10 Oleh-Oleh Makanan Khas Taiwan Terbaik Dan Terfavorit Wisatawan

Dengan menikmati budaya kuliner lokal, wisatawan dapat mengenal daerah atau negara yang sedang dikunjunginya. Hal tersebut karena seringkali makanan lokal yang ada melambangkan keadaan geografi dan budaya daerahnya. Lalu seperti yang telah kita tahu, masyarakat Taiwan kaya akan keanekaragaman suku dan budaya. Oleh karena itu wajar jika kuliner lokalnya pun unik dan beraneka ragam.

Negara di Asia Timur ini terkenal dengan banyaknya pasar, toko, kafe, restoran, dan night market yang tersebar di seluruh penjuru kota-kota besar di Taiwan. Bahkan jajanan street food di night market disebut-sebut sebagai salah satu makanan yang paling menggiurkan di Asia. Hal ini tentunya menarik minat wisatawan untuk mencoba dan menikmati makanan ringan khas Taiwan. Apalagi jika makanan tersebut dapat dibawa pulang ke negara asal sebagai oleh-oleh untuk orang tersayang. Berikut beberapa oleh-oleh makanan khas Taiwan yang tak boleh Anda lewatkan:

  1. Pineapple Cake

Pineapple Cake

Pineapple Cake adalah kue tradisional Taiwan yang manis dan dibuat menggunakan campuran mentega, tepung, telur, gula, serta selai nanas. Kue manis ini telah menjadi salah satu souvenir yang paling banyak dicari dan diminati sebagai wisata kuliner Taiwan. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang lezat sangat cocok untuk menemani waktu minum teh Anda. Ada beberapa tips menarik yang dapat Anda gunakan untuk memilih Pineapple Cake yang enak:

  • Menghindari pembelian di mini market
  • Membeli cake di toko yang biasa dikunjungi turis
  • Memilih merek yang terkenal seperti Chia Te dan Li Yi

Jika Anda kesulitan menemukan dua brand di atas, Anda dapat pergi ke SunnyHills Store yang terkenal dengan kue-kue, kopi, dan tehnya yang nikmat. SunnyHills Store terletak di Jalan Minsheng East, Taipei.

  1. Kumquat

Kumquat

Selain Pineapple Cake, panganan manis lainnya yang dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh favorit adalah makanan dari hasil olahan Kumquat. Makanan tersebut dapat berupa selai, asinan, dan manisan. Bahkan beberapa merek menyediakan jenis minuman yang berasal dari Kumquat.

Kumquat adalah buah oranye berukuran kecil yang termasuk dalam jenis jeruk. Tanamannya berasal dari daerah Asia Selatan dan kawasan Asia Pasifik. Saat ini tanaman tersebut telah dibudidayakan di India, Jepang, Taiwan, Filipina, dan kawasan Asia Tenggara lainnya. Buah ini dapat dimakan beserta kulitnya, namun harus dihindari bijinya karena pahit. Anda dapat menemukan banyak Kumquat di daerah Yilan, Taiwan.

  1. Tai Yang Bing

Tai Yang Bing

Tai Yang Bing merupakan oleh-oleh makanan khas Taiwan yang berasal dari Taichung. Souvenir ini bersama dengan Pineapple Cake termasuk ke dalam must-buy list oleh-oleh khas Taiwan. Makanan ini adalah kue bundar yang renyah dan terbuat dari maltosa. Karakteristiknya terdapat pada adonan kue yang berlapis-lapis dan sangat flaky (bersifat seperti keripik). Saat memakan kue ini Anda akan mencium bau susu dan mentega yang kuat.

Kue yang satu ini mempunyai nama lain Sun Cake dan sering dinikmati bersama teh Cina atau dijadikan bubur menggunakan air panas sebagai dessert yang hangat. Ada beberapa merek terkenal yang menjual Sun Cake, diantaranya Chia Te, Li Yi, dan Luna. Pastikan Anda mencoba setiap merek untuk menguji rasa avorit Anda.


  1. Rice Roll

Rice Roll

Rice roll cenderung dikenal sebagai sarapan khas Taiwan yang mirip dengan salah satu makanan khas Korea Selatan yaitu kimbap. Makanan ini berupa nasi gulung dengan isi :

  • acar lobak,
  • acar sawi,
  • telur rebus,
  • daging babi tipis,
  • cruller.

Namun Rice Roll yang satu ini adalah makanan ringan khas Taiwan dalam berbagai macam rasa. Ada empat macam rasa yang dimiliki snack lezat ini, yaitu susu, coklat, kuning telur, dan rumput laut. Anda bisa mendapatkan Rice Roll di mini market dan toko-toko sekitar kota. Satu bungkusnya berisi 16 roll dan rasanya sangat cocok untuk menemani semua perjalanan Anda. Sebagai informasi, Rice Roll dengan sertifikat halal dapat Anda nikmati pada merek Konyaku Genmai.

  1. Taiwan Choco Ball

Taiwan Choco Ball

Siapa yang tidak kenal mochi? Secara umum mochi adalah kue yang terbuat dari beras ketan yang ditumbuk hingga lembut dan lengket, lalu dibentuk menjadi bulat. Taiwan Choco Ball adalah mochi khas Taiwan yang dilapisi coklat dan diisi selai sesame atau wijen. Dua rasa yang terkenal dari produk mochi ini adalah rasa kacang dan mint. Meskipun harganya sedikit mahal dan hanya berisi 4 buah dalam satu bungkus, namun rasanya sangat lezat dan jauh berbeda dari mochi lokal.

Kekenyalan dari mochi yang satu ini sangat pas sehingga mudah untuk dimakan. Rasa manis dari makanan ini pun tidak berlebihan dan telah memikat hati banyak wisatawan. Selain itu informasi penting lainnya dari Taiwan Choco Ball adalah makanan ini sudah halal, sehingga muslim yang hendak membeli oleh-oleh makanan khas Taiwan ini tidak perlu khawatir.

  1. Imei Mini Puff

Imei Mini Puff

Imei adalah salah satu merek lokal Taiwan yang menyediakan berbagai produk rice crackers dan oriental pancakes. Anda dapat menemukan produk ini di supermarket lokal seperti Wellcome dan Px Mart. Sebenarnya ada banyak souvenir makanan Taiwan enak yang bisa didapatkan di supermarket lokal daripada di toko souvenir atau mall. Ya, salah satunya adalah produk Imei yang berupa cream puff. Produk ini merupakan salah satu produk top yang berada di Taiwan.

Meskipun cream puff yang satu ini bukan berasal dari bakeri, namun rasanya tidak boleh diremehkan. Rasa khas dari cream puff yang creamy dan manis seakan meninggalkan bekas di lidah Anda. Rasa inilah yang menyebabkan penggemarnya kesulitan berhenti mengkonsumsi makanan berukuran mungil ini. Banyak wisatawan yang menjadikan snack Imei Mini Puff sebagai jajanan favoritnya. Produk ini tersedia dalam beberapa rasa, diantaranya coklat, susu, stroberi, lemon, dan puding custard.

  1. Dried Shredded Squid

Dried Shredded SquidDried Shredded Squid atau cumi kering yang disuwir dalam kemasan merupakan makanan ringan yang sangat populer di Taiwan. Saat ini snack tersebut sangat terkenal di kawasan Asia Timur.

Awalnya makanan ini hanya dikonsumsi di kalangan anak-anak dan keluarga, namun kini sering disajikan di bar bersama bir dan whiskey.

Saking terkenalnya Anda tidak perlu heran jika banyak anak sekolahan yang mengemut makanan ini sambil berjalan-jalan. Mereka cenderung membiarkan makanan ini bergelantungan di mulutnya untuk meninggalkan bekas rasa yang lebih lama.

Snack kenyal yang memiliki aroma ikan yang kuat ini biasanya dibumbui dengan gula atau bubuk cabai dan rempah. Pada beberapa merek Anda bahkan akan menemukan rasa kimchi dan rumput laut. Anda dapat membeli makanan ini di supermarket lokal atau toko serba ada. Baca juga oleh-oleh makanan khas Jepang yang tak kalah nikmatnya dengan produk ini.

  1. Sugar and Spice Nougat

Sugar and Spice Nougat

Nougat Taiwan adalah permen tradisional dengan kacang yang sangat terkenal. Makanan ini sempat menjadi trend dan hingga kini peminatnya sangat banyak. Tekstur makanan ini berkisar dari lembut hingga kenyal dan sedikit renyah. Anda juga dapat merasakan sensasi manis, penuh kacang, kenyal, dan sangat susu yang bercampur dengan baik dalam makanan ini.

Setiap merek atau toko memiliki resep rahasia masing-masing untuk membuat nougat ini dan berinovasi. Bahkan beberapa merek menyediakan jenis rasa yang bervariasi dan tidak umum untuk mengesankan pelanggan, seperti rasa stroberi cheesecake.

Salah satu merek terkenal yang juga menjadi merek andalan wisatawan saat membeli nougat Taiwan adalah Sugar and Spice. Merek ini menyediakan nougat dalam beberapa rasa seperti original, stroberi, dan kopi. Tampilannya yang elegan tak kalah menarik dengan makanan khas Perancis yang seringkali terkesan mewah.

  1. Tseng Noodles

Tseng Noodles

Tidak diragukan lagi, mie telah menjadi makanan kesukaan bagi masyarakat luas di berbagai kalangan. Tseng Noodles adalah salah satu mie terbaik yang ada di Taiwan. Mie pipih yang satu ini telah berkali-kali menduduki peringkat 10 besar mie paling top sedunia.

Hanya dengan memasaknya selama 6 menit Anda dapat menikmati kelezatan makanan yang satu ini bersama teman dan keluarga. Alasan mengapa Tseng Noodles amat sukses diantaranya karena rasanya yang unik dan tak tergantikan. Pilihan rasa paling populer dari mie ini adalah scallion with sichuan pepper.


  1. Taiwanese Fruit Jelly

Taiwanese Fruit Jelly

Sekilas jika mendengar kata jeli buah mungkin kita tidak berekspektasi banyak atau mungkin tidak merasa terlalu tertarik. Namun Taiwanese Fruit Jelly bukan sekedar jeli buah biasa dan mampu menawarkan campuran rasa manis dan sedikit asam yang menggiurkan. Produk jeli buah-buahan ini menggunakan bahan-bahan kelas tinggi dalam proses produksinya.

Taiwanese Fruit Jelly merupakan oleh-oleh makanan khas Taiwan yang tidak hanya cocok untuk dinikmati bersama keluarga, tapi juga bagus sebagai hadiah. Setiap jeli dikemas secara terpisah sehingga memberi kesan elegan.

Berbagai campuran buah-buahan domestik Taiwan seperti persik, kelengkeng, mangga, plum, anggur, stroberi dan lain sebagainya digunakan di dalam jeli. Makanan ini memiliki rasa manis dan asam yang segar, sehat, dan bernutrisi. Baca juga oleh-oleh makanan khas Hongkong yang cenderung mirip dengan produk makanan Taiwan.

, , , ,
Post Date: Saturday 07th, July 2018 / 03:52 Oleh :
Kategori : Taiwan