yang diawetkan. Anda bisa menemukanya di berbagai toko suvenir diseluruh Taiwan. Makanan ringan khas Taiwan ini juga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena kemsanya yang menarik dan ikonik.

13. Douhua

Douhua merupakan jeli yang dihasilkan dari kembang tahu. Salah satu kios yang menyediakan Douhua terkenal adalah di Douhua Zhang yang sudah berdiri sejak 52 tahun. Douhua Zhang hanya menggunakan kedelai alami, yang direbus dengan pemanis gula tebu alami. Untuk menikmati jajanan yang satu ini anda bisa menambahkan air gula hitam, tapioka hitam, taro, barley dan buah-buahan manis lainya.

14. Liu Sha

Merupakan donat yang lezat yang digoreng dadakan. Didalamnya terdapat krim lembut yang enak dan lezat . Biasanya diharagai 100 TWD untuk 5 Liu Sha.

15. Peanut Roll with Ice-Cream

peanut-roll1Jajanan yang satu ini juga patut untuk dicoba, dimana terdiri dari kacang yang diserut lembut dan terdapat beberapa bola es krim yang ditambah dengan daun ketumbar.

Nikmati sensasi es krim dengan tambahan daun ketumbar dan juga serutan kacang yang dijamin rasanya nagih. Anda dapat dengan mudah menukan jajanan ini di Pasar Malam Tonghua yang terletak di Alley 1, Lane 40, Linjiang St, Distrik Da’an, Kota Taipei.

16. Es Serut

Merupakan jajanan tropis yang populer di banyak negara termasuk di Indonesia. Es serut khas Taiwan memadukan berbagai macam buah-buahan,dan bahkan dijuluki sebagai “Kerajaan Buah”. Kebanyakan menggunakan potongan mangga, semangka, dan dicampurkan dengan oatmeal manis, puding kental dan pasta kacang merah.  Kemudian, disiram dengan sirup dan susu kental yang melumer diatasnya.

17. Xiao Long Bao

Merupakan pangsit lembut yang lezat, dimana didalamnya terdapat daging cincang yang lembut. Biasanya dinikmati dengan kuah sup.


18. Grass Jelly

Grass jelly merupakan jajanan Taiwan yang juga banyak ditemukan di Indonesia. Ya, makanan manis ini terdiri dari es krim dengan tambahan kacang merah, bublle, dan juga es serut. Rasanya manis dengan buble kenyal dan es krim yang lezat.

19. Ba Wan

Ba wan merupakan Jajanan khas Taiwan yang terbuat dari campuran tepung jagung, tepung ubi dan tepung beras. Jajanan ini bisa anda nikmati diberbagai musim, jika musim dingin, Baw wan biasanya disajikan dengan kuah kaldu panas, sedangkan pada musim panas, Ba Wan dicampur dengan kuah kaldu dingin. Ba wan memiliki tektur yang kenyal dan lembut. Dalam penyajianya, Ba wan biasa ditambah dengan berbagai sayuran seperti rebung , jamur dan juga biasa ditambah dengan telur.

Itu dia beberapa jajanan khas Taiwan yang bisa anda coba dan cicipi. Jaga selalu barang bawaan anda dan happy travelling.

, , , ,
Post Date: Tuesday 10th, July 2018 / 13:19 Oleh :
Kategori : Taiwan